Aneka Kosakata Tentang Petunjuk Jalan atau Arah dalam Bahasa Inggris

Teman-teman sedang bepergian ke suatu tempat yang baru saja teman-teman kunjungi. Sedang asyik memandangi apa yang disajikan oleh tempat yang baru saja didatangi tersebut, mendadak teman-teman bingung telah berada di mana dan bagaimana caranya agar bisa pergi ke tempat lain. Di saat menemui hal seperti ini, apakah yang teman-teman akan lakukan?

Ya, teman-teman menanyakan arah tempat yang akan teman-teman tuju.

Namun, akan sedikit susah jadinya apabila orang-orang di tempat yang teman-teman kunjungi tidak berbicara dalam Bahasa Indonesia seperti kalau kita mau menanyakan arah tempat-tempat di Indonesia.

Kita harus mempergunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan bahasa penyambung antar bangsa.

Selain menanyakan arah, dengan Bahasa Inggris kita juga dapat memberikan petunjuk arah dan tempat kepada wisatawan asing yang menanyakan arah menggunakan Bahasa Inggris.

A. Daftar Kosakata Tentang Petunjuk Arah dan Tempat dalam Bahasa Inggris (Vocabulary List about Directions and Places in English)

Picture by Mick Haupt on Unsplash

Pada bagian A ini pertama-tama kita akan mengenal ragam kosakata dalam Bahasa Inggris yang ada hubungannya dengan petunjuk arah serta jalan, yang akan dihadirkan dalam bentuk daftar kosakata di bawah.

  1. Go straight/ walk straight ahead: jalan terus atau jalan lurus.
  2. Turn left: belok atau berbelok ke arah kiri.
  3. Turn right: berbelok atau belok ke arah kanan.
  4. Walk along…: berjalan di sepanjang…
  5. Go past…:berjalan lewat/ melewati…
  6. Go over…: berjalanlah menyeberangi…
  7. Go between…/ the place you look for is between…: berjalanlah di antara…/ tempat yang kau cari ada di antara…
  8. The place you are looking for is behind… /you go behind…: tempat yang kau cari ada di belakang…/ jalanlah ke belakang…
  9. At the corner of…: di sudut/di pojokan…
  10. Next to…/ the place is next to…: di sebelah/ tempat itu ada di sebelah…
  11. You go cross the…: kau berjalanlah hingga menyeberangi…
  12. The opposite of… /that place is the opposite of...: arah berlawanan/ tempat itu ada di arah berlawanan dengan…
  13. At the end of…: di ujung dari…
  14. In front of… /this place is in front of…: di depan dari…/ tempat ini berada di depan…
  15. Beside…: di samping…/ bersebelahan dengan…
  16. Near…: di dekat dari…
  17. Far: jauh dari…
  18. Roundabout: bundaran/gelanggang.
  19. Sidewalk/ go straight to the sidewalk: trotoar/ berjalanlah lurus ke trotoar jalan.
  20. Street: jalan (umumnya memiliki nama-nama tertentu dan di pinggirnya ada banyak bangunan).
  21. Avenues or boulevards: jalan besar dengan banyak pepohonan di pinggirnya.
  22. Junction: persimpangan jalan (jalan dengan 2 arah).
  23. T-junction: pertigaan jalan (jalan dengan 3 arah).
  24. Crossroad: perempatan jalan (jalan dengan 4 arah).
  25. Take the first turn on the left: ambil belokan pertama di sebelah kiri.
  26. Take the second turn on the right: ambil belokan kedua di sebelah kanan.
  27. Head to…/ head against…: berhadapan dengan…
  28. Follow…: ikuti…
  29. Above… /this place is above the…: di atas…/ tempat ini berada di atas…
  30. 5-junction: simpang lima (jalan dengan 5 arah).
  31. Highway: jalan raya (biasanya minim hambatan atau kemacetan).
  32. Signposts: rambu-rambu atau marka jalan.
  33. Walkaway or alley: jalan setapak atau gang/lorong kecil.
  34. Intersection: persimpangan atau titik potong jalan.
  35. Freeways: jalan-jalan bebas macet/hambatan.
  36. Bridge/ go over the bridge: jembatan/jalanlah menyeberangi jembatan.
  37. Lanes: jalur atau jalan kecil.
  38. Traffic lights: lampu-lampu lalu lintas.
  39. Landmarks: tempat-tempat yang menonjol atau bangunan ciri khas dan terkenal dari suatu daerah .
  40. Tunnel/ go through the tunnel: terowongan/ kau jalanlah melewati terowongan.
  41. Go out of…: berjalan keluar dari…
  42. Go inside the…: berjalan masuk ke…
  43. Go back…/ turn back to…: balik arah…/ putar arah ke…
  44. Go up to…: naiklah ke…
  45. Block: blok jalan (lokasi atau bangunan di antara 4 jalan dalam suatu kota).
  46. Public places: tempat-tempat umum (contoh: kantor pos (post office), bioskop (movie, cinema, or theater)).
  47. Shortcuts: jalan pintas atau jalan potong.
  48. North: arah utara.
  49. West: arah barat.
  50. East: arah timur.
  51. South: arah selatan.
  52. Southwest: arah barat daya.
  53. Southeast: arah tenggara.
  54. Northwest: arah barat laut.
  55. Northeast: arah timur laut.
  56. Zebra cross: jalur untuk menyeberang jalan bagi para pejalan kaki.
  57. Country roads: jalanan yang ada di pedesaan.

B. Contoh-Contoh Kalimat Menanyakan dan Memberikan Petunjuk Arah Menggunakan Bahasa Inggris (Sentences Examples about Asking and Giving Directions by Using English)

Setelah kita mengetahui kosakata yang berhubungan dengan petunjuk arah dan tempat, di bagian B ini kita akan melihat penggunaan kosakata di atas dalam bentuk kalimat-kalimat Bahasa Inggris di bawah ini.

  1. The fastest route to get to the City Council Office is you just walk straight until you see a crossroad. Cross it and then go straight again until you see a big white building with a tall golden gate. The words “Daleborough City Council Office” is clearly displayed on the gate.

(Rute tercepat untuk bisa sampai ke Kantor Dewan Kota adalah Anda hanya perlu berjalan lurus hingga Anda menemukan penyeberangan jalan. Seberangilah penyeberangan jalan itu dan jalan terus lagi saja sampai Anda menemukan bangunan besar berwarna putih dengan pagar tinggi berwarna keemasan. Tulisan “Kantor Dewan Kota Daleborough” terpampang dengan jelas di pintu gerbangnya.)

  1. The nearest gas station is not far from where we are now. All you have to do is you can drive straight for a bit and turn onto the first street on the left side of the road. The gas station itself is next to a fast food restaurant called Feast ‘n Fun.

(Pom bensin terdekat di kota ini letaknya tidak jauh dari tempat kita berada sekarang. Yang harus Anda lakukan adalah berkendara lurus sedikit dan belok ke jalan pertama di sebelah kiri jalan. Pom bensinnya sendiri berada di sebelah restoran cepat saji bernama Feast ‘n Fun.)

  1. To get to Boyd Public Park, there are two routes you can take. My advice is if you want the quickest route to get there, walk straight until you find the first alley on right after a flower shop called “Flowerizt”. Walk straight along the alley and you will find Boy Public Park’s front gate at the exit.

(Untuk bisa sampai ke Taman Umum Boyd, ada dua rute yang bisa kau ambil. Saranku jika kau ingin rute tercepat untuk sampai ke sana, berjalanlah lurus sampai kau menemukan lorong pertama di sebelah kanan setelah sebuah toko bunga yang bernama “Flowerizt”. Berjalanlah di sepanjang lorong itu dan akan kau temukan gerbang depan Taman Umum Boyd di jalan keluar lorong itu.)

  1. The archaeological museum is not far from here, Sir. After you move from where we are standing now, turn to the road on the right side of the avenue. At the end of the avenue, you will see a clock tower that is a quite high. The clock tower is our city’s landmark. The archaeological museum stands directly opposite the clock tower.

(Museum kepurbakalaan berada tidak jauh dari ini, Pak. Setelah Anda beranjak dari tempat kita berdiri ini, berbeloklah ke jalan yang ada di sisi kanan jalan besar sana. Di ujung jalan besar, Anda akan melihat menara jam yang lumayan tinggi. Menara jam itu adalah ikon kota kami. Museum kepurbakalaan berdiri tepat berseberangan dengan menara jam itu.)

  1. According to this map the locals give us, looks like we are on the wrong route, Ben. We have to turn back to the highway and look for the blue bridge, so we can get faster to the next town.

(Menurut peta yang diberikan orang-orang di kota ini kepada kita, sepertinya kita berada di jalur yang salah, Ben. Kita harus memutar balik ke jalan raya dan mencari jembatan berwarna biru, supaya kita bisa lebih cepat sampai ke kota sebelah.)

  1. That famous boutique owned by Mrs. Philips is on the third floor of this shopping center. You just have to turn left a few steps from here until you find some elevators. Take one of them, the empty one, to the third floor. Once you exit the elevator, go straight ahead until you find the boutique, which is painted in a very bright pink color on the right corner.

(Butik milik Ny. Philips yang terkenal itu ada di lantai ketiga pusat perbelanjaan ini. Anda hanya perlu berbelok ke kiri beberapa langkah dari sini sampai Anda menemukan beberapa elevator. Gunakan saja salah satu elevator, elevator yang kosong, ke lantai tiga. Ketika Anda keluar dari elevator, berjalan lurus saja hingga Anda menemukan butiknya, yang dicat berwarna merah muda sangat terang di pojok sebelah kanan.)

  1. Pastor Evans’ house? Ah, yes, I can show you how to get to his house. First, from here you take a walk to the second street on the right. After that, you will see a roundabout with a small fountain in the middle. Pastor Evans’ house is the third house on the left side of the roundabout. His house is light blue colored with a small garden in front of it.

(Rumah Pak Pendeta Evans? Ah, ya, saya bisa menunjukkan kepada Anda cara agar bisa sampai ke rumah beliau. Pertama-tama, dari sini Anda berjalan ke jalan kedua di sebelah kanan. Setelah itu, Anda akan melihat sebuah bundaran dengan air mancur kecil di tengahnya. Rumah Pak Pendeta Evans adalah rumah ketiga di sisi kiri bundaran itu. Rumah beliau berwarna biru muda dengan taman kecil di depannya.)

  1. I am very sorry, but I do not know the closest way to the hospital, because I myself am a new person here, too. If you do not mind, please wait a moment and I will ask my cousin to help you. She is a local and she can definitely help you with the routes.

(Saya sangat minta maaf, tapi saya tidak tahu jalan terdekat menuju rumah sakit, karena saya sendiri pun adalah orang baru di sini. Jika Anda tak keberatan, tunggulah sebentar dan akan saya minta sepupu saya untuk membantu Anda. Sepupu saya adalah orang lokal di sini, jadi dia pasti bisa membantu Anda dengan rute-rute di sini.)

  1. The largest library in this city on the first street after this street. You have to go straight for a while until you find the first street on the left. The library itself is the fourth building there, stand between the post office and a coffee shop.

(Perpustakaan terbesar di kota ini ada di jalan pertama setelah jalan ini. Anda harus berjalan lurus sebentar hingga Anda menemukan jalan pertama di sebelah kiri. Perpustakaannya sendiri adalah bangunan keempat di jalan itu, berdiri di antara kantor pos dan kedai kopi.)

  1. If you want to arrive safely at the cinema, you should not walk through these alleys. There are many thugs in those alleys, waiting for the pedestrians and robbing their belongings. Instead, you just cross the crosswalk there and go straight until you find a big sign that says “Daze ‘n Happs Cinema.”

(Kalau kau ingin tiba dengan selamat di bioskop, sebaiknya hindari berjalan di lorong-lorong ini. Ada banyak berandalan di sana, menunggu para pejalan kaki dan merampok barang mereka. Anda seberangi saja penyeberangan jalan di sana dan jalan lurus hingga Anda melihat papan besar bertuliskan “Bioskop Daze ‘n Happs.”)

Picture by Jordan Rowland on Unsplash

Demikian artikel kita tentang kosakata penunjuk jalan dan 10 contoh kalimat menunjukkan jalan dalam Bahasa Inggris.