Bahasa Iklan yang Ada di Radio dan Contoh Kalimatnya

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti sudah sangat terbiasa dengan alat-alat atau media yang memiliki peran untuk memberikan kita informasi tentang apa-apa saja yang terjadi di dalam dan luar negeri. salah satu media dengan tujuan seperti itu adalah radio.

Radio sendiri adalah alat serta media massa yang memiliki peran menyampaikan informasi, berita, dan hiburan dari satu arah dalam jangkauan luas kepada masyarakat.

Pada awal penemuannya, radio digunakan sebagai alat komunikasi satu arah dan lebih banyak digunakan untuk kepentingan militer. Radio merupakan alat komunikasi yang canggih di masanya. Dalam perkembangannya, radio kemudian berfungsi juga sebagai media untuk menyampaikan berita dan informasi yang penting.

Dalam menyampaikan informasi, radio bekerja melalui gelombang radio yang dipancarkan oleh gelombang pembawa, dipantulkan oleh lapisan udara yang ada di bagian ionosfer bumi. Gelombang radio yang ada di ionosfer inilah yang kemudian dipantulkan lagi ke bumi dan diterima oleh menara penerima sinyal.

A. Ciri-Ciri atau Karakteristik dari Iklan Yang Disampaikan Melalui Radio

Selain berita dan informasi penting lainnya, salah satu yang sering kita dengar lewat radio adalah iklan, yang dikenal juga sebagai iklan elektronik karena radio memang merupakan salah satu media elektronik, bersama televisi dan internet.

Iklan yang disampaikan lewat radio tentunya memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang membedakannya dari iklan yang disampaikan melalui televisi atau internet.

Nah, ciri-ciri atau karakteristik yang sering muncul dari suatu iklan yang diinfokan melalui radio antara lain:

  • Menampilkan hanya suara atau audio dalam penyampaian iklannya.
  • Memiliki durasi atau waktu yang tergolong singkat, ketimbang iklan yang disampaikan lewat internet atau televisi.
  • Bahasa yang digunakan dalam penyampaiannya menarik serta kreatif untuk menggugah minat orang-orang yang mendengarkan.
  • Menggunakan bahasa yang persuasif dan mudah dipahami, agar orang-orang yang mendengarkan tertarik dan mengerti dengan makna iklan tersebut.
  • Pilihan kata yang digunakan cenderung menonjolkan informasi penting dari produk dalam iklan.
  • Tidak menyinggung produk-produk lain atau golongan-golongan tertentu.
  • Terkadang hadir dalam bentuk percakapan suara antara dua orang atau lebih untuk mengiklankan suatu produk.

B. Contoh-Contoh Iklan yang Ditayangkan atau Disampaikan Melalui Radio

Gambar oleh Levent Simsek di Pexels

Setelah kita mengetahui apa itu radio dan karakteristik dari iklan yang ditayangkan melalui radio, kita akan melihat beberapa contoh iklan yang disampaikan atau ditayangkan lewat radio di bawah ini.

  1. Tidak percaya diri dengan tinggi badanmu? Tinggi badanmu yang sekarang menyulitkanmu melakukan hal-hal yang bisa dilakukan kalau kamu memiliki tinggi yang kamu impikan? Yuk, cobain susu “HighMine”, yang kaya akan mineral dan kalsium dua kali kali lipat untuk merangsang pertumbuhanmu! Bersama susu “HighMine”, tinggi badan impian bukan sekadar impian lagi!
  2. Bunda sering kesulitan membiasakan anak bunda untuk memakan sayuran? Bunda ingin anak-anak tersayang tetap mendapatkan nutrisi dari sayur-sayuran? Jangan khawatir, karena kini ada multivitamin “Vege Junior Jelly Multivitamin”! Mengandung serat, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan vitamin E dari sayuran yang sangat bagus untuk buah hati bunda! Bersama “Vege Junior Jelly Multivitamin”, buah hati tumbuh sehat, kuat, dan cerdas!
  3. Ayu: Den, laper, nih!

Deni: Laper? Nih, makan aja dulu roti Kaya Rasa!

Pengisi suara: roti Kaya Rasa, roti yang bisa kamu konsumsi di mana saja tanpa perlu ribet. Dikemas dengan baik dan tersedia dalam berbagai varian rasa!

Ayu: Waahhhh~ roti Kaya Rasa emang penolong banget, ya! Aku sudah ngerasa kenyang banget, nih!

Deni: Oh, tentu saja! Roti Kaya Rasa, gitu lho! Selalu hadir di kala lapar menyerang!

  1. Lagi membutuhkan dana cepat untuk kebutuhanmu? Langsung datang saja ke Adfa Kredit! Pengurusan cepat dan gampang, kamu sudah bisa mendapatkan dana untuk memenuhi semua kebutuhanmu. Adfa Kredit, kamu butuh kita pinjamkan!
  2. Ibu tidak sempat menyiapkan sarapan atau makan siang di rumah karena waktu yang tidak mencukupi? “Hana Catering” siap menjadi kawan dan solusi para Ibu semuanya! Kami menyediakan jenis lauk pauk yang 100% dimasak sendiri dari dapur kami dan telah dikemas dengan baik untuk menjaga kebersihan serta cita rasa makanan. Kami juga mematok harga terjangkau, mulai dari Rp. 10.000, sehingga para Ibu tidak perlu mencemaskan isi dompet akan terkuras.

Apabila para Ibu berminat, “Hana Catering” bisa para Ibu langsung sambangi di jl. Imam Bonjol No. 40C, Sidoarjo. Untuk pemesanan dan info lebih lanjut, para Ibu bisa menghubungi nomor berikut ini: 0811 – 435 – 6767. Bersama “Hana Catering”, para Ibu bisa tetap menyantap hidangan enak dan praktis bersama keluarga!

  1. Baru dari “Lumiere Cosmetics”, serum kolagen yang bisa membuat kulit wajahmu tampak lebih kenyal, awet muda, dan bercahaya! Mengandung 60% ekstra kolagen, niacinamide, serta vitamin E untuk membantu merawat kulitmu dan membuatnya awet muda, kenyal, lembab, dan bercahaya dengan pemakaian rutin. Segera dapatkan kulit wajah yang awet dan sehat bersama serum kolagen dari “Lumiere Cosmetics”!
  2. Anak: Bu… leherku sakit, Bu!

*terdengar suara anak yang mulai batuk-batuk*

Ibu: Kalau begitu, kita minum obat batuk dulu, yuk!

Anak: Nggak mau, Bu! Obat batuknya pahit, nggak enak!

Ibu: Ini obat batuknya nggak pahit, Sayang. Coba, deh, icip sedikit!

Anak: Mmmm~ iya, nggak pahit, Bu! Kalau gitu, aku mau minum, deh, supaya cepat sembuh!

Pengisi suara: obat batuk Kiditin, menyembuhkan batuk pada anak dengan rasa buah yang enak dan disukai anak-anak!

  1. Baru, deterjen “Hitomi”! Dengan formula baru yang lebih lembut di tangan, semua noda pada pakaian Anda akan luntur dalam sekejap! Deterjen “Hitomi”, mencuci tidak perlu pakai lama lagi!
  2. Lemari pakaian Anda baunya tidak sedap, yang membuat semua pakaian jadi ikut berbau tidak sedap? Solusinya adalah pewangi lemari “Yona”! Hadir dalam berbagai varian, pewangi lemari “Yona” akan membuat lemari pakaian Anda berbau lebih sedap dan semua bau tidak sedap akan hilang dari lemari pakaian Anda!
  3. Kehilangan ion tubuh bisa mengakibatkan tubuh menjadi lelah dan kamu menjadi tidak semangat dalam menjalani hari. Tidak perlu cemas, karena kini hadir “IoNice” yang akan membantu mengembalikan ion-ion dalam tubuhmu. “IonNice”, membantu menaikkan semangatmu!

 

Demikian 10 contoh iklan-iklan yang disampaikan atau ditayangkan melalui radio.