Belajar Kosa Kata Tentang Perasaan atau Emosi dalam Bahasa Inggris

Kita sering sekali mendengar kata emosi dalam hidup ini. Namun, apakah makna dari kata emosi tersebut?

Emosi (emotion dalam Bahasa Inggris) merupakan suatu perasaan (feeling) yang dirasakan manakala kita sedang berada dalam situasi, kondisi, atau interaksi tertentu. Emosi dapat berupa emosi positif (contoh: rasa bahagia) dan emosi negatif (contoh: rasa takut).

Ada banyak faktor yang dapat menjadi pemicu munculnya suatu perasaan, di antaranya perasaan yang berasal dari diri sendiri atau berasal dari interaksi dengan orang lain.

Daftar Kosa Kata Emosi dalam Bahasa Inggris (Emotions Vocabulary List in English)

Picture by Andrea Piacquadio on Pexels

Untuk mengenal lebih jauh seperti apa perasaan atau emosi yang sering kita rasakan, artikel ini akan mengajak teman-teman sekalian untuk mempelajari beberapa kosa kata Bahasa Inggris tentang perasaan atau emosi yang telah dirangkum dalam daftar di bawah ini.

  1. Afraid : takut atau cemas. Walaupun memiliki arti ‘takut’, kata ini lebih menunjukkan ketakutan akan suatu kecemasan dan bukan ketakutan terhadap sesuatu yang menyeramkan.
  2. Amused : terhibur. Suatu perasaan yang menunjukkan kita gembira karena terhibur oleh sesuatu yang lucu.
  3. Angry : marah. Marah merupakan suatu emosi negatif di mana kita merasa sangat tidak senang terutama terhadap seseorang, yang membuat kita terkadang ingin meneriaki atau menyakiti orang tersebut.
  4. Bewildered : sangat bingung. Suatu perasaan yang membuat kita sangat tidak yakin akan sesuatu atau seseorang.
  5. Betrayed : merasa terkhianati. Salah satu emosi negatif dimana kita merasa bahwa kita telah dikhianati, biasanya oleh orang-orang yang sudah sangat kita percayai.
  6. Bored : bosan. Suatu perasaan yang disebabkan oleh karena tak adanya sesuatu yang dapat kita lakukan atau sesuatu yang kita rasa tidak menarik untuk dilakukan.
  7. Calm : tenang atau kalem. Suatu perasaan positif dimana kita merasa damai dan tidak perlu mengkhawatirkan suatu hal.
  8. Cheerful : riang atau gembira. Perasaan bahagia yang membuat kita juga merasakan hal-hal positif.
  9. Cranky : mudah kesal atau marah. Suatu perasaan dimana kita sangat mudah marah atau kesal terhadap seseorang atau sesuatu.
  10. Delighted : sangat senang atau sangat puas. Salah satu ciri emosi bahagia dimana kita merasa sangat puas terhadap sesuatu yang kita kerjakan atau hal-hal lainnya.
  11. Depressed : sangat sedih. Perasaan negatif dimana kita merasa sangat tidak bahagia dan merasa seperti tidak ada harapan.
  12. Disappointed : kecewa. Perasaan kurang senang dimana kita tidak bahagia terhadap seseorang dan sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan kita.
  13. Ecstatic : rasa gembira yang teramat sangat. Perasaan senang dan gembira yang membuat kita sangat bersemangat.
  14. Envious : iri hati. Perasaan yang membuat kita menginginkan sesuatu yang menjadi milik orang lain.
  15. Exhausted : sangat kelelahan. Perasaan lelah yang teramat sangat dan dapat membuat kita ingin beristirahat untuk waktu yang agak lama.
  16. Fascinated : sangat kagum. Perasaan kagum yang membuat kita memiliki ketertarikan kepada sesuatu atau seseorang yang teramat sangat.
  17. Frightened : merasa khawatir atau takut. Biasanya, perasaan ini disebabkan baik oleh sesuatu yang nyata (contoh: laba-laba) dan yang tidak nyata (contoh: hantu atau makhluk yang tak kasat mata).
  18. Frustrated : frustasi. Suatu perasaan tidak menyenangkan dimana kita merasa terganggu atau tidak percaya diri karena sesuatu berjalan tidak sesuai rencana atau kita tidak mendapatkan apa yang sudah kita cita-citakan.
  19. Glad : perasaan bahagia dan lega. Suatu perasaan dimana kita merasa bahagia sekaligus lega karena sesuatu telah terjadi dengan baik atau orang-orang yang kita sayangi berada dalam keadaan baik.
  20. Gloomy : sedih. Maksud dari sedih di sini adalah perasaan dimana kita sedih disebabkan kita tidak percaya akan adanya hal baik ketika menghadapi suatu masalah.
  21. Guilty : merasa bersalah. Perasaan ini muncul ketika kita merasa bersalah akan sesuatu yang kita sudah lakukan, baik sengaja maupun tidak sengaja.
  22. Happy : bahagia. Perasaan ini bisa disebabkan oleh banyak hal yang membuat kita riang dan merasa puas.
  23. Haunted : merasa dihantui. Suatu perasaan kurang mengenakkan dimana kita merasa seperti dihantui oleh suatu hal, seperti perasaan bersalah atau perasaan gugup yang berlebihan.
  24. Hurt : tersakiti. Perasaan tidak menyenangkan yang dirasakan apabila kita disakiti, terutama oleh seseorang.
  25. Infatuated : tergila-gila. Perasaan dimana kita memiliki ketertarikan yang kuat kepada seseorang, namun biasanya perasaan itu tidak bertahan lama.
  26. Insecure : tidak percaya diri. Perasaan ini membuat kita merasa memiliki kepercayaan diri yang kecil dan tidak yakin dengan diri sendiri.
  27. Intrigued : penasaran. Perasaan penasaran di sini merujuk pada rasa tertarik terhadap sesuatu yang membuat kita harus mengetahui lebih banyak tentang sesuatu tersebut.
  28. Jaded : lelah dan tidak mau melakukan apa-apa. Sesuai artinya, perasaan ini adalah perasaan di mana kita merasa lelah dan tidak tertarik melakukan suatu kegiatan.
  29. Jealous : cemburu. Perasaan cemburu di sini lebih kepada cemburu atau marah terhadap seseorang yang kita sukai, namun dia lebih menyukai orang lain.
  30. Jolly : riang gembira. Salah satu perasaan bahagia dimana kita merasa riang dan tersenyum lebar.
  31. Keen : bersemangat. Perasaan ini juga bisa diartikan sebagai perasaan sangat tertarik atau bersemangat melakukan sesuatu, yang bisa jadi sudah lama ingin dilakukan.
  32. Lazy : malas. Perasaan yang membuat kita tidak ingin menggerakkan tubuh dan mengerjakan sesuatu.
  33. Lonely : kesepian. Perasaan kurang menyenangkan dimana kita tidak bersama seseorang atau hanya sendirian.
  34. Misery : ketidakbahagiaan yang besar. Perasaan ini juga membuat kita tidak bersemangat dalam hidup.
  35. Neglected : perasaan diabaikan. Perasaan yang membuat kita merasa tidak dibutuhkan karena kita diabaikan oleh orang-orang di sekitar kita.
  36. Overwhelmed : kewalahan. Perasaan yang membuat kita tidak sanggup mengerjakan sesuatu yang dirasa sudah terlalu berat.
  37. Panic : panik. Perasaan dimana kita merasa kalut dan cemas yang membuat kita tidak mampu berpikir secara rasional.

Demikian, teman-teman, 37 kosa kata dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan emosi atau perasaan.