Contoh Daftar Riwayat Hidup Bidang Perhotelan dalam Bahasa Inggris

Hotel adalah suatu bangunan yang sudah sering kita lihat dan berdiri di kota atau kawasan tempat kita tinggal. Apakah hotel itu sendiri? Hotel merupakan suatu bangunan dengan banyak kamar dan fasilitas lain yang dibangun serta dikelola sebagai tempat para tamu menginap sementara dalam jangka waktu yang pendek dan menyewa fasilitas lain yang disediakan dengan bayaran berupa uang.

Tidak hanya sebagai tempat menginap saja, sekarang ini hotel memiliki beragam fungsi yang dapat dimanfaatkan baik oleh tamu, pegawai, pengelola, atau bahkan pemerintah setempat. Fungsi hotel di antaranya adalah:

  1. Bagi pemilik hotel, fungsi dari hotel adalah, tentu saja, untuk mendapatkan keuntungan ekonomi serta untuk mendapatkan kembali modal yang telah dikeluarkan semasa pembangunan hotel, serta untuk membayar gaji para karyawannya.
  2. Bagi para tamu, hotel memiliki fungsi sebagai tempat menginap jangka pendek dan adanya fasilitas lain dengan pelayanan maksimal dan memuaskan, seperti ruang pertemuan dan aula serbaguna, yang dapat digunakan ketika tamu akan mengadakan suatu acara, seperti pesta pernikahan.
  3. Bagi karyawannya, hotel berfungsi sebagai tempat mereka mencari nafkah (bekerja) dan juga sebagai tempat untuk melatih dan mengasah kemampuan yang dimiliki.
  4. Bagi pemerintah setempat, fungsi dari sebuah hotel adalah sebagai tempat orang-orang daerahnya mencari kerja, membantu pendapatan atau kas daerah, dan sebagai media mempromosikan daerah setempat, terutama dari segi pariwisata dan kebudayaan.

Dalam dunia, ada istilah yang kita kenal sebagai “hotel bintang” atau “hotel berbintang”. Istilah tersebut adalah istilah penilaian hotel dari segi fasilitas yang dimiliki dan kualitasnya. Di Indonesia, penilaian terhadap suatu hotel hingga mendapatkan predikat hotel berbintang dilaksanakan setiap 3 tahun sekali oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pariwisata.

Selain dibedakan dari segi fasilitas yang dimiliki, sebuah hotel juga dapat dibedakan dari lokasi tempatnya didirikan. Berdasarkan 2 kriteria ini, jenis-jenis hotel tersebut di antaranya:

  1. City hotel (hotel kota). Dari namanya, sudah jelas bahwa hotel tipe ini adalah hotel yang berdiri di daerah pusat perkotaan. Hotel ini ditujukan bagi warga perkotaan yang ingin menginap dalam jangka waktu yang pendek. Hotel seperti ini biasanya juga menyediakan ruang pertemuan untuk rapat dan aula untuk suatu pesta.
  2. Residential hotel (hotel pinggir kota). Hotel jenis ini biasanya berlokasi di daerah pinggir kota, namun dengan akses yang masih tergolong mudah. Hotel pinggir kota menjadi pilihan para tamu untuk menginap dengan jangka waktu yang agak lebih panjang.
  3. Resort hotel (sanggaraloka/ hotel wisata). Sanggaraloka atau hotel wisata adalah hotel yang dibangun berdekatan dengan lokasi wisata suatu daerah. Merupakan pilihan hotel terbaik bagi para tamu yang sedang berlibur atau berwisata di suatu objek wisata untuk menginap. Umumnya, sanggaraloka juga merupakan kombinasi dari hotel dan tempat rekreasi, karena pengelolanya yang menyediakan fasilitas rekreasi seperti kolam renang.
  4. Motor hotel (motel). Motel adalah tipe hotel cenderung kecil yang dibangun di pinggiran jalan raya yang menjadi penghubung antarkota atau antarprovinsi (jalan trans).
Picture by cottonbro on Pexels

Dalam sebuah hotel, baik hotel kecil atau hotel berbintang, pasti ada pegawai yang bekerja di sana untuk mencari nafkah dan untuk membantu kita, para tamu, yang sedang menginap. Para karyawan hotel adalah orang-orang pilihan yang ditunjuk oleh para pemilik dan manajemen hotel berdasarkan kepribadian dan kemampuan yang mereka miliki.

Bagaimana mengetahui kecakapan seorang pegawai sebelum akhirnya ia dipekerjakan di sebuah hotel? Kita bisa melihatnya melalui daftar riwayat hidup yang memuat semua informasi mereka, seperti data diri, riwayat pendidikan, kemampuan yang dikuasai, dan aspek lainnya.

Daftar riwayat hidup, selain menjadi media tempat kita melihat dan mengetahui kemampuan apa saja yang dimiliki seorang karyawan hotel dan bagaimana kepribadiannya, juga menjadi salah satu elemen yang wajib ada dan dimiliki setiap orang yang sudah dan akan bekerja. Daftar riwayat hidup, seringkali, menjadi salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi ketika akan melamar pekerjaan atau ketika kita akan pindah kerja dan tempat kerja yang baru menginginkan daftar riwayat hidup yang kita miliki.

Dalam artikel kali ini, kita akan melihat dan membahas daftar riwayat hidup orang-orang yang bekerja di bidang perhotelan menggunakan Bahasa Inggris.

Contoh 1:

Emilio Ignacio Ortega

Johns-Doherty Hotel, Cox Ave. Westminster, Central London SW1V3JD (JSON)

P: +44 20 7865 7731    email: Em.Ortega@JohnsDoherty.co.net

GENERAL INFORMATION

A manager with high experience and competence. Has a strong commitment to always prioritize the best hotel quality for the guests’ satisfaction. Has good communication skills with seniors and juniors who work together in the hotel. Always try the best to asses the colleagues’ performance and look for ways to improve the hotel services.

EDUCATIONAL QUALIFICATIONS

McLaughlin Private School for Hospitality Management, London

BA (Hons) International Hotel Management 2.1

A Levels:

English Communication (A)

Management for Hotel (A)

Accounting (B)

WORKING BACKGROUND

HOTEL GENERAL MANAGER

Johns-Doherty Hotel, Westminster, Central London       September 2014 – now

Duties including:

– Responsible for overseeing the running of the 4-star Johns-Doherty hotel with 135 rooms, 2 large meeting rooms, 1 large multipurpose hall, and restaurant facilities.

– Organizing and updating hotel’s statistical, economic, and administrative track records.

– Inspecting the rooms and the services of the colleagues every month.

– Completing all administrative tasks in a timely and accurate manner.

– Ensuring all the hotel’s facilities run well and smoothly.

– Taking care and supervising the regular safety and health checks.

REFERENCES – will be provided upon specific request.

OTHER PERSONAL INFORMATION

Birth: Westminster, London, October 3, 1992

Driving license: full

Nationality: British-Spanish

Mastered languages: English, Spanish, Mandarin

(Emilio Ignacio Ortega

Hotel Johns-Doherty, Jl. Raya Cox, Westminster, London Tengah SW1V3JD (JSON)

Tel: +44 20 7865 7731   email: Em.Ortega@JohnsDoherty.co.net

INFORMASI UMUM

Seorang manajer dengan pengalaman dan kompetensi tinggi. Memiliki komitmen yang kuat untuk selalu memprioritaskan kualitas hotel terbaik untuk kepuasan para tamu. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan para senior dan junior yang bekerja bersama di dalam hotel. Selalu mencoba yang terbaik untuk menilai kinerja para rekan dan mencari cara untuk meningkatkan pelayanan hotel.

KUALIFIKASI PENDIDIKAN

Sekolah Swasta Manajemen Perhotelan McLaughlin, London

Gelar Sarjana dalam bidang Manajemen Hotel Internasional 2.1

Nilai-nilai Ujian A Levels:

Komunikasi Bahasa Inggris (A)

Manajemen Hotel (A)

Akunting (B)

LATAR BELAKANG PEKERJAAN

MANAJER UMUM HOTEL

Hotel Johns-Doherty, Westminster, London Tengah     September 2014 – sekarang

Pekerjaan meliputi:

– Bertanggung jawab mengawasi jalannya hotel bintang 4 Johns-Doherty dengan 135 kamar, 2 ruang pertemuan besar, 1 aula serbaguna besar, dan fasilitas restoran.

– Mengatur dan memperbarui rekam jejak statistik, ekonomi, dan administrasi hotel.

– Menginspeksi kamar dan pelayanan rekan kerja setiap bulannya.

– Menyelesaikan semua tugas administrasi secara tepat waktu dan akurat.

– Memastikan semua fasilitas hotel berjalan dengan baik dan lancar.

– Menjaga dan mengawasi pemeriksaan keamanan dan kesehatan secara berkala.

REFERENSI – akan disediakan apabila ada permintaan khusus.

INFORMASI PRIBADI LAINNYA

Tanggal Lahir: Westminster, London, 3 Oktober, 1992

Surat Izin Mengemudi: penuh

Kebangsaan: Inggris-Spanyol

Bahasa yang dikuasai: Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, Bahasa Mandarin).

Contoh 2:

Anela Kalama

Hotel Receptionist

Grand Kahananui Hotel, 8000 Kahananui Avenue

Kailua-Kona, Hawaii 96740, USA

Phone: +1 808-311-7655 

E-mail: anelakalama@grandkahananuihotel.resmail.net

  1. CAREER SUMMARY

A professional hotel receptionist with 4 years of working experience. A receptionist who is friendly, confident, and loves to communicate with everyone. Has a strong, big commitment to always prioritizing the satisfaction of hotel guests with the abilities that I have.

  1. MAIN SKILLS AND QUALIFICATIONS

Good self-confidence and communication skills that makes me not easily nervous when serving hotel guests who need to make reservations, either by coming directly to the hotel or via telephone call.

Can answer and handle the questions from the guests about things related to the hotel.

Can operate various kinds of computer software for registering hotel guests who come and go.

Convey messages to the other hotel divisions with good accuracy and straightforwardness.

Actively investigating the needs of the hotel guests to ensure they feel comfortable and have a pleasant experience during their stay.

Can speak both English and Hawaiian, 2 official languages in Hawaii, fluently (spoken and written).

Master sign language to communicate with the hotel guests who have hearing and speech impairment.

  1. PROFESSIONAL CAREER AWARDS

Chosen as “ the most professional receptionist” by the Grand Kahananui Hotel CEO in November 2020.

Received many positive reviews from guests, both through internal reviews and external reviews via various tourism sites in Hawaii.

  1. ACADEMIC HISTORY

Bachelor of Arts in Hospitality Administration Course (2017), Fillerman Private Academy of Hospitality & Tourism, Honolulu, Hawaii

Kealoha High School, Kailua-Kona (2010)

Hekekia Middle School, Kailua-Kona (2007)

Havika Elementary School, Kailua-Kona (2001)

  1. WORKING REFERENCE

Available based on special request or will be given by the general manager of Grand Kahananui Hotel.

  1. ADDITIONAL PERSONAL PROFILES

Day and date of birth: Kailua-Kona, July 14, 1995

Nationality: American

Languages: English and Hawaiian

 (Anela Kalama

Resepsionis Hotel

Hotel Grand Kahananui, Jl. Raya Kahananui No. 8000

 Kailua-Kona, Hawaii 96740, AS

Telepon: +1 808-311-7655

E-mail: anelakalama@grandkahananuihotel.resmail.net

  1. RINCIAN KARIR

Seorang resepsionis hotel profesional dengan pengalaman kerja selama 4 tahun. Seorang resepsionis yang ramah, percaya diri, dan senang berkomunikasi dengan siapa saja. Memiliki komitmen yang kuat dan besar untuk selalu mengutamakan kepuasan para tamu hotel dengan segudang kemampuan yang saya miliki.

  1. KEMAMPUAN DAN KUALIFIKASI UTAMA

Kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi yang baik, yang membuat saya tidak mudah gugup ketika melayani para tamu hotel yang melakukan reservasi, baik dengan datang langsung ke hotel maupun melalui panggilan telepon.

Dapat menjawab dan menangani semua pertanyaan dari para tamu mengenai semua hal yang berhubungan dengan hotel.

Dapat mengoperasikan berbagai macam perangkat lunak komputer untuk mendata para tamu hotel yang datang dan pergi.

Meneruskan pesan-pesan kepada divisi-divisi hotel yang lain dengan akurasi dan kelugasan yang baik.

Secara aktif mencari tahu kebutuhan-kebutuhan para tamu hotel untuk memastikan mereka merasa nyaman dan memiliki pengalaman menyenangkan selama mereka menginap.

Dapat berbicara Bahasa Inggris dan Bahasa Hawaii, yang merupakan 2 bahasa resmi di Hawaii, dengan lancar (lisan dan tertulis).

Menguasai bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan para tamu hotel yang memiliki kesulitan pendengaran dan berbicara.

  1. PENGHARGAAN KARIR PROFESIONAL

Terpilih sebagai “resepsionis paling profesional” oleh CEO Hotel Grand Kahananui pada November 2020.

Menerima banyak ulasan positif dari para tamu, baik melalui ulasan internal dan ulasan eksternal melalui berbagai situs pariwisata di Hawaii.

  1. SEJARAH AKADEMIK

Gelar Sarjana di bidng Ilmu Administrasi Perhotelan (2017), Akademi Swasta Fillerman untuk Perhotelan & Pariwisata, Honolulu, Hawaii

Sekolah Menengah Atas (SMA) Kealoha, Kailua-Kona (2010)

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Hekekia, Kailua-Kona (2007)

Sekolah Dasar (SD) Havika, Kailua-Kona (2001)

  1. REFERENSI PEKERJAAN

Tersedia berdasarkan permintaan khusus atau akan diberikan oleh manajer umum dari Hotel Grand Kahananui.

  1. PROFIL PERSONAL TAMBAHAN

Hari dan tanggal lahir: Kailua-Kona, 14 Juli, 1995

Kebangsaan: Amerika

Bahasa: Bahasa Inggris dan Bahasa Hawaii).

Picture by Ricardo Esquivel on Pexels

Itulah 2 contoh daftar riwayat hidup (curriculum vitae) dalam Bahasa Inggris mengenai orang-orang yang bekerja di bidang perhotelan. Semoga artikel ini sekiranya dapat menjadi media atau contoh yang berguna bagi teman-teman yang ingin menyiapkan daftar riwayat hidup diri sendiri dalam Bahasa Inggris.