Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Contoh Kalimat Memberikan Saran

Conversation,

Apakah anda pernah mendapatkan saran dari orang lain atau mungkin memberikan saran kepada orang lain? Tentu saja dalam kehidupan sehari-hari kita sering menerima saran dari orang lain atau bahkan memberikan saran kepada orang lain juga.

Untuk menambah kemampuan anda dalam berbahasa inggris maka kami menyarankan supaya anda mencoba untuk berlatih memberikan saran kepada orang lain menggunakan bahas inggris. Jika anda merasa belum percaya diri maka anda bisa mencobanya ke keluarga lebih dulu atau ke teman terdekat anda.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada anda mengenai contoh kalimat memberikan saran dalam menggunakan bahasa inggris. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

Mengenal Expression of advice

Jika anda ingin mulai belajar untuk menggunakan Bahasa Inggris ketika memberikan saran kepada orang lain maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk mengenal yang namanya expression of advice. Di dalam bahasa Indonesia, advice sendiri memiliki arti sebagai saran atau nasehat yang merupakan pernyataan yang ditujukan kepada pihak lainnya dengan tujuan supaya pihak lain bisa menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

Sebagai contoh misalnya saja ketika seorang teman memberikan saran kepada temannya untuk mengganti ban sepedanya karena ban sepedanya mulai aus, atau mungkin saran dari orang tua yang diberikan kepada anak-anaknya untuk memperbaiki nilai ulangan mereka yang jelek sebelumnya.

Di dalam Bahasa Inggris sendiri juga ada banyak jenis mengenai memberi nasihat. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan dua jenis expression of advice yaitu formal dan non-formal. Dimana keduanya ini bisa anda gunakan untuk situasi apapun, semua tergantung anda ingin menggunakannya untuk lebih sopan atauy akrab.

Tips memberikan advice kepada orang lain

Terkadang ada kalanya kita ingin memberikan saran kepada orang lain namun kita merasa tidak enak atau mungkin ragu-ragu. Terutama ketika anda menggunakan Bahasa Inggris dan ingin memberikan advice kepada orang lain. Pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk bisa memberikan saran atau advice kepada orang lain menggunakan Bahasa Inggris bahkan terdengar seperti native speaker. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti jika anda ingin memberikan advice kepada orang lain menggunakan Bahasa Inggris dengan fasih :

  • Menggunakan beberapa kata rekomendasi

Jika anda ingin memberikan saran kepada orang lain dalam Bahasa Inggris maka anda harus memperhatikan beberapa hal sebelumnya. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah dengan menggunakan beberapa kata rekomendasi seperti misalnya menggunakan kata suggest, recommend, advice atau advise. Biasanya jika menggunakan kata rekomendasi yang telah kami sebutkan ini sangat cocok digunakan jika ingin memberikan saran kepada orang lain secara formal. Nantinya akan kami bahas lebih lanjut pada poin formal expression of advice.

  • Mengubahnya menjadi kalimat tanya

Ingin memberikan saran kepada orang lain seperti layaknya native speakers? Jika seperti itu maka anda bisa mengubah saran anda menjadi seperti kalimat tanya. Anda bisa menggunakan tips ini jika ingin memberikan saran dengan asik dan tidak terlihat kaku. Karena dengan menggunakan saran seperti ini akan membuat anda terlihat jadi lebih komunikatif dan akrab. Sebagai contohnya adalah why don’t you take time for yourself? (kenapa kamu tidak mengambil waktu untuk dirimu sendiri?)

  • Menambahkan akibat dari tindakan

Jika anda menginginkan supaya saran yang anda berikan kepada orang lain ini lebih berguna untuk mereka. Maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menambahkan akibat dari tindakan orang yang anda beri saran itu. Dengan memberikan saran seperti ini maka artinya anda juga memberikan peringatan kepada orang yang anda berikan saran itu. Sebagai simpelnya misalnya anda meminta teman anda untuk berhenti merokok, namun anda juga menjelaskan kepadanya jika tindakan merokoknya itu bisa membahayakan kesehatan paru-parunya. Saran seperti ini sangat baik bagi orang lain, namun anda juga harus memperhatikan ketika memberikan saran kepada orang lain jangan sampai menyinggung perasaannya ya.

  • Menggunakan pengandaian

Cara lain yang bisa anda gunakan jika ingin memberikan saran kepada orang lain, misalnya saja anda ingin memberikan saran kepada teman atau sahabat anda maka anda bisa menggunakan pengandaian. Bentuk saran ini merupakan salah satu saran yang indirect atau secara tidak langsung. Sehingga kecil kemungkinan orang yang anda beri saran itu akan tersinggung. Untuk memberikan saran seperti ini maka anda bisa mengguynakan kata I were di bagian depan kemudian bisa menambahkan would.

  • Menambah kritik

Ketika anda memberikan saran kepada orang lain, maka anda juga bisa memberikan kritikan juga. Mungkin cara ini terdengar sedikit keras namun anda bisa memberikan saran ini untuk kebaikan, tapi pastikan bahwa orang yang anda berikan saran itu tidak tersinggung ya. Meskipun mungkin memberikan saran dan kritikan ini terkesan seperti terang-terangan namun juga bisa lebih memperjelas masalah yang ada. Namun pastikan saran yang anda berikan ini solutif dan perkataan saran yang anda berikan kepada orang lain itu tidak menyakiti hatinya ya.

 

Formal Expression of Advice (Memberikan saran dengan formal)

Jenis ekspresi memberikan saran menggunakan Bahasa Inggris yang pertama adalah formal. Anda bisa menyampaikan saran kepada orang lain secara formal dengan menunjukkan kesopanan (polite) anda. Anda bisa menggunakannya ketika sedang memberiikan saran kepada orang yang lebih tua, kepada orang yang baru saja anda temui dan mungkin belum terlalu akrab atau kenal dengan anda. Anda juga diharapkan untuk menggunakan ini ketika dihadapkan dengan keadaan yang darurat. Pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan informasi mengenai beberapa contoh dari formal expression of advice yang bisa anda gunakan sehari-hari beserta dengan terjemahannya.

Contoh formal expression of advice:

  • I advice (saya menyarankan..)
  • You should (kamu seharusnya..)
  • It’s best to (Lebih baik jika…)
  • It’s better for you to.. (sebaiknya anda…)
  • Perhaps you should… (Mungkin anda sebaiknya…)
  • I’d like to suggest that… (saya ingin memberi saran bahwa…)

Jika tadi kita sudah memberikan beberapa contoh dari formal expression of advice yang bisa anda gunakan untuk memberikan saran kepada orang lain dengan formal untuk menunjukkan kesopanan anda maka kali ini kami juga akan memberikan informasi mengenai beberapa contoh kalimat yang menggunakan formal expression of advice. Simak ulasannya di bawah ini ya!

  • I’d like to suggest that you stop using plastic, because plastic can be harmful for our environment (Saya ingin menyarankan agar anda berhenti menggunakan plastik, karena plastik bisa berbahaya bagi lingkungan kita)
  • I’d like to suggest that you stop watching this movie, because you awalys can’t sleep after watching this movie (Saya menyarankan kamu supaya berhenti menonton film ini, karena kamu selalu tidak bisa tidur setelah menonton film ini)
  • Hey Franklin, I’d like to suggest that you stop to smoking because smoking is harmful to your lung health (Hey Franklin, saya menyarankan kamu untuk berhenti merokok karena rokok berbahaya untuk kesehatan paru-parumu)
  • I advise you to stop complaining (Saya menyarankan anda untuk berhenti mengeluh)
  • You should get a lot of supplement for a better health (Anda harus mendapatkan banyak suplemen utnuk kesehatan tubuh yang lebih baik)
  • It’s better for you to get a money from the ATM if it is necessary (Sebaiknya anda mengambil uang di ATM jika itu dibutuhkan)
  • Perhaps you should go to the toilet if it is necessary (Mungkin anda sebaiknya pergi ke toilet jika itu memang dibutuhkan)
  • It’s best to go to the hospital because you look in pain (Lebih baik jika anda pergi ke rumah sakit karena anda kelihatan kesakitan)
  • Perhaps you should come to your brother house (Mungkin anda sebaiknya datang ke rumah kakak anda)
  • You should excericse more (anda harus berlatih lebih lagi)
  • It’s better for you to open the window (Sebaiknya anda membuka jendela)
  • It’s best to fix the frame, rather than buying a new one (Lebih baik jika memperbaiki bingkainya, daripada membeli yang baru)
  • You should care about it (Kamu seharusnya memperhatikan itu)

 

Non-Formal Expression of Advice (Memberikan saran dengan tidak formal)

Jika tadi kita sudah membahsa mengenai cara memberi saran yang formal dalam menggunakan Bahasa Inggris, sekarang kami akan mengajak anda untuk membahas mengenai formal expression of advice maka pada kesempatan kali ini kami juga akan memberikan informasi mengenai non formal expression of advice yang bisa anda gunakan untuk keadaan yang tidak formal atau santai. Anda bisa menggunakannya ketika ingin memberikan saran kepada orang yang seusia anda, sahabat anda, teman anda, atau mungkin orang yang sudah akrab dengan anda. Kali ini kami juga akan memberikan beberapa contoh dari non formal expression of advice yang bisa anda gunakan di kehidupan sehari-hari lengkap dengan terjemahannya. Simak beberapa contohnya di bawah ini.

Contoh non-formal expression of advice:

  • You need to (kamu seharusnya..)
  • You ought to (kamu sebaiknya…)
  • You better to (kamu sebaiknya..)
  • Make sure you (pastikan kamu..)
  • Why don’t you (kenapa kamu…)
  • I think of a good way (saya punya cara yang bagus untuk itu..)
  • It’s a good suggestion (itu saran yang bagus..)

Jika anda ingin memberikan saran dengan santai atau informal kepada orang lain seperti misalnya sahabat, teman anda, atau mungkin orang yang sudah anda kenal dengan akrab maka anda bisa menggunakan beberapa contoh non-formal expression of advice. Kali ini kami juga akan memberikan contoh mengenai beberapa kalimat yang menggunakan non-formal expression of advice. Sehingga anda bisa menggunakannya sebagai referensi ketika ingin memberi saran kepada orang lain dengan santai. Simak penjelasannya di bawah ini ya:

  • You need to stay at home, it would be safer (Kamu seharusnya tinggal di rumah, akan lebih aman)
  • You better to get time for yourself, you can take a short escape (Kami sebaiknya mengambil waktu untuk dirimu sendiri, kamu bisa mengambil liburan singkat)
  • Make sure you understand him (Pastikan kamu mengerti dirinya)
  • Why don’t you buy the watch? (Kenapa kamu tidak membeli jam itu?)
  • I think of a good way for taking time for yourself (Aku punya cara yang bagus untukmu mengambil waktu untuk dirimu sendiri)
  • You need to work now (Kamu harusnya bekerja sekarang)
  • You ought to take this projects (Kamu seharusnya mengambil proyek ini)
  • You better to change your perspective (Kamu sebaiknya mengubah cara pandangmu)
  • Why don’t you read a book before going to bed? (Kenapa kamu tidak membaca buku sebelum pergi tidur?)
  • You better to wear a jacket because it’s really cold (Kamu sebaiknya menggunakan jaket karena dingin sekali)

 

Itulah beberapa infromasi yang bisa berikan kepada anda mengenai contoh kalimat memberikan saran dalam menggunakan bahasa inggris. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat untuk anda semuanya yang sedang ingin belajar memberikan saran menggunakan Bahasa Inggris ya!