Contoh Surat Perkenalan Diri (Introduction Letters) dalam Bahasa Inggris

Memperkenalkan diri adalah hal paling pertama dan paling penting dilakukan ketika kita bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya. Memperkenalkan diri memiliki makna kita mengizinkan orang untuk mengetahui siapa diri kita dan, sedikit demi sedikit, membangun relasi yang baik.

Perkenalan diri dapat dilakukan dengan bertatap muka secara langsung atau melalui surat dengan informasi yang diberikan oleh orang-orang yang memiliki hubungan dengan orang yang akan berkenalan dengan kita dalam hal apa saja.

Surat perkenalan diri (dalam Bahasa Inggris dikenal dengan introduction letter) adalah surat korespondensi yang bertujuan untuk mengenalkan diri sendiri atau memperkenalkan orang lain kepada seseorang dengan berbagai tujuan. Surat perkenalan diri dapat ditulis secara manual atau dengan mengirimkannya sebagai surat elektronik (e-mail).

Ada beberapa jenis surat perkenalan diri, di antaranya:

  • Surat perkenalan antara dua kolega dengan tujuan atau maksud tertentu.
  • Surat perkenalan calon karyawan kepada tempat kerjanya.
  • Surat perkenalan penerima beasiswa kepada instansi yang memberikan beasiswa.
  • Surat perkenalan antara 3 orang (pihak A memperkenalkan pihak B kepada pihak C untuk suatu hal tertentu).

Contoh-Contoh Surat Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris (Examples of Introduction Letters in English)

Picture by August de Richelieu on Pexels

Melalui artikel ini, kita akan mempelajari contoh-contoh surat perkenalan diri dalam Bahasa Inggris melalui beberapa contoh di bawah ini. Contoh surat perkenalan diri yang disajikan di bawah ini adalah surat perkenalan diri dalam bentuk surat seperti biasa (ditulis dengan tangan) dan dalam bentuk surat elektronik.

Contoh Surat Perkenalan Diri 1

To: Nina Olivia (nina_olivia99@jakartacitymail.net)

From: Evgenia Borashava (evgenia.b99@newarkmail.com)

Subject: Students Exchange Programs – Introduction Letter

Dear Ms. Olivia,

I am writing this letter to you as a form of self-introduction, as both of us are exchange students and will be living in our respective countries of exchange for the next 4 months.

My name is Evgenia Borashava and I come from the city of Newark, New Jersey, United States of America where you will live as an exchange student. I have previously learned that you are from Indonesia, the country where I will be living as an exchange student.

Please allow me to describe my background a little, so you can get to know a bit about who I am. I was born and raised in Newark. My father is from Russia and my mother is American. Thus, I have mixed Russian-American blood.

In college, I join the women’s basketball club and if I may say… my basketball skills are quiet good. In my spare time, I like to visit the library and play fencing. I also speak Russian, besides English. It is because my father has always strictly taught all his children Russian.

How about you, Ms. Olivia? Are you part of a club in your campus? Also, what are your hobbies?

I really want to chat with you. Therefore, please reply to this email whenever you have time. Thank you for taking your time to read this email from me.

Greetings, Evgenia Borashava.

(Untuk: Nina Olivia (nina_olivia99@jakartacitymail.net)

Dari: Evgenia Borashava (evgenia.b99@newarkmail.com)

Subyek: Porgram Pertukaran Pelajar – Surat Perkenalan

Kepada Nn. Olivia,

Aku menulis surat ini kepadamu sebagai bentuk perkenalan diri saya, karena kita berdua sama-sama merupakan peserta program pertukaran pelajar dan akan tinggal di negara pertukaran kita masing-masing selama 4 bulan ke depan.

Namaku Evgenia Borashava dan saya berasal dari kota Newark, New Jersey, Amerika Serikat di mana kamu akan tinggal sebagai siswa pertukaran. Aku sebelumnya telah mengetahui bahwa kamu berasal dari Indonesia, negara tempatku akan tinggal sebagai siswa pertukaran.

Izinkan aku sedikit mendeskripsikan latar belakangku, agar kamu bisa sedikit mengenal siapa aku. Aku lahir dan besar di Newark. Ayahku berasal dari Rusia dan ibuku orang Amerika. Karena itu, aku memiliki darah campuran Rusia-Amerika.

Di kampus, aku bergabung dengan klub basket wanita dan kalau boleh kukatakan… kemampuanku dalam basket cukup mumpuni. Di waktu luangku, aku senang mengunjungi perpustakaan dan bermain anggar. Aku juga berbicara dalam Bahasa Rusia, selain Bahasa Inggris. ini karena ayahku sejak dulu sangat ketat mengajari semua anak-anaknya Bahasa Rusia.

Bagaimana denganmu, Nn. Olivia? Apakah kamu tergabung dalam suatu klub di kampusmu? Lalu, apa saja hobimu?

Aku sangat ingin mengobrol denganmu. Oleh karena itu, balaslah surel ini kapanpun kamu sempat. Terima kasih sudah menyempatkan waktumu membaca surel dariku ini.

Salam, Evgenia Borashava.)

Contoh Surat Perkenalan Diri 2

David Charlton

451 Auburn St.

Toledo, Ohio 43604

To: Bernard Samuels

Chairman of The Scholarship Committee

University of Southern Ashland

1257 Pinewood Avenue

Ashland, Ohio 44805

Dear Mr. Samuels:

My name is David Charlton and I am a grade 12 student at Greenhill Public High School in Toledo, Ohio. Next year I will start to enter university and I am very lucky to enter Communication Science major at the University of Southern Ashland.

Since I was in the 11th grade, I have worked part time as a freelance writer. At first, it was not easy to divide my time between school and work, but slowly but surely I was able to manage my time well. I, indeed, really enjoy writing and as a freelance writer, the writings that I have produced are excellent and many of my clients are happy with the results.

I still have a lot to learn and with my entry to the Communication Science major which is my dream major, I am sure I will get all the knowledge I need.

However, as you already know, the costs that I will be using during my study are not small and cheap. I have saved from my work as a freelance writer, but I still have a lot of future costs to think about and I plan to continue working as a freelance writer, but I will make sure that study is the number one for me.

This scholarship will be very useful for me and can help me with all the expenses I will spend while I study at this university. I am very grateful to receive this scholarship and I will make sure that I deserve this scholarship by working hard in my education.

Thank you for your time and I will be very happy to hear any news from you.

My respect, David Charlton.

(David Charlton

Jl. Auburn No. 451

Toledo, Ohio 43604

Kepada: Bernard Samuels

Ketua Komite Beasiswa

Universitas Ashland Selatan

Jalan Raya Pinewood No. 1257

Ashland, Ohio 44805

Kepada Pak Samuels yang terhormat,

Nama saya David Charlton dan saya merupakan siswa kelas 12 di SMA Umum Greenhill di Toledo, Ohio. Tahun depan saya akan masuk ke universitas dan saya sangat beruntuk bisa memasuki jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Ashland Selatan.

Sejak duduk di kelas 11, saya telah bekerja paruh waktu sebagai penulis lepas. Pada awalnya, memang tidak mudah bagi saya membagi waktu antara sekolah dan pekerjaan, namun pelan tapi pasti saya dapat mengatur waktu saya dengan baik. Saya memang senang menulis dan sebagai seorang penulis lepas, tulisan-tulisan yang telah saya hasilkan sangat baik dan banyak klien saya yang senang dengan hasilnya.

Masih ada banyak sekali yang harus saya pelajari dan dengan masuknya saya ke jurusan Ilmu Komunikasi yang merupakan jurusan impian saya, saya yakin akan mendapatkan semua pengetahuan yang saya butuhkan.

Tetapi, seperti yang Anda ketahui, biaya yang akan saya gunakan selama kuliah tidaklah sedikit dan murah. Saya memang telah menabung dari pekerjaan saya sebagai penulis lepas, namun masih ada banyak biaya ke depannya yang harus saya pikirkan dan saya berencana untuk tetap bekerja sebagai penulis lepas, namun saya akan memastikan bahwa belajar adalah nomor satu bagi saya.

Beasiswa ini akan sangat berguna bagi saya dan dapat membantu saya dengan semua biaya yang akan saya habiskan selama berkuliah di universitas ini. Saya sangat bersyukur bisa menerima beasiswa ini dan saya akan memastikan bahwa saya pantas menerima beasiswa ini dengan bekerja keras dalam pendidikan saya.

Terima kasih atas waktu Anda dan saya dengan senang hati menunggu kabar lebih lanjut dari Anda.

Hormat saya, David Charlton.)

Contoh Surat Perkenalan Diri 3

Amelie Arnaud

888 Rudiso Road

Las Cruces, New Mexico 88002

844 – 298 – 5430

August 23, 2021

Donna Gonzales

President Director of La Nina Modeling Agency

898 Hawthorne Avenue

Las Cruces, New Mexico 88001

Dear Ms. Gonzales,

I am writing to you one the advice I got from a talent scout named Sophia Newman, who said that your agency is looking for teenage girls models ranging in age from 13 to 19 years old. Therefore, allow me to introduce myself to you through this letter.

My name is Amelie Arnaud, 16 years old and currently in the 11th grade at Las Cruces Girls Academy. Since childhood, I was very interested in wanting to be a model because I saw on TV how graceful models walk on stage like Barbara Palvin, who is my idol. Being a model, just like my idol, is my biggest dream.

To achieve that dream of mine, since I was in middle school my mother has enrolled me in a modeling course. In the course, they taught me the basics of modeling as well as training and shaping my body, my smile, and posture.

When I met Miss Newman, she said that I had great potential and that I had a pleasant personality. She then suggested me to write this letter to you. It was then when I realized if I am under your agency, I can fulfill my dream and learn and also gain a lot from what your agency will teach and offer me.

I will be very happy if you meet me in person in your spare time. If you like, you may contact me at my phone number 844 – 298 – 5430.

I thank you very much for your time and willingness to read my letter.

Best regards, Amelie Arnaud.

(Amelie Arnaud

Jalan Rudiso No. 888

Las Cruces, New Mexico 88002

844 – 298 – 5430

23 Agustus, 2021

Donna Gonzales

Direktur Utama Agensi Model La Nina

Jalan Raya Hawthorne No. 898

Las Cruces, New Mexico 88001

Yang terhormat Nn. Gonzales,

Saya menulis kepada Anda atas saran yang diberikan oleh seorang pencari bakat bernama Sophia Newman, yang berkata bahwa agensi Anda sedang mencari model gadis remaja dengan rentang usia 13 hingga 19 tahun. Oleh karenanya, izinkan saya memperkenalkan diri saya kepada Anda lewat surat ini.

Nama saya Amelie Arnaud, berusia 16 tahun dan sekarang duduk di bangku kelas 11 Akademi untuk Anak-Anak Perempuan Las Cruces. Sejak kecil, saya sudah sangat tertarik ingin menjadi model karena melihat di TV betapa anggunnya para model yang berjalan di atas panggung seperti Barbara Palvin, yang merupakan idola saya. Menjadi model, seperti idola saya, adalah mimpi terbesar saya.

Untuk meraih mimpi tersebut, sejak saya SMP ibu saya telah memasukkan saya ke sebuah kursus model. Di tempat kursus tersebut, mereka mengajarkan saya hal-hal dasar tentang permodelan serta melatih dan membentuk tubuh, senyum, dan sikap saya.

Saat saya bertemu Nona Newman, beliau berkata bahwa saya memiliki potensi yang luar biasa dan bahwa saya memiliki kepribadian yang menyenangkan. Beliau lalu menyarankan saya untuk menulis surat ini kepada Anda. Saat itulah saya menyadari bahwa jika saya berada di bawah naungan agensi Anda, saya dapat mewujudkan impian saya dan belajar serta mendapatkan banyak dari apa yang akan diajarkan dan ditawarkan oleh Agensi Anda.

Saya akan senang sekali apabila Anda menemui saya secara langsung di waktu senggang Anda. Apabila berkenan, Anda dapat menghubungi nomor telepon saya di 844 – 298 – 5430.

Saya ucapkan banyak terima kasih atas waktu dan kesediaan Anda membaca surat saya.

Salam hangat, Amelie Arnaud.)

Picture by Kaboompics.com on Pexels

Demikian, teman-teman, contoh-contoh surat perkenalan diri menggunakan Bahasa Inggris.