Contoh Surat Pribadi Menggunakan Bahasa Inggris

Surat, sebuah sarana berkomunikasi menggunakan selembar kertas, pena, amplop, dan perangko. Walaupun keberadaannya seperti tergerus oleh hadirnya surat elektronik dan aplikasi berkirim pesan lewat jejaring sosial, menulis surat tetap memiliki pesona dan keunikannya sendiri.

Surat memiliki banyak ragam dan dalam artikel kali ini kita akan khusus membahas tentang surat pribadi. Apakah surat pribadi itu sendiri? Surat pribadi merupakan jenis surat tidak resmi yang biasanya berisikan masalah atau pembicaraan pribadi antara dua orang yang saling berkirim surat.

Surat pribadi biasanya ditulis tangan dan dikirim melalui kantor pos. Pada umumnya, komposisi atau struktur dalam sebuah surat pribadi terdiri dari:

  1. Tanggal surat tersebut ditulis. Bagian ini terdiri dari tanggal, bulan, dan tahun. Beberapa orang menuliskan nama hari untuk menambahkan detil pada surat.
  2. Salam pembuka surat pribadi. Salam pembuka bertujuan menyapa sang penerima surat.
  3. Isi atau badan surat, yang menjelaskan inti dari alasan kita menulis sebuah surat pribadi.
  4. Salam penutup dan nama terang kita sebagai pengirim, sebagai akhir dari surat dan untuk, sekali lagi, mengucapkan sampai jumpa pada sang penerima surat kita.
Picture by Castorly Stock on Pexels

Setelah kita mengetahui apa itu surat pribadi dan bagian-bagiannya, kita kini akan mempelajari contoh surat-surat pribadi menggunakan Bahasa Inggris.

Contoh 1:

Dear Fransisca,

First of all, thank you so much for reading and replying to the letter that I sent you last month. You have no idea how happy I was when receiving a reply letter from you. Because in the previous letter I have not had time to introduce myself, through this letter, I will tell you a little about myself based on your request.

My name is Jasmine Burton and as you can see from the address on the envelope, I am coming from Bismarck, a city in North Dakota State. I am 16 years old and I love to read books and also play basketball. And also, I am a member of girls basketball club in my high school. I want to be a professional basketball player someday and be a member of women’s basketball team in North Dakota.

You mentioned in your letter that you wanted to know about the tourist spots in my city. If someday you have a plan to visit Bismarck, I can accompany you to several tourist attractions here. Bismarck is the home of Dakota Zoo, Heritage Center of North Dakota, Lewis and Clark Riverboat Cruises if you want to explore the Missouri River, Sertoma Park which is a riverfront park with play areas and picnic spots, and many more.

I would love to know the city where you live as well, that is why tell me a little about your city in your next letter. Please do not rush and reply to this letter when you have free time.

Nice to meet you again from me,

Jasmine Burton

Address written on the envelope:

Sunrise Ridge Apartment Building

3010 Maple Ave, Bismarck

North Dakota 58503, USA

(Teruntuk Fransisca,

Pertama-tama, terima kasih banyak telah membaca dan membalas surat yang kukirimkan padamu bulan kemarin. Kau tidak tahu betapa senangnya aku ketika menerima surat balasan darimu. Karena di dalam surat sebelumnya aku belum sempat memperkenalkan diriku, melalui surat ini, aku akan sedikit menceritakan tentang diriku berdasarkan permintaanmu.

Namaku Jasmine Burton dan seperti yang bisa kau lihat dari alamat di amplop, aku berasal dari Bismarck, sebuah kota di Negara Bagian Dakota Utara. Umurku 16 tahun dan aku senang membaca serta bermain basket. Dan juga, aku juga adalah anggota klub basket perempuan di SMA-ku. Aku ingin menjadi seorang pemain basket profesional suatu hari nanti dan menjadi anggota tim basket wanita di Dakota Utara.

Kau menyebutkan dalam suratmu bahwa kau ingin tahu tentang tempat-tempat wisata yang ada di kotaku. Jika suatu hari nanti kau berencana mengunjungi Bismarck, aku bisa menemanimu ke beberapa tempat wisata di sini. Bismarck adalah rumah dari Kebun Binatang Dakota, Pusat Warisan Kebudayaan Dakota Utara, Pelayaran Kapal Sungai Lewis dan Clark kalau kau ingin menjelajah Sungai Missouri, Taman Sertoma yang merupakan taman di tepi sungai dengan area bermain dan tempat-tempat piknik, dan masih banyak lagi.

Aku juga dengan senang hati ingin mengetahui kota dimana kau tinggal, itulah mengapa ceritakan sedikit padaku tentang kotamu di suratmu yang berikutnya. Jangan terburu-buru dan balaslah surat ini jika kau punya waktu luang.

Senang bertemu lagi denganmu dariku,

Jasmine Burton

Alamat yang dituliskan di amplop:

Gedung Apartemen Sunrise Ridge

Jalan Mapel No. 3010, Bismarck

Dakota Utara 58503, AS)

Contoh 2:

Dear Michelle,

I hope my letter passes the examination in your school. It is annoying that your school has such a strict system and does not allow students to carry cell phones while in the dorms.

Anyway, the reason I write this letter is because I wanted to tell you that I was accepted into the student exchange program at my campus. In 2 months I will go to South Africa and start my program for 4 months there.

I want to thank you for convincing me to enroll myself in the program and also because you really put your faith in me, even though we both know that I am not too smart like our eldest brother. Thank you, Michelle, for your trust. I will definitely bring you a special gift from South Africa when I come home.

Sorry if my letter this time is short, because I still have a lot to take care of before leaving for South Africa. I will be waiting for your reply, Sis!

From your happy second older brother,

Jamie

(Teruntuk Michelle,

Kuharap suratku lolos pemeriksaan di sekolahmu. Menyebalkan sekali sekolahmu memiliki sistem yang ketat dan tidak mengizinkan para siswinya membawa ponsel selama berada di asrama.

Omong-omong, alasan aku menulis surat ini adalah karena aku ingin memberitahumu bahwa aku diterima dalam program pertukaran pelajar di kampusku. Dalam 2 bulan lagi aku akan pergi ke Afrika Selatan dan memulai programku selama 4 bulan di sana.

Aku ingin berterima kasih kepadamu karena telah meyakinkanku untuk mendaftarkan diriku di program itu dan juga karena kau sangat memercayaiku, walaupun kita berdua sama-sama tahu bahwa aku tidaklah terlalu pintar seperti abang tertua kita. Terima kasih, Michelle, atas kepercayaanmu. Aku pasti akan membawakanmu oleh-oleh istimewa dari Afrika Selatan ketika aku pulang nanti.

Maaf jika suratku kali ini pendek saja, karena masih banyak yang harus kuurus sebelum berangkat ke Afrika Selatan. Aku akan menunggu surat balasanmu, Dik!

Dari abang keduamu yang sedang berbahagia,

Jamie)

Contoh 3:

Dear Mrs. Serrano,

Through this letter, please allow me to convey my condolences for the fire accident that scorched the orphanage building that you manage. I cannot imagine what you and the children you are caring for are feeling for the past 8 days.

Besides from conveying my condolences, there is another reason as to why I feel like I should immediately write to you. After reaching an agreement, my husband and I decided that we would become donors and pay for all the funds to rebuild your orphanage building.

Before you ask why, Mrs. Serrano, this idea actually came from my husband and his personal reasons. My husband is an orphan who grew up in an orphanage. When he heard about the tragedy, he was very sad and then he told me that he would donate so that all those children can have a home again.

I also have written my husband’s and my contact numbers below and we sincerely hope that you will contact us if you agree to receive funds from us.

I hope you will be alright soon,

Samantha Molina

Complete address on the front of the envelope:

1278 Don Hosque St., Tampa

Florida 33610, USA

(Kepada Ny. Serrano,

Melalui surat ini, izinkan saya menyampaikan duka cita saya atas musibah kebakaran yang menghanguskan bangunan panti asuhan yang Anda kelola. Saya tidak dapat membayangkan apa yang Anda dan anak-anak yang Anda jaga rasakan selama 8 hari belakangan ini.

Di samping menyampaikan duka cita, ada alasan lain yang membuat saya merasa harus segera menulis kepada Anda. Setelah mencapai kesepakatan, suami saya dan saya memutuskan bahwa kami akan menjadi donatur dan membayar semua biaya untuk membangun kembali bangunan panti asuhan Anda.

Sebelum Anda bertanya mengapa, Ny. Serrano, gagasan ini sebenarnya datang dari suami saya dan alasan-alasan pribadinya. Suami saya adalah anak yatim piatu yang besar di sebuah panti asuhan. Ketika dia mendengar tragedi itu, dia sangat sedih dan lalu memberitahuku bahwa dia akan berdonasi supaya semua anak-anak itu bisa kembali memiliki rumah.

Saya juga telah menuliskan nomor kontak suami saya dan saya di bawah dan kami sungguh berharap Anda akan menghubungi kami apabila Anda setuju untuk menerima dana dari kami.

Semoga Anda segera pulih,

Samantha Molina

Alamat lengkap di bagian depan amplop surat:

Jl. Don Hosque No. 1278, Tampa

Florida 33610, Amerika Serikat)

Contoh 4:

Dearest Ben and Ashton,

I am very happy to hear of your marriage and your move to New York City. I smile so wide and rejoice because, finally, my two good friends are united in a marriage bond.

Moving to a big city has its own challenges. I am glad you guys decided to move to look for brighter prospects and I support you wholeheartedly for that. I hope New York is the right city for the two of you to fulfill all your dreams and have a happy family.

Oh, I forgot to tell you that I now live in Brooklyn with my husband and my son. Very close to you, right? If you need anything, you can either call, write, or message me. And, we should meet as soon as possible and hang out together again. I can also introduce my husband and my son to you so that our two families can get closer.

I cannot wait to get your reply letter. Write to me as soon as you feel comfortable with New York.

From your friend who rejoice,

Rachel

(Ben dan Ashton tersayang,

Aku sangat berbahagia mendengar pernikahan kalian dan kepindahan kalian ke Kota New York. Aku tersenyum sangat lebar dan bersuka cita karena, akhirnya, dua teman baikku telah bersatu dalam ikatan pernikahan.

Pindah ke kota besar memiliki tantangannya sendiri. Aku senang kalian memutuskan pindah untuk mencari prospek yang lebih cerah dan aku mendukung kalian dengan sepenuh hati untuk itu. Kuharap New York adalah kota yang tepat bagi kalian berdua utnuk mewujudkan semua mimpi kalian dan memiliki keluarga bahagia.

Oh, aku lupa mengatakan pada kalian bahwa aku sekarang tinggal di Brooklyn bersama suami dan putraku. Sangat dekat dengan kalian, bukan? Jika kalian membutuhkan apa-apa, kalian bisa menelepon, menulis, atau mengirim pesan padaku. Dan, kita harus bertemu sesegera mungkin dan berkumpul bersama lagi. Aku juga bisa mengenalkan suami dan anakku kepada kalian agar kedua keluarga kita bisa lebih dekat.

Aku tidak sabar menantikan surat balasan kalian. Menulislah padaku setelah kalian merasa nyaman dengan New York.

Dari teman kalian yang bersuka cita,

Rachel)

Picture by Diana Akhmetianova on Pexels

Demikian contoh-contoh surat pribadi dengan menggunakan Bahasa Inggris yang dapat teman-teman jadikan contoh ketika ingin menulis surat pribadi kepada seseorang.