Contoh Tampilan Daftar Riwayat Hidup Koki atau Juru Masak dalam Bahasa Inggris

Ketika melamar pekerjaan atau ketika kita sudah memiliki pekerjaan, salah satu hal yang harus dimiliki setiap pekerja adalah daftar riwayat hidup. Dalam Bahasa Inggris, daftar riwayat hidup juga dikenal dengan istilah “curriculum vitae (CV)”.

Informasi yang dimuat di dalam daftar riwayat hidup, pada umumnya, berupa informasi tentang latar belakang pribadi kita, daftar riwayat pendidikan kita, keahlian yang dipunyai, serta riwayat-riwayat pendukung lainnya. Biasanya, tidak ada patokan tentang berapa banyak halaman untuk daftar riwayat hidup. Namun, ada juga tempat-tempat yang mematok panjang halaman dari sebuah daftar riwayat hidup.

Kemudian, yang harus kita masukkan ke dalam daftar riwayat hidup kita antara lain adalah:

  1. Data atau informasi pribadi kita (biodata). Kita dapat memulai bagian ini dengan mencantumkan nama lengkap kita, di mana dan kapan kita lahir (tempat/kota, tanggal, bulan, dan tahun lahir), nomor telepon rumah atau telepon genggam kita yang aktif, serta alamat surat elektronik (e-mail) aktif yang kita miliki.
  2. Riwayat atau latar belakang pendidikan kita. Di bagian ini, kita dapat memasukkan nama sekolah dan universitas tempat kita belajar dan tahun masuk serta tahun kita lulus (bagian ini opsional, alias bisa dicantumkan dan bisa juga tidak).
  3. Riwayat pengalaman kerja. Dalam bagian ini, kita boleh mencantumkan apa saja posisi yang pernah atau masih kita pegang ketika bekerja di suatu tempat beserta deskripsi singkatnya. Di bagian ini kita bisa juga mencantumkan pengalaman magang atau menjadi relawan dalam suatu organisasi atau lembaga masyarakat (LSM), jika kita memilikinya.
  4. Daftar keahlian yang dipunyai. Pada bagian ini, kita bisa memasukkan berbagai keahlian atau kemampuan yang kita miliki, yang bisa jadi dibutuhkan oleh pihak perekrut jika kita sedang dalam tahap melamar kerja. Daftar keahlian juga bisa menjadi referensi walaupun kita sudah bekerja secara tetap di suatu tempat.
  5. Hobi atau ketertarikan. Hobi atau kegemaran juga dapat kita cantumkan di dalam daftar riwayat hidup kita agar pihak perekrut atau atasan bisa dengan lebih baik mengenal kita.
  6. Daftar atau kontak referensi. Ini, biasanya, adalah bagian terakhir dalam sebuah daftar riwayat hidup. Kontak referensi dapat berupa kontak orang-orang yang dapat memberi informasi mengenai Anda dari sudut pandang mereka.

Yang harus sangat kita perhatikan dalam membuat daftar riwayat hidup adalah kita tidak boleh berbohong tentang data dan informasi yang telah kita masukkan, terutama ketika akan melamar kerja, karena akan berpengaruh terhadap perekrutan kita di tempat kerja idaman.

Picture by Rene Asmussen on Pexels

Baiklah, setelah mengetahui apa itu daftar riwayat hidup dan apa saja yang dapat kita cantumkan di dalamnya, di atas telah disebutkan bahwa daftar riwayat hidup dibutuhkan hampir dalam pekerjaan apa saja. Salah satu pekerjaan atau profesi yang membutuhkan daftar riwayat hidup sebagai dokumen pendukung adalah koki.

Koki atau juru masak (chef or cook dalam Bahasa Inggris) adalah satu profesi atau pekerjaan yang digeluti seseorang di bidang kuliner. Seorang koki tidak hanya bertugas menyajikan aneka ragam makanan dan minuman lezat untuk disantap, namun juga membuat resep yang dapat dijadikan menu masakan atau minuman baru. Koki juga bertugas menentukan jumlah takaran bahan-bahan masakan agar menghasilkan makanan dan minuman yang sehat, lezat, serta menarik untuk dipandang. Koki biasanya bekerja di restoran atau hotel, namun ia juga bisa membuka restoran sendiri.

Profesi koki memiliki jenjang-jenjang karirnya sendiri, antara lain:

  1. Pembantu koki (cook helper). Yang berada dalam tingkatan ini biasanya adalah karyawan baru yang direkrut oleh sebuah restoran atau hotel. Mereka bertugas membantu para koki yang berada di atasnya mempersiapkan bahan baku makanan yang akan diolah dan serangkaian tugas dapur lainnya.
  2. Asisten koki (commis chef/cook assistant). Posisi yang sedikit lebih tinggi di atas pembantu koki, tugas dari commis chef adalah mengolah atau mengerjakan bahan baku dasar yang telah disiapkan pembantu koki. Ada 3 tingkatan asisten koki: asisten 3 (commis 3), asisten 2 (commis 2), dan asisten 1 (commis 1; tingkatan tertinggi).
  3. Koki pengawas (demi chef/chef de partie). Tugas dari koki pengawas mirip seperti pengawas di tempat-tempat kerja lainnya, yaitu terjun langsung mengawasi pekerjaan yang dilakukan anak buah mereka (pembantu dan asisten koki).
  4. Asisten utama koki (sous chef). Tugas dan tanggung jawab dari seorang asisten utama koki adalah menangani resep-resep masakan dan minuman yang tersedia di dapur. Seorang asisten utama koki berhak memegang kendali dapur ketika koki eksekutif atau koki kepala sedang tidak berada di tempat.
  5. Koki eksekutif/koki kepala (executive or head chef). Merupakan jenjang karir tertinggi dalam profesi koki atau juru masak. Memiliki tanggung jawab besar atas benda-benda yang ada di dapur, beserta timnya.

Baiklah, sekarang kita akan mempelajari contoh-contoh pembuatan daftar riwayat hidup dari seorang juru masak atau koki dengan menggunakan Bahasa Inggris, seperti yang akan ditampilkan di bawah ini.

Contoh 1:

  1. Personal Information

Full Name: Rebecca Angelina Anderson

Birth Date: El Paso, Texas, January 25, 1990

Address: 456 Gonzales Road, El Paso, Texas 79901

Contact Number: +1 800-320-1786

E-mail Address: reb.anderson@vmail.com

  1. Professionalism Brief Summary

A dedicated chef with 9 years of experience, especially mastering a variety of Mexican and Asian cuisines. Has extensive knowledge in the procedure of serving food and beverages and table arrangement. Qualifications include creating innovative and flavorful food recipes that use fresh, natural ingredients with balanced nutritional measure.

Understanding that delicious food that makes people full and amazed requires patience in its presentation, I am a chef who is quite patient and painstaking in serving the food I make with own two hands.

  1. Expertise Summary

Creative and innovative.

Good physical health.

Good at managing kitchen finance funds.

Good in both individual and group works.

Can use a wide variety of social networks for promotion.

Able to create the best and preferred cooking recipes.

  1. Working Experience List

Commis chef at Armadillo Mexican Restaurant (2010-2011)

Chef de partie at Armadillo Mexican Restaurant (2011-2013)

Sous Chef at Barnabas&Santos 5-Star Restaurant (2013-2019)

Head chef at Barnabas&Santos 5-star Restaurant (2019 –now)

  1. Education Background

Bachelor’s Degree in Culinary Science, The Culinary School of Armando Lopez, Houston, Texas (enrolled in 2008 and graduated in 2010).

(1. Informasi Pribadi

Nama Lengkap: Rebecca Angelina Anderson

Tanggal Lahir: El Paso, Texas, 25 Januari, 1990

Alamat: Jl. Gonzales No. 456, El Paso, Texas 79901

Nomor Kontak: +1 800-320-1786

Alamat Surel: reb.anderson@vmail.com

  1. Ringkasan Singkat Profesionalisme

Seorang koki berdedikasi dengan pengalaman selama 9 tahun, terutama menguasai aneka masakan Meksiko dan Asia. Memiliki pengetahuan luas dalam tata cara menyajikan makanan dan minuman, serta penataan meja. Kualifikasi termasuk menciptakan resep masakan yang inovatif dan memiliki cita rasa unik, yang menggunakan bahan-bahan alami nan segar dengan takaran gizi yang seimbang.

Memahami bahwa makanan yang lezat dan membuat orang kenyang serta terpukau membutuhkan kesabaran dalam penyajiannya, saya merupakan koki yang cukup sabar dan telaten dalam menyajikan makanan yang saya buat dengan kedua tangan saya sendiri.

  1. Ringkasan Keahlian

Kreatif dan inovatif.

Kesehatan fisik yang baik.

Baik dalam mengatur dana keuangan dapur.

Baik dalam kerja individu maupun kelompok.

Dapat menggunakan berbagai macam jejaring sosial untuk promosi.

Mampu menciptakan aneka resep masakan terbaik dan yang disukai.

  1. Daftar Pengalaman Kerja

Juru masak di Restoran Meksiko Armadillo (2010-2011)

Koki supervisi di Restoran Meksiko Armadillo (2011-2013)

Asisten koki di Restoran Bintang 5 Barnabas&Santos (2013-2019)

Kepala koki di Restoran Bintang 5 Barnabas&Santos (2019-sekarang)

  1. Latar Belakang Pendidikan

Gelar Sarjana dalam Ilmu Kuliner, Sekolah Kuliner Armando Lopez, Houston, Texas (masuk di tahun 2008 dan lulus di tahun 2010).

Contoh 2:

Edouard Lavoie

Birth Day and Date: Gatineau, Quebec, May 13, 2000

131 Boulevard des Bouchard

Quebec City, Quebec, Canada G1A 0A2

Phone Number: +1-418-342-3443

Email: Edouard.Lavoie@netmail.com

PRIVATE SUMMARY ABOUT MYSELF

A chef helper who likes and appreciates food. Has high motivation and great desire in processing a variety of foods. Has a good skill in serving French cuisines. Can learn how to process food quickly and is a careful observer. Trying hard to avoid making mistakes, even the smallest mistakes, such as miscalculation in measuring and incorporating ingredients.

Can start working as soon as possible and engage with colleagues who have good dedication and work style, so that I can improve my skills and improve my career experience.

SKILLS AND COMPETENCIES RUBRIC

Always maintain cleanliness and neatness in the kitchen and cooking station.

Pay attention to the details of the food presentation and beverages very well.

Can work well and professionally, even under extreme pressure.

Can target how much food is being served within 12 hours or more.

Can come to work on time everyday because of the strategic location of residence.

Good communication skills and ready to accept advice from the seniors.

Always ready to learn new and interesting things at workplace.

Can distinguish and separate which are work affairs and which are personal affairs.

ACADEMIC OR EDUCATION BACKGROUND

Auclair Elementary School, Gatineau (2006 – 2012)

Charbonnier Junior High School, Gatineau (2012 – 2015)

Lefebre High School, Gatineau (2015 – 2018)

Toussaint-Verne Private Culinary Academy, Quebec City (2018 – 2020)

 

REFERENCE – will be included in the job application document if needed.

(Edouard Lavoie

Hari dan Tanggal Lahir: Gatineau, Quebec, 13 Mei, 2000

Jalan Bouchard No. 131

Kota Quebec, Quebec, Kanada G1A 0A2

Nomor telepon: +1-418-342-3443

Email: Edouard.Lavoie@netmail.com

RINGKASAN MENGENAI DIRI SAYA

Seorang pembantu koki yang menyukai dan menghargai makanan. Memiliki motivasi yang tinggi dan hasrat besar dalam mengolah berbagai macam makanan. Memiliki keahlian yang mumpuni dalam menyajikan masakan Perancis. Dapat belajar bagaimana mengolah makanan dengan cepat dan merupakan pengamat yang cermat. Amat sangat menghindari membuat kesalahan, bahkan kesalahan kecil sekalipun, seperti salah menakar dan memasukkan bahan-bahan masakan.

Dapat mulai bekerja sesegera mungkin dan terlibat dengan rekan-rekan yang memiliki dedikasi dan gaya kerja yang baik, sehingga saya bisa meningkatkan kemampuan dan pengalaman karir saya.

RUBRIK KEAHLIAN DAN KOMPETENSI

Selalu menjaga kebersihan dan kerapihan di dapur dan stasiun memasak.

Memerhatikan detil-detil penyajian makanan dan minuman dengan sangat baik.

Dapat bekerja dengan baik dan profesional, bahkan di bawah tekanan berat sekalipun.

Bisa menargetkan berapa banyak makanan yang disajikan dalam waktu 12 jam atau lebih.

Bisa datang di tempat kerja tepat waktu setiap hari karena lokasi tempat tinggal yang strategis.

Kemampuan komunikasi yang baik dan siap menerima saran dari para senior.

Selalu siap mempelajari hal-hal baru dan menarik di tempat kerja.

Bisa membedakan dan memisahkan mana yang menjadi urusan pekerjaan dan mana yang menjadi urusan pribadi.

LATAR BELAKANG AKADEMIK ATAU PENDIDIKAN

Sekolah Dasar (SD) Auclair, Gatineau (2006 – 2012)

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Charbonnier, Gatineau (2012 – 2015)

Sekolah Menengah Atas (SMA) Lefebre, Gatineau (2015 – 2018)

Akademi Kuliner Swasta Toussaint-Verne, Kota Quebec (2018 – 2020)

 

REFERENSI – akan disertakan di dalam dokumen lamaran pekerjaan jika dibutuhkan.)

Picture by cottonbro on Pexels

Demikian 2 contoh daftar riwayat hidup atau “curriculum vitae” yang ditulis atau dibuat menggunakan Bahasa Inggris.