Contoh Teks Prosedur (Procedure Text) Menggunakan Bahasa Inggris

Mempelajari berbagai kemampuan berbahasa Inggris memang harus terus dilakukan. Tujuannya adalah supaya kemampuan kita berbahasa Inggris semakin tajam dan lancar. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan belajar menulis teks prosedur.

Teks prosedur (procedure text) adalah salah satu jenis teks dalam Bahasa Inggris yang membuat penjelasan, petunjuk, instruksi, atau langkah-langkah yang harus diikuti ketika kita akan membuat atau merancang sesuatu.

Tujuan dibuatnya teks prosedur adalah supaya kita bisa melakukan atau membuat sesuatu dengan tepat dan aman. Selain itu, dengan adanya teks prosedur kita tidak perlu lagi takut untuk membuat kesalahan karena semua instruksinya sudah ada dengan jelas di dalam teks.

Di kehidupan sehari-hari, teman-teman bisa menemukan teks prosedur dalam paragraf penunjuk jalan, resep, instruksi penggunaan atau pemasangan suatu barang, teks aturan permainan, dan juga daftar kegiatan atau agenda.

Dalam membuat teks prosedur, ada struktur atau susunan umum (generic structure) yang terlebih dahulu harus teman-teman ketahui, yaitu:

  • Bagian pendahuluan atau awal (headings), yang isinya adalah judul dari teks prosedur. Contoh: bagaimana membuat ayam goreng renyah (how to make crispy fried chicken).
  • Sub judul (subheadings), yang isinya adalah judul dari langkah-langkah atau instruksi dari sebuah teks prosedur. Contoh: 1. Alat-alat yang dibutuhkan untuk memasang pintu lemari pakaian (1. tools needed to install wardrobe doors).
  • Langkah-langkah (steps atau sequence), yang isinya urutan dari langkah-langkah pembuatan, pemasangan, atau aturan main dalam teks prosedur. Jangan lupa untuk menggunakan kata keterangan (adverbs), seperti “pertama-tama (..)”, “kedua (second…)”, dan “terakhir (lastly atau finally…)”.
  • Kesimpulan atau penutup (conclusion), yang isinya bisa berupa pendapat penulis tentang apakah teks prosedur tersebut bekerja dengan baik dan membantu pekerjaannya.
  • Ilustrasi pendukung (supporting visuals), berupa gambar ilustrasi, foto, video, tabel, diagram, atau denah yang disertakan ke dalam teks agar teks prosedur lebih mudah dipahami para pembaca.

Teks prosedur dalam Bahasa Inggris menggunakan kata kerja masa sekarang (simple present tense).

Karena teks prosedur befungsi menunjukkan langkah-langkah suatu hal pada orang lain, gunakanlah kata ganti orang “you” untuk menyapa dan menyasar para pembaca.

Contoh-Contoh Teks Prosedur Berbahasa Inggris (Examples of English Procedure Texts)

Picture by Maddy Zen on Pexels

Nah, setelah mengetahui apa itu teks prosedur dan struktur umum yang menyusun teks prosedur, sekarang teman-teman akan mempelajari beberapa contoh teks prosedur berbahasa Inggris yang sudah disiapkan di bawah ini.

Contoh Teks Prosedur 1

How to Make Delicious Fish Woku

Woku is one of the typical dishes of North Sulawesi that you can cook using fish, chicken, or pork. The hallmark of woku is its yellow color, lots of spices, and a spicy aftertaste.

1. Ingredients Needed for Woku

  • 1 kg of fish, here you can use any fish of your liking.
  • 1 or 2 tomatoes, depending on how much fish you will cook.
  • 2 crushed lemongrass stalks.
  • 5 lime leaves.
  • 3 spring onions, sliced thinly.
  • 1 turmeric leaf, sliced thinly.
  • 1 screw pine leaf, also sliced thinly.
  • 1 bunch of basil, take the leaves only.
  • Salt to your liking.
  • Sugar (optional).
  • Seasoning to your liking.
  • Cooking oil.
  • A glass of water (optional).

2. Spices That Will be Mashed

  • 5 chilies, or you can add more if you want it to be spicier.
  • 4 cloves of garlic.
  • 9 cloves of red onion.
  • 1 piece of ginger.
  • 1 turmeric, sliced according to the length of your index finger.
  • 5 candle nuts.

3. Steps to Cook Woku

  1. After all the spices have been mashed, put the pan on the stove and pour cooking oil into it. Then, you wait until the cooking oil is hot.
  2. Put the fish into the pan and mix them with the mashed spices that have been poured first. Then, you wait for two minutes and put the turmeric, screw pine, and basil leaves into the pan. Mix them with the fish and the spices.
  3. Then, you pour in the glass of water into the pan. Mix the water with the fish and all the spices and you have to wait until the water in the pan boils perfectly.
  4. When the water is boiling, turn the fish over so that the other side is fully cooked. Wait for a few more minutes.
  5. Add salt, sugar (if you like), and the seasonings, then mix them well altogether. You can taste the woku a little to see if it tastes the way that you want it. When the taste is right, turn off the stove.
  6. Finally, pour the woku into a big bowl and serve it on the dining table.

Enjoy the woku fish dish with your family or eat it by yourself!

(Woku merupakan salah satu makanan khas Sulawesi Utara yang dapat kamu masak menggunakan ikan, ayam, atau babi. Ciri khas woku adalah warnanya yang kuning, banyak rempah-rempah, dan rasa yang pedas.

1. Bahan-Bahan Dibutuhkan untuk Woku

  • 1 kg ikan, di sini kamu bisa menggunakan ikan apa saja yang kamu sukai.
  • 1 atau 2 buah tomat, tergantung dari seberapa banyak ikan yang akan kamu masak.
  • 2 batang serai yang digeprek.
  • 5 lembar daun jeruk nipis.
  • 3 buah daun bawang, diiris tipis-tipis.
  • 1 lembar daun kunyit, diiris tipis-tipis.
  • 1 lembar daun pandan, juga diiris tipis.
  • 1 ikat kemangi, ambil daun-daunnya saja.

2. Bumbu-Bumbu yang Akan Dihaluskan

  • 5 buah cabai rawit, atau bisa ditambah apabila kamu ingin rasanya lebih pedas.
  • 4 siung bawang putih.
  • 9 siung bawang merah.
  • 1 ruas jahe.
  • 1 buah kunyit, diiris mengikuti panjang dari jari telunjuk.
  • 5 buah kemiri.

3. Langkah-Langkah Memasak Woku

  1. Setelah semua bumbu dihaluskan, letakkan wajah di atas kompor dan tuangkan minyak goreng ke dalamnya. Lalu, tunggulah beberapa menit hingga minyak memanas.
  2. Masukkan ikan ke dalam wajan dan campurkan dengan bumbu halus yang telah dituang terlebih dahulu. Lalu, tunggulah selama dua menit dan masukkan daun kunyit, pandan, dan kemangi ke dalam wajan. Campurkan semua daun itu bersama ikan dan bumbu halus.
  3. Lalu, tuangkan segelas air ke dalam wajan. Campurkan air tersebut dengan ikan dan semua bumbu-bumbu. Tunggu hingga air dalam wajan mendidih.
  4. Ketika air sudah mendidih, balikkan ikan agar sisi satunya matang sempurna. Tunggulah selama beberapa menit lagi.
  5. Tambahkan garam, gula (jika kamu suka), dan bumbu penyedap, lalu campurkan sampai rata. Kamu bisa mencicipi woku tersebut sedikit untuk melihat apakah rasanya sudah seperti yang kamu inginkan. Apabila rasanya sudah tepat, matikan kompor.
  6. Terakhir, tuangkan woku ke dalam mangkok besar dan hidangkan di atas meja makan.

Nikmatilah hidangan woku ikan bersama keluargamu atau disantap olehmu sendiri!)

Contoh Teks Prosedur 2

How to Register for The First Covid-19 Vaccination at The Nearest Health Service Center

This is the registration process that you must follow to get the first Covid-19 vaccination:

  1. Register in advance through the telephone number of the health service center or the online registration link provided by the health service center closest to your home.
  2. After you successfully register, you will get your vaccination schedule.
  3. Come to the health service center where you registered according to the vaccination schedule you have received.
  4. Show your identity card to the staff at the vaccination department.
  5. After your name is recorded and entered to the queue, you are required to wait until your name is called by the vaccination officer.
  6. You will be given your first vaccine shot and you will receive a printed vaccination card.
  7. After the first vaccination process is complete, you will get a schedule to receive the second vaccination shot.

Note: if you are sick, it is recommended to postpone the vaccination registration until you are completely healthy again. You are also required to be free from congenital diseases and allergies when you are going to be vaccinated.

(Tata Cara Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Pertama di Pusat Pelayanan Kesehatan Terdekat

Ini adalah langkah-langkah pendaftaran yang harus Anda ikuti untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 yang pertama:

  1. Mendaftarlah terlebih dahulu melalui nomor telepon pusat layanan kesehatan atau tautan pendaftaran daring yang disediakan oleh pusat layanan kesehatan terdekat dari rumah Anda.
  2. Setelah Anda sukses mendaftar, Anda akan mendapatkan jadwal vaksinasi Anda.
  3. Datanglah ke pusat layanan kesehatan dimana Anda mendaftar sesuai dengan jadwal vaksinasi yang telah Anda terima.
  4. Tunjukkan kartu identitas Anda kepada pegawai di bagian vaksinasi.
  5. Setelah nama Anda tercatat dan masuk ke dalam antrean, Anda diharuskan menunggu sampai nama Anda dipanggil oleh petugas vaksinasi.
  6. Anda akan diberikan suntikan vaksin pertama Anda dan Anda akan menerima cetakan kartu vaksinasi.
  7. Setelah proses vaksinasi pertama selesai, Anda akan mendapatkan jadwal untuk suntikan vaksinasi yang kedua.

Catatan: jika Anda sakit, disarankan untuk menunda pendaftaran vaksinasi hingga Anda sepenuhnya sehat kembali. Anda juga diharuskan untuk bebas dari penyakit bawaan dan alergi ketika Anda akan divaksin.)

Contoh Teks Prosedur 3

Steps to Install Wallpaper for Your Bedroom

Wallpaper has now become an alternative to decorating the rooms in your house, because it is considered to be more efficient and fast rather than painting the walls themselves. Here are easy steps in installing wallpaper for your bedroom.

Firstly, prepare the wallpaper with the theme and color that you like in advance, and also the tools needed. Secondly, clean your bedroom walls from all kinds of stains and nails, also their marks. Thirdly, patch all the holes and peeled area in your walls using specialty putty for walls. Afterwards, spread the parts covered by the putty with a sand paper.

Next, by using the meter measure the length and width of your bedroom walls. Mark your measurements on your wallpaper, but avoid making a sign that is too thick. The next thing you need to do is draw a straight line from above to the bottom of your walls as a guide in installing your wallpaper.

Then, coat your bedroom walls with a wallpaper glue. Use a roller wall brush, so the glue can spread evenly. Remember to apply the wallpaper glue once to reduce the risk of wallpaper gets too wet and wrinkly.

Finally, the step you have been waiting for: stick your wallpaper! Stick it slowly, follow the straight line that you have drawn earlier. After you finish sticking, flatten the wallpaper using a fabric.

Now you can enjoy a new and fresh look of your bedroom!

(Langkah-Langkah Memasang Kertas Dinding untuk Kamar Tidurmu

Kertas dinding sekarang telah menjadi alternatif dalam mendekorasi ruangan-ruangan di dalam rumah, karena kertas dinding dianggap lebih efisien dan cepat ketimbang mengecat dinding-dinding itu sendiri. Berikut adalah langkah-langkah mudah dalam memasang kertas dinding untuk kamar tidurmu.

Pertama-tama, siapkan kertas dinding dengan tema dan warna yang kamu sukai terlebih dahulu, beserta peralatan yang diperlukan. Kedua, bersihkan dinding-dinding kamarmu dari segala macam noda dan paku, beserta bekas-bekasnya. Ketiga, lapisi lubang-lubang dan area yang terkelupas di dinding-dindingmu menggunakan dempul khusus dinding. Setelahnya, ratakan bagian-bagian yang terlapisi oleh dempul dengan amplas.

Berikutnya, dengan menggunakan meteran ukurlah panjang dan lebar dari dinding-dinding kamarmu. Tandai pengukuranmu di kertas dindingmu, namun hindari membuat tanda yang terlalu tebal. Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menggambar garis lurus dari atas hingga bagian bawah dinding-dindingmu sebagai petunjuk dalam memasang kertas dindingmu.

Lalu, lapisi dinding-dinding kamarmu dengan lem kertas dinding. Gunakan kuas dinding rol, agar lemnya dapat menyebar dengan rata. Ingatlah untuk hanya mengaplikasikan lem kertas dinding sekali saja untuk mengurangi risiko kertas dinding menjadi terlalu basah dan berkeriput.

Terakhir, langkah yang sudah kamu tunggu-tunggu: tempelkan kertas dindingmu! Tempelkan secara perlahan, ikuti garis lurus yang telah kamu gambar sebelumnya. Setelah kamu selesai menempel, ratakan kertas dindingmu menggunakan kain.

Sekarang kamu bisa menikmati tampilan yang baru dan segar dari kamar tidurmu!)

Picture by Jess Bailey Designs on Pexels

Demikian, teman-teman, 3 contoh teks prosedur dalam Bahasa Inggris yang teman-teman dapat jadikan contoh pembuatan teks prosedur milik teman-teman.