Daftar Akun Instagram Untukmu Belajar Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris di era sekarang ini sudah menjadi suatu kebutuhan. Bahasa Inggris memiliki pengaruh besar hampir dalam bidang dan sisi apa saja, karena kedudukannya sebagai bahasa internasional yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara di dunia ini.

Di zaman sekarang ini, di mana teknologi dan kemauan untuk belajar semakin tinggi, kita bisa mengakses pelajaran – termasuk bahasa Inggris – di mana saja dan kapan saja, dengan bantuan sambungan internet. Dari situ, muncullah akun-akun atau laman-laman di jejaring sosial yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris dengan menyimak unggahan di laman mereka.

Salah satunya adalah akun atau laman belajar bahasa Inggris di jejaring sosial Instagram.

Gambar oleh Oladimeji Ajegbile di Pexels

9 Laman/Akun Instagram Belajar Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Ikuti (9 Instagram Pages/Accounts for Learning English You Can Follow)

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam jejaring sosial Instagram banyak laman atau akun yang mengajak teman-teman untuk mempelajari bahasa Inggris melalui unggahan-unggahan yang ada di dalam laman mereka.

Kali ini kita akan mengintip apa saja, sih, laman atau akun Instagram yang menawarkan pembelajaran bahasa Inggris yang menyenangkan dan mudah diakses? Simak daftarnya di bawah ini!

  1. Laman BBC Learning English (@bbclearningenglish)

Laman atau akun Instagram pertama untuk membantu teman-teman belajar bahasa Inggris adalah BBC Learning English, yang berada di bawah naungan lembaga penyiaran umum Inggris, BBC (British Broadcasting System atau Lembaga Penyiaran Inggris).

Di dalam akun ini, teman-teman bisa menemukan berbagai macam materi pembelajaran bahasa Inggris. Yang membuat laman ini unik adalah mereka juga membantu para pengikutnya untuk bisa memahami bahasa Inggris dengan lebih mudah dan praktis melalui lakon pendek (skits).

  1. Laman Cambridge Assessment English (@cambridgeenglish)

Di urutan kedua laman atau akun Instagram untuk teman-teman belajar bahasa Inggris adalah Cambridge Assessment English.

Cambridge Assessment English sendiri merupakan penyelenggara ujian kecakapan bahasa Inggris, seperti IELTS dan TOEFL. Oleh karena itu, unggahan-unggahan dalam laman ini khusus berpusat pada pembelajaran dari ragam aspek bahasa Inggris secara komprehensif.

Kebanyakan unggahan dari laman ini adalah kartu petunjuk (cue cards) untuk membantu teman-teman mempraktikkan kata bahasa Inggris yang ada dalam kartu tersebut.

Karena lebih terfokus pada ujian, laman ini juga memberikan tips dan trik kepada teman-teman utuk menghadapi ujian dan tautan ke sumber belajar untuk lebih memudahkan teman-teman belajar untuk ujian kecakapan bahasa Inggris.

  1. Laman In English With Love (@inenglishwithlove)

Ada laman In English With Love di urutan ketiga laman atau akun Instagram yang wajib teman-teman cek untuk belajar bahasa Inggris.

Laman atau akun ini ditujukan kepada teman-teman yang sudah memiliki dasar dalam bahasa Inggris dan ingin mengembangkannya. Materi yang diajarkan antara lain bagaimana mengucapkan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan lebih baik lagi, membuat kalimat-kalimat berbahasa Inggris yang lebih kompleks, dan juga diskusi mengenai kata-kata dalam bahasa Inggris.

Selain itu, akun ini juga mengunggah kata-kata bijak dari orang-orang terkenal untuk menyemangati teman-teman agar lebih giat belajar bahasa Inggris.

  1. Laman Pearson English Learning (@pearsonenglishlearning)

Di urutan keempat laman atau akun Instagram untuk belajar bahasa Inggris ada Pearson English Learning, yang berada di bawah naungan perusahaan penerbitan berskala global dari Inggris, Pearson.

Pearson English Learning adalah salah satu media yang ditujukan untuk mengajak orang-orang belajar bahasa Inggris. Unggahan-unggahan yang ada dalam laman ini sendiri ditujukan kepada teman-teman yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya agar dapat bersaing di dunia kerja.

Beberapa unggahan yang ada dalam laman ini adalah bagaimana membuat CV berbahasa Inggris agar terlihat profesional dan tips persiapan wawancara dalam bahasa Inggris.

  1. Laman Pronunciation with Emma (@pronunciationwithemma)

Di urutan kelima akun atau laman Instagram untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah ada laman Pronunciation with Emma.

Laman Instagram ini dikelola oleh Emma, seorang guru bahasa Inggris berpengalaman dari Britania Raya. Laman ini ditujukan bagi teman-teman yang memiliki masalah atau kesulitan dalam pengucapan bahasa Inggris (English pronunciation).

Unggahan-unggahannya kebanyakan berupa video dimana dia mendemonstrasikan dan memperlihatkan pada teman-teman pengucapan suatu kata bahasa Inggris, termasuk yang dirasa sulit, perbedaan bunyi antara huruf vokal, dan bagaimana membedakan kata-kata bahasa Inggris yang terdengar sama.

  1. Laman To Fluency/Learn English with Jack (@tofluency)

Selanjutnya ada laman To Fluency atau Learn English with Jack yang dikelola oleh Jack, seorang guru bahasa Inggris yang memiliki cara unik dan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris.

Di dalam laman ini, Jack akan membantu teman-teman mempelajari beragam aspek dalam bahasa Inggris, seperti tata bahasa (grammar) dan kata-kata bahasa Inggris lainnya yang dapat teman-teman gunakan dalam suatu situasi.

Cara Jack menyampaikan materi akan membuat teman-teman semakin tertartik mempelajari bahasa Inggris dan menunggu konten belajar apa lagi yang akan dia unggah.

  1. Laman English_Vocabulary (@english_vocabulary)

Di urutan ketujuh ada laman English_Vocabulary untuk teman-teman yang ingin belajar bahasa Inggris melalui Instagram.

Berbeda dengan akun-akun lainnya, di dalam laman ini teman-teman akan diajak untuk mengembangkan pengetahuan akan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Laman ini memperkenalkan teman-teman pada kata-kata bahasa Inggris yang sedang tren atau yang baru pertama kali teman-teman dengar dan ketahui, kata-kata gaul bahasa Inggris, serta bagaimana mengucapkannya dengan benar.

  1. Laman English Without Tears (@englisharound)

Di urutan kedelapan ada laman English Without Tears yang dikelola oleh Gabriela Torrens.

Pembahasan di dalam akun ini cukup luas – mulai dari kosa kata (vocabulary), ragam ekspresi dalam bahasa Inggris, hingga kata-kata bijak.

Strategi mengajar yang digunakan oleh Gabriela dalam akun ini akan membuat pengalaman belajar bahasa Inggris melalui Instagram akan semakin menyenangkan.

  1. Laman Idiom Land (@idiom.land)

Ingin belajar tentang idiom-idiom dalam bahasa Inggris melalui Instagram? Laman Idiom Land adalah salah satu laman yang bisa teman-teman kunjungi!

Laman ini akan mengajak kita mengenal dan mempelajari berbagai macam idiom yang digunakan sehari-hari, lengkap dengan gambar dan penjelasan kapan dan dalam situasi apa suatu idiom bahasa Inggris digunakan.

Itulah, teman-teman, daftar akun atau laman Instagram yang boleh sekali untuk teman-teman kunjungi apabila teman-teman ingin belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.