Daftar Aplikasi untuk Membaca Novel dalam Bahasa Inggris

Membaca adalah salah satu hobi atau kegemaran yang banyak disukai orang dari seluruh penjuru dunia. Manfaat membaca bagi perkembangan pengetahuan dan otak sudah banyak diteliti dan dikemukakan oleh berbagai macam kalangan.

Salah satu kegemaran membaca yang paling banyak ditekuni adalah membaca novel.

Pada umumnya, sebuah novel akan diterbitkan dalam bentuk buku yang dicetak dan dipasarkan di toko-toko buku dan tersedia dalam berbagai bahasa. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, sekarang membaca novel secara daring (online) mulai banyak disukai banyak orang karena fleksibilitasnya.

Teman-teman bisa membaca novel dalam bahasa apapun, salah satunya bahasa Inggris, di mana saja melalui perangkat yang teman-teman punya, seperti ponsel pintar (smartphone) dan komputer tablet (tablet computer) yang terhubung dengan internet.

9 Aplikasi untuk Membaca Novel Berbahasa Inggris (9 Applications for You to Read English Novels)

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa sekarang kita bisa membaca novel, salah satunya novel berbahasa Inggris di mana saja melalui perangkat teknologi yang tersambung ke internet.

Gambar oleh Viktoria Alipatova di Pexels

Karena inilah sekarang telah banyak aplikasi yang tersedia yang dapat teman-teman gunakan untuk membaca novel berbahasa Inggris di mana saja dan kapan saja. Apa sajakah aplikasi-aplikasi tersebut? Mari kita lihat daftarnya di bawah ini.

  1. Aplikasi Google Playbook

Aplikasi pertama yang dapat teman-teman gunakan untuk membaca novel-novel dalam bahasa Inggris adalah Google Playbook.

Google Playbook berperan sebagai fasilitator dan menyediakan berbagai macam novel berbahasa Inggris dalam berbagai genre. Novel-novel dalam aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis ataupun berbayar (subscription). Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang dapat membantu proses membaca teman-teman, seperti pengaturan arah baca (vertikal atau horizontal) dan jenis serta aturan huruf.

Untuk mendapatkan aplikasi ini di perangkat teman-teman, yang harus dilakukan adalah mengunggah aplikasi Google Playbook melalui tautan (link) berikut ini pada perangkat Android teman-teman.

Dan, untuk teman-teman yang menggunakan perangkat iPhone, aplikasi ini bisa didapatkan melalui tautan berikut ini.

  1. Aplikasi Amazon Kindle

Aplikasi kedua yang bisa teman-teman gunakan untuk membaca novel-novel berbahasa Inggris secara daring adalah aplikasi Amazon Kindle. Aplikasi ini terutama terkenal di kalangan pengguna iPhone Apple sejak dulu. Ini dikarenakan layanan dari aplikasi ini termasuk sangat bagus, terutama karena Kindle memiliki fitur Kindle Paperwhite yang dapat menggantikan fungsi dari kertas dan buku.

Untuk pengguna iPhone, aplikasi Amazon Kindle bisa didapatkan melalui tautan ini dan untuk pengguna Android, aplikasi Amazon Kindle sendiri bisa didapatkan melalui tautan ini.

  1. Aplikasi Aldiko

Aplikasi ketiga yang bisa digunakan untuk membaca beragam novel berbahasa Inggris secara daring adalah Aldiko.

Yang menarik dari aplikasi ini adalah Aldiko mendukung fitur untuk membaca dalam ePub, PDF, serta Adobe DRM serta fitur pembelanjaan novel dalam aplikasi. Aldiko juga memiliki fitur mendaftar secara gratis dan mendaftar secara berbayar atau premium dengan fitur-fitur lain yang lebih menarik.

Untuk saat ini, aplikasi Aldiko hanya tersedia bagi perangkat Android dan untuk mendapatkannya teman-teman bisa mengunjungi tautan ini.

  1. Aplikasi Nook

Berikutnya adalah aplikasi bernama Nook. Aplikasi ini tersambung atau terintegrasi dengan salah satu perusahaan penerbitan terkenal di dunia, Barnes & Noble. Melalui aplikasi ini, teman-teman dapat mengakses lebih dari 4 juta novel, komik, majalah, dan novel grafis.

Aplikasi Nook juga menawarkan pengalaman membaca dalam format ePub dan PDF serta jenis dan ukuran huruf yang beragam.

Untuk pengguna iPhone, aplikasi Nook bisa teman-teman dapatkan melalui tautan berikut dan untuk teman-teman pengguna Android, aplikasi Nook bisa didapatkan melalui tautan berikut.

  1. Aplikasi Free Books (Android) /My Books (iPhone)

Aplikasi kelima untuk membaca novel-novel dalam bahasa Inggris adalah Free Books atau My Books bagi pengguna iPhone.

Di dalam aplikasi ini teman-teman bisa mengakses berbagai macam judul novel berbahasa Inggris dari para novelis ternama secara gratis. Yang menarik dari aplikasi ini adalah adanya fitur audiobook, yang memungkinkan teman-teman mendengarkan novel yang teman-teman baca.

Bagi teman-teman yang menggunakan iPhone, aplikasi Free Book atau yang dikenal juga dengan nama My Book bisa didapatkan melalui tautan ini dan untuk teman-teman yang menggunakan Android, aplikasi ini bisa didapatkan melalui tautan ini.

  1. Aplikasi English Novel Books – Offline

Aplikasi keenam yang teman-teman bisa manfaatkan untuk membaca novel dalam bahasa Inggris adalah English Novel Books – Offline.

Sesuai dengan namanya, teman-teman bisa membaca beragam judul novel yang teman-teman ingin baca secara non-daring (offline) tanpa harus menyambungkan perangkat teman-teman dengan internet.

Aplikasi ini baru tersedia untuk perangkat Android dan apabila teman-teman ingin memiliki aplikasi ini dalam ponsel teman-teman, teman-teman hanya perlu pergi ke tautan ini.

  1. Aplikasi Oodles Ebook Reader/50000 Books & Audiobooks

Aplikasi ketujuh untuk pengalaman membaca novel dalam bahasa Inggris dalam genggaman adalah Oodles Ebook Reader.

Aplikasi ini menyediakan lebih dari 50.000 judul buku dan buku suara (audiobook) yang teman-teman bisa akses secara gratis. Buku-buku yang ada dalam aplikasi ini telah disusun berdasarkan kategori-kategori yang berbeda untuk memudahkan teman-teman mendapatkan judul novel yang teman-teman inginkan.

Aplikasi ini juga memungkinkan teman-teman untuk mengatur latar belakang, margin, spasi, dan warna teks dari novel yang teman-teman baca. Aplikasi ini tersedia untuk perangkat iPhone yang dapat diakses lewat situs ini dan tersedia juga untuk perangkat Android yang dapat diakses lewat situs ini.

  1. Aplikasi Scribd

Aplikasi kedelapan yang dapat teman-teman manfaatkan untuk membaca novel dalam bahasa Inggris adalah Scribd.

Scribd menyediakan berbagai macam judul novel yang teman-teman bisa akses tanpa batas. Scribd juga menyediakan fitur buku suara (audiobook) yang membuat teman-teman bisa mendengarkan novel yang sedang teman-teman baca.

Scribd adalah aplikasi membaca novel berbayar dan teman-teman harus mendaftar untuk menjadi anggotanya. Kemudian, teman-teman membayar biaya keanggotaan, yang juga mencakup biaya novel-novel yang teman-teman baca.

Scribd bisa didapatkan di perangkat Android melalui situs ini dan juga di perangkat iPhone melalui situs ini.

  1. Aplikasi Goodreads

Goodreads barangkali merupakan salah satu aplikasi membaca novel dalam bahasa Inggris yang sudah sangat terkenal, karena situs ini terutama menyediakan fitur penilaian novel berdasarkan berbagai macam kategori, yang membuat pengalaman membaca teman-teman lebih menyenangkan.

Di dalam aplikasi ini, selain fitur penilaian novel, teman-teman tentunya dapat mengakses novel-novel baik secara gratis maupun berbayar.

Aplikasi ini bisa didapatkan di perangkat Android teman-teman melalui situs ini. Untuk teman-teman yang menggunakan iPhone, Goodreads bisa didapatkan melalui tautan ini.

Itulah daftar aplikasi yang teman-teman bisa gunakan untuk mengakses dan membaca novel dalam bahasa Inggris.