Daftar Kalimat Perintah atau Imperatif Berbahasa Inggris

Kalimat perintah atau imperatif (imperative sentences) merupakan kalimat sederhana yang di dalamnya mengandung perintah (commands), dan terkadang mengandung instruksi (instructions), saran (advices), permintaan (requests), larangan (forbiddens), serta peringatan (warnings).

Pada umumnya, ciri-ciri utama dari sebuah kalimat perintah adalah diakhiri dengan tanda seru (!) atau tanda titik (.), serta subyek utama adalah orang kedua tunggal (“you” : kamu atau engkau). Namun, seringkali subyek jarang muncul atau sama sekali tidak diperlukan dalam suatu kalimat perintah. Dalam beberapa pengecualian, tanda tanya (?) terkadang digunakan dalam kalimat imperatif.

Nah, setelah kita mengetahui apa itu kalimat imperatif atau kalimat perintah beserta beberapa ciri utamanya, kita akan menyimak dan mempelajari contoh-contoh kalimat perintah dalam Bahasa Inggris yang telah dirangkum di bawah ini.

Picture by Andrea Piacquadio on Pexels

16 Contoh Kalimat-Kalimat Perintah (Imperative Sentences) Menggunakan Bahasa Inggris dan Artinya

  1. Tomorrow at 10 in the morning, I will go see my hairdresser to talk about my wedding hair style. Come with me tomorrow morning, Eugenia!
    (Besok pagi pukul 10, aku akan menemui penata rambutku untuk membicarakan gaya rambut pernikahanku. Ikutlah denganku besok pagi, Eugenia!).
  2. Stop talking to me for the next 2 hours, Bobby! I’m trying to finish this French assignment for Mr. Fontaine because I don’t want to hand it late.
    (Berhenti bicara padaku selama 2 jam ke depan, Bobby! Aku sedang berusaha menyelesaikan tugas Bahasa Prancis untuk Pak Fontaine ini karena aku tak mau terlambat menyerahkannya).
  3. Somebody please answer that ringing telephone in the living room! I can’t get up from my bed, my headache is getting worse.
    (Seseorang tolong angkat telepon yang berdering di ruang tamu itu! Aku tak bisa bangun dari tempat tidurku, sakit kepalaku semakin parah).
  4. Don’t you dare raise your voice to your grandfather like that, young lady! He tried to console you, so no need to throw harsh words at him. Go apologize to your grandfather right here right now!
    (Jangan kau berani bersuara lantang pada kakekmu, nona muda! Ia hanya ingin menenangkanmu, jadi tidak perlu berkata kasar padanya. Cepat minta maaf pada kakekmu di sini sekarang juga!).
  5. Listen, your excuses are getting lame day by day, Ethan. I don’t want to hear all your excuses any longer. We’re through and go find your mistress!
    (Dengar, alasan-alasanmu semakin terdengar payah dari hari ke hari, Ethan. Aku tak ingin lagi mendengar semua alasanmu. Kita putus dan pergi cari saja selingkuhanmu itu!).
  6. Don’t eat all the oranges on the table! Your stomach will hurt if you eat too many oranges, Deta.
    (Jangan makan semua jeruk di atas meja itu! Perutmu akan sakit bila kau memakan terlalu banyak jeruk, Deta).
  7. Until we find out who is the innocent one between Hera and Cody in this case, nobody move from their very own seats!
    (Sampai kita menemukan siapa yang jujur di antara Hera dan Cody dalam kasus ini, tidak boleh ada seorangpun yang bangkit dari kursinya!).
  8. Help me with this baby stroller, will you? One of the wheels is stuck and I have no idea how to fix this.
    (Bantu aku dengan kereta bayi ini, bisa kan? Salah satu rodanya tersangkut dan aku tak tahu bagaimana memperbaiki ini).
  9. Oh, stop worrying about that kid, Angelina! Sara is a young woman who knows how to take care of herself well and as her parents, we have to put our faith in her.
    (Oh, berhentilah mencemaskan anak itu, Angelina! Sara adalah wanita muda yang tahu bagaimana menjaga dirinya dengan baik dan sebagai orangtuanya, kita harus menaruh kepercayaan kita padanya).
  10. Don’t get your hopes up, Dian! You better pray that everything goes well and your offer to cooperate with Mrs. Maya’s shop will go smooth.
    (Jangan berharap terlalu banyak, Dian! Lebih baik kau berdoa agar semuanya lancar dan tawaranmu untuk bekerja sama dengan toko miliki Nyonya Maya bisa berjalan mulus).
  11. Do forgive my mistake, Mr. Hudd. I do not mean to offend either you or your wife. Please accept my sincere apology.
    (Tolong maafkan kesalahan saya, Tuan Hudd. Saya tak bermaksud menyinggung baik Anda ataupun istri Anda. Tolong terimalah permintaan maaf saya yang tulus ini).
  12. Don’t touch Lila’s face, Aiden! Lila is still a baby and her skin is susceptible to bacteria that may come from our hands.
    (Jangan sentuh wajah Lila, Aiden! Lila itu masih bayi dan kulitnya rentan terhadap bakteri yang bisa saja datang dari tangan kita).
  13. Remember who got you to where you are now, Mathias. Do what I tell you and don’t ask too many questions!
    (Ingatlah siapa yang membuatmu berada di tempatmu sekarang, Mathias. Lakukan apa yang kuperintahkan dan jangan banyak bertanya!).
  14. Oh my, just take it easy, my friends! This one test won’t kill us all. We’ve all studied and we definitely can answer those questions correctly.
    (Ya ampun, dibawa santai saja, teman-temanku! Satu ujian ini takkan membunuh kita semua. Kita semua sudah belajar dan kita pasti bisa menjawab semua pertanyaan itu dengan tepat).
  15. If you want a better future for the Student Council, go choose Kimberly Wong and not Cormac O’Sullivan. That girl has a potential and all her plans sounds great for this school.
    (Jika kau ingin masa depan OSIS yang lebih baik, pilihlah Kimberly Wong dan jangan pilih Cormac O’Sullivan. Gadis itu memiliki potensi dan semua rencananya untuk sekolah ini terdengar hebat).
  16. If your nose is sensitive to fruity perfumes, you can try a calmer perfume. I heard that lavender-scented perfume suits someone like you.
    (Kalau hidungmu sensitif terhadap parfum beraroma buah, kau bisa mencoba parfum yang wanginya lebih kalem. Kudengar parfum beraroma lavender cocok untuk orang sepertimu).

Itulah 16 contoh kalimat-kalimat imperatif atau perintah berbahasa Inggris.