Daftar Perbendaharaan Kata Tentang Memasak Menggunakan Bahasa Inggris

Memasak adalah salah satu keahlian (skill) yang harus dimiliki setiap orang, karena mengolah bahan-bahan makanan menjadi makanan yang siap disantap sangat berpengaruh terhadap pola makan kita. Memasak, selain menjadi hobi, telah lama dikenal sebagai salah satu pekerjaan yang menjanjikan.

Dalam memasak, banyak sekali istilah yang harus kita ketahui. Kali ini kita akan mempelajari mengenai daftar istilah atau kosakata yang erat hubungannya dengan dunia kuliner atau dunia masak-memasak dalam Bahasa Inggris.

Picture by Clem Onojeghuo on Pexels

36 Contoh Kosakata yang Berhubungan dengan Memasak dalam Bahasa Inggris dan Artinya

  1. Add : menambahkan. Tindakan membubuhkan bumbu-bumbu dan pelengkap lainnya ke dalam masakan.
  2. Bake : memanggang makanan. Memasak makanan (contoh: roti atau ayam panggang) di dalam pemanggang/oven.
  3. Beat : menghancurkan. Tindakan menghancurkan bahan-bahan makanan tertentu (contoh: telur) di dalam satu mangkok menggunakan garpu atau sendok pencampur khusus.
  4. Blend : mencampur. Tindakan mencampurkan bahan-bahan makanan menjadi satu dalam suatu wadah.
  5. Boil : mendidih/mendidihkan. Tindakan memasak makanan dengan cara merebus air hingga mendidih mencapai suhu 100 derajat Celcius.
  6. Burn : membakar/menghanguskan. Tindakan dimana makanan menjadi hangus karena kita memasaknya terlalu lama dan dalam suhu yang terlalu panas.
  7. Carve or cut : mengiris. Tindakan mengiris-iris makanan yang telah matang menjadi potongan-potongan kecil (contoh: daging sapi yang telah dipanggang).
  8. Chop : membabat. Tindakan membabat bahan makanan menggunakan pisau yang telah diasah tajam.
  9. Cook : memasak. Aktivitas menyiapkan bahan-bahan makanan yang masih mentah menjadi makanan yang siap disantap.
  10. Cookbook : buku memasak. Sebuah buku yang memuat resep berbagai makanan dan minuman yang disertai dengan gambar.
  11. Dice : potong dadu. Tindakan memotong-motong beberapa macam makanan menjadi bentuk persegi atau kubus.
  12. Dish : makanan. Beberapa jenis makanan yang disajikan dengan tata cara tertentu. Biasanya, hal ini berlaku untuk masakan khas suatu daerah atau negara (contoh: masakan khas Padang atau masakan khas Korea) yang cara menyiapkannya telah ada sejak dahulu.
  13. Fry : menggoreng. Tindakan memasak makanan dengan cara digoreng dalam wajan menggunakan minyak atau mentega.
  14. Grate : mencukur atau menyerut. Tindakan menyerut bahan makanan menggunakan alat serutan khusus hingga menjadi potongan-potongan kecil.
  15. Grease : oles/mengoles. Langkah memasak dimana kita mengoleskan permukaan daging (ikan, ayam, sapi, atau kambing) dengan minyak sebelum dipanggang atau dibakar agar tidak melengket ke permukaan panggangan.
  16. Grill or broil or roast: memanggang. Tindakan dimana kita memasak bahan makanan seperti daging di atas panggangan.
  17. Herbs : rempah-rempah. Beberapa tanaman yang telah lama diketahui baik untuk dicampur ke dalam masakan untuk menambah cita rasa.
  18. Ingredients : bahan-bahan masakan. Berbagai macam bahan-bahan dalam dunia kuliner yang digunakan untuk memasak makanan-makanan tertentu.
  19. Mash : menumbuk. Langkah memasak dimana kita menumbuk beberapa bahan makanan menjadi lembek dan hancur (contoh: kentang tumbuk).
  20. Melt : melelehkan. Langkah memasak dimana kita mengubah bahan makanan padat menjadi cair dengan cara dilelehkan.
  21. Mix : mencampur. Langkah memasak dimana kita mencampurkan dua atau lebih bahan-bahan untuk memasak.
  22. Peel : mengupas. Langkah memasak dimana kita mengupas kulit sayur atau buah hingga yang tersisa adalah daging buah atau sayurnya.
  23. Pinch : mencubit. Walaupun artinya adalah ‘mencubit’, konteksnya di sini adalah mengambil bumbu seperti garam dalam jumlah kecil.
  24. Preheat : dipanaskan terlebih dahulu. Langkah memasak dimana kita terlebih dahulu memanaskan wajan atau panggangan sebelum memasukkan bahan-bahan makanan ke dalamnya.
  25. Prepare : menyiapkan. Langkah memasak dimana kita mempersiapkan alat dan bahan sebelum kita mulai memasak.
  26. Recipe : resep. Daftar bahan-bahan beserta urutan cara memasak suatu makanan tertentu.
  27. Saute : menumis. Langkah memasak dimana kita memasak masakan menggunakan sedikit air dan juga sedikit minyak. Menumis biasanya dilakukan dalam gerakan cepat.
  28. Serve : menyajikan. Langkah terakhir dalam proses memasak, yaitu menghidangkan makanan dan minuman yang telah dibuat ke atas meja makan.
  29. Spices : bumbu-bumbu. Bahan tambahan atau pelengkap dalam masakan yang berasal dari tanaman rempah. Pada umumnya berbentuk bubuk yang telah dihaluskan.
  30. Sprinkle : menabur. Langkah memasak dimana kita menabur atau menghamburkan bumbu, seperti garam dan merica, dari dalam tempatnya ke masakan kita.
  31. Steam : mengukus. Tindakan memasak dimana kita memasak makanan dengan cara dikukus dalam kuali/belanga dan dalam suhu yang panas.
  32. Stir : mengaduk. Langkah memasak dimana kita menggerakkan sendok yang digunakan untuk memasak agar bahan makanan beserta bumbu-bumbu yang berada di dalam wajan tercampur dengan baik dan merata.
  33. Stir fry : mengoseng. Teknik memasak yang, sama seperti menumis, menggunakan sedikit air. Bedanya, minyak yang digunakan ketika mengoseng jumlahnya agak lebih banyak.
  34. Tablespoon (tbsp) : sendok makan. Sendok berukuran sedang hingga besar yang digunakan untuk mengambil makanan.
  35. Teaspoon (tsp) : sendok teh. Sendok berukuran kecil yang memuat satu bahan makanan di permukaannya. Biasanya digunakan untuk mengambil bumbu-bumbu bubuk.
  36. Whisk : mengocok atau mengaduk. Langkah memasak dimana kita mengaduk bahan makanan menggunakan alat pengocok/pengaduk dalam gerakan cepat.

Contoh-Contoh Kalimat Sederhana Menggunakan Kosakata Memasak

  1. Mom’s plan today is to steam the fish so that it will be easier for her to cook it. (Rencana Ibu hari ini adalah mengukus ikan agar lebih mudah bagi Ibu memasak ikan tersebut).
  2. Rosie helps me peel the skin of the potatoes because we want to make mashed potatoes for breakfast.
    (Rosie membantuku mengupas kulit kentang karena kami ingin membuat kentang tumbuk untuk sarapan).
  3. Before start cooking, it is essential for us to prepare all the ingredients (Sebelum mulai memasak, sudah jadi hal wajar bagi kami untuk menyiapkan semua bahan-bahannya terlebih dahulu).

Demikian contoh kosakata yang berhubungan dengan memasak beserta contoh penggunaannya dalam kalimat sederhana menggunakan Bahasa Inggris.