Examples of English Recount Texts

Menulis (writing skill) adalah salah satu kemampuan dasar dari Bahasa Inggris yang bagus sekali untuk kita miliki dan selalu kita asah. Salah satu cara kita bisa mengasah kemampuan menulis kata dan kalimat Bahasa Inggris adalah dengan menulis teks.

Ada berbagai macam teks berbahasa Inggris yang berbeda-beda fungsi dan tujuannya. Salah satunya adalah teks cerita atau recount text.

Teks bercerita (recount text dalam Bahasa Inggris) adalah sebuah teks dimana kita mengisahkan suatu cerita, kegiatan, pengalaman, atau laporan. Kata “recount” memiliki makna “bercerita atau menceritakan”.

Sebuah recount text memiliki struktur atau bagian-bagiannya, yaitu:

  • Bagian perkenalan (orientation atau introduction), yang berisi informasi tentang apa yang kita ceritakan.
  • Bagian kejadian (events), yang berisi peristiwa dari apa yang kita ceritakan.
  • Bagian penutup (re-orientation), yang berisi kesimpulan atau rangkuman dari semua kejadian yang ada, termasuk kesan dan pendapat dari penulis.

Satu hal lagi yang perlu kita ingat adalah karena recount text berisikan cerita yang telah terjadi, maka kita harus menggunakan kalimat lampau atau past tense.

Picture by Ivan Samkov on Pexels

Contoh-Contoh Recount Text dalam Bahasa Inggris (Examples of Recount Texts in English)

Setelah kita mengetahui pengertian dan struktur umum dari sebuah recount text, kita akan mempelajari contoh-contoh recount text berbahasa Inggris yang telah disiapkan di bawah ini.

Contoh Recount Text 1

A few years ago, I had the opportunity to go on a vacation to one of my dream countries, Japan. I went there with my father, mother, and my grandparents. We departed from Soekarno-Hatta Airport in Tangerang with a distance of 7 hours by plane and we landed at Narita Airport, Japan.

On the first day, due to exhaustion, we just stayed at the hotel and rested. The next day, we left for Nara Prefecture to visit one of my mother’s tourist destinations, Nara Park. We saw a lot of deer there and we were allowed to feed them. Then, we visited Shibuya and Harajuku, two famous areas in Japan that I really wanted to visit.

That trip to Japan a few years ago was an experience I will never forget for the rest of my life.

(Beberapa tahun yang lalu, aku memiliki kesempatan pergi berlibur ke salah satu negara impianku, Jepang. Aku pergi ke sana bersama ayah, ibu, dan kakek-nenekku. Kami berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang dengan jarak tempuh 7 jam dengan pesawat dan kami mendarat di Bandara Narita, Jepang.

Di hari pertama, karena kelelahan, kami hanya tinggal di hotel dan beristirahat. Keesokan harinya, kami berangkat menuju Prefektur Nara untuk mengunjungi salah satu destinasi wisata impian ibuku, Taman Nara. Kami melihat banyak sekali rusa di sana dan kami diizinkan untuk memberi mereka makan. Lalu, kami mengunjungi Shibuya dan Harajuku, dua area terkenal di Jepang yang sangat ingin kukunjungi.

Perjalanan ke Jepang beberapa tahun yang lalu itu adalah pengalaman yang tidak akan pernah aku lupakan selama sisa hidupku.)

Contoh Recount Text 2

Last week was probably the most chaotic week in May this year. I felt like I made a lot of mess that week, both at work and in my circle of friends.

First, I messed up the division meeting on Monday morning. I accidentally took the wrong document and left the correct one on my desk, which made my division head very angry with me.

Second, on a Thursday night, because I was busy towards the end of the month and I had to work late, I did not come to Marcia’s birthday party, which made her furious because I had promised her, and she did not want to talk to me.

Everything that happened to me last week really made me sad and disappointed in myself.

(Minggu lalu mungkin adalah minggu paling kacau di bulan Mei tahun ini. Aku merasa aku banyak membuat kekacauan di minggu tersebut, dalam pekerjaan dan dalam lingkaran pertemananku.

Pertama, aku mengacaukan rapat divisi pada hari Senin pagi. Aku tidak sengaja mengambil dokumen yang salah dan meninggalkan dokumen yang benar di atas meja kerjaku, yang membuat kepala divisiku sangat marah padaku.

Kedua, pada hari Kamis malam, karena aku sibuk menjelang akhir bulan dan aku harus bekerja lembur, aku tidak datang ke pesta ulang tahun Marcia, yang membuatnya marah besar karena aku telah berjanji padanya, dan dia tidak mau bicara padaku.

Semua yang terjadi padaku minggu lalu membuatku sangat sedih dan kecewa pada diriku sendiri.)

Contoh Recount Text 3

4 years ago, I had to go away from my parents and live alone because at that time I had become a university student.

At first I thought that living alone would be fun, because I was finally free from the curfew and the various restrictions given by my parents. But, it turned out living alone had its own difficulties.

I felt lonely very often, especially during the first year I lived alone. The feeling of wanting to continue contacting and talking to my parents grew bigger. I became aware that I had underestimated the togetherness we had all along.

I also had a hard time getting help when I got into troubles. It felt like people did not want to help me and they just let me handle my problems alone. This sometimes made me very frustrated.

4 years of living alone taught me about longing for family and independence.

(4 tahun yang lalu, aku harus pergi jauh dari orang tuaku dan tinggal sendirian karena pada saat itu aku sudah menjadi seorang mahasiswa.

Pada awalnya aku mengira hidup sendirian akan menyenangkan, karena akhirnya aku bebas dari jam malam dan berbagai larangan yang diberikan orang tuaku. Tetapi, ternyata tinggal sendirian punya kesulitannya sendiri.

Aku sangat sering merasa kesepian, terutama di tahun pertama aku tinggal sendiri. Perasaan ingin terus menghubungi dan berbicara dengan orang tuaku tumbuh semakin besar. Aku menjadi sadar bahwa aku telah meremehkan kebersamaan yang kami miliki selama ini.

Aku juga merasa kesulitan mendapat bantuan ketika aku mendapat masalah. Rasanya seperti orang-orang tidak mau membantuku dan mereka membiarkanku menangani masalahku sendirian. Hal ini terkadang membuatku sangat frustasi.

4 tahun tinggal sendirian mengajarkanku tentang kerinduan pada keluarga dan kemandirian.)

Contoh Recount Text 4

Yesterday my parents, my younger brother, and I went to the biggest zoo in my city. Because my brother was young, my parents thought it was necessary for him to get to know the animals the he could only see through picture books.

One of the animals that my brother really likes was elephants. When we stopped at the elephants’ enclosure which was quite open, one of the small elephants approached us and suddenly the elephant used its trunk to kiss my brother’ cheek. Instead of being scared, my brother laughed really loud and made us all laugh with him.

Taking my brother to the zoo yesterday was a fun experience for my and for my parents. And it was a very, very extraordinary experience for my little brother.

(Kemarin orang tuaku, adik lelakiku, dan aku pergi ke kebun binatang terbesar di kotaku. Karena adikku masih kecil, orang tuaku menganggap perlu baginya untuk mengetahui hewan-hewan yang hanya bisa dia lihat melalui buku-buku bergambar.

Salah satu hewan yang disukai adikku adalah gajah. Ketika kami berhenti di kandang gajah yang cukup terbuka, salah satu gajah kecil mendekati kami dan mendadak saja gajah itu menggunakan belalainya untuk mencium pipi adikku. Bukannya takut, adikku malah tertawa kencang dan membuat kami tertawa bersamanya.

Membawa adikku ke kebun binatang kemarin adalah pengalaman yang menyenangkan bagiku dan bagi kedua orang tuaku. Dan, itu merupakan pengalaman yang sangat, sangat luar biasa bagi adik kecilku.)

Contoh Recount Text 5

Everyone close to me knew so well that I liked spicy food, until something that happened three days ago made me realize that too much of anything was not always good, even if it is something that you like.

Three days ago, me and some friends went to a Thai food restaurant that just opened. We then ordered a variety of Thai food which we really wanted to try. I already said that I like spicy food, so I ordered gaeng kua kling, a spicy dry curry. One of my friends warned me that gaeng kua kling was very spicy, but I did not want to listen to her. How spicy was that dry curry, anyway?

Turned out my friend was right and I was very, very wrong! The spicy taste of gaeng kua kling made my stomach hurt so bad and my mouth was on fire, ready to spit fire like a dragon. Even when my friends drove me home and my mother gave me a cup of bitter tea to relieve it, my stomach did not stop hurting and I screamed all night. Finally, I had to be hospitalized for a day.

After recovering and returning home, I made a promise to myself not to be arrogant and not to eat too much spicy food.

(Setiap orang yang dekat denganku sangat mengetahui bahwa aku menyukai berbagai makanan yang pedas, hingga sesuatu yang terjadi tiga hari yang lalu membuatku sadar bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah selalu baik, sekalipun itu sesuatu yang kau sukai.

Tiga hari lalu, aku dan beberapa temanku pergi ke restoran makanan Thailand yang baru saja dibuka. Kami lalu memesan berbagai macam makanan Thailand yang sangat ingin kami coba. Aku sudah bilang bahwa aku suka makanan pedas, maka aku memesan gaeng kua kling, yaitu kari kering yang pedas. Salah satu temanku memperingatkanku bahwa gaeng kua kling amat sangat pedas, tetapi aku tidak mau mendengarkannya. Lagipula seberapa pedasnya, sih, kari kering itu?

Ternyata temanku benar dan aku sangat, sangat salah! Rasa pedas dari gaeng kua kling membuat perutku sangat sakit dan mulutku seperti terbakar, siap untuk menyemburkan api seperti seekor naga. Bahkan ketika teman-temanku mengantarkanku hingga ke rumah dan ibuku memberi secangkir teh pahit untuk meredakannya, perutku tidak berhenti terasa sakit dan aku berteriak-teriak sepanjang malam. Akhirnya, aku harus dirawat selama satu hari di rumah sakit.

Setelah sembuh dan kembali pulang ke rumah, aku membuat janji pada diriku sendiri untuk tidak sombong dan untuk tidak memakan makanan pedas terlalu banyak.)

Contoh Recount Text 6

Two weeks ago I spent quarantining myself, because I contracted the virus that still affects many people to this day.

I did not do much during my quarantine for the past two weeks. I was still able to work from home, since I was a freelancer. I chatted with my family via video call. I also took as much rest as I need, took medicine and vitamins to help me fight this virus from the inside.

My experience being a patient of this virus and my days during quarantine have been valuable and it taught me about health and vigilance.

(Dua minggu lalu kuhabiskan dengan mengkarantina diriku sendiri, karena aku tertular virus yang masih menyerang banyak orang hingga hari ini.

Tidak banyak yang kulakukan dalam karantinaku selama dua minggu. Aku masih bisa bekerja dari rumah, karena aku seorang pekerja lepas. Aku mengobrol dengan keluargaku melalui panggilan video. Aku juga beristirahat sebanyak yang kubutuhkan, meminum obat dan vitamin untuk membantuku melawan virus ini dari dalam.

Pengalamanku sebagai pasien virus ini dan hari-hariku selama karantina sangat berharga dan mengajariku tentang kesehatan dan kewaspadaan.)

Picture by Negative Space on Pexels

Itulah 6 contoh recount text dalam Bahasa Inggris yang, semoga, bisa membantu teman-teman dalam meningkatkan kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris.