Kalimat-Kalimat Pembuka dalam Wawancara Kerja Bahasa Inggris

Wawancara adalah salah satu tahap terpenting dalam melamar sebuah pekerjaan, yang seringkali membuat para pelamar kerja gugup dan takut. Terlepas dari rasa gugup dan takut yang ada, wawancara memanglah sebuah langkah yang harus dilewati untuk menentukan apakah kita diterima pada pekerjaan yang kita inginkan.

Dalam sebuah wawancara, ada beberapa ucapan atau kalimat yang paling tidak harus kita ketahui. Salah satunya adalah ucapan atau kalimat pembuka (opening statements) yang mengindikasikan bahwa sesi wawancara kerja akan segera dimulai.

Lalu, apa sajakah kalimat-kalimat pembuka tersebut? Di dalam artikel ini kita secara khusus akan membahas beberapa kalimat pembuka dalam wawancara menggunakan Bahasa Inggris.

A. Contoh Kalimat Pembuka dalam Wawancara Kerja Bahasa Inggris dari Pihak Perekrut (Sentences Examples in an English Job Interview from Recruiters)

Picture by Tima Miroshnichenko on Pexels

Di bagian A ini kita akan membahas beberapa contoh kalimat pembuka dalam wawancara kerja Bahasa Inggris yang disampaikan oleh pihak perekrut.

  1. Good morning everyone, and welcome to AYZ Magazine headquarters. My name is Denis Franco and I am the editorial head of this magazine. With this, I begin our job interview session today and before I ask all of you to wait for your turn to be interviewed, there are a few things that I would like to say first.

(Selamat pagi semuanya, dan selamat datang di kantor pusat Majalah AYZ. Nama saya Denis Franco dan saya adalah kepala editorial majalah ini. Dengan ini, sesi wawancara kerja kita pada hari ini saya mulai dan sebelum saya meminta Anda semua untuk menunggu giliran Anda diwawancara, ada beberapa hal yang terlebih dahulu akan saya sampaikan.)

  1. Welcome, all candidates, to the TRF Construction Company interview session. I am the chief of HRD, Valerie Parker-Burns, and I am very happy to see the faces of the candidates who have passed the previous sessions and are in this important session.

(Selamat datang, para kandidat semua, dalam sesi wawancara Perusahaan Konstruksi TRF. Saya adalah kepala bagian HRD, Valeria Parker-Burns, dan saya sangat senang melihat wajah-wajah para kandidat yang telah lolos pada sesi-sesi sebelumnya dan kini berada dalam sesi yang penting ini.)

  1. Good afternoon and congratulations to all the candidates who have successfully entered the interview sessions in our office. The interview is the last session in a series of sessions of recruiting new employees in our office, and I really appreciate all the efforts that have been put forth by all the candidates. Now, I am going to call…

(Selamat siang dan selamat kepada para pelamar yang telah berhasil memasuki tahap wawancara di kantor kami. Tahap wawancara termasuk tahap terakhir dalam rangkaian tahapan perekrutan karyawan baru di kantor kami, dan saya sangat menghargai semua usaha yang telah dikerahkan oleh para pelamar sekalian. Sekarang, saya akan memanggil…)

B. Contoh Kalimat Pembuka dalam Wawancara Kerja Bahasa Inggris dari Pihak Pelamar (Sentences Examples in an English Job Interview from Candidates)

Setelah mempelajari beberapa contoh kalimat pembuka dalam wawancara kerja berbahasa Inggris yang disampaikan oleh pihak perekrut, di bagian B ini kita akan belajar tentang beberapa contoh kalimat pembuka dalam wawancara yang disampaikan oleh pihak pelamar.

  1. Good morning to all members of the new employee recruitment committee at BSWT Magazine. My name is Renee Lights and I feel very grateful to be able to get to the interview session at this magazine. Thank you very much for giving me the opportunity and I will follow the process of this interview session with reverence and will answer all questions asked to me properly.

(Selamat pagi kepada semua anggota panitia perekrutan karyawan baru di Majalah BSWT. Nama saya Renee Lights dan saya merasa bersyukur sekali bisa sampai pada tahapan wawancara di majalah ini. Terima kasih banyak telah memberikan kesempatan kepada saya dan saya akan mengikuti proses wawancara ini dengan khidmat dan akan menjawab semua pertanyaan yang diajukan kepada saya dengan baik.)

  1. Good afternoon and thank you very much for the opportunity that has been given to me so that I can take part in the interview session for the position of junior administrator in this office. My name is Lucia Santiago and I am now 22 years old. I will try my best and answer carefully all the question that will be asked by the general manager.

(Selamat siang dan terima kasih banyak atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya sehingga saya dapat mengikuti sesi wawancara untuk posisi administrator junior di kantor ini. Nama saya Lucia Santiago dan sekarang saya berusia 22 tahun. Saya akan berusaha yang terbaik dan menjawab dengan cermat semua pertanyaan yang akan ditanyakan oleh manajer umum.)

  1. Thank you so much for taking the time to meet and interview me today. My name is Brian de August and I am very excited that you considered the job application documents that I sent to your desk. I have done a little research about this office before I submitted my job application, particularly for the finance staff position I am after. Today, I will try my best to pass this interview session and I sincerely hope you will consider my answers later.

(Terima kasih banyak telah menyempatkan waktu untuk menemui dan mewawancarai saya hari ini. Nama saya Brian de August dan saya sangat senang bahwa Anda mempertimbangkan dokumen lamaran pekerjaan yang saya kirimkan ke meja Anda. Saya telah melakukan sedikit penelitian tentang kantor ini sebelum saya memasukkan lamaran pekerjaan saya, terutama untuk posisi staf bagian keuangan yang menjadi incaran saya. Hari ini, saya akan mengusahakan yang terbaik untuk lulus dalam sesi wawancara ini dan saya benar-benar berharap Anda akan mempertimbangkan jawaban-jawaban saya nanti.)

Demikian beberapa contoh kalimat atau pernyataan pembuka dalam suatu wawancara kerja Bahasa Inggris. Ketika akan menghadapi wawancara, ada baiknya kita berlatih terlebih dahulu agar dapat mengurangi rasa gugup dan takut.

Kepada teman-teman semua yang sedang melamar pekerjaan dan akan mengikuti sesi wawancara… SEMOGA SUKSES!