Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dalam Bahasa Inggris

Sekolah adalah tempat dimana kita menuntut ilmu dan juga berinteraksi dengan para guru dan teman-teman. Di bangku sekolah jugalah kehadiran kita dihitung dan diperhatikan, karena kehadiran kita di sekolah akan menambah nilai lebih.

Tetapi, akan ada saat dimana kita tidak bisa hadir di sekolah dan mengikuti pelajaran bersama teman-teman sekelas, karena satu atau dua alasan. Untuk itu, biasanya kita akan menuliskan surat izin yang ditujukan kepada sekolah. Surat itu dikenal dengan nama surat izin tidak masuk sekolah.

Surat izin tidak masuk sekolah (permission letter for school absence dalam bahasa Inggris) adalah salah satu jenis surat resmi yang dialamatkan kepada sekolah untuk menginformasikan bahwa siswa yang bersangkutan tidak dapat menghadiri pelajaran karena alasan yang tidak bisa dihindarkan.

Gambar oleh Kelly Sikkema di Unsplash

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah dalam Bahasa Inggris (Examples of Permission Letter for School Absence in English)

Setelah mengetahui apa arti dari surat izin tidak masuk sekolah, kita akan mempelajari bagaimana membuat surat izin tidak masuk sekolah dalam bahasa Inggris melalui beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah 1

To: Principal Henrietta Clarkson

Mayweather All-Girls School

Boston, Massachusetts 02101

From: Alberta Cannon

231 Willow Avenue

Boston, Massachusetts 02101

Date: October 29, 2021

Subject: permission for absent from school due to travel

Dear Principal Clarkson,

Through this letter I would like to inform you that my daughter, Valerie Cannon, from grade 8 will not be able to attend classes from November 2  to November 6, 2021.

The reason for my daughter’s absence from attending classes is because we have to go to Salem to bury Valerie’s grandfather who had just passed away. Because the distance from Boston to Salem and vice versa is quite time consuming, I conclude that 4 days is enough time for us.

Therefore, I request that you may kindly give permission for daughter to be able to attend her grandfather’s funeral in Salem. I will be happy to wait for your reply as soon as possible.

Best regards, Alberta Cannon

(Kepada: Kepala Sekolah Henrietta Clarkson

Sekolah Khusus Anak-Anak Perempuan Mayweather

Boston, Massachusetts 02101

Dari: Alberta Cannon

Jl. Willow No. 231

Boston, Massachusetts 02101

Tanggal: 29 Oktober 2021

Subyek: izin tidak masuk sekolah karena bepergian

Kepada Kepala Sekolah Clarkson,

Melalui surat ini saya ingin memberitahukan kepada Anda bahwa putri saya, Valerie Cannon, dari kelas 8 tidak bisa menghadiri kelas mulai tanggal 2 November hingga 6 November 2021.

Alasan dari absennya putri saya dari mengikuti pelajaran adalah karena kami harus pergi ke Salem untuk memakamkan kakek Valeria yang baru saja meninggal dunia. Karena jarak dari Boston ke Salem dan sebaliknya cukup memakan waktu, saya mengambil kesimpulan bahwa 4 hari adalah waktu yang cukup bagi kami.

Oleh karena itu, saya meminta agar Anda berkenan memberikan izin kepada putri saya untuk menghadiri pemakaman kakeknya di Salem. Saya akan dengan senang hati menunggu balasan dari Anda sesegera mungkin.

Salam hormat, Alberta Cannon.)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah 2

To: Mr. Malik Suseno

Homeroom Teacher of Class 10 – B

SMP Negeri 10 Demak

Demak, October 29, 2021

Dear Mr. Suseno,

I am writing this letter to inform you that I, Dinar Anjani, a student with absentee number 18, cannot attend school for one week.

The reason for my absence from school is because I have chickenpox and have to rest completely at home, according to the result of doctor’s examination, until I fully recovered.

Along with this letter I attach a statement from the doctor, which contains details of my disease that I am suffering from, along with suggestions and medicines I must take.

I hope you can understand my situation and give me permission to rest at home until I recover. I sincerely thank you for your understanding and permission.

Best regards from me, Dinar Anjani

(Kepada: Pak Malik Suseno

Wali Kelas 10 – B

SMP Negeri 10 Demak

Demak, 29 Oktober 2021

Kepada Pak Suseno yang Terhormat,

Saya menulis surat ini untuk memberitahu bapak bahwa saya, Dinar Anjani, siswi dengan nomor absensi 18, tidak dapat mengikuti pembelajaran di sekolah selama satu minggu.

Alasan dari ketidakhadiran saya mengikuti pembelajaran di sekolah adalah karena saya terkena penyakit cacar air dan harus beristirahat total di rumah, sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter, hingga saya sepenuhnya pulih.

Bersama dengan surat ini saya lampirkan keterangan pemeriksaan dari dokter, yang memuat rincian penyakit yang sedang saya derita, beserta saran dan obat-obatan yang harus saya konsumsi.

Saya harap bapak bisa memaklumi keadaan saya dan memberikan izin kepada saya untuk beristirahat di rumah hingga saya sembuh. Saya mengucapkan terima kasih atas pengertian dan izin yang bapak berikan.

Salam hormat dari saya, Dinar Anjani)

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah 3

Dear Ms. Rahajeng,

I am the uncle of a student named Dodit Mulyadi, who is a student in your class.

 I am writing this letter to inform you that Dodit will not be able to attend school until an undetermined time. This is because Dodit and his parents had a car accident yesterday afternoon and had to be treated intensively at the hospital.

I thank you for your understanding and I hope that you and Dodit’s classmates pray for Dodit and his parents to recover.

Regards, Salman Mahmud

(Kepada Ibu Rahajeng yang terhormat,

Saya adalah paman dari siswa yang bernama Dodit Mulyadi, yang merupakan siswa di kelas Anda.

Saya menulis surat ini untuk memberitahu bahwa Dodit tidak dapat hadir di sekolah hingga waktu yang belum ditentukan. Hal ini karena Dodit dan kedua orang tuanya mengalami kecelakaan mobil kemarin siang dan harus dirawat secara intensif di rumah sakit.

Saya berterima kasih atas pengertian Anda dan saya berharap Anda serta teman-teman sekelas Dodit mendoakan agar Dodit dan kedua orang tuanya bisa sembuh kembali.

Salam, Salman Mahmud)

Demikian 3 contoh surat izin tidak masuk sekolah menggunakan bahasa Inggris.