Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Mengenal Berbagai Kosa Kata Pekerjaan dalam Bahasa Inggris

Vocabulary, Writing,

Setelah merampungkan pendidikan di sekolah atau perguruan tinggi, tujuan mayoritas orang adalah bekerja. Bekerja sangat dibutuhkan selain untuk menunjang kebutuhan hidup, juga untuk mengasah dan memperbanyak pengalaman.

Pekerjaan atau profesi (job atau occupation dalam Bahasa Inggris) merupakan aktivitas tertentu yang dilakukan seseorang dengan kualifikasi atau kemampuan tertentu pada suatu bidang, kemudian mendapat bayaran.

Alasan orang memiliki suatu pekerjaan ada bermacam-macam. Ada yang ingin mendapatkan uang untuk menunjang hidupnya. Ada pula yang memperlakukan pekerjaannya sebagai hobi, karena dia telah lama menyenangi pekerjaan tersebut. Ada pula yang bekerja karena ingin melayani orang lain dengan sepenuh hati.

Di dunia ini ada berbagai macam jenis pekerjaan yang digeluti orang-orang dan menjadi profesinya. Nah, bersama artikel ini teman-teman akan mempelajari berbagai macam pekerjaan dalam Bahasa Inggris.

Picture by Tima Miroshnichenko on Pexels

A. Daftar Kosa Kata Pekerjaan dalam Bahasa Inggris dan Penjelasannya (Jobs Vocabulary List in English and The Explanation)

  1. Actuary : aktuaris. Seorang aktuaris bertugas di sebuah perusahaan asuransi untuk merancang berbagai produk asuransi dan preminya, menentukan status keuangan asuransi, dan melakukan analisa terkait keuangan asuransi.
  2. Actor : aktor (sekarang ini aktor dapat digunakan baik untuk pemeran pria maupun pemeran wanita). Seorang aktor bertugas memerankan karakter tertentu dalam sebuah pementasan di panggung, pada film layar lebar, atau serial di layar televisi.
  3. Advisor : penasehat. Penasehat pada umumnya bekerja di sebuah organisasi atau perusahaan, dan bertugas memberikan masukan, arah, nasehat, bimbingan, dan pertimbangan dalam suatu program yang akan dibuat.
  4. Animator : pembuat animasi. Tugas seorang pembuat animasi adalah membuat beragam karakter animasi dengan berbagai macam ekspresi/emosi dan juga membuat animasi yang berkualitas baik.
  5. Astronaut : astronot. Seorang astronot memiliki tugas mengeksplorasi/menjelajah luar angkasa. Astronot juga bertugas mendokumentasikan apa yang ada di luar angkasa, membawa pulang beberapa sampel atau contoh benda luar angkasa ke bumi, dan membuat laporan tentang penjelajahannya.
  6. Babysitter : pengasuh bayi. Tugas dari seorang pengasuh bayi adalah mengurus dan menyiapkan segala keperluan yang berkaitan dengan bayi atau anak yang dia jaga, seperti memberikan makanan dan susu serta memandikan bayi atau balita yang dijaganya.
  7. Barber : tukang cukur. Tukang cukur bertugas menggunting, memotong, dan memberikan tatanan rambut yang baik kepada para pelanggannya sesuai permintaan mereka.
  8. Biologist : ahli biologi. Tugas seorang ahli biologi adalah membuat rencana studi lapangan dan laboratorium tentang asal-usul, fungsi, perkembangan, serta hubungan antara bentuk-bentuk kehidupan.
  9. Blacksmith : pandai besi atau tukang besi. Tukang besi memiliki tugas merancang dan membuat berbagai macam peralatan yang bahan bakunya dari besi atau baja.
  10. Bus driver : supir bis. Supir bis bertugas mengendarai bis yang mengantarkan para penumpangnya dari satu tujuan ke tujuan lain. Supir bis juga biasanya bekerja untuk sebuah kantor atau lembaga, seperti supir bis sekolah atau supir bis pegawai.
  11. Calligrapher : penulis kaligrafi atau kaligrafer. Seorang kaligrafer memiliki tugas membuat tulisan-tulisan yang terlihat indah. Seorang kaligrafer biasanya merupakan orang yang berpengalaman karena membuat kaligrafi dibutuhkan ketelitian yang tinggi.
  12. Carpenter : tukang kayu. Tugas seorang tukang kayu adalah membuat berbagai peralatan dari kayu, memperbaiki struktur kayu yang rusak, serta membuat elemen bangunan dari kayu (seperti pagar dan pintu rumah).
  13. Cashier : petugas kasir. Tugas seorang petugas kasir adalah melakukan transaksi jual beli di suatu pusat perbelanjaan, mengecek barang beserta harganya sebelum dikemas, mencatat data penjualan, serta memberikan informasi tentang sebuah produk kepada pelanggan.
  14. Chemist : ahli kimia. Ahli kimia memiliki tugas menganalisa serta melakukan percobaan di laboratorium untuk menguji serta mengontrol kualitas suatu produk. Ahli kimia juga bertugas menguji suatu bahan untuk pengembangan produk dan pengetahuan.
  15. Contractor : kontraktor atau pemborong. Tugas seorang kontraktor adalah melaksanakan suatu pembangunan sesuai dengan rencana dan protokol yang berlaku, serta memberikan laporan tentang proyek pembangunan yang dijalankan.
  16. Designer : perancang. Tugas seorang perancang ada bermacam-macam sesuai spesifikasi yang dia ambil. Perancang busana (fashion designer), misalnya, bertugas membuat dan merancang berbagai jenis pakaian sesuai selera konsumen.
  17. Detective : detektif. Tugas seorang detektif adalah melakukan penyelidikan terhadap suatu kasus tertentu dan melaporkannya. Detektif dapat bekerja pada suatu lembaga seperti kepolisian dan juga dapat bekerja sendiri (detektif swasta).
  18. Editor : penyunting. Seorang penyunting memiliki tugas memperbaiki kesalahan tata bahasa dan penulisan dari suatu naskah serta memberikan saran agar naskah ditulis dengan lebih baik. Penyunting biasanya bekerja di kantor penerbitan buku atau surat kabar.
  19. Electrician : montir listrik. Seorang montir listrik tugasnya memperbaiki berbagai masalah yang berhubungan dengan kelistrikan dan membuat perencanaan tentang penggunaan listrik.
  20. Engineer : insinyur. Tugas dari seorang insinyur adalah merancang dan mengembangkan sesuatu (misalnya bangunan). Insinyur juga dapat bertugas mengawasi proses produksi dan pembangunan dan menjaga kualitas.
  21. Entomologist : ahli ilmu serangga atau entomologi. Seorang ahli ilmu serangga memiliki tugas melakukan penelitian dan menganalisa data tentang serangga untuk pengembangan ilmu pengetahuan, terkhusus di bidang pengetahuan tentang hewan.
  22. Factory worker : pekerja pabrik. Pekerja pabrik bertugas melaksanakan berbagai pekerjaan di pabrik, seperti mengoperasikan alat-alat, sesuai dengan arahan dan protokol yang berlaku dalam pabrik tersebut.
  23. Fisherman : nelayan. Nelayan memiliki tugas di laut dan mencari ikan, kerang, bahkan terkadang rumput laut. Banyak dari para nelayan menjual hasil tangkapan mereka kepada orang-orang yang ingin membelinya.
  24. Fishmonger : penjual ikan. Sesuai pengertiannya, tugas dari penjual ikan adalah menjual berbagai macam ikan kepada para pembeli. Biasanya, penjual ikan bekerja sama dengan nelayan yang menangkap hasil laut dan hasil penjualannya akan dibagi dua sama rata.
  25. Flight attendant : pramugara/pramugari. Pramugara dan pramugari merupakan tim dari suatu penerbangan di pesawat yang bertugas membantu serta melayani kebutuhan penumpang selama penerbangan berlangsung.
  26. Gardener : tukang kebun. Tukang kebun bertugas memelihara dan menata tanaman pada suatu tempat, memberantas berbagai penyakit pada tanaman seperti hama, serta merawat alat-alat berkebun.
  27. Geographer : ahli geografi/ilmu bumi. Seorang ahli geografi memiliki tugas antara lain mengumpulkan data-data geografis, melakukan penelitian dan analisa kependudukan.
  28. Highway patrol : petugas polisi jalan raya. Polisi yang bertugas di jalan raya bertugas mewujudkan dan menjaga keselamatan berkendara dan menindak wujud-wujud pelanggaran di jalan raya.
  29. Illustrator : ilustrator. Tugas dari seorang ilustrator adalah menggunakan media visual, seperti gambar, untuk menuangkan dan menyalurkan, ide, cerita, atau pesan yang ingin disampaikan.
  30. Interpreter : penerjemah atau penafsir lisan. Tugas seorang penerjemah lisan adalah menerjemahkan bahasa sumber ke bahasa sasaran langsung secara verbal atau lisan.
  31. Inventor : penemu. Tugas dari seorang penemu adalah orang yang menemukan serta menciptakan penemuan baru yang berguna di berbagai bidang. Seorang penemu dapat mematenkan temuannya untuk mendapatkan royalti ekslusif atas penemuannya.
  32. Janitor : petugas kebersihan. Seorang petugas kebersihan bekerja pada suatu kantor dan bertugas menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan di mana dia bekerja.
  33. Journalist : jurnalis atau juru berita. Seorang jurnalis bidang pers bertanggung jawab mengabarkan, menyusun, dan menyunting berita yang telah dia liput ke media massa.
  34. Judge : hakim. Seorang hakim memiliki tugas menerima suatu perkara, memeriksa, mengadili, dan kemudian menyelesaikan perkara yang diajukan agar keadilan dapat ditegakkan.
  35. Karate teacher : guru atau pelatih karate. Tugas dari seorang pelatih karate adalah melatih dan mengembangkan kemampuan karate murid-muridnya.
  36. Lecturer : dosen. Dosen bekerja di sebuah perguruan tinggi dan memiliki tugas mempersiapkan dan mengajar materi kuliah kepada mahasiswanya sesuai bidang ilmu yang dikuasainya. Dosen juga biasanya melakukan penelitian dan karya ilmiah serta melakukan kegiatan kemasyarakatan.
  37. Librarian : pustakawan. Pustakawan tugasnya adalah mengelola dan melayani berbagai aktivitas di perpustakaan, seperti proses peminjaman dan pengembalian buku. Pustakawan juga bertugas menata dan membuat daftar buku-buku dan benda-benda di dalam perpustakaan.
  38. Lifeguard : penjaga pantai. Tugas seorang penjaga pantai adalah menjaga, menyelamatkan, mengamankan, serta menertibkan segala aktivitas di daerah pantai.
  39. Linguist : ahli bahasa. Tugas ahli bahasa adalah menganalisis, membuat dokumentasi, dan melakukan penelitian terkait sebuah bahasa atau keaksaraan.
  40. Mail/letter carrier : pengantar surat. Tugas pengantar surat adalah mengantarkan surat dan paket sesuai alamat yang dituju.
  41. Marketer : pemasar. Tugas seorang pemasar adalah memperkenalkan dan memasarkan produk atau jasa kepada calon konsumen, serta memastikan target penjualan dalam satu bulan dapat tercapai.
  42. Midwife : bidan. Bidan bertugas membantu proses persalinan dan memberikan panduan sebelum, selama, dan sesudah masa kehamilan hingga sang pasien berada dalam masa nifas/menyusui.
  43. Notary : notaris. Tugas dari seorang notaris adalah membuat akta yang autentik tentang semua perjanjian dan penetapan sesuai undang-undang yang berlaku.
  44. Novelist : novelis. Seorang novelis tugasnya adalah menulis cerita fiksi yang sifatnya orisinil atau asli untuk menambah wawasan dan hiburan bagi para pembacanya.
  45. Optician : optisi/ahli mata. Tugas seorang ahli mata adalah memeriksa dan mendeteksi penyakit pada mata dan membantu pasien memperbaiki penglihatannya.
  46. Pilot : pilot pesawat. Tugas dari seorang pilot adalah mengoperasikan dan menerbangkan pesawat dengan aman sesuai protokol yang berlaku.
  47. Plumber : tukang ledeng atau tukang pipa. Tugas seorang tukang ledeng adalah memelihara, memasang, memperbaiki saluran udara, air, dan saluran pembuangan.
  48. Psychologist : psikolog. Seorang psikolog memiliki tugas memeriksa, memberikan diagnosa, serta mendampingi dan merawat pasien yang memiliki masalah psikologi atau kesehatan mental dengan perantara konseling dan psikoterapi.
  49. Radiologist : radiolog. Tugas seorang radiolog adalah melaksanakan pemeriksaan tes pencitraan yang aman dan efektif untuk pasien, serta menganalisa dan membacakan hasil pemeriksaan radiologi pasien.
  50. Receptionist : resepsionis. Resepsionis atau penerima tamu memiliki tugas menerima tamu pada suatu kantor, menerima panggilan telepon dan menyambungkannya ke pihak yang terkait, serta memberikan informasi kepada tamu mengenai kantor tempatnya bekerja.
  51. Seamstress : penjahit pakaian (biasanya wanita). Tugas penjahit pakaian adalah menyatukan berbagai potongan kain yang warnanya seragam menjadi suatu pakaian yang utuh dan dapat dikenakan di tubuh seseorang.
  52. Security guard : penjaga keamanan. Penjaga keamanan memiliki tugas melaksanakan pengamanan menyeluruh di tempatnya bekerja. Petugas keamanan juga bertugas memeriksa tamu yang akan masuk dan keluar dari dan ke dalam kantornya.
  53. Soldier : tentara. Tugas tentara adalah menegakkan, menjaga, dan mengamankan kedaulatan dan keutuhan negara tempatnya mengabdi.
  54. Surgeon : dokter ahli bedah. Dokter ahli bedah memiliki tugas menangani cedera atau penyakit gawat darurat yang memerlukan pembedahan atau operasi.
  55. Technician : teknisi. Tugas seorang teknisi adalah merencanakan dan menjadwalkan pemeliharaan, biaya, dan material yang dibutuhkan untuk memelihara berbagai macam mesin dan kelengkapannya, serta mengatasi gangguan pada sebuah mesin.
  56. Treasurer : bendahara. Tugas utama dari seorang bendahara adalah menerima mengelola keuangan di kantor dan membuatkan buku khusus untuk pengelolaan keuangan tersebut.
  57. Tutor : pengajar atau guru pribadi. Tugas guru pribadi adalah mendatangi rumah muridnya dan tentang pelajaran tertentu di luar atau setelah jam sekolah.
  58. Vet/veterinarian : dokter hewan. Tugas dari seorang dokter hewan adalah memeriksa dan menegakkan diagnosa suatu penyakit pada hewan. Dokter hewan juga bertugas mengobati, merawat, dan memberi bimbingan kepada pemilik hewan tentang kondisi kesehatan hewan tersebut.
  59. Vicar : pendeta. Pendeta memiliki tugas melayani, memimpin, memerhatikan, dan melakukan tugas penggembalaan jemaat gereja. Pendeta juga bertugas melakukan kunjungan ke rumah-rumah jemaat.
  60. Warden : sipir. Tugas dari seorang sipir adalah bertanggung jawab mengawasi, mengamankan, dan menjaga keselamatan para narapidana dalam penjara atau lembaga pemasyarakatan.

B. Contoh-Contoh Kalimat Dengan Kosa Kata Pekerjaan dalam Bahasa Inggris (Sentences Examples of Using the Job Vocabulary in English)

  • Jeremy has been working as a warden for 10 years and he is known to as the most strict warden there.

(Jeremy telah bekerja sebagai seorang sipir penjara selama 10 tahun dan dia dikenal sebagai sipir paling tegas di sana.)

  • Hani is very grateful to be able to get a job as janitor when the pandemic has made many people lose their jobs.

(Hani sangat bersyukur bisa mendapatkan pekerjaan sebagai petugas kebersihan di saat pandemi membuat banyak orang kehilangan pekerjaan mereka.)

  • After school ends, Teresa works part time as a babysitter at her neighbor’s house, Mrs. Logan.

(Setelah sekolah usai, Teresa bekerja paruh waktu sebagai pengasuh bayi di rumah tetangganya, Ny. Logan.)

Picture by Max Fischer on Pexels

Nah, demikianlah pembahasan artikel kita kali ini tentang kosa kata dalam Bahasa Inggris mengenai pekerjaan serta beberapa contoh kalimat-kalimat pendek menggunakan beberapa kosa kata pekerjaan.