Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Mengenal Ragam Kosakata dalam Bahasa Inggris Mengenai Cuaca

Vocabulary,

Cuaca merupakan keadaan di langit, atmosfer, serta udara di bumi pada waktu-waktu dan tempat-tempat tertentu dengan sifat yang tidak menentu dan sangat mungkin untuk mengalami perubahan. Perubahan cuaca didasarkan dari perubahan angin, suhu, matahari, dan juga curah hujan.

Mengenal nama-nama cuaca sangat penting agar kita dapat mengidentifikasi, khususnya, cuaca seperti apa yang sedang terjadi di wilayah tempat kita tinggal. Dalam artikel ini, kita secara khusus akan mengenal dan membahas berbagai macam nama cuaca dalam Bahasa Inggris.

Picture by Ralph W. Lambrecht on Pexels

33 Contoh Kosakata Mengenai Cuaca dalam Bahasa Inggris Beserta Pengertiannya

  1. Avalanche (longsor salju). Longsor salju adalah salju yang berasal dari tempat tinggi mengalami kelongsoran (perpindahan) ke tempat yang rendah.
  2. Balmy (sejuk). Cuaca sejuk adalah tipe cuaca di mana suhunya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas juga.
  3. Below freezing (di bawah titik beku). Cuaca ini diartikan sebagai suhu udara di bawah 0 derajat Celcius.
  4. Blaze or boiling hot (panas terik). Kondisi di mana matahari bersinar terlalu terang hingga kita dapat merasakan perasaan terbakar.
  5. Blizzard (badai salju). Merupakan badai yang terjadi pertemuan udara dingin dan basah dengan udara yang dingin, dengan berat (massa) udara keduanya dapat mencapai diamater 1000 km atau bahkan lebih.
  6. Bright (terang). Cuaca ini dapat diartikan sebagai ketika matahari bersinar dengan cahaya yang terang benderang.
  7. Chilly (sedikit atau agak dingin). Cuaca di mana udara menjadi agak dingin daripada keadaan biasa, walaupun hujan tidak turun.
  8. Clear (langit terang). Cuaca di mana matahari bersinar terang dan langit terlihat bersih, karena kurangnya jumlah awan yang berpotensi menghalangi matahari.
  9. Cloud or cloudy (berawan). Kondisi cuaca dikarenakan banyaknya awan, langit akan terlihat lebih putih atau keabuan apabila hujan lebat.
  10. Cold (dingin). Kondisi cuaca di mana suhu di atmosfer rendah bila dibandingkan dengan suhu tubuh manusia.
  11. Cool (sejuk; tidak terlalu panas). Cuaca di antara panas dan dingin.
  12. Drizzle or drizzling (gerimis). Salah satu jenis hujan yang tergolong ringan karena presentase air yang turun ke bumi kecil.
  13. Drought (kekeringan). Kondisi cuaca di mana hujan tidak turun untuk waktu yang lama, menyebabkan tanah menjadi sangat kering.
  14. Flood (banjir atau air bah). Kondisi di mana air meluap dalam jumlah yang banyak hingga merendam satu atau lebih wilayah. Termasuk salah satu bencana alam.
  15. Flurry or flurries (hujan salju ringan). Kondisi cuaca di mana terjadi hujan salju dalam intensitas ringan sampai sedang.
  16. Fog or foggy (kabut atau berkabut). Salah satu kondisi cuaca di mana uap air yang berdekatan dengan permukaan tanah mengembun menjadi serupa seperti awan. Berpotensi menghalangi pandangan mata kita.
  17. Hail (hujan es). Suatu fenomena alam di mana ada potongan-potongan es kecil yang ikut jatuh saat terjadi badai.
  18. Humid (lembab). Cuaca di mana udara mempunyai kandungan uap air yang agak tinggi dari biasanya.
  19. Hurricane (angin/badai topan). Angin topan adalah angin kencang dengan pusaran angin yang memiliki kecepatan kira-kira 120 km/jam atau lebih.
  20. Icy (licin karena es). Suatu keadaan cuaca di mana jalanan menjadi licin karena adanya es. Biasanya terjadi ketika musim dingin.
  21. Lightning (petir). Petir adalah gejala alam berupa kilatan cahaya yang terjadi sesaat dan menyilaukan. Terjadi, umumnya, pada saat hujan.
  22. Muggy (panas dan lembab). Suatu keadaan di mana cuaca pada suatu daerah terasa panas namun juga lembab, yang cenderung tidak menyenangkan.
  23. Overcast (tidak ada matahari). Cuaca di mana tidak ada tanda-tanda matahari akan bersinar.
  24. Pollution (polusi). Keadaan di mana udara menjadi tercemar dengan unsur-unsur yang tidak baik, yang berakibat buruk terutama bagi pernapasan makhluk hidup.
  25. Precipitation (presipitasi). Hujan atau salju yang turun di suatu daerah tertentu yang berasal dari proses pengendapan.
  26. Rain or rainy (hujan). Hujan adalah peristiwa jatuhnya butir-butir air dalam jumlah banyak ke permukaan bumi, membawa serta hawa dingin.
  27. Scorching (cuaca yang sangat panas). Kondisi cuaca di mana udara terasa panas, namun dalam intensitas berlebihan atau ekstrim.
  28. Sea breeze (angin laut). Sesuai dengan namanya, cuaca ini terjadi ketika adanya angin yang bertiup dari arah lautan.
  29. Shower (hujan ringan). Tipe hujan di mana intensitas air yang turun termasuk ringan.
  30. Snow or snowy (salju). Suatu kondisi cuaca di mana material yang serupa seperti awan menutupi permukaan tanah untuk sementara. Salju, kebanyakan, terjadi saat musim dingin.
  31. Sun or sunny (hangat dan cerah). Cuaca di mana matahari bersinar dengan intensitas yang cukup, membuat sekitar kita menjadi hangat.
  32. Thunder (guntur). Guntur merupakan suara yang berasal dari pemanasan dan pemuaian udara yang cepat. Suara guntur yang dihasilkan dapat membuat kita kaget.

Wind or windy (berangin). Cuaca berangin adalah kondisi di mana udara bergerak dengan kecepatan yang cukup tinggi di suatu daerah.

3 Contoh Kalimat Sederhana Menggunakan Kosakata Cuaca

  • Since today is a windy day, please be careful when you ride your motorcycle outside.
    (Karena hari ini berangin, tolong berhati-hatilah saat kau mengendarai motormu di luar).
  • Please, give me an ice pack! Oh my God, it’s scorching Don’t you dare go out! (Tolong, berikan aku kantong es! Ya Tuhan, di luar terik sekali panasnya. Jangan kamu berani pergi ke luar!).
  • A sunny day means a good time to sunbathing. Come on, Joanna, let’s sunbathe in our backyard.
    (Hari yang cerah artinya waktu yang baik untuk berjemur. Ayo, Joanna, mari berjemur di halaman belakang kita).

Demikian daftar kosakata mengenai cuaca dalam Bahasa Inggris dan contoh-contoh penggunaannya dalam kalimat-kalimat sederhana.