Penulisan Biodata Bahasa Inggris dalam Bentuk Paragraf

Ketika kita baru pertama kali bertemu dengan seseorang atau melamar untuk sebuah pekerjaan, langkah paling awal dan paling penting yang harus kita lakukan adalah memperkenalkan diri kita.

Memperkenalkan diri adalah langkah kita mengizinkan seseorang untuk mengenal siapa kita, usia kita, apa profesi kita, apa kegemaran kita, dan berbagai hal penting yang menunjukkan identitas kita.

Pada umumnya, memperkenalkan diri dapat dilakukan salah satunya adalah dengan menuliskan biodata. Di dalam sebuah biodata, tercantum data diri kita seperti nama lengkap, tempat dan tanggal kelahiran, alamat, serta hal-hal lainnya.

Biasanya, biodata ditulis dalam bentuk daftar memanjang ke bawah dengan poin-poin yang memuat data diri kita. Namun, ternyata ada format atau bentuk lain dari biodata yang bisa kita gunakan, yaitu dengan menuliskan biodata dalam bentuk paragraf.

Nah, melalui artikel kali ini kita akan mempelajari beberapa contoh biodata berbentuk paragraf dalam Bahasa Inggris, yang disertai dengan terjemahannya di bawah ini.

Picture by Ketut Subiyanto on Pexels

Contoh Biodata Paragraf 1

My name is Yolanda Bagaskara. I am 16 years old and I live in Malang. I go to SMA Negeri 7 Malang and as for now, I am in class 10-A1, where Miss Hanun is my home teacher. My favorite subjects are Biology, English, and History.

My family consists of 5 people: my father, my mother, me, my older brother who is currently studying at a university in Surabaya, and my grandmother.

I do not do any extracurricular since I was in middle school. But, I want to commit to one extracurricular, now that I am in high school. Because I love taking pictures, I decide to join the photography club. I hope by joining this club, I can start my career as a photographer as early as possible.

I do have some hobbies, which I often do when I have free time. As mentioned above, I love taking pictures and it is one of my hobbies. Another hobby of mine is knitting. I love all my hobbies because they give me a peace of mind.

(Nama saya Yolanda Bagaskara. Umur saya 16 tahun dan saya tinggal di Malang. Saya bersekolah di SMA Negeri 7 Malang dan sekarang, saya duduk di kelas 10-A1, dimana Bu Hanun adalah wali kelas saya. Pelajaran kesukaan saya adalah Biologi, Bahasa Inggris, dan Sejarah.

Keluarga saya terdiri atas 5 orang: ayah saya, ibu saya, saya, kakak laki-laki saya yang sedang belajar di sebuah universitas di Surabaya, dan nenek saya.

Saya tidak mengikuti ekstrakurikuler apapun sejak saya masih bangku SMP. Tetapi, saya ingin berkomitmen pada satu ekstrakurikuler, sekarang setelah saya duduk di bangku SMA. Karena saya senang memotret, saya memutuskan untuk bergabung dengan klub fotografi. Saya harap dengan bergabung dengan klub ini, saya bisa memulai karir saya sebagai seorang fotografer sedini mungkin.

Saya punya beberapa hobi, yang sering saya tekuni ketika saya punya waktu luang. Seperti yang sudah disebutkan di atas, saya senang memotret dan itu adalah salah satu hobi saya. Hobi saya yang lainnya adalah merajut. Saya menyenangi semua hobi saya karena mereka memberikan saya ketenangan pikiran.)

Contoh Biodata Paragraf 2

My full name is Christopher Andrew Bennett, but people usually call me Christopher or Chris. I am a second semester student of of the Faculty of Cultural Science at a private university in Ontario, Canada. I live in a male student dormitory provided by the university and I absolutely happy with the life I live here.

While carrying out my obligations as a university student to study, I also work part-time at a fast food restaurant to increase my savings and to meet my needs while I am at university.

When I am not busy with studies and work, I like to hone my guitar playing skills. At certain times, some of my dorm mates and I will perform together to sing some songs in cafes or when there is a festival at my university.

(Nama lengkap saya adalah Christopher Andrew Bennett, namun orang-orang biasanya memanggil saya Christopher atau Chris. Saya adalah mahasiswa semester kedua Fakultas Ilmu Budaya di sebuah universitas swasta di Ontario, Kanada. Saya tinggal di asrama khusus pria yang disediakan oleh universitas dan saya benar-benar senang dengan kehidupan yang saya jalani di sini.

Sembari menjalankan kewajiban saya sebagai seorang mahasiswa untuk belajar, saya juga bekerja paruh waktu di sebuah restoran makanan cepat saji untuk menambah tabungan dan untuk memenuhi kebutuhan selama saya ada di universitas.

Ketika saya tidak disibukkan dengan urusan belajar dan pekerjaan, saya senang mengasah kemampuan saya bermain gitar. Pada saat-saat tertentu, beberapa teman seasrama dan saya akan tampil bersama menyanyikan beberapa lagu di kafe-kafe atau ketika ada suatu festival di universitas saya.)

Contoh Biodata Paragraf 3

My name is Belinda Yulius and I was born in Jakarta, January 30th, 2000. I live on Jalan Beringin Raya, Cengkareng, West Jakarta. I am a graduate from private university A majoring in banking.  In terms of work experience, I had an internship program at a bank during my time at university, which made me already know how the working environment of a bank is.

I am someone who loves to learn about new and challenging things, including at work. I also like to socialize with anyone, including in a bank environment, where I meet new faces all the time. Always work with a sense of full responsibility and professionalism is my work motto.

For work purposes, I can be contacted via phone number 0813-2345-9070 or via my e-mail address at belindayulius30@jakmail.jaknet.

(Nama saya Belinda Yulius dan saya lahir di Jakarta, 30 Januari, 1999. Saya tinggal di Jalan Beringin Raya, Cengkareng, Jakarta Barat. Saya merupakan lulusan dari universitas swasta A jurusan perbankan. Dari segi pengalaman kerja, saya telah mengikuti program magang pada sebuah bank selama kuliah, yang membuat saya telah mengetahui bagaimana lingkungan kerja di sebuah bank.

Saya adalah seseorang yang senang belajar tentang hal-hal yang baru dan menantang, termasuk dalam pekerjaan. Saya juga senang bersosialisasi dengan siapa saja, termasuk dalam lingkungan bank, di mana saya bertemu wajah-wajah baru setiap saatnya. Selalu bekerja dengan rasa tanggung jawab penuh dan profesionalisme adalah moto kerja saya.

Untuk tujuan-tujuan pekerjaan, saya dapat dihubungi melalui nomor telepon 0813-2345-9070 atau melalui alamat surel saya di belindayulius30@jakmail.jaknet.)

Contoh Biodata Paragraf 4

Hello, my name is Ariana Yamamoto, but my family and friends usually call me Ari. I was born in Asheville, North Carolina, 27th June, 1995.

I graduated from a prestigious culinary school and now I work as an assistant chef in a 5-star hotel in Asheville. In my spare time, I make videos containing my daily activities and upload them on YouTube.

I come from a family with a different national background. My father is Japanese and my mother is American, which makes me of mixed Japanese-American blood. I have 1 younger brother who is currently studying in New York.

(Halo, namaku Ariana Yamamoto, tetapi keluarga dan teman-temanku biasanya memanggilku Ari. Aku lahir di Asheville, Carolina Utara, pada tanggal 27 Juni 1995.

Aku merupakan lulusan dari sebuah sekolah kuliner ternama dan sekarang bekerja sebagai asisten koki di sebuah hotel bintang 5 di Asheville. Di waktu senggang, aku membuat video yang membuat kegiatanku sehari-hari dan mengunggahnya di YouTube.

Aku datang dari keluarga dengan latar belakang kebangsaan yang berbeda. Ayahku merupakan orang Jepang dan ibuku orang Amerika, yang membuatku memiliki darah campuran Jepang-Amerika. Aku memiliki 1 adik laki-laki yang sekarang sedang belajar di New York.)

Contoh Biodata Paragraf 5

First, allow me to introduce myself through this biodata. My full name is Anggita Sawitri, and Anggi is my nickname. I am now 18 years old and a student majoring in Chemistry Education in University B.

At university, I join the faculty journalism club. The reason I join this club is because I love writing and since junior high school I have loved journalism and wanted to learn more about it. By joining this club, I hope to get new knowledge that is useful.

I have two main hobbies that I still pursue today. My first hobby is writing, which is the reason I join the journalism club. My second hobby is making crafts. There are many crafts that I have made and displayed in the living room of my house. Some of those crafts are also often bought by my parents’ friends, which makes me happy because I can make money from my hobby.

(Pertama-tama, izinkan aku memperkenalkan diri melalui biodata ini. Nama lengkapku Anggita Sawitri, dan Anggi adalah nama panggilanku. Usiaku 18 tahun dan aku adalah seorang mahasiswi jurusan Pendidikan Kimia di Universitas B.

Di universitas, aku tergabung di dalam klub jurnalisme fakults. Alasan aku bergabung dengan klub ini adalah aku senang menulis dan sejak SMP aku telah menyukai jurnalisme dan ingin belajar lebih banyak tentang itu. Dengan bergabung di klub ini, aku berharap bisa mendapatkan ilmu yang berguna.

Aku memiliki 2 hobi utama yang masih kutekuni hingga hari ini. Hobi pertamaku adalah menulis, yang menjadi alasan aku bergabung dengan klub jurnalisme. Hobi keduaku adalah membuat kerajinan. Sudah banyak kerajinan yang aku buat dan dipajang di ruang tamu rumahku. Beberapa dari kerajinan itu juga sering dibeli oleh teman-teman orang tuaku, yang membuatku senang karena aku bisa menghasilkan uang dari hobiku.)

Contoh Biodata Paragraf 6

My name is Zachary, and my full name is Zachary Hills. I am from Rockland, Maine and I now live in Portland, Oregon.

I work as an architect here in Portland. I have always loved architecture and my dream is to become an architect who builds many beautiful and strong buildings. As an architect, I also want to be a part of the culture and help build people’s lives.

Even though I am busy at work, I always make time for my dog, Pete. I make sure Pete has breakfast before I go to work and leave him with my neighbor. Whenever I have an empty schedule, I will be at home and take care of my dog.

Apart from spending time with my dog, I also enjoy reading books. I often bring a book or two to the office and read it when I am on break. My favorite genre of books is fiction and non-fiction. I have a lot of books in the bookshelf at my house. And, I still read all those books.

(Namaku Zachary, dan nama lengkapku adalah Zachary Hills. Aku berasal dari Rockland, Maine dan sekarang aku tinggal di Portland, Oregon.

Aku bekerja di sini di Portland sebagai seorang arsitek. Aku memang selalu menyukai arsitektur dan mimpiku adalah menjadi seorang arsitek yang membangun banyak bangunan yang indah dan kuat. Sebagai seorang arsitek, aku juga ingin menjadi bagian dari budaya dan membantu membangun kehidupan masyarakat.

Walaupun aku sibuk bekerja, aku selalu meluangkan waktuku untuk anjingku, Pete. Aku memastikan Pete sarapan sebelum aku berangkat kerja dan menitipkannya pada tetanggaku. Kapanpun aku memiliki jadwal kosong, aku akan berada di rumah dan merawat anjingku.

Di samping menghabiskan waktu dengan anjingku, aku juga senang membaca buku. Aku sering membawa satu atau dua buku ke kantor dan membacanya ketika sedang istirahat. Genre buku yang kusukai adalah fiksi dan non-fiksi. Aku memiliki banyak buku yang aku koleksi di dalam lemari buku di rumahku. Dan, aku masih membaca semua buku tersebut.)

Picture by Fotografierende on Pexels

Demikian beberapa contoh biodata berbahasa Inggris dalam bentuk paragraf.

Karena biodata merupakan informasi yang faktual mengenai diri kita, kita harus selalu ingat untuk memberikan informasi tentang diri kita dengan jujur dan sebenar-benarnya, ya, teman-teman!