Ragam Cara Memperlancar dan Mempercepat Menstruasi

Haid atau menstruasi adalah sesuatu yang menghampiri seorang perempuan saat perempuan tersebut mengalami masa pubertas, yang pada umumnya dimulai dari usia 10 atau 11 tahun.

Apa, sih, yang dimaksud dengan haid atau menstruasi yang mulai dialami seorang perempuan yang memasuki masa pubertas?

Menstruasi, terkadang juga dikenal dengan istilah haid atau datang bulan, merupakan suatu siklus dalam kehidupan seorang perempuan dimana lapisan-lapisan yang ada pada dinding rahim (uterus) mengalami perdarahan.

Darah dari lapisan dinding tersebut mengalir dan keluar melalui vagina (organ reproduksi perempuan). Menstruasi yang dialami seorang perempuan erat kaitannya dengan hormon yang ada pada setiap perempuan.

Pada umumnya, seorang perempuan mengalami haid setiap bulan, dengan rentang waktu setiap 28 hari, dengan lama antara 4 hingga 7 hari. Lamanya waktu menstruasi atau haid antara perempuan yang satu dengan perempuan lainnya tidak sama.

Cara-Cara yang Dapat Dilakukan untuk Memperlancar dan Mempercepat Menstruasi

Gambar oleh Natracare di Unsplash

Menstruasi pada seorang perempuan, selain berbeda lama waktunya, juga berbeda lancar dan tidaknya serta cepat atau lambatnya menstruasi muncul. Pada beberapa kasus, menstruasi yang dialami seorang perempuan lebih lambat dan tidak lancar daripada perempuan lainnya.

Menstruasi yang muncul lebih lambat dan tidak lancar daripada siklus normalnya terkadang memang membuat khawatir. Nah, kali ini Xamux akan membagikan beberapa tips atau cara yang bisa ditempuh untuk memperlancar serta mempercepat haid atau menstruasi.

  1. Olahraga yang Rutin dan Teratur

Cara pertama yang dapat ditempuh untuk mempercepat serta memperlancar haid adalah dengan rutin dan teratur berolahraga.

Olahraga yang dapat dilakukan antara lain yaitu olahraga ringan, seperti berlari-lari kecil di sekitar lingkungan rumah. Olahraga ringan ini berfungsi melemaskan otot-otot tubuh, menyeimbangkan hormon-hormon, dan dapat membantu menstruasi agar muncul sedikit lebih cepat.

Namun demikian, olahraga ringan untuk mempercepat menstruasi masih perlu dikaji dan diteliti lebih lanjut lagi.

  1. Mengonsumsi Vitamin C untuk Mempercepat Haid

Cara kedua untuk mempercepat dan memperlancar haid adalah dengan mengonsumsi vitamin C.

Vitamin C diyakini mampu meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh dan mengurangi kadar hormon progesteron. Peningkatan hormon estrogen dapat membuat rahim berkontraksi dan dinding rahim akan meluruh, sehingga menstruasi dapat terjadi.

Dalam mengonsumsi vitamin C, kita harus melakukannya dengan hati-hati dan tidak berlebihan. Konsumsi vitamin C berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

  1. Menjaga Berat Badan Ada di Angka Normal dan Ideal

Cara ketiga untuk memperlancar serta membuat haid lebih cepat adalah dengan berdiet serta menjaga berat badan.

Diketahui bahwa berat badan yang terlalu rendah dapat menyebabkan haid menjadi kurang lancar atau bahkan terhenti sama sekali. Berat badan yang berlebih, juga, membuat siklus haid menjadi kurang teratur.

Oleh karena itu, menjaga berat badan agar tetap normal dibutuhkan selain agar menstruasi menjadi lebih lancar, kesehatan tubuh jangka panjang pun terjaga.

  1. Mengurangi Aktivitas Fisik yang Berat

Cara keempat untuk mencegah agar menstruasi tetap lancar dan tidak terlambat adalah dengan mengurangi melakukan aktivitas fisik yang berat.

Salah satu penyebab terlambat atau tidak lancarnya menstruasi adalah karena olahraga atau aktivitas fisik dengan intensitas yang terlalu tinggi. Karenanya, kadar estrogen di dalam tubuh seorang perempuan menurun.

Oleh karena itu, olahraga atau aktivitas fisik yang berat sebaiknya dikurangi agar siklus menstruasi bisa kembali seimbang dan menstruasi perlahan menjadi cepat dan lancar.

  1. Melakukan Relaksasi Untuk Memperlancar Haid

Tips atau cara kelima untuk membuat haid menjadi lebih lancar dan cepat adalah dengan melakukan relaksasi, dengan tujuan untuk memperlancar haid.

Stres dapat membuat siklus haid menjadi tidak teratur dan tidak lancar, yang menyebabkan haid menjadi lebih lambat. Dengan melakukan relaksasi, tubuh akan berangsur-angsur menjadi tenang, hormon menjadi seimbang, dan haid akan mulai muncul dan perlahan-lahan menjadi lancar.

  1. Mengompres Hangat Area Perut atau Berendam dengan Air Hangat

Cara keenam untuk membuat haid menjadi lebih lancar dan cepat adalah dengan mengompres hangat area perut atau berendam dengan air hangat.

Mengompres area perut dengan kompres hangat atau berendam dengan air hangat diketahui dapat membantu otot-otot tubuh, terutama bagian perut, menjadi lebih rileks.

Energi panas yang diterima tubuh melalui kompres hangat atau berendam dengan air hangat dikenal dapat melancarkan aliran darah, termasuk ke uterus, dan dapat membuat haid menjadi lebih lancar.

  1. Menggunakan Kontrasepsi yang Bersifat Hormonal

Cara ketujuh untuk mempercepat dan memperlancar haid adalah dengan menggunakan kontrasepsi yang sifatnya hormonal.

Alat kontrasepsi hormonal diketahui merupakan salah satu cara terampuh dalam mempercepat haid. Alat kontrasepsi bersifat hormonal yang sering digunakan adalah pil dan cincin vagina.

  1. Melakukan Hubungan Intim Secara Teratur

Untuk pasangan yang telah menikah, melakukan hubungan intim secara teratur dapat membantu haid istri menjadi lebih lancar dan cepat.

Hal ini dikarenakan orgasme yang dihasilkan ketika berhubungan intim membuat leher uterus melebar dan dapat memicu haid muncul lebih cepat.

Hal ini memunculkan adanya daya yang menarik agar haid segera turun, yang membuat haid muncul lebih cepat.

  1. Mengonsumsi Jahe untuk Memperlancar Serta Mempercepat Haid

Cara kesembilan untuk membuat haid menjadi lebih lancar dan cepat adalah dengan mengonsumsi jahe.

Manfaat jahe memang banyak serta sudah sangat dikenal luas. Jahe banyak dikenal karena manfaatnya meringangkan nyeri saat haid, namun jahe juga diketahui mampu memicu kontraksi pada rahim atau uterus.

Pada umumnya, jahe dikonsumsi sebagai minuman dan baik diminum selagi masih hangat.

  1. Memakan Buah Nanas untuk Mempercepat Haid

Cara atau tips kesepuluh mempercepat serta melancarkan haid adalah dengan mengonsumsi buah nanas.

Buah nanas banyak diyakini dapat membuat haid atau menstruasi lebih cepat dan lebih lancar. Hal ini dikarenakan nanas mengandung enzim bromelain, yang mempengaruhi hormon estrogen dan hormon-hormon lainnya.

Enzim bromelain sendiri dipercaya dapat meredakan peradangan pada rahim, yang membuat nanas menjadi salah satu buah yang dipercaya dapat membantu memperlancar haid.

Penelitian tentang mengonsumsi nanas untuk memperlancar serta mempercepat haid sendiri masih dikaji dan diteliti secara lebih mendalam.

 

Itulah 10 cara atau tips yang dapat ditempuh untuk membuat haid atau menstruasi lebih lancar dan lebih cepat muncul.