Ragam Contoh Pengumuman Bahasa Inggris dari Pramugara atau Pramugari

Pesawat (airplane atau plane dalam Bahasa Inggris) adalah salah satu jenis kendaraan transportasi udara yang sudah sangat familiar di kehidupan kita. Sejak awal penemuannya hingga hari ini, pesawat masih menjadi moda transportasi yang paling banyak diminati karena jarak tempuh yang secara signifikan lebih singkat dan cepat ketimbang moda transportasi lainnya.

Ketika kita akan bepergian ke suatu tempat dengan menggunakan pesawat, pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan para kru pesawat, seperti pilot dan pramugara atau pramugari. Nah, salah satu kru pesawat yang paling sering kita temui dan berinteraksi adalah pramugara atau pramugari tersebut.

Pramugara (steward) dan pramugari (stewardess), atau yang juga dikenal dalam Bahasa Inggris dengan sebutan kru penerbangan (flight attendants), merupakan karyawan atau staf dalam sebuah penerbangan yang memiliki tugas utama melayani penumpang di dalam pesawat.

Tugas-tugas yang menjadi kewajiban seorang pramugara atau pramugari antara lain:

  • Memeriksa ketersediaan berbagai macam peralatan keselamatan bagi penumpang dan kru selama penerbangan.
  • Melayani keperluan para penumpang selama penerbangan berlangsung.
  • Memastikan dan memeriksa kesiapan pesawat untuk dimasuki oleh para penumpang.
  • Membantu para penumpang yang mengalami kesulitan dengan sesuatu, seperti membantu menaikkan atau menurunkan barang bawaan.
  • Mendemonstrasikan dan menunjukkan berbagai tata cara penting dalam penerbangan yang harus diketahui para penumpang.
  • Sigap membantu para penumpang berkebutuhan khusus, ibu hamil dan menyusui, serta anak-anak selama penerbangan berlangsung.
  • Memberikan pengumuman tentang apa-apa saja yang harus diumumkan dalam penerbangan.
  • Memberikan pertolongan darurat apabila ada penumpang yang sakit dalam penerbangan.

Contoh-Contoh Pengumuman yang Dibuat oleh Kru Penerbangan dalam Bahasa Inggris (Examples of Announcements Made by The Flight Attendants in English)

Picture by Kelly Lacy on Pexels

Telah dijelaskan di atas tentang tugas-tugas dari seorang kru penerbangan atau pramugara dan pramugari. Salah satu tugas mereka yaitu memberikan pengumuman mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan penerbangan.

Tidak jarang mereka akan memberikan pengumuman dalam Bahasa Inggris, baik dalam penerbangan lokal maupun penerbangan internasional, dikarenakan adanya penumpang berkewarganegaraan lain yang turut serta dalam penerbangan.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan belajar tentang pengumuman-pengumuman yang dibuat oleh pramugara atau pramugari dalam Bahasa Inggris melalui beberapa contoh pengumuman di bawah ini.

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 1

Good morning, all passengers, and welcome to flight S08 to Sorong, West Papua. The flight to the city of Sorong that we will take is approximately 4 hours and 35 minutes. The altitude of this flight is about 35,000 feet above sea level.

We need to say that on this flight, we will transit in Makassar, South Sulawesi, for approximately 1 hour. Before the plane takes off, we sincerely ask the passengers to straighten your seat back and ensure that the seat belt are properly attached to fully protect you.

On behalf of Captain Adiguna, who is your pilot today, and the entire crew on duty on this flight, we wish you a happy flight and thank you for choosing us to fly with you.

(Selamat pagi, para penumpang sekalian, dan selamat datang dalam penerbangan S08 dengan tujuan Sorong, Papua Barat. Penerbangan ke Kota Sorong yang akan kita tempuh adalah kurang lebih selama 4 jam 35 menit. Ketinggian dari penerbangan ini adalah sekitar 35.000 kaki di atas permukaan laut.

Perlu kami sampaikan bahwa dalam penerbangan ini, kita akan transit di Makassar, Sulwesi Selatan, selama kurang lebih 1 jam. Sebelum pesawat lepas landas, kami dengan tulus meminta kepada para penumpang agar menegakkan sandaran kursi dan memastikan bahwa sabuk pengaman telah terpasang dengan baik untuk melindungi Anda sepenuhnya.

Atas nama Kapten Adiguna, yang merupakan pilot Anda pada hari ini, dan seluruh kru yang bertugas dalam penerbangan ini, kami ucapkan selamat menikmati penerbangan ini dan terima kasih karena telah memilih kami untuk terbang bersama Anda.)

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 2

Attention all passengers on flight W23 to the City of San Francisco. Through this announcement, we need to convey that our flight is a smoke-free flight.

Therefore, we ask our passengers who are smokers not to smoke in the cabin before, during, and after this flight. We make this announcement for the sake of mutual convenience and so that there will be no problems on our flight.

We really hope that passengers will cooperate so that our flight can run smoothly. We thank all passengers for your attention and cooperation.

(Perhatian kepada semua penumpang penerbangan W23 tujuan Kota San Francisco. Melalui pengumuman ini, perlu kami sampaikan bahwa penerbangan kita ini adalah penerbangan tanpa asap rokok.

Oleh karena itu, kami mohon kepada para penumpang yang merupakan seorang perokok untuk tidak merokok di dalam kabin sebelum, selama, dan sesudah penerbangan ini berlangsung. Pengumuman ini kami buat demi kenyamanan bersama dan agar tidak ada masalah dalam penerbangan kita ini.

Kami sangat berharap para penumpang mau bekerja sama agar penerbangan kita ini dapat berjalan dengan lancar. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada penumpang sekalian atas perhatian dan kerja samanya.)

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 3

To all the passengers of Tumapel Airlines heading to Malang, East Java, we would like to inform you that the plane doors will soon be closed in preparation for takeoff. Therefore, we request that all passengers turn of all the electronic devices that you carry with you, so that signals from your electronic devices do not cause interference with the flight navigation.

On behalf of the pilot captain and crew on duty, I thank you for your attention and the passengers are welcome to wait until the plane takes off.

(Kepada para penumpang Maskapai Tumapel sekalian dengan tujuan Malang, Jawa Timur, kami sampaikan bahwa pintu pesawat akan segera ditutup untuk persiapan lepas landas. Karenanya, kami meminta agar semua penumpang mematikan semua perangkat elektronik yang Anda bawa bersama Anda, agar sinyal dari perangkat elektronik Anda tidak menyebabkan gangguan pada navigasi penerbangan.

Atas nama kapten pilot dan kru yang bertugas, saya haturkan terima kasih atas perhatiannya dan para penumpang dipersilahkan menunggu hingga pesawat lepas landas.)

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 4

Welcome to all passengers of flight T67U flying from Los Angeles, California to Philadelphia, Pennsylvania. This is the chief of the flight crew, Marion Brent, speaks.

After this announcement ends, our two stewardess and one steward will demonstrate our airline’s flight safety instructions. This demonstration will also be displayed through the monitor in front of you.

We request that all passengers pay close attention to the flight safety demonstration. I thank you for the attention of all passengers of flight T67U.

(Selamat datang para penumpang penerbangan T67U yang terbang dari Los Angeles, California ke Philadelphia, Pennsylvania. Di sini kepala kru penerbangan, Marion Brent, berbicara.

Setelah pengumuman ini berakhir, dua orang pramugari dan satu orang pramugara kami akan mendemonstrasikan petunjuk keselamatan penerbangan maskapai kami. Demonstrasi ini juga akan ditayangkan melalui monitor yang ada di hadapan Anda.

Kami meminta agar semua penumpang memerhatikan demonstrasi keselamat penerbangan tersebut dengan saksama. Saya ucapkan terima kasih atas perhatian para penumpang penerbangan T67U sekalian.)

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 5

Good afternoon to the passengers of flight WE78 to Ambon City. We inform you that in a few minutes your lunch will be delivered to your passenger seat.

All the passengers please remain seated in your respective seats and do not walk along the cabin aisle, because our cabin crew will provide your lunch. Thank you and I wish you a hearty lunch.

(Selamat siang kepada para penumpang penerbangan WE78 tujuan Kota Ambon. Kami memberitahukan bahwa dalam beberapa menit lagi hidangan makan siang akan diantarkan ke kursi penumpang Anda.

Semua penumpang harap tetap duduk di kursi masing-masing dan tidak berjalan di sepanjang lorong kabin, karena kru kabin kamilah yang akan memberikan makan siang Anda. Terima kasih dan semoga Anda menikmati makan siang Anda.)

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 6

Dear passengers, we have landed in our transit city on this flight, Balikpapan. This flight transit will take approximately 6 hours.

The reason for the long transit time is because we have to fix the clogged men’s lavatory. We will try our best so that the lavatory can be repaired and used again by all the male passengers.

We sincerely apologize for this uncomfortable incident. We hope that all passengers are willing to cooperate and remain patient until we resolve this issue.

Thank you very much for the understanding from all dearest passengers.

(Para penumpang sekalian, kita telah mendarat di kota transit kita dalam penerbangan ini, Balikpapan. Masa transit penerbangan ini akan memakan waktu selama kurang lebih 6 jam.

Alasan dari masa transit yang cukup lama ini adalah karena kami harus memperbaiki toilet pria yang mampet. Kami akan mengusahakan yang terbaik agar toilet tersebut dapat segera diperbaiki dan digunakan kembali oleh semua penumpang pria.

Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas insiden yang membuat tidak nyaman ini. Kami harap para penumpang berkenan untuk bekerja sama dan tetap sabar hingga kami menyelesaikan masalah ini.

Terima kasih banyak atas pengertian dari para penumpang sekalian.)

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 7

Good evening to all passengers and I apologize for interrupting your time with this announcement.

We just learned that one of the passengers on this flight has asthma and was feeling short of breath when the plane took off. The said passenger has been treated by our airline doctor who is on board this flight.

To the other passengers, if you have a history of certain illness to immediately notify us the flight attendants. By telling us about your illness, this flight will run more smoothly because of the cooperation of all passengers.

I thank you very much and the passengers please go back to rest.

(Selamat petang kepada para penumpang sekalian dan saya mohon maaf telah mengganggu waktu Anda dengan pengumuman ini.

Kami baru saja mengetahui bahwa ada salah satu penumpang dalam penerbangan ini yang memiliki penyakit asma dan sempat merasakan sesak saat pesawat lepas landas. Penumpang tersebut telah ditangani oleh dokter maskapai kami yang ikut dalam penerbangan ini.

Kepada para penumpang yang lain, apabila Anda memiliki riwayat penyakit tertentu agar segera memberitahukan kepada kami kru penerbangan. Dengan Anda memberitahu tentang penyakit Anda kepada kami, maka penerbangan ini akan berjalan lebih lancar karena adanya kerja sama dari penumpang sekalian.

Saya ucapkan terima kasih banyak dan para penumpang silahkan kembali beristirahat.)

Contoh Pengumuman Kru Penerbangan 8

Good evening, passengers of flight OL60 bound for Amsterdam, The Netherlands. This is your steward, Bran Olsen, speaking.

In a few minutes this plane will land at Schipol International Airport, Amsterdam. We request that all passengers straighten the back of your seat and ensure that your seat belt is securely and properly fastened.

On behalf of the entire airline crew on this flight, I thank you very much for flying with us as your airline of choice. Please stay healthy and welcome to Amsterdam!

(Selamat malam, para penumpang penerbangan OL60 dengan tujuan Amsterdam, Belanda. Di sini pramugara Anda, Bran Olsen, berbicara.

Dalam beberapa menit lagi pesawat ini akan mendarat di Bandara Internasional Schipol, Amsterdam. Kami meminta agar semua penumpang menegakkan kembali bagian punggung kursi Anda dan pastikan bahwa sabuk pengaman Anda telah terpasang dengan baik dan kencang.

Atas nama seluruh kru maskapai dalam penerbangan ini, saya ucapkan banyak terima kasih telah terbang bersama kami sebagai maskapai pilihan Anda. Sehat selalu dan selamat datang di Amsterdam!)

Picture by Sourav Mishra on Pexels

Demikian beberapa contoh pengumuman yang dibuat oleh pramugara atau pramugari pesawat dalam Bahasa Inggris.