Ragam Contoh Pengumuman Menggunakan Bahasa Inggris

Sebuah pengumuman sudah menjadi hal yang familiar dan sering kita jumpai di mana saja kita berada. Tetapi, apakah makna atau definisi dari kata pengumuman itu sendiri?

Pengumuman (announcement dalam Bahasa Inggris) adalah sesuatu berupa pesan yang diberitahukan kepada publik atau khalayak ramai tentang suatu hal atau masalah tertentu.

Biasanya, sebuah pengumuman dapat diumumkan secara lisan melalui pengeras suara atau radio, dan melalui tulisan, seperti kertas berisi pengumuman kemudian ditempeli di dinding, atau melalui koran dan juga majalah.

Dewasa ini, pengumuman juga dapat dibuat seseorang melalui jejaring sosial. Misalnya, dengan menandai profil orang-orang yang diinginkan di jejaring Facebook untuk melihat pengumuman tersebut dan membagikannya di akun mereka masing-masing. Pengumuman juga bisa dibagikan melalui jejaring Whatsapp.

Dalam membuat pengumuman, kita harus menuliskan secara rinci dan jelas apa yang kita akan umumkan. Kita juga harus tahu dengan pasti kepada siapa saja pengumuman itu ditujukan. Selain itu, bahasa yang digunakan dalam pengumuman jangan sampai menimbulkan salah paham.

A. Contoh-Contoh Pengumuman Lisan Menggunakan Bahasa Inggris (Spoken Announcement Examples Using English)

Pada bagian A ini, kita akan secara khusus mempelajari beberapa contoh pengumuman dalam Bahasa Inggris secara lisan.

Contoh Pengumuman Lisan 1

Good afternoon, visitors of Taman Sentosa Mall. This is information section speaking. We hope that the visitors can listen to us for a moment, thank you.

We have found a maroon leather sling bag dropped near the escalator on the second floor. Inside the bag, we found a brown leather wallet and an identity card belongs to someone named Hanan Tirta.

To Hanan Tirta, if you are listening to this announcement, please come to the information section on the third floor to check if this bag is really yours.

Thank you very much, visitors, for your attention and please continue your activities. Have a nice day at this mall!

(Selamat siang, para pengunjung Mall Taman Sentosa. Ini bagian informasi berbicara. Kami harap agar para pengunjung bisa mendengarkan kami untuk sebentar, terima kasih.

Telah ditemukan sebuah tas selempang kulit berwarna merah marun yang terjatuh di dekat eskalator di lantai dua. Di dalam tas, kami menemukan sebuah dompet kulit berwarna cokelat dan kartu identitas milik seseorang yang bernama Hanan Tirta.

Kepada saudara Hanan Tirta, jika Anda mendengarkan pengumuman ini, dimohon untuk datang ke bagian informasi di lantai tiga untuk memeriksa apakah benar tas ini adalah milik Anda.

Terima kasih banyak, para pengunjung, atas perhatiannya dan silahkan lanjutkan kembali aktivitas Anda. Semoga hari Anda di mall ini menyenangkan!)

Contoh Pengumuman Lisan 2

Good morning, all students of SMP Graha Nusa. This is your student council president, Ika Hartanti, speaking and I am about to announce something important, so please pay attention.

As the 30th anniversary of our school is approaching, the school board decided to hold several types of competitions that students can participate in.

The complete information will be conveyed at a meeting that will be held this afternoon at 1 p.m. It is expected that each class sends a representative to attend the meeting with the headmaster, the teachers, and the head of administrative staff in the school hall.

Thank you for your attention and please continue the learning process.

(Selamat pagi, semua siswa SMP Graha Nusa. Ini ketua OSIS kalian, Ika Hartanti, yang berbicara dan saya akan mengumumkan sesuatu yang penting, jadi dimohon perhatiannya.

Karena peringatan ulang tahun sekolah kita yang ke-30 tahun sudah dekat, dewan sekolah telah memutuskan akan mengadakan beberapa macam perlombaan yang bisa diikuti para siswa.

Informasi lengkapnya akan disampaikan pada rapat yang akan dilaksanakan siang ini pukul 13:00. Diharapkan agar setiap kelas mengirimkan wakilnya untuk menghadiri rapat bersama kepala sekolah, para guru, dan kepala tata usaha di aula sekolah.

Terima kasih atas perhatiannya dan silahkan lanjutkan kembali proses belajar dan mengajarnya.)

Contoh Pengumuman Lisan 3

Attention, attention to all employees!

To all employees in the second floor are expected to come in turn to receive mask and hand sanitizer packages in the general manager’s room. Do not forget to wear your mask and keep your distance from other employees.

(Perhatian, perhatian kepada semua karyawan!

Kepada semua karyawan yang berada di lantai dua diharapkan agar datang secara bergiliran untuk menerima paket masker dan pembersih tangan di ruangan manajer umum. Jangan lupa untuk mengenakan masker Anda dan jaga jarak Anda dengan karyawan yang lainnya.)

Picture by Cottonbro on Pexels

Contoh Pengumuman Lisan 4

Good evening, all passengers. This is a pre-boarding call for flight J67 to Tokyo. We will prioritize seniors, passengers with small children, and passengers with special needs to get on the plane first. Please prepare the ticket to facilitate the identification process. For other passengers, we humbly ask you to be patient because after that, a regular ticket check will be carried out in approximately 10 minutes. Thank you and please prepare your ticket in advance.

(Selamat sore, para penumpang sekalian. ini merupakan panggilan pra-keberangkatan untuk penerbangan J67 ke Tokyo. Kami akan terlebih dahulu memprioritaskan penumpang manula, penumpang yang membawa anak kecil, serta penumpang dengan kebutuhan khusus untuk masuk ke dalam pesawat terlebih dahulu. Dimohon agar menyiapkan tiketnya untuk mempermudah proses pemeriksaan. Untuk penumpang lainnya, kami mohon agar bersabar karena setelahnya akan dilakukan pemeriksaan tiket secara reguler dalam kurang lebih 10 menit. Terima kasih dan tolong persiapkan tiket Anda sedari awal.)

B. Contoh-Contoh Pengumuman Tertulis dalam Bahasa Inggris (Examples of Written Announcement in English)

Setelah kita mempelajari beberapa contoh pengumuman yang disampaikan secara lisan, di bagian B ini kita akan mempelajari beberapa contoh pengumuman tertulis dalam Bahasa Inggris.

Contoh Pengumuman Tertulis 1

Employee of The Month Winner Announcement

Dear all employees of McLean-Harrison Company,

We are proud to announce that the winner for the “employee of the month” award goes to Miss Irene Scott.

We gave this award to Miss Scott after observing the performance of all employees during the 3 months that this award lasted. Miss Scott’s performance and quality are very much in line with our company’s vision and missions.

Therefore, for her hard work and dedication, in addition to awarding a plaque of appreciation, the company board has also decided to send Miss Scott and her parents on a two-week vacation in Hawaii with all costs being borne by one of our company’s shareholders.

Congratulations to Miss Scott and to the rest of our employees, do not be discouraged by this. Please continue to improve your work performance, so that your chance to win this award is wide open.

(Pengumuman Pemenang Karyawan Terbaik Bulan Ini

Kepada seluruh karyawan Perusahaan McLean-Harrison,

Dengan bangga kami mengumumkan bahwa pemenang dari penghargaan “karyawan terbaik bulan ini” jatuh kepada Nona Irene Scott.

Kami memberikan penghargaan ini kepada Nona Scott setelah mengamati kinerja semua karyawan selama 3 bulan masa penghargaan ini berlangsung. Performa dan kualitas kerja Nona Scott sangat menunjukkan visi dan misi perusahaan ini.

Oleh karena itu, atas kerja keras dan dedikasinya, selain memberikan piagm penghargaan, dewan perusahaan juga memutuskan untuk mengirim Nona Scott dan kedua orang tuanya berlibur ke Hawaii selama dua minggu dengan semua biaya ditanggung oleh salah satu pemegang saham perusahaan.

Selamat kepada Nona Scott dan kepada para karyawan kami yang lain, jangan berkecil hati. Tingkatkan terus performa kerja Anda, agar kesempatan Anda memenangkan penghargaan ini terbuka lebar.)

Contoh Pengumuman Tertulis 2

To all our valued customers,

We are very sorry to announce to all of you that we will be temporarily closing our shop.

We took this decision after the hospital informed us that there were 2 of our employees who were positive for the COVID-19 virus and they required the rest of us to undergo tests and self-isolate.

We sincerely apologize for the inconvenience this announcement has caused. We will be announcing when we re-open the shop, so we hope all of our customers will keep an eye on our official shop page on Facebook.

Once again, we apologize and we hope that all customers are always healthy and kept away from this virus. Thank you, all customers, for your attention.

(Kepada semua pelanggan yang kami hormati,

Kami dengan sangat menyesal memberitahukan kepada Anda semua bahwa kami akan menutup toko kami untuk sementara waktu.

Kami mengambil keputusan ini setelah pihak rumah sakit memberitahu kami bahwa ada 2 orang karyawan kami yang positif terjangkit virus COVID-19 dan mereka meminta kami yang lain untuk menjalani pemeriksaan dan isolasi mandiri.

Kami meminta maaf yang sedalam-dalamnya atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh pengumuman ini. Kami akan mengumumkan kapan kami akan membuka kembali toko kami, jadi kami harap para pelanggan tetap memantau laman resmi toko kami di Facebook.

Sekali lagi, kami meminta maaf dan kami harap semua pelanggan selalu sehat dan dijauhkan dari virus ini. Terima kasih, para pelanggan sekalian, atas perhatian Anda.)

Contoh Pengumuman Tertulis 3

It is with great regret we announce that one of our colleagues, Ruben Clark, will be officially retiring from our company starting July 5, 2021.

Ruben is one of the senior employees with high dedication to the company. His outstanding performance over the past 30 years has helped lead our company to the success it is today. Ruben’s great work skills and pleasant personality have also been recognized and respected by the superiors and also other colleagues.

Ruben’s decision to retire is certainly a loss for all of us, but we have to respect his decision and wish him the best. To create a last happy memory, the board of directors decided to throw a farewell party for Ruben before he officially leave the company and enjoy his retirement days with his wife in Georgia.

Please contact Miss Olsen for more information about the party. To Ruben, thank you for your hard work and dedication all this time and we all wish you the best.

(Dengan sangat menyesal kami mengumumkan bahwa salah satu kolega kita, Ruben Clark, akan secara resmi pensiun dari perusahaan kita terhitung mulai tanggal 5 Juli 2021.

Ruben adalah salah satu karyawan senior dengan dedikasi yang tinggi kepada perusahaan. Performanya yang luar biasa selama 30 tahun telah membantu memimpin perusahaan ini menuju kesuksesannya sekarang. Kemampuan kerja Ruben yang hebat dan kepribadiannya yang menyenangkan juga telah diakui dan dihormati oleh para atasan serta para kolega lainnya.

Keputusan Ruben untuk pensiun tentunya adalah kehilangan bagi kita semua, tetapi kita harus menghormati keputusannya dan mendoakan yang terbaik untuknya. Untuk membuat kenang-kenangan bahagia yang terakhir, dewan direksi memutuskan untuk mengadakan pesta perpisahan untuk Ruben sebelum ia secara resmi meninggalkan perusahaan dan menikmati masa pensiunnya bersama istrinya di Georgia.

Hubungi Nona Olsen tentang informasi lebih lanjut mengenai pesta tersebut. Kepada Ruben, terima kasih atas kerja keras dan dedikasi Anda selama ini dan kami doakan yang terbaik bagi Anda.)

Contoh Pengumuman Tertulis 4

We are very happy to announce via this Whatsapp message that our twins have been born. Their gender is male and we named them Leo and Luca.

We really appreciate and thank you very much for all your support and prayers, as well as your kindness in waiting for their birth with us during these 9 months.

Josh and Annie.

(Kami sangat berbahagia mengumumkan melalui pesan Whatsapp ini bahwa anak kembar kami telah lahir. Jenis kelamin mereka adalah laki-laki dan kami memberi mereka nama Leo dan Luca.

Kami sangat menghargai dan mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan dan doa kalian semua, juga kebaikan kalian menunggu kelahiran mereka bersama kami selama 9 bulan ini.

Josh dan Annie.)

Picture by Andrea Piacquadio on Pexels

Demikian contoh-contoh pengumuman lisan dan tertulis dalam Bahasa Inggris.