Ragam Contoh Percakapan Formal Menggunakan Bahasa Inggris

Berdialog atau bercakap-cakap adalah salah satu aktivitas yang sudah sangat akrab dengan kehidupan kita. Sebagai bentuk komunikasi verbal dan langsung, berdialog atau bercakap-cakap dengan lawan bicara kita akan membuat kita lebih memahami banyak hal.

Dialog atau percakapan sendiri adalah sebuah kegiatan berbincang-bincang mengenai suatu hal atau topik yang dilakukan antara dua atau lebih orang dengan tujuan agar lawan bicara kita dan kita sendiri memahami apa yang sedang kita perbincangkan.

Ketika melakukan suatu percakapan, ada dua situasi yang sering kita temui: percakapan dengan suasana formal atau resmi (formal conversations), dan percakapan dengan suasana informal atau tidak resmi (casual conversations).

Nah, dalam artikel kali ini secara terpisah kita akan membahas tentang percakapan formal atau yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan “formal conversations”.

A. Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Percakapan Formal (Things We Need to Know About Formal Conversation)

Seperti yang telah disebutkan di atas, kita akan membahas tentang percakapan formal. Apakah yang ada di pikiran teman-teman ketika mendengar kata ‘percakapan formal’?

Percakapan formal sendiri adalah suatu percakapan yang dilakukan dalam situasi atau suasana formal (resmi) dan dapat terjadi baik ketika kita berbicara secara langsung atau melalui sambungan komunikasi lain, seperti telepon,dengan lawan bicara kita.

Gambar oleh LinkedIn Sales Solutions di Unsplash

Pada umumnya, percakapan formal sedikit berbeda dengan percakapan informal dan ada beberapa hal yang harus kita perhatikan. Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita terlibat dalam suatu percakapan formal antara lain:

  1. Salam atau sapaan dalam percakapan formal biasanya diucapkan dengan intonasi yang lebih resmi. Apabila kita bertemu dengan orang yang usia atau pangkatnya jauh lebih tua atau tinggi daripada kita, gunakan gelar yang pantas.
  2. Menghindari menggunakan bahasa prokem atau bahasa gaul (slang). Selain karena situasi, menggunakan bahasa gaul pada saat melakukan percakapan formal dapat dinilai kurang sopan.
  3. Ketika terlibat dalam percakapan formal, ada baiknya kita mengurangi penggunaan kata-kata yang dikombinasikan (dikenal dengan istilah “reducted phrases” dan “word linking” dalam bahasa Inggris). Contoh yang biasa kita sering dengar antara lain “.. (harus)” atau “lemme (izinkan atau biarkan saya…)”.
  4. Meminimalisir penggunaan “contracted words”, seperti “you’re…”.

B. Contoh-Contoh Percakapan Formal Bahasa Inggris (Examples of English Formal Conversations)

Sekarang, kita akan mempelajari bagaimana membuat percakapan formal dalam bahasa Inggris melalui beberapa contoh percakapan di bawah ini.

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Formal 1 – Membuat Janji Temu (Making an Appointment)

(This conversation is carried out by two people over a phone call)

Receptionist : good afternoon, you contacted Dr. Johnson’s clinic. My name is Nancy Owen and I am ready to assist you.

Salma : Good afternoon, Miss Owen. My name is Salma Sharif and I would like to make an appointment with Dr. Johnson for tomorrow, together with my husband.

Receptionist : Very well, Mrs. Sharif. You and your husband can meet Dr. Johnson at 3 p.m. for tomorrow’s appointment. In order for your examination to go smoothly, it would be better if the two of you arrive at the clinic 15 minutes before your appointment time.

Salma : Very well, I will remember that. Thank you very much, Miss Owen, for your kind assist today.

Receptionist : You are most welcome, Mrs. Sharif. See you here at the clinic tomorrow afternoon!

((Percakapan ini dilakukan oleh dua orang melalui panggilan telepon)

Resepsionis : Selamat siang, Anda menghubungi klinik Dr. Johnson. Nama saya Nancy Owen dan saya siap membantu Anda.

Salma : Selamat siang, Nona Owen. Nama saya Salma Sharif dan saya ingin membuat janji temu dengan Dr. Johnson untuk esok hari, bersama dengan suami saya.

Resepsionis : Baiklah, Ny. Sharif. Anda dan suami Anda bisa bertemu Dr. Johnson pada pukul 3 sore untuk pertemuan esok hari. Agar pemeriksaan Anda dapat berjalan lancar, akan lebih baik bagi Anda berdua tiba di klinik 15 menit sebelum waktu janji temu Anda.

Salma : Baiklah, saya akan mengingatnya. Terima kasih banyak, Nona Owen, atas bantuan Anda yang baik sekali hari ini.

Resepsionis : Terima kasih kembali, Ny. Sharif. Sampai bertemu di klinik esok sore!)

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Formal 2 – Memperkenalkan Seseorang Kepada Kolega (Introducing Someone to Our Colleague)

Matthew Romano : I am very pleased to know that my proposal to cooperate with your group in Seoul was well received, CEO Han.

Adam Han : I am also pleased to know that your proposal will provide good prospects for us. I also happen to want to introduce you to someone who will help you run your company in Seoul. Eugene, come here, please.

Matthew Romano : Is he the Eugene that you often tell me about, CEO Han?

Adam Han : Yes, he is! Eugene, this is Mr. Matthew Romano, my business partner from America. Mr. Romano, this is my son, Eugene Han.

Eugene Han : It is nice to meet you, Mr. Romano. I sincerely hope we can work well together and have a good relationship, as well.

Matthew Romano : It is nice to meet you, too, Mr. Eugene. Your father here has told me a lot about you and I also hope we can have a good relationship in the future.

(Matthew Romano : Saya sangat senang mengetahui bahwa proposal saya untuk bekerja sama dengan grup Anda di Seoul diterima dengan baik, CEO Han.

Adam Han : Saya juga senang mengetahui bahwa proposal Anda akan memberikan prospek yang baik bagi kita. Kebetulan saya juga ingin memperkenalkan Anda kepada seseorang yang akan membantu Anda menjalankan perusahaan Anda di Seoul. Eugene, kemarilah.

Matthew Romano : Apakah dia Eugene yang sering Anda ceritakan kepada saya, CEO Han?

Adam Han : Ya, benar sekali! Eugene, beliau adalah Tn. Matthew Romano, rekan bisnis Ayah dari Amerika. Tn. Romano, perkenalkan putra saya, Eugene Han.

Eugene Han : Senang bisa bertemu Anda, Tn. Romano. Saya benar-benar berharap kita bisa bekerja sama dengan baik dan juga memiliki hubungan yang baik.

Matthew Romano : Senang bisa bertemu dengan Anda juga, Tn. Eugene. Ayah Anda telah banyak bercerita tentang Anda kepada saya dan saya juga berharap kita akan memiliki hubungan yang baik ke depannya.)

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Formal 3 – Membuka Rekening Bank Untuk Pertama Kali (Creating a Bank Account For The First Time)

CS Officer : Good morning and welcome to BKR Bank. My name is Angga Sudibyo and how can I help you today, Miss?

Nina : Good morning, Mr. Angga. My name is Nina and I would like to create my bank account today.

CS Officer : Very well, Miss Nina. Excuse me in advance, but is this your first time creating a bank account here?

Nina : Yes, this is actually my first time creating a bank account here for my university and personal businesses.

CS Officer : I understand, Miss Nina. I shall assist you in the process of creating your bank account. The first thing you have to do is…

(Petugas CS : Selamat pagi dan selamat datang di Bank BKR. Nama saya Angga Sudibyo dan bagaimana saya bisa membantu Anda hari ini, Nona?

Nina : Selamat pagi, Pak Angga. Nama saya Nina dan saya ingin membuat rekening tabungan saya hari ini.

Petugas CS : Baiklah, Nona Nina. Saya minta maaf sebelumnya, namun apakah ini adalah kali pertama bagi Anda membuat rekening tabungan di sini?

Nina : Ya, ini adalah pertama kalinya bagi saya membuka rekening tabungan di sini untuk urusan universitas dan pribadi.

Petugas CS : Saya mengerti, Nona Nina. Saya akan membantu Anda dalam proses pembuatan rekening Anda. Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah…)

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Formal 4 – Berbicara dengan Atasan Divisi (Talking with The Chief Section )

Chief Section Thomas : I am sorry for calling you when you are busy with your work, Mr. Newton. I am calling you to my room because there is something important I would like to deliver to you.

Travis Newton : It is absolutely fine, Chief Section Thomas. What is this matter that you want to say to me?

Chief Section Thomas : You must have heard about the project our deputy director is currently working on. Yesterday, after the board of directors meeting, the deputy director informed me that you will accompany him handling this project.

Travis Newton : Is this true, Chief Section Thomas? This is a big project for the deputy director and he chose me to work together with him?

Chief Section Thomas : That is true, Mr. Newton. And, you are expected to meet him in his room at 9 a.m. tomorrow morning. Congratulations, Mr. Newton, for your first big project together with the deputy director.

Travis Newton : Thank you very much for this information, Chief Section Thomas! I promise you that I will not disappoint you and our division.

(Kepala Bagian Thomas : Saya minta maaf telah memanggil Anda ketika Anda sibuk dengan pekerjaan Anda, Tn. Newton. Saya memanggil Anda ke ruangan saya dikarenakan ada sesuatu yang ingin saya katakan kepada Anda.

Travis Newton : Tidak apa-apa, Kepala Bagian Thomas. Apakah hal yang Anda ingin katakan kepada saya?

Kepala Bagian Thomas : Anda tentunya sudah mendengar tentang proyek yang sedang dikerjakan oleh wakil direktur kita. Kemarin, setelah rapat direksi, wakil direktur memberitahu saya bahwa Anda akan mendampingi beliau menangani proyek ini.

Travis Newton : Benarkah, Kepala Bagian Thomas? Ini adalah proyek yang besar bagi wakil direktur dan beliau memilih saya untuk bekerja bersamanya?

Kepala Bagian Thomas : Benar sekali, Tn. Newton. Anda diharapkan menemui beliau di ruangannya pada pukul 9 besok pagi. Selamat, Tn. Newton, atas proyek besar pertama Anda bersama wakil direktur.

Travis Newton : Terima kasih banyak atas informasi ini, Kepala Bagian Thomas! Saya berjanji saya tidak akan mengecewakan Anda dan divisi kita.)

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Formal 5 – Menemui Pemilik Bangunan Apartemen (Meeting With an Apartment Building Owner)

Sarah West : Thank you so much for meeting me today, Mrs. Gallagher. My name is Sarah West and I am the one who wants to rent one of your apartment rooms.

Tania Gallagher : Yes, Miss West, I am thankful for you reaching me out several weeks ago when you were looking for a studio apartment here in Maryland.

Sarah West : Yes, and I must say that when I stumbled upon your post about this studio apartment on Yillow, I was really excited because your apartment building is what I was looking for.

Tania Gallagher : I understand, Miss West. So, shall we proceed with the documents that you bring along with you today, as I previously mentioned in my e-mail?

Sarah West : Absolutely, Mrs. Gallagher. I bring along all the documents you asked in the e-mail. You may check them out one by one.

(Sarah West : Terima kasih sudah bersedia menemui saya hari ini, Ny. Gallagher. Nama saya Sarah West dan sayalah orang yang ingin menyewa salah satu kamar apartemen Anda.

Tania Gallagher : Ya, Nona West, saya bersyukur Anda menghubungi saya beberapa minggu yang lalu ketika Anda sedang mencari sebuah apartemen studio di Maryland.

Sarah West : Ya, dan harus saya katakan bahwa ketika saya melihat unggahan Anda tentang apartemen studio ini di situs Yillow, saya senang sekali karena bangunan apartemen Anda adalah bangunan yang saya cari-cari.

Tania Gallagher : Saya paham, Nona West. Jadi, bolehkah kita mulai memproses dengan dokumen yang Anda bawa hari ini bersama Anda, seperti yang telah saya sebutkan dalam surel saya sebelumnya?

Sarah West : Tentu saja, Ny. Gallagher! Saya membawa semua dokumen yang Anda minta dalam surel. Anda bisa memeriksa semuanya satu demi satu.)

Gambar oleh Charles Deluvio di Unsplash

Demikian beberapa contoh percakapan formal dalam bahasa Inggris yang, semoga, dapat membantu proses belajar teman-teman semua.