Ragam Contoh Surel Informal dalam Bahasa Inggris

Dulu ketika sektor komunikasi belum berkembang sepesat sekarang, kita masih harus menuliskan surat dengan tangan dan lalu mengirimkannya ke kantor pos. Setelah surat kita terkirim, kita masih harus menunggu balasan dari orang yang kita kirimi surat. Dan, balasan surat itu datangnya bisa memakan waktu yang lama.

Teknologi mulai berkembang dan sektor komunikasi juga ikut berkembang. Yang tadinya kita harus menunggu lama untuk mendapatkan balasan dari surat kita, perlahan kita mulai bisa dengan cepat mengirim dan mendapatkan balasan surat dengan bantuan surat elektronik.

Surat elektronik (electronic mail atau disingkat e-mail dalam Bahasa Inggris dan dalam Bahasa Indonesia disingkat surel) merupakan produk dari perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat. Memanfaatkan sambungan internet, kita bisa mengirimkan surat dan mendapatkan balasannya dalam rentang waktu yang relatif lebih cepat.

Pada umumnya, seperti surat yang kita tulis dengan tangan, ada 2 jenis surat elektronik: surat elektronik formal dan surat elektronik informal. Kali ini kita akan membahas tentang surel informal.

Surel Informal sifatnya lebih kasual dan ditujukan kepada seseorang yang seumuran atau lebih muda daripada kita. Selain itu, surel informal pun dapat kita tujukan kepada keluarga kita. Topik di dalam surel informal pun juga sifatnya lebih kasual ketimbang surel formal.

Ketika akan mengirimkan surel yang sifatnya informal, ada beberapa bagian yang harus kita perhatikan, yaitu:

  • Judul dari surel (subject line), yang memberikan gambaran tentang apa isi dari surel kita.
  • Salam pembuka pada surel (greetings), yang sifatnya lebih kasual.
  • Badan surel (mail’s body), yaitu isi dari surel informal yang kita kirimkan.
  • Bagian penutup surel (mail’s closing line), yaitu kalimat penutup untuk mengakhiri surel sebelum kita kirimkan.

Contoh Sural Elektronik Informal Menggunakan Bahasa Inggris (Examples of Informal Emails Using English)

Karena teman-teman sudah mengetahui apa itu surel informal dan bagian-bagian yang terdapat dalam surel informal, di bawah ini akan disajikan beberapa contoh surel informal dalam Bahasa Inggris.

Picture by Ivan Samkov on Pexels

Contoh Surel Informal 1

To: Irene Thompson (irene88thompson@morgantownmail.net)

From: Abigail Sinclair (sinclairabigail@morgantownmail.net)

Subject: be my bridesmaid

Hi, Irene,

How are you? I pray that you’re always healthy and your life is fine. I’m sorry that I just got to contact you via this email, because I didn’t even have time to check my social media account.

You must have known that I’m getting married in 3 months. I wonder if you’re willing to be one of my bridesmaids? I really need your answer. But, hey, there’s no rush to reply, okay?

If you say yes and you’re willing to be one of my bridesmaids, I’ll send the bridesmaid dress to your apartment right away. I’ll be waiting for your answer, Irene!

Cheers, Abby

(Kepada: Irene Thompson (irene88thompson@morgantownmail.net)

Dari: Abigail Sinclair (sinclairabigail@morgantownmail.net)

Subyek: jadilah pengiring pengantinku

Hai, Irene,

Bagaimana kabarmu? Aku berdoa semoga kamu selalu sehat dan kehidupanmu baik-baik saja. Aku minta maaf karena baru bisa menghubungimu melalui surel ini, karena aku bahkan nggak punya waktu untuk memeriksa akun media sosialku.

Kamu pasti sudah tahu bahwa aku akan menikah dalam 3 bulan lagi. Aku ingin tahu apakah kamu bersedia menjadi salah satu pengiring pengantinku? Aku benar-benar butuh jawabanmu. Tapi, hei, nggak perlu terburu-buru membalas, oke?

Kalau kamu berkata ya dan bersedia menjadi salah satu pengiring pengantinku, aku akan segera mengirimkan gaun pengiring pengantin ke apartemenmu. Aku akan menunggu jawabanmu, Irene!

Salam, Abby)

Contoh Surel Informal 2

To: Tyler Sanders (ty.sanders90@chorltonmail.ch)

From: Malcolm Burnt (malcomburnt27@chorltonmail.ch)

Subject: let’s play golf together

Hello Ty,

How are you, mate? I haven’t heard from you in a long time!

Hey, I’d like to take you out to play golf together. We haven’t spent time together on the golf course in a long, long time. I have a lot to tell you and you maybe have a lot to tell me, too.

Reply to this email as soon as you see it, okay? I’m looking forward to your reply and I hope you won’t be saying no to this invitation.

Malcolm B.

(Kepada: Tyler Sanders (ty.sanders90@chorltonmail.ch)

Dari: Malcolm Burnt (malcomburnt27@chorltonmail.ch)

Subyek: mari bermain golf bersama

Halo Ty,

Bagaimana kabarmu, kawan? Aku sudah lama nggak mendengar kabar darimu!

Hei, aku ingin sekali mengajakmu bermain golf bersama. Kita sudah lama, lama banget nggak menghabiskan waktu bersama di lapangan golf. Ada banyak yang ingin kuceritakan padamu dan kau mungkin juga punya banyak hal yang ingin diceritakan padaku.

Balaslah surel ini segera ketika kau melihatnya, oke? Aku sangat menantikan jawabanmu dan kuharap kau nggak menolak undangan ini.

Malcolm B.)

Contoh Surel Informal 3

To: Tabitha Clark (clark_tabitha65@minneapolismail.mn)

From: Kent Williams (kent__williams88@minneapolismail.mn)              

Subject: reunion update

Dear Tabitha,

I hope you’re alright, since you’re already busy with the reunion preparation.

Sorry for not calling or contacting you via social networks, I lost my passwords on all my accounts. I just want to know about the update of our class reunion, because none of our former classmates or you give me any update. Please reply to this email as soon as you see and read it.

Cheers, Kent.

(Kepada: Tabitha Clark (clark_tabitha65@minneapolismail.mn)

Dari: Kent Williams (kent__williams88@minneapolismail.mn)

Subyek: berita terbaru reuni

Untuk Tabitha,

Aku harap kau baik-baik saja, karena kau sibuk banget dengan persiapan reuni.

Maaf karena nggak menelepon atau menghubungimu melalui jejaring sosial, karena aku kehilangan kata kunci semua akun jejaring sosialku. Aku hanya ingin tahu tentang kabar terbaru dari acara reuni kelas kita, karena nggak ada satupun mantan teman sekelas kita atau kau yang memberiku kabar terbaru. Tolong balaslah surel ini begitu kau melihat dan membacanya.

Salam, Kent.)

Contoh Surel Informal 4

To: Kanaya Sudirman (kanaya.sudirman100@malangmail.net)

From: Jojo Gunawan (jo.gunawan210@malangmail.net)

Subject: my baby son’s shower party

To my dearest cousin Naya,

How are you there, cousin? I sincerely wish that you, uncle, aunt, and Adisty are alright.

Through this email, I want to inform you about my baby son’s shower party. It will be held next week at my house. I hope you can make time to come to the party and give your blessings and prayers for my newborn son.

Please tell this to your parents and little sister, and give me your answer ASAP, okay?

Your cousin, Jojo.

(Kepada: Kanaya Sudirman (kanaya.sudirman100@malangmail.net)

Dari: Jojo Gunawan (jo.gunawan210@malangmail.net)

Subyek: pesta akikah putraku

Kepada Naya sepupuku tersayang,

Bagaimana kabarmu di sana, sepupu? Aku sungguh berharap bahwa kau, paman, bibi, dan Adisty baik-baik saja.

Melalui surel ini, aku mau mengabarkan padamu tentang pesta akikah putraku. Pestanya akan diadakan minggu depan di rumahku. Kuharap kau bisa meluangkan waktumu dan memberikan restu serta doamu untuk putraku yang baru lahir.

Tolong katakan soal pesta ini kepada orang tua dan adikmu, lalu berikan jawabanmu padaku SEGERA, oke?

Sepupumu, Jojo.)

Contoh Surel Informal 5

To: Popi Listyaningsih (popilistyaningsih@surabayanet.mail)

From: Gladys Juwono (gladys.juwono11@surabayanet.mail)

Subject: let’s hang out together (reply)

Dear Popi,

 I’m sorry for not replying to you as soon as possible, because I was so busy with the final exam.

About your email about hanging out together with the other girls during the holiday… I’m sorry, but I think I’m going to pass on this invitation. Not because I don’t want to hang out with all of you, it’s not like that.

The reason is because I will go back to Jogja and spend the holiday with my family there. I will be back in Surabaya for the new semester. And, probably we can catch up when the new semester begins?

I’m really sorry I can’t spend time with you. Hope you and the girls have an amazing holiday!

(Kepada: Popi Listyaningsih (popilistyaningsih@surabayanet.mail)

Dari: Gladys Juwono (gladys.juwono11@surabayanet.mail)

Subyek: mari berkumpul bareng (balasan)

Popi tersayang,

Aku minta maaf nggak bisa membalas pesanmu sesegera mungkin, karena aku sibuk banget dengan ujian akhir.

Tentang surelmu yang mengajak berkumpul bareng cewek-cewek yang lain selama liburan… aku minta maaf, tetapi aku harus menolak undangan ini. Bukan karena aku nggak ingin berkumpul dengan kalian, nggak seperti itu.

Alasannya adalah karena aku akan pulang ke Jogja dan menghabiskan liburanku bersama keluargaku di sana. Aku akan kembali ke Surabaya untuk semester baru. Dan, barangkali kita bisa saling mengabarkan ketika semester baru dimulai?

Aku minta maaf banget nggak bisa menghabiskan waktu bersamamu. Kuharap kau dan cewek-cewek yang lain memiliki liburan yang menyenangkan!)

Contoh Surel Informal 6

To: Brianna Suarez (suarez.brianna88@tampamail.net)

From: Anna Perkins (anna_perkins67@tampamail.net)

Subject: join a beauty course

Hey Bri,

Do you remember a makeup artist that we talk about so much, Keith Goss? He happens to be in our city for two weeks and he will be giving a beauty course to all beauty enthusiasts in our city. That means… US!!

But, to join his course I need to bring 3 people with me, since there will be a pair practice. I managed to persuade my cousins, Tiffany and Valeria, to come. But, I need one more person and that’s why I immediately send this email to you.

I attached a form for you to fill in order to be one of my teammates below this email. You gotta fill in that form, so that they can record your name as part of my team.

Please, please tell me you will join. I know you can’t say ‘no’ to Keith Goss. Please reply to me immediately, Bri, and perhaps with the already filled form. Will be waiting for your answer and I hope you’re not going to skip this golden chance.

Warm regards, Anna.

(Kepada: Brianna Suarez (suarez.brianna88@tampamail.net)

Dari: Anna Perkins (anna_perkins67@tampamail.net)

Subyek: gabung dalam kursus kecantikan

Hey Bri,

Apakah kamu ingat dengan penata rias yang sering sekali kita bicarakan, Keith Goss? Dia kebetulan sedang berada di kota kita untuk dua minggu dan dia akan memberikan kursus kecantikan kepada semua penggemar kecantikan di kota kita. Itu artinya… KITA!!

Tapi, untuk bergabung dengan kursusnya aku harus membawa 3 orang bersamaku, karena akan ada latihan secara berpasangan nantinya. Aku sudah berhasil meyakinkan sepupu-sepupuku, Tiffany dan Valeria, untuk ikut. Tapi, aku masih butuh satu orang lagi dan itulah mengapa aku segera mengirimkan surel ini padamu.

Aku sudah melampirkan formulir untuk kamu isi untuk menjadi salah satu anggota timku di bawah surel ini. Kamu harus mengisi formulir tersebut, agar mereka bisa mencatat namamu sebagai bagian dari timku.

Kumohon, kumohon bilang padaku kamu akan ikut. Aku tahu kamu nggak akan berkata ‘nggak’ kepada Keith Goss. Segeralah membalas pesanku, Bri, dan barangkali balaslah dengan formulir yang sudah diisi. Akan kutunggu jawabanmu dan kuharap kau nggak akan melewatkan kesempatan emas ini.

Salam hangat, Anna.)

Contoh Surel Informal 7

To: Adibah Hanan (adibah.hanan.7@bandungmail.cod)

From: Wanda Handoko (wandahandoko.34@malangmail.co)

Subject: an update about uncle’s condition

Dear Adibah,

How are you, my cousin? I pray to Allah that you’re in a stable and good condition, despite what’s happening in your household right now.

Last time we speak, you said that Uncle Haikal’s health was not in a good and stable condition because of Covid. And, since that my parents are super worried. But, we can’t just jump inside our car and drive all the way to Bandung to see uncle. The authorities will stop us and demand us to go back home.

How’s Uncle Haikal right now? If you happen to have some free time, please reply to this email, Adibah.

Your worried cousin, Wanda.

(Kepada: Adibah Hanan (adibah.hanan.7@bandungmail.cod)

Dari: Wanda Handoko (wandahandoko.34@malangmail.co)

Subyek: kabar terbaru kondisi paman

Adibah tersayang,

Apa kabarmu, sepupuku? Aku berdoa kepada Allah agar kamu dalam keadaan yang stabil dan sehat, di saat apa yang sedang terjadi dalam rumahmu sekarang ini.

Terakhir kali kita ngobrol, kamu bilang kesehatan Paman Haikal sedang ada di kondisi yang nggak baik dan stabil karena Covid. Dan, sejak saat saat itu orang tuaku menjadi khawatir banget. Tapi, kita nggak bisa begitu saja melompat ke dalam mobil dan berkendara ke Bandung untuk menjenguk paman. Yang berwajib akan menghentikan kami dan menuntut kami kembali ke rumah.

Bagaimana kabarnya Paman Haikal sekarang? Kalau kamu punya waktu luang, balaslah surel ini, Adibah.

Sepupumu yang khawatir, Wanda.)

Picture by Vlada Karpovich on Pexels

Demikian beberapa contoh surel dalam Bahasa Inggris yang bersifat informal.