Ragam Kalimat Bahasa Inggris Menggunakan Kata Either

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, kita akan sering menemukan kata “either” di dalam kalimat-kalimat. Apakah pengertian dari “either” ini sebenarnya?

“Either”, ketika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, memiliki arti “antara” atau “juga” atau “salah satu dari”. Fungsi dari kata “either” sendiri antara lain:

  • Untuk memperlihatkan salah satu dari dua pilihan.
  • Untuk menunjukkan bahwa dua subyek sama-sama tidak melakukan hal yang disebutkan dalam kalimat.
  • Digunakan ketika kita belum menentukan pilihan dari dua pilihan yang diberikan. Biasanya, dalam beberapa kondisi, “either” akan dipasangkan dengan “or (atau)”.
Picture by Thought Catalog on Unsplash

Contoh-Contoh Kalimat dengan Kata “Either” (Sentences Example Containing the Word “Either”) dalam Bahasa Inggris

Setelah kita mengetahui makna dari kata “either” dan kapan saja kata ini digunakan, kita akan mempelajari beberapa contoh kalimat Bahasa Inggris yang mengandung kata “either”.

  1. I know I am not very good at playing the violin. But, you are not, either. So, there is no need to boast because we are in the same position.

(Aku tahu aku tidak bagus bermain biola. Tapi, kau juga tidak bagus memainkannya. Jadi, tidak perlu pamer karena kita ada di posisi yang sama.)

  1. Everything is in your hands. You can either go or stay here with us. We are your family now, so we will respect whatever you decide.

(Semuanya ada dalam tanganmu. Kau bisa memilih pergi atau tinggal di sini bersama kami. Kami adalah keluargamu sekarang, jadi kami akan menghormati apapun yang kau putuskan.)

  1. Either you self-report your crime to the police or I myself will report you, you choose! Just so you know, if you do not do the right thing, I will always hunt you down to the end of the world!

(Antara kau laporkan sendiri kejahatanmu pada polisi atau aku sendiri yang akan melaporkanmu, kau pilihlah! Asal kau tahu saja, kalau kau tidak melakukan hal yang benar, aku akan selalu memburumu hingga ke ujung dunia!)

  1. Because I had a pretty severe allergy since childhood, I did not eat shrimp and my fiance did not eat shrimp either.

(Karena memiliki alergi yang cukup parah sejak kecil, aku tidak memakan udang dan tunanganku juga tidak memakan udang.)

  1. I am not the right person for you to ask for an assessment because my eyes are not as sharp as yours. I think either dress is good. Or, you can just buy both dresses at once.

(Aku bukan orang yang tepat untuk kau mintai penilaian karena mataku tidaklah sejeli matamu. Kurasa salah satu dari kedua gaun itu bagus. Atau, kau bisa beli saja kedua gaun itu sekaligus.)

  1. You have a brilliant brain, Pam. I guess either of two majors dad offers you will not be a big problem for you.

(Kau punya otak yang cemerlang, Pam. Kurasa salah satu dari dua jurusan yang ditawarkan ayah padamu tidak akan jadi masalah besar untukmu.)

  1. I do not need either of those two bags. You can give it to Roy because he also really needs a bag to go to school, Mom.

(Aku tidak memerlukan salah satu dari kedua tas itu. Kau bisa berikan saja tas itu ke Roy karena dia juga sangat membutuhkan tas untuk pergi ke sekolah, Bu.)

  1. I will be honest with you, Millie, because you are my trusted sister. I do not like either of those two guys mother introduced me. I do not like matchmaking; I want to find my true love in my own way.

(Aku akan jujur padamu, Millie, karena kau adikku yang aku percaya. Aku tidak menyukai salah satu dari kedua lelaki yang diperkenalkan Ibu padaku itu. Aku tidak suka perjodohan; aku ingin menemukan cinta sejatiku dengan caraku sendiri.)

  1. Mrs. Truman is still looking for the real culprit in the plagiarism of the scientific papers accused to two of the students in her school. When she asked the two students participated in the contest, Abigail admitted that she did not plagiarize it and Ross did not plagiarize it either.

(Ny. Truman masih mencari pelaku sebenarnya dari penjiplakan karya ilmiah yang dituduhkan kepada dua siswa sekolahnya. Ketika dia bertanya pada dua siswa yang mengikuti kontes itu, Abigail mengaku tidak melakukan penjiplakan itu dan Ross juga tidak melakukannya.)

  1. Either of the two plans Clara has is at the same risk. But, Clara, who is eager to get her revenge, does not care and she is ready to take all the risks that arise later.

(Salah satu dari dua rencana yang dimiliki Clara memiliki risiko yang sama. Namun, Clara, yang sudah sangat ingin membalaskan dendamnya, tidak peduli dan dia siap menanggung semua risiko yang muncul nanti.)

  1. Either you come home immediately and clean up all the mess your mom made, or I will go back to my parents’ house!

(Antara kau segera pulang ke rumah dan membereskan semua kekacauan yang dibuat oleh ibumu, atau aku akan kembali ke rumah orang tuaku!)

  1. For a delicious stir-fry spinach, you can add either two or three crushed cloves of garlic and a little oil to the pan before you put the spinach.

(Untuk membuat oseng bayam yang lezat, kau bisa menambahkan baik dua atau tiga siung bawang putih yang dihancurkan dan sedikit minyak ke dalam wajan sebelum kau memasukkan bayamnya.)

  1. The future can be very scary. But, either you avoid it or hug it like a new friend, it depends on your choice. Your future is your life you will build with your own hands.

(Masa depan bisa jadi sangat menakutkan. Tetapi, antara kau menghindarinya atau memeluknya layaknya seorang kawan baru, itu semua tergantung pilihanmu. Masa depanmu adalah hidupmu yang akan kau bangun dengan tanganmu sendiri.)

Demikian, teman-teman, beberapa contoh kalimat yang menggunakan kata “either” dalam Bahasa Inggris.