Ragam Perkataan Bijak Mengenai Persahabatan Menggunakan Bahasa Inggris

Pertemanan atau persahabatan adalah istilah atau sebutan untuk menggambarkan perilaku saling mendukung antara dua atau lebih individu. Namun, makna dari sebuah persahabatan dapat melampaui itu. Persahabatan dapat berupa hubungan dan keterikatan emosional antara dua atau lebih manusia yang telah saling mengenal satu sama lain dan memiliki ikatan yang kuat dan dalam, dengan tingkat saling percaya, afeksi, dan pengertian yang begitu tinggi.

Karena melibatkan perasaan atau emosional, dalam jalinan persahabatan pasti akan ada saat-saat suka dan duka. Sebuah persahabatan, bahkan, dapat bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.

Picture by Min An on Pexels

Kumpulan Kata-Kata Bijak Mengenai Persahabatan atau Sahabat Sejati dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

Artikel kali ini memuat beberapa perkataan bijak dalam Bahasa Inggris yang menggambarkan apa itu persahabatan atau memiliki sahabat sejati dalam hidup. Kata-kata bijak yang  akan ditampilkan di bawah ini dapat berupa kata-kata yang indah, manis, atau lucu.

  1. Friends are like siblings born to different parents – when we get to know each other, share secrets, we are already inseparable like we have a bond of blood.

(Sahabat itu seperti saudara yang terlahir dari orang tua yang berbeda – ketika kita mulai saling mengenal, saling berbagi rahasia, kita sudah tak terpisahkan bagaikan memiliki ikatan darah).

  1. For anyone else in the world, you are probably nobody. But, for me, you are the one who made my world beautiful, oh my best friend.

(Bagi orang lain di dunia, kau mungkin bukanlah siapa-siapa. Namun, bagiku, kau adalah salah satu yang membuat duniaku indah, oh sahabatku).

  1. One aspect of a beautiful friendship is when best friends help each other to grow and become better people, so that life will become even better, too.

(Salah satu aspek dari persahabatan yang indah adalah ketika sahabat saling menolong satu sama lain untuk bertumbuh dan menjadi orang yang lebih baik, sehingga kehidupan pun akan menjadi lebih baik lagi).

  1. The legend of the boxing world, Muhammad Ali, once said that friendship is not something they make a lesson in school. I believe that is true, because the bonds of friendship are as inexplicable as when we explain mathematical formulas. Friendship exists and we feel it, but it is difficult to describe in words only.

(Sang legenda dunia tinju, Muhammad Ali, pernah berkata bahwa persahabatan itu bukanlah sesuatu yang mereka jadikan pelajaran di sekolah. Aku percaya itu benar, karena ikatan persahabatan itu tak bisa dijelaskan seperti ketika kita menjelaskan rumus-rumus matematika. Persahabatan itu ada dan kita merasakannya, namun sulit dijelaskan hanya dengan kata-kata).

  1. True friendship is when we are willing to accept our best friend’s past and never bring it up again, and vice versa. True friendship is to believe in our friends and grow together in the present and in the future.

(Persahabatan sejati adalah ketika kita mau menerima masa lalu sahabat kita dan tak pernah lagi mengungkitnya, dan begitu pula sebaliknya. Persahabatan yang sejati adalah memercayai sahabat kita dan tumbuh bersama di masa sekarang dan di masa yang akan datang).

  1. What does a friendship mean to you? For me, friendship is when we come to our best friend’s house and spending time together until we fall asleep, and their parents do not feel disturbed, because they know who we are and have become accustomed to us being at their home.

(Apakah arti dari sebuah persahabatan untukmu? Untukku, persahabatan adalah ketika kita datang ke rumah sahabat kita dan menghabiskan waktu bersama hingga jatuh tertidur, dan orang tua mereka tidak merasa keberatan, karena mereka sudah tahu siapa kita dan telah terbiasa dengan keberadaan kita di rumah mereka).

  1. There are so many things that can make two or more people make friendships. One of them is the simple word, “Really? You like the singer that I like, too? We have to chat a lot”. One simple word can cultivate a beautiful friendship.

(Ada banyak hal yang dapat membuat dua atau lebih manusia menjalin persahabatan. Salah satunya adalah perkataan sederhana, “Benarkah? Kau juga menyukai penyanyi yang aku sukai itu? Kita harus lebih sering mengobrol”. Satu kalimat sederhana dapat memupuk persahabatan yang indah).

  1. Friendship is something that must be taken care very well, because… like the dry leaves that fall in the autumn, when being stepped on and destroyed, it will be difficult to reunite them back together.

(Persahabatan adalah suatu hal yang harus dijaga dengan sangat baik, karena… selayaknya dedaunan kering yang jatuh di musim gugur, ketika terinjak dan hancur, akan sulit untuk menyatukannya kembali).

  1. A true friend is the one who pokes you in the forehead and rebukes you when you are wrong and also tells you the truth without being covered in anything, including lies.

(Sahabat sejati adalah ia yang menyentil dahimu dan menegurmu ketika kau salah dan juga mengatakan yang sebenarnya padamu tanpa ditutupi oleh apapun, termasuk kebohongan).

  1. Indeed, it takes a great courage to reprimand our best friends who commit wrongdoings. But, do not let them to remain behave like that. Just say that they are wrong, yet do not hurt their hearts.

(Memang, butuh keberanian yang besar untuk menegur sahabat kita yang melakukan kesalahan. Namun, jangan biarkan mereka tetap berperilaku seperti itu. Katakan saja bahwa mereka salah, namun jangan menyakiti hati mereka).

  1. The realest friendship is when friends laugh at each other’s cringey (not funny) jokes, and do not laugh when one of them is in trouble.

(Persahabatan yang sebenar-benarnya adalah ketika sahabat saling menertawakan guyonan satu sama lain yang terkesan garing (tidak lucu), dan tidak menertawakan ketika salah satu dari mereka sedang tertimpa masalah).

  1. Colleagues are just people who stop by on various occasions in our lives. A true friend is the one who settles down and stays with us.

(Rekan hanyalah orang-orang yang singgah dalam berbagai kesempatan di hidup kita. Sahabat yang sejati adalah ia yang tinggal dan tetap bersama kita).

Demikian 12 contoh kalimat atau perkataan bijak tentang persahabatan dan maknanya dalam Bahasa Inggris. Semoga kita semua mempunyai hubungan persahabatan yang indah.