Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Ragam Perkataan Bijak Tentang Emosi dalam Bahasa Inggris

General, Writing,

Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini memiliki berbagai emosi atau perasaan di dalam dirinya. Hampir tidak mungkin, terutama bagi kita manusia, untuk tidak memiliki perasaan tertentu. Kita semua pasti memilikinya.

Emosi (emotions) adalah perasaan-perasaan tertentu yang kita rasakan ketika berada dalam situasi atau interaksi, baik dengan diri sendiri atau dengan orang lain. Kata emosi sendiri diadopsi dari kata dalam Bahasa Perancis “emouvoir” yang artinya kegembiraan.

Adalah normal bagi kita untuk merasakan berbagai macam emosi, seperti bahagia, takut, terancam, sedih, atau marah. Emosi sendiri akan terus ada bersama kita dari kita masih kecil hingga kita menua.

Picture by Kat Jayne on Pexels

Sekarang, karena teman-teman sudah memahami apa itu pengertian emosi, teman-teman akan mempelajari beberapa kutipan atau kata-kata bijak dalam Bahasa Inggris mengenai emosi melalui daftar kutipan di bawah ini.

  1. I am a human being, with feelings and emotions and scars and flaws. Just like anyone else – Josh Gordon.

(Aku adalah manusia biasa, dengan perasaan dan emosi dan luka dan kekurangan. Seperti halnya orang lain – Josh Gordon.)

  1. Feelings or emotions are the universal language and are to be honored. They are the authentic expression of who you are at your deepest place – Judith Wright.

(Perasaan atau emosi adalah bahasa universal dan harus dihormati. Mereka ada ekspresi otentik tentang siapa dirimu di tempatmu yang paling dalam – Judith Wright.)

  1. The emotion that can break your heart is sometimes the very one that heals it – Nicholas Sparks.

(Emosi yang dapat mematahkan hatimu terkadang menjadi satu-satunya yang dapat menyembuhkan – Nicholas Sparks.)

  1. Feelings that can make you weak can also make you become strong.

(Perasaan yang dapat membuatmu lemah juga dapat membuatmu menjadi kuat.)

  1. We can control what facial expressions we want to display to the world. But, we cannot control the emotions that we actually feel.

(Kita bisa mengontrol ekspresi wajah seperti apa yang ingin kita tampilkan kepada dunia. Namun, kita tidak dapat mengontrol emosi yang sebenarnya kita rasakan.)

  1. Being honest with the emotions you are feeling is a sign that you are growing into a better human being.

(Jujur pada emosi yang kau rasakan adalah tanda bahwa kau bertumbuh menjadi manusia yang lebih baik.)

  1. I gave myself permission to feel and experience all of my emotions. In order to do that, I had to stop being afraid to feel. In order to do that, I taught myself to believe that no matter what I felt or what happened when I felt it, I would be okay – Iyanla Vanzant.

(Aku mengizinkan diriku untuk merasakan dan mengalami semua emosiku. Untuk dapat melakukannya, aku harus berhenti takut untuk merasa. Untuk dapat melakukannya, aku mengajari diriku untuk percaya bahwa tidak peduli apa yang aku rasakan atau apa yang terjadi ketika aku merasakan emosi itu, aku akan baik-baik saja – Iyanla Vanzant.)

  1. Gratitude is the healthiest of all human emotions. The more you express gratitude for what you have, the more likely you will have even more to express your gratitude for – Zig Ziglar.

(Bersyukur adalah emosi yang paling sehat dari semua emosi manusia. Semakin sering kau mengucap syukur untuk apa yang kau miliki, semakin besar kemungkinan kau akan memiliki lebih banyak hal lagi untuk disyukuri – Zig Ziglar.)

  1. But feelings cannot be ignored, no matter how unjust or ungrateful they seem – Anne Frank.

(Namun perasaan itu tidak bisa diabaikan, tidak peduli betapa tidak adilnya atau betapa tidak tahu berterima kasihnya perasaan itu – Anne Frank.)

  1. Be careful of the emotions you hide, for they will burst out in time and I doubt you will be able to withstand the explosion.

(Berhati-hatilah dengan emosi yang kau sembunyikan, karena mereka akan meledak pada waktunya dan aku ragu kau akan bisa menahan ledakan tersebut.)

  1. Negative emotions are something we cannot deny. It is good to embrace those negative emotions, but we also have to know how to control them.

(Emosi negatif adalah sesuatu yang tidak bisa kita sangkal. Adalah baik untuk merengkuh semua emosi negatif tersebut, namun kita juga harus tahu bagaimana mengendalikannya.)

  1. Why apologize when you feel disappointed? Disappointment is an emotional part of you and you should not apologize for feeling it.

(Mengapa harus meminta maaf ketika kau merasa kecewa? Kekecewaan adalah bagian emosi dari dalam dirimu dan kau tidak perlu meminta maaf karena merasakannya.)

  1. Control what you can control. I can control my emotions, my attitude, my effort every day – Mitchell Trubisky.

(Kendalikan apa yang dapat kau kendalikan. Aku dapat mengendalikan emosiku, sikapku, usahaku setiap hari – Mitchell Trubisky.)

  1. Unexpressed emotions will never die. They are buried alive and will come forth later in uglier ways – Sigmund Freud.

(Emosi yang tak terekspresikan tidak akan pernah mati. Mereka terkubur hidup-hidup dan akan muncul kemudian dalam cara-cara yang lebih buruk – Sigmund Freud.)

  1. Sometimes I am happy and sometimes not. I am, after all, a human being, you know. I am glad that we are sometimes happy and sometimes not. You get your wisdom working by having different emotions – Yoko Ono.

(Terkadang aku merasa bahagia dan terkadang tidak. Aku ini, bagaimanapun juga, manusia biasa, kau tahu. Aku senang bahwa kita kadang-kadang merasa bahagia dan kadang-kadang tidak. Kebijaksanaan dalam dirimu bekerja dengan memiliki emosi-emosi yang berbeda – Yoko Ono.)

  1. There are times when we do not realize we have become a slave to our own emotions and we are confused about how to break free from the bondage of our emotions.

(Ada saat-saat dimana kita tidak menyadari kita telah menjadi seorang budak dari emosi kita sendiri dan kita bingung bagaimana melepaskan diri dari perbudakan emosi kita.)

  1. Just like children, emotions heal when they are heard and validated – Jill Bolte Taylor.

(Seperti layaknya anak-anak, emosi sembuh ketika mereka didengarkan dan divalidasi – Jill Bolte Taylor.)

Baiklah, teman-teman, demikian pembahasan kita tentang kata-kata bijak tentang emosi dalam Bahasa Inggris.