Ragam Pertanyaan yang Diajukan dalam Wawancara Bahasa Inggris

Wawancara, sebuah kata dan aktivitas yang sudah sangat melekat di dalam kehidupan kita semua.

Wawancara, dengar pendapat, atau tanya-jawab (interview, talk, atau dialogue dalam Bahasa Inggris), seperti yang kita ketahui, merupakan sebuah kegiatan di mana ada dua orang atau lebih yang bertindak sebagai penanya (interviewer) dan penjawab (interviewee) yang saling melemparkan pertanyaan dan jawaban mengenai suatu masalah atau topik.

Wawancara dilakukan secara lisan (verbal) dan langsung dalam rangka memperoleh informasi tentang sesuatu. Dalam wawancara, kita dapat mengumpulkan informasi lisan yang didapat melalui tulisan (written interview), rekaman suara (voice record), gambar (visual), dan juga gambar dan suara secara bersamaan (audio-visual).

Picture by Sora Shimazaki on Pexels

Wawancara dapat diadakan dalam berbagai kesempatan, seperti:

  • menanyakan seseorang yang bertindak sebagai narasumber untuk mendapatkan informasi
  • Ketika akan melamar pekerjaan.
  • Ketika akan menjalani magang di suatu kantor atau perusahaan.
  • Ketika mendapatkan beasiswa.
  • Dan berbagai kesempatan lainnya.

Tetapi, sebelum kita melakukan wawancara, ada langkah-langkah yang harus teman-teman terlebih dahulu perhatikan. Langkah-langkah tersebut adalah:

  • Menentukan topik dari tema dari suatu wawancara, jika kita akan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi.
  • Menentukan narasumber (interviewee) yang akan kita wawancara sesuai tema yang kita angkat.
  • Membuat atau menyusun daftar pertanyaan yang akan kita ajukan dalam wawancara kita.
  • Lalu kemudian lakukanlah wawancara dengan tetap mengedepankan keramahan serta sopan santun.

Kali ini, teman-teman akan diajak untuk mempelajari salah satu poin dari langkah-langkah dalam melakukan wawancara, yaitu membuat atau menyusun daftar pertanyaan.

A. Contoh Daftar Pertanyaan Informasi Pribadi (List of Questions Examples about Personal Information)

  1. Thank you so much for coming to today’s interview session/for being our informant in our interview about… today, Mr. …/ Miss …/ Mrs. … . Now, first, can you tell me/us a bit about yourself?

(Terima kasih banyak telah datang datang ke sesi wawancara hari ini/menjadi narasumber kami dalam wawancara mengenai … hari ini, Tn. …/ Nona …/ Ny. … . Sekarang, pertama-tama, dapatkah Anda memberitahu saya/kami sedikit tentang diri Anda?)

B. Contoh Daftar Pertanyaan Tentang Tema Tertentu (Examples of Questions List about a Certain Theme)

  1. The theme of our interview today is about unemployment. What do you think causes us to be faced with the increasing number of unemployed every year?

(Tema wawancara kita hari ini adalah tentang pengangguran. Menurut Anda apakah yang menyebabkan kita dihadapkan pada jumlah pengangguran yang meningkat setiap tahunnya?)

  1. Is there anything we can do so that we can reduce the unemployment rate in our country, based on your opinion and experience?

(Adakah sesuatu yang bisa kita lakukan agar kita bisa mengurangi angka pengangguran di negeri kita ini, berdasarkan pendapat dan pengalaman Anda?)

  1. Do you think that by opening training, the unemployment rate can be reduced? Then, what kind of training do you mean here?

(Menurut Anda apakah dengan membuka pelatihan, angka pengangguran dapat bisa dikurangi? Kemudian, pelatihan seperti apakah yang Anda maksudkan di sini?)

  1. Then, what about those who managed to get a bachelor’s degree but could not get a suitable job, is there anything we can do for these people?

(Lalu, bagaimana dengan mereka yang berhasil mendapatkan gelar sarjana tetapi tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai, adakah yang dapat kita lakukan untuk orang-orang ini?)

  1. Now, can you please tell me/us a little about you educational background, according to what you mentioned on your resume?

(Sekarang, bisakah Anda sedikit menjelaskan kepada saya/kami tentang latar belakang pendidikan Anda, berdasarkan apa yang Anda cantumkan di dalam resume Anda?)

  1. You mentioned earlier about being an entrepreneur. Do you think that people who become entrepreneurs and create their own jobs will help reducing unemployment rate in our country specifically?

(Anda tadi menyebutkan tentang menjadi wirausahawan. Menurut Anda apakah orang-orang yang menjadi wirausahawan dan membuka lapangan kerja mereka sendiri akan membantu memangkas angka pengangguran di negara kita secara spesifik?)

Picture by Monstera on Pexels

C. Contoh Daftar Pertanyaan Tentang Latar Belakang Pendidikan (Examples of Questions List about Educational Background)

  1. During your time at school and at university, was there a particular subject that you were passionate about? And was there a particular subject that you were not passionate about?

(Selama Anda berada di sekolah dan di universitas, adakah pelajaran tertentu yang sangat Anda sukai? Dan adakah pelajaran tertentu yang tidak Anda sukai?)

  1. Regarding my/our question about the subjects you did not like, what were the factors that made it not your favorite subject?

(Berkaitan dengan pertanyaan saya/kami tentang pelajaran-pelajaran yang tidak Anda sukai, apakah faktor yang membuat pelajaran tersebut tidak menjadi pelajaran kesukaan Anda?)

  1. I/we are curious about one thing and if I/we may ask, have you ever thought about continuing your education to a higher level?

(Saya/kami ingin tahu tentang satu hal dan kalau boleh saya/kami bertanya, pernahkah Anda memikirkan tentang melanjutkan pendidikan Anda ke jenjang yang lebih tinggi?)

  1. Talk about your major in your resume, is there a specific reason as to why you choose this major of yours?

(Berbicara tentang jurusan Anda di dalam resume Anda, apakah ada alasan khusus mengapa Anda memilih jurusan Anda ini?)

  1. Is there a time when you want to give up and do not want to continue your education, especially at the college level? Then, what made you finally move forward until you were able to complete your education?

(Apakah ada saat dimana Anda ingin menyerah dan tidak ingin melanjutkan pendidikan Anda, terutama di jenjang perguruan tinggi? Lalu, apa yang akhirnya membuat Anda melangkah maju hingga Anda mampu menyelesaikan pendidikan Anda?)

  1. On your resume, you state that you have volunteered in a campus activity. Can you explain about this activity and what you do specifically in this activity?

(Dalam resume Anda, Anda menyebutkan pernah menjadi sukarelawan dalam suatu aktivitas kampus. Bisakah Anda jelaskan tentang aktivitas ini dan apa yang Anda lakukan secara spesifik dalam aktivitas ini?)

D. Contoh Daftar Pertanyaan Tentang Penilaian dan Sudut Pandang Pribadi (Examples of Questions about Personal Judgement and Perspective)

  1. As a human being, what aspects of yourself do you think are your strengths in living your life?

(Sebagai seorang manusia, aspek-aspek apa yang ada dalam dirimu yang menurutmu merupakan kekuatan Anda dalam menjalani hidup Anda?)

  1. Then, speaking about self-strength, are there any aspects inside of you that are your weaknesses?

(Lalu, berbicara tentang kekuatan diri, adakah aspek-aspek di dalam dirimu yang merupakan kelemahan Anda?)

  1. Based on your opinion and perspective, what do you see in your life as major key for a successful life?

(Berdasarkan pendapat dan sudut pandang Anda, apakah yang Anda lihat dari hidup Anda yang merupakan kunci utama untuk kehidupan yang sukses?)

  1. Sometimes, there are times in life where we feel disappointed. Can you describe just a little bit about what things make you very disappointed?

(Kadang-kadang, ada saat-saat dalam hidup dimana kita merasa kecewa. Bisakah Anda sedikit saja mendeskripsikan tentang hal-hal apa saja yang membuat Anda sangat kecewa?)

  1. I am/we are sure you must have experienced so many things in your life. Can you tell me/us what are the things that motivate you, especially in work and live life?

(Saya/kami yakin Anda pasti sudah mengalami sangat banyak hal dalam hidup Anda. Bisakah Anda mengatakan kepada saya/kami hal-hal apa sajakah yang memotivasi Anda, terutama dalam bekerja dan menjalani hidup?)

  1. I am/we are curious about one thing. In your true opinion, what is the meaning of success for you and your life?

(Saya/kami penasaran akan satu hal. Menurut pendapat Anda yang sebenar-benarnya, apakah makna dari kesuksesan untuk Anda dan hidup Anda?)

  1. Then, in life we must have achieved one or more extraordinary things. Can you explain what is the highest achievement you have ever achieved?

(Kemudian, dalam hidup kita pasti pernah meraih satu atau beberapa hal yang luar biasa. Bisakah Anda menjelaskan pencapaian tertinggi seperti apakah yang pernah Anda raih?)

  1. Alright, now I/we will ask you about the future. When talking about one’s future, we definitely talk about plans and what about you, have you ever thought of certain things to assure that you will have a good future?

(Baiklah, sekarang saya/kami akan bertanya pada Anda tentang masa depan. Saat membicarakan tentang masa depan seseorang, kita pastinya membicarakan tentang rencana-rencana dan bagaimana dengan Anda, pernahkah Anda memikirkan hal-hal tertentu untuk memastkan bahwa Anda akan memiliki masa depan yang baik?)

  1. Then, ah… here is a question that might interest you. Of course you have hobbies and can you please describe what hobbies you have?

(Kemudian, ah… ini ada pertanyaan yang mungkin menarik bagi Anda. Tentunya Anda memiliki kegemaran dan bisakah Anda menjelaskan kegemaran apa saja yang Anda punyai?)

  1. Continue the question about hobbies, because maybe this next question is related to it. If you have spare time, what do you usually do to spend it?

(Melanjutkan pertanyaan tentang kegemaran, karena mungkin pertanyaan yang berikut ini masih ada kaitannya. Kalau Anda memiliki waktu luang, apakah yang biasanya Anda lakukan untuk menghabiskannya?)

  1. In life we certainly have plans, both long-term plans and short-term plans. How about you, in the next five or ten years, where do you stand?

(Dalam hidup kita pastinya memiliki rencana, baik itu rencana jangka panjang maupun rencana jangka pendek. Bagaimana dengan Anda, dalam lima atau sepuluh tahun ke depan, di manakah Anda berdiri?)

  1. I/we apologize in advance for asking you this. Are there times where you feel you have failed in something? Can you tell a little about that failure to me/us?

(Saya/kami minta maaf sebelumnya karena akan menanyakan ini pada Anda. Apakah ada saat-saat dimana Anda merasa Anda telah gagal melakukan sesuatu? Bisakah Anda mengatakan sedikit tentang kegagalan tersebut kepada saya/kami?)

  1. Back to a little lighter question about your daily life. You include on your resume that you enjoy reading books and watching movies. Can you tell me/us what are your favorite books and movies?

(Kembali ke pertanyaan yang sedikit lebih ringan mengenai kehidupan Anda sehari-hari. anda mencantumkan dalam resume Anda bahwa Anda senang membaca buku dan menonton film. Bisakah Anda ceritakan kepada saya/kami apa sajakah buku dan film kesukaan Anda?)

  1. Apart from doing what you love, is there any other fun thing you do when you have free time or after a busy day?

(Selain melakukan apa yang Anda suka, apakah ada hal menyenangkan lainnya yang Anda lakukan ketika Anda memiliki waktu senggang atau setelah melewati hari yang sibuk?)

E. Contoh Daftar Pertanyaan yang Berhubungan dengan Pekerjaan dan Profesionalisme (Examples of Questions List Related to Work and Professionalism)

  1. Before you decide to submit your job application in our office/company/school, how do you know that our office is looking for candidates for the position that you are looking for?

(Sebelum Anda memasukkan lamaran pekerjaan Anda di kantor kami, bagaimanakah Anda mengetahui bahwa kantor/perusahaan/sekolah kami sedang mencari calon-calon karyawan untuk posisi yang Anda tuju?)

  1. When you applied for this job position, what made you want this position? And do you think that you are the one who deserves to fill this position in?

(Ketika Anda melamar untuk posisi pekerjaan ini, apa yang membuat Anda menginginkan posisi ini? Dan apakah Anda merasa Anda-lah yang pantas mengisi posisi ini?)

  1. Why do you think I/we, your potential employer, should accept your job application, recruit you, and put you in the position that you want?

(Mengapa menurut Anda saya/kami, calon atasan Anda, harus menerima lamaran pekerjaan Anda, merekrut Anda, dan menempatkan Anda di posisi yang Anda inginkan?)

  1. Apart from the reason that this position is the position you are after, do you think by occupying this position you will be able to achieve the success you expect?

(Terlepas dari alasan bahwa posisi ini adalah posisi yang Anda incar, apakah menurut Anda dengan menempati posisi ini Anda akan bisa meraih kesuksesan yang Anda harapkan?)

  1. If we accept your job application and recruit you to join us, what can you offer the office/company/school in return?

(Apabila kami menerima lamaran pekerjaan Anda dan merekrut Anda untuk bergabung bersama kami, apakah yang dapat Anda berikan kepada kantor/perusahaan/sekolah sebagai balasannya?)

  1. Are there any certain assets or qualifications about yourself that would be useful to the office/company/school if I/we hire you?

(Adakah aset atau kualifikasi tertentu dari diri Anda yang akan berguna bagi kantor/perusahaan/sekolah apabila saya/kami mempekerjakan Anda?)

  1. I/we know you took a good major during your university days, but what exactly do you know about the industry this office/company is in?

(Saya/kami paham bahwa Anda mengambil jurusan yang baik selama Anda berada di universitas, namun apa tepatnya yang Anda ketahui tentang industri yang digeluti oleh kantor/perusahaan ini?)

  1. I/we have seen that you are an intelligent person so far, based on your answers to questions we have given you. Now, can you tell me/us what is included in your work ethic?

(Saya/kami telah melihat bahwa sejauh ini Anda adalah orang yang cerdas, berdasarkan jawaban-jawaban Anda dari pertanyaan-pertanyaan yang telah kami berikan pada Anda. Sekarang, dapatkah Anda jabarkan kepada saya/kami apa sajakah yang termasuk ke dalam etos kerja Anda?)

  1. You see, I previously have hired several private tutors for my son, but none of them have lasted long for various reasons. As someone applying to be my son’s private tutor, what makes you different from the other candidates as well as from previous tutors?

(Anda lihat, saya sebelumnya telah mempekerjakan beberapa orang guru les pribadi bagi putra saya, namun tak ada satupun dari mereka yang bertahan lama untuk berbagai alasan. Sebagai seseorang yang melamar kerja menjadi guru les pribadi putra saya, apa yang membuat Anda berbeda dari para calon guru les yang lain dan juga para guru les sebelumnya?)

  1. I/we see in your resume, the major you are taking in the university and the position you want in our office/company are slightly different. What I/we want to know is why did you specifically choose the division you wrote in your resume?

(Saya/kami lihat di dalam resume Anda, jurusan yang Anda ambil di universitas dan posisi yang Anda inginkan di kantor/perusahaan kami sedikit berbeda. Yang saya/kami ingin ketahui adalah mengapa Anda secara spesifik memilih divisi yang Anda tulis dalam resume Anda?)

  1. Very well, I have noted that the job as a private tutor you are doing is a part-time job. I wonder… can you work on weekends, in case I need you to teach my son at that time?

(Baiklah, saya telah mencatat bahwa pekerjaan sebagai guru les pribadi yang Anda lakoni ini adalah pekerjaan paruh waktu. Saya ingin tahu… dapatkah Anda bekerja pada akhir pekan, seandainya saya butuh untuk Anda mengajari putra saya di waktu tersebut?)

  1. This office/company sometimes requires its employees to work overtime, especially when the end of the month arrives. If I/we hire you, are you willing to work overtime if asked?

(Kantor/perusahaan ini terkadang mengharuskan para karyawannya untuk bekerja lembur, terutama ketika akhir bulan tiba. Jika saya/kami mempekerjakan Anda, apakah Anda bersedia untuk bekerja lembur bila diminta?)

  1. Let us talk about salary now. If I/we finally decide to hire you, what salary would you like each month to be? And, is there any compensation you want if I/we are late in paying your salary?

(Mari sekarang kita membicarakan tentang gaji. Apabila saya/kami akhirnya memutuskan untuk mempekerjakan Anda, berapakah gaji yang Anda inginkan tiap bulannya? Dan, adakah kompensasi yang Anda inginkan apabila saya/kami terlambat membayarkan gaji Anda?)

  1. The division you want to join is one that requires you to work together with your chief of division and your teammates. Now, are you someone who likes to work with other people, or do your prefer to work independently?

(Divisi yang Anda inginkan untuk bergabung adalah divisi yang mengharuskan Anda bekerja bersama kepala divisi dan teman-teman satu tim Anda. Nah, apakah Anda seseorang yang senang bekerja bersama orang lain, atau apakah Anda lebih suka untuk bekerja secara mandiri?)

  1. Here you stated that you have previously worked in an office/company. Did you bring a reference letter from your former employer, so that I/we can take it into further consideration?

(Di sini Anda mencantumkan bahwa sebelumnya Anda pernah bekerja di suatu kantor/perusahaan. Apakah Anda membawa surat referensi dari atasan Anda yang sebelumnya, untuk bisa saya/kami jadikan bahan pertimbangan lebih lanjut?)

Picture by Edmond Dantès on Pexels

Demikianlah, teman-teman, daftar contoh-contoh pertanyaan dalam Bahasa Inggris ketika akan melakukan suatu wawancara.