Tips Mempercepat Kehamilan Bagi Pasangan Suami-Istri

Memiliki anak atau keturunan adalah salah satu hal yang didambakan oleh pasangan yang menikah – baik yang baru menikah ataupun yang telah lama menikah. Oleh karena itu, kehamilan adalah hal yang sangat dinantikan kehadirannya.

Hamil atau kehamilan adalah istilah untuk menggambarkan atau mendeskripsikan proses berkembangnya janin selama kurang lebih 9 bulan 10 hari di dalam kandungan seorang ibu. Pada umumnya, ketika waktunya masa persalinan tiba, seorang ibu akan melahirkan satu orang anak. Tetapi, tidak jarang kehamilan kembar dapat terjadi. Kehamilan kembar adalah ketika ibu mengandung dan kemudian melahirkan anak kembar.

Proses kehamilan sendiri dimulai dari pembuahan yang melibatkan sel telur wanita dan sel sperma laki-laki yang telah menikah. Setelah mengalami pembuahan dan seorang ibu mulai mengandung janin, janin akan bertumbuh dan akan dilahirkan ke dunia setelah kurang lebih 40 minggu atau 280 hari lamanya.

Dalam periode 40 minggu dimana seorang ibu menjalani masa, masa 3 bulan pertama kehamilan dikenal luas dengan istilah “trimester”. Trimester kehamilan sendiri berlangsung selama 3 bulan dan tahap-tahapnya adalah sebagai berikut:

  • Trimester pertama, berlangsung 0 s/d 13 minggu. Pada masa ini, sistem organ dan struktur tubuh janin mulai berkembang. Periode ini adalah periode yang paling riskan karena potensi terjadinya keguguran atau kecacatan lahir sangat mungkin terjadi. Pada periode ini, para ibu disarankan menjaga tubuh dan kesehatan dengan sebaik mungkin.
  • Trimester kedua, berlangsung 14 s/d 26 minggu. Pada masa ini, tubuh janin dalam kandungan akan terus mengalami perkembangan. Di masa ini juga para ibu biasanya akan mulai bisa merasakan pergerakan janin.
  • Trimester ketiga, berlangsung 27 s/d 40 minggu: janin telah berkembang seutuhnya. Ketika waktunya tiba, janin akan dilahirkan.

Dalam beberapa kasus, ada janin yang bertahan dalam rahim ibunya selama 42 minggu. Tetapi, kondisi ini cukup riskan dan janin harus segera dikeluarkan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan, seperti janin yang menelan air ketuban dalam rahim ibu.

Tips-Tips yang Dapat Dilakukan Pasangan Suami Istri untuk Kehamilan yang Lebih Cepat

Gambar oleh Jonathan Borba di Unsplash

Kehamilan merupakan sebuah anugerah dan sangat dinantikan kehadirannya. Tidak jarang banyak pasangan suami-istri yang harus menunggu bertahun-tahun agar bisa merasakan anugerah ini. Biasanya, kehamilan yang munculnya cukup lama akan menimbulkan kecemasan pada pasangan suami-istri.

Nah, kali ini Xamux akan membagikan beberapa tips yang dapat ditempuh para pasangan suami-istri yang menginginkan kehamilan muncul dalam waktu yang relatif cepat.

Tips ini bisa dilakukan oleh pasangan suami-istri baik yang baru atau telah lama menikah, pasangan yang ingin mendapatkan kehamilan setelah lepas dari alat kontrasepsi, atau karena alasan-alasan lainnya.

  1. Mengenali dan Menandai Masa Subur

Tips pertama untuk kehamilan dalam waktu yang relatif lebih cepat adalah dengan mengenali dan menandai masa subur. Masa subur, terutama pada perempuan, diketahui dari jadwal menstruasinya.

Pada umumnya, seorang perempuan akan berada di masa suburnya dalam kurun waktu 2 hingga 5 hari sebelum terjadinya masa ovulasi (pembuahan). Pada masa ovulasi inilah, pasangan suami-istri yang ingin mendapatkan keturunan melakukan hubungan intim.

Waktu terbaik untuk melakukan hubungan intim agar kehamilan dapat terjadi adalah 2 hari sebelum masa pembuahan dan 12 sampai dengan 16 hari sebelum menstruasi tiba.

  1. Lepaskan Alat Kontrasepsi yang Sedang Digunakan

Tips kedua untuk mendapatkan kehamilan dengan cepat adalah melepaskan alat kontrasepsi yang sedang digunakan.

Alat kontrasepsi umumnya digunakan untuk menjaga jarak kelahiran bayi atau menjarangkan kehamilan pada ibu. Namun, apabila pasangan suami dan istri ingin memiliki keturunan dan sedang menggunakan alat kontrasepsi, akan lebih baik apabila alat kontrasepsi tersebut dilepaskan untuk sementara.

Beberapa alat kontrasepsi, terutama yang sifatnya hormonal, akan membutuhkan waktu untuk bekerja. Oleh karena itu, alat kontrasepsi yang bersifat hormonal sebaiknya dilepaskan dalam kurun waktu 9 bulan sebelum suami dan istri merencanakan kehamilan.

  1. Periksakan Kondisi Kesehatan Suami dan Istri ke Dokter

Tips ketiga untuk kehamilan yang cepat adalah dengan memeriksakan kondisi kesehatan suami dan istri ke dokter.

Memeriksakan kondisi kesehatan, terutama kesuburan suami dan istri, ke dokter adalah salah satu langkah penting sebelum merencanakan kehamilan.

Dokter dapat memberikan saran terbaik tentang apa-apa saja yang dibutuhkan serta harus dihindari oleh suami dan istri yang ingin memiliki keturunan.

Memeriksakan kesehatan dan kesuburan juga akan membantu percepatan penanganan, seandainya ada masalah yang terjadi dengan kesehatan suami atau istri yang bisa menghambat program kehamilan.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Tips keempat agar pasangan suami-istri bisa dengan cepat mendapatkan keturunan adalah dengan mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan.

Ragam makanan yang diketahui dapat meningkatkan kesuburan dan menyehatkan sistem reproduksi antara lain ikan, daging rendah lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Makanan yang juga baik dikonsumsi untuk mempercepat kehamilan adalah makanan yang mengandung mineral seng (zinc) seperti tiram, telur, gandum utuh, dan susu.

  1. Mengonsumsi Asam Folat Secara Rutin dan Teratur

Salah satu asam yang baik bagi para pasangan suami-istri yang menginginkan kehamilan dengan cepat adalah asam folat. Asam folat sendiri sudah sangat dibutuhkan sejak masa persiapan kehamilan, karena janin sejak minggu pertamanya telah membutuhkan asam folat.

Asam folat banyak terdapat di dalam sayuran berdaun hijau dan buah-buahan seperti lobak Cina, bayam, kacang polong, tomat, dan jeruk.

Mengonsumsi asam folat atau makanan yang kaya asam folat akan membantu persiapan kehamilan dan agar janin di dalam kandungan tumbuh maksimal.

  1. Menjaga Berat Badan agar Selalu Seimbang dan Ideal

Tips keenam agar kehamilan bisa datang lebih cepat adalah dengan selalu menjaga dan memerhatikan berat badan agar seimbang serta ideal.

Ini dikarenakan kadar hormon estrogen di dalam tubuh yang penting dalam program kehamilan juga dipengaruhi oleh berat badan. Apabila berat badan kurang seimbang dan ideal, maka kemungkinan kehamilan bisa datang dengan cepat akan menurun.

  1. Menghindari Kebiasaan Merokok

Tips ketujuh yang bisa membantu kehamilan datang lebih cepat adalah dengan menghindarkan diri dari merokok.

Merokok dapat menyebabkan kesuburan, baik pada lelaki maupun perempuan, menurun. Kesuburan yang menurun akan berpengaruh terhadap program kehamilan.

Rokok juga memberi pengaruh buruk terhadap rahim, karena bisa membuat rahim melepaskan sel telurnya secara prematur serta mempengaruhi kualitas sperma.

 

Demikian tips-tips untuk mempercepat kehamilan yang dapat ditempuh bagi para pasangan suami-istri yang ingin memiliki anak.