Akses PDF Lebih Cepat dengan 7 Aplikasi Untuk PDF di Android Ini

PDF adalah salah satu jenis dokumen yang namanya sudah tidak asing lagi di tengah masyarakat, terutama untuk Anda yang sudah bekerja. Banyak orang yang memilih untuk mengirimkan file dalam format PDF karena dokumennya yang lebih rapi dan ukurannya tidak terlalu besar.

Berkat kecanggihan teknologi, mengirim ataupun membuat PDF sekarang juga bisa dilakukan melalui smartphone. Saat ini banyak aplikasi yang dirancang untuk PDF sehingga Anda bisa mengirimkan serta menerima file hanya dalam hitungan detik.

Nah berikut adalah aplikasi untuk PDF di Android terbaik yang bisa Anda coba:

Fast Scanner: Free PDF Scan

Kesulitan untuk scan dokumen karena listrik padam? Tenang saja, Anda bisa mengandalkan Fast Scanner yang mampu mengubah smartphone kesayangan jadi mesin scanner untuk sementara.

Melalui Fast Scanner, Anda bisa scan dokumen kapan saja lalu mengubah tipe dokumennya menjadi PDF ataupun JPEG sesuai kebutuhan. Anda pun bisa menyimpan hasil scan dokumen di smartphone ataupun aplikasi lainnya yang juga bisa membaca dokumen dalam bentuk PDF.

Bukan hanya untuk scan, aplikasi ini juga bisa mengubah suatu tipe dokumen ke dalam bentuk PDF hanya dalam hitungan detik. Tentunya Anda bisa mengirimkan hasil PDF ini dengan mudah ke Google Drive ataupun ke rekan kerja melalui email.

Menariknya lagi, Fast Scanner juga bisa Anda akses melalui laptop, lho! Anda bisa mengunduh Fast Scanner kapan saja di sini

Adobe Acrobat Reader

Adobe bukan hanya menyediakan aplikasi untuk mengedit foto, namun juga aplikasi PDF yang standarnya sudah internasional. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengedit, menandatangani, ataupun sekedar membaca file PDF secara online maupun offline.

Anda pun bisa menggunakan Adobe Acrobat Reader ini untuk berdiskusi bersama teman, seperti menandai bagian PDF tertentu yang perlu diperbaiki melalui sticky notes. Bisa juga Anda menambahkan komen teman yang sudah ada di PDF tersebut.

Adobe Acrobat Reader juga bisa melakukan scan ke beberapa dokumen dan Anda bisa menambahkannya pada PDF yang diedit. PDF pun bisa disimpan kapan saja ke Google Drive sehingga Anda tidak perlu khawatir dokumen akan hilang karena beberapa alasan tak terduga.

Meskipun bisa didapatkan secara gratis, Adobe Acrobat Reader menawarkan berbagai fitur premium yang bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp.225 ribu tiap bulannya. Anda bisa mengunduh Adobe Acrobat Reader di sini.

Foxit PDF Reader Mobile – Edit and Convert

Foxit adalah aplikasi terbaik untuk Anda yang butuh aplikasi PDF gratis. Meskipun gratis, Foxit juga menawarkan berbagai fitur berkualitas di mana Anda bisa mengedit PDF sebanyak apapun yang dimau baik dengan highlight ataupun sticky notes.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah tipe dokumen apapun menjadi PDF hanya dalam hitungan detik, lho! Foxit juga sudah memberikan fitur keamanan terbaik untuk tiap penggunanya sehingga Anda tidak perlu khawatir jika akan ada pihak lain yang bisa mencuri atau menyalahgunakan dokumen yang diunggah ke aplikasi ini.

Foxit juga cocok untuk digunakan bersama rekan kerja, di mana fitur Collaborative memungkinkan Anda memberikan feedback tentang hasil kerja kelompok bersama orang lain. Menariknya lagi, Foxit sudah tersedia dalam 12 bahasa sehingga memudahkan Anda untuk menggunakannya kapan saja!

Jangan lupa jika Anda juga bisa membuat file PDF kapan saja melalui Foxit dan membagikannya juga dengan mudah melalui sosial media maupun email. Anda bisa mengunduh Foxit kapan saja di sini

CamScanner

Sama seperti namanya, CamScanner adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk melakukan scanning terhadap berbagai dokumen maupun foto dalam format PDF. Segala fitur yang disediakan oleh CamScanner pun bisa digunakan secara gratis, sehingga tidak heran jika banyak mahasiswa ataupun pegawai kantoran yang memilih menggunakan CamScanner untuk memotong pengeluaran.

Untuk scanning dokumen pun mudah, di mana Anda hanya perlu mengarahkan kamera pada objek tertentu. Anda juga bisa mengedit hasil scanning tersebut, baik memotong ataupun mengatur tingkat pencahayaan sehingga dokumen bisa terlihat lebih jelas dan mudah dibaca.

Bukan hanya itu, Anda juga bisa menambahkan tulisan maupun gambar pada dokumen yang telah discan tadi melalui tools yang tersedia. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur watermarks agar dokumen Anda tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, ya!

Menariknya lagi, Anda bisa membagikan PDF yang sudah diedit kapan saja melalui email, sosial media, ataupun hanya menyimpannya di Google Drive supaya mudah untuk diakses di kemudian hari. CamScanner bisa Anda unduh di sini.

Librera

Librera adalah aplikasi PDF terbaik berikutnya yang juga sudah digunakan oleh jutaan orang di dunia. Bukan hanya bisa membaca file PDF, Librera juga bisa membaca file lainnya seperti HTML, ODT, XPS, CBZ, CBR, TIFF, PDB, dan banyak lagi.

Selain itu, Librera punya banyak tema yang akan membuat Anda semakin nyaman ketika membaca, bai malam ataupun siang hari. Anda juga bisa menambahkan beberapa pembatas berupa sticky notes sehingga tidak akan lupa lagi di mana terakhir kali berhenti membaca.

Bukan hanya itu, Librera juga memudahkan Anda untuk membaca file PDF di mana saja bahkan bisa membantu membuka file PDF yang terkunci. Anda pun bisa menentukan sendiri posisi ketika membaca, baik horisontal ataupun vertikal

Kabar baiknya, semua fitur yang ditawarkan Librera ini bisa Anda akses secara gratis, lho! Anda bisa mengunduh Librera kapan saja di sini.

DocuSign

Berbeda dengan aplikasi PDF sebelumnya, fokus utama dari DocuSign adalah untuk menandatangani berbagai jenis dokumen secara digital. Banyak orang yang mengandalkan aplikasi ini karena proses penandatanganan dokumen bisa selesai hanya dalam hitungan detik, meskipun Anda tidak berada di kantor. 

Namun perlu Anda ingat jika DocuSign hanya bisa mengirim 5 dokumen saja tiap bulannya. Apabila Anda ingin mendapatkan akses penuh untuk semua fitur DocuSign, maka Anda perlu membayar setidaknya Rp.150 ribu tiap bulannya.

DocuSign tidak hanya bisa menandatangani file berbentuk PDF namun juga jenis file lainnya seperti Word, Excel, bahkan gambar. Tidak masalah kan membayar sedikit namun pekerjaan bisa selesai dalam waktu singkat?

Anda bisa mengunduh DocuSign kapan saja di sini.

Google PDF Viewer

Aplikasi besutan Google ini masih jadi satu kesatuan dengan Google Drive, yang berarti Anda bisa mengubah dokumen menjadi format PDF kapan saja baik dari email ataupun smartphone. Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mencetak, mencari, ataupun membuat salinan dari file PDF yang sudah ada sebelumnya.

Meskipun besutan Google, Anda bisa mengakses aplikasi ini meskipun belum punya akun Google. Selain itu,berbagai fitur yang ditawarkannya pun bisa Anda akses secara gratis kapan saja baik secara online maupun offline.

Anda bisa mengunduh Google PDF Viewer di sini.

Pastinya sudah tidak bingung lagi cara mengakses ataupun membuat PDF setelah tahu aplikasi barusan kan? Yuk segera unduh aplikasi PDF barusan untuk memudahkan urusan pekerjaan!