Aplikasi untuk Membuat Infografis di Android

Bila anda sedang mempersiapkan penelitian maupun persentasi dengan berbagai sumber data akurat, anda pasti juga tengah membutuhkan infografis. Infrografis merupakan representasi dari ribuan data menjadi bentuk visual yang lebih ringkas, padat, dan definitif. Bentuk visual dari data dengan menggunakan infografis tentunya lebih menarik saat penyajian data ataupun presentasi di depan khalayak ramai.

Selain itu, dengan bentuk infografis seperti ini akan lebih mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya. Anda pasti ingin setiap orang yang mendengarkan anda memahami dan berkata “Oh begitu..”, tanpa membutuhkan usaha yang terlalu banyak. Untuk memudahkan pekerjaan anda dalam membuat infografis yang menarik serta mudah dipahami, terdapat beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan serta tidak akan menyita waktu anda.

Infografz

Infografz adalah aplikasi android pertama yang bisa anda gunakan untuk membuat grafik. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana dan cukup mudah untuk digunakan. Tak hanya itu saja, Infografz cukup populer di kalangan para pelajar. Tak perlu diragukan lagi, aplikasi ini tidak memiliki kerumitan yang berarti.

Lebih dari 100 template tersedia untuk anda. Berbagai template ini telah tersedia dalam varian bentuk, warna, dan bidang. Anda tinggal memilih yang sesuai untuk anda tanpa banyak berpikir. Namun, bila anda lebih suka mendesain sendiri milik anda, tentu hal ini bisa dilakukan. Berbagai macam referensi dan ide kreatif anda akan ditampung dalam aplikasi ini bersama dengan para pembuat grafik lainnya.

Infografz tersedia dalam versi android ataupun versi desktop. Bagi anda yang memiliki mobilitas tinggi bisa menginstall aplikasi ini secara langsung dalam smartphone anda dan dapatkan infografis untuk berbagai keperluan anda. Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis. [Download Infografz]

Canva

Canva adalah aplikasi lain yang bisa anda gunakan untuk membuat infografis. Canva sebenarnya bukanlah aplikasi yang benar-benar menyediakan fasilitas untuk membuat infografis, namun salah satu fasilitas di aplikasi ini yaitu untuk membbuat infografis. Dengan berbagai desain yang menarik, anda bisa dapatkan desain infografis dalam waktu singkat.

Anda dapat menyimpan hasil kerja anda dalam bentuk gambar (.jpg) ataupun dalam bentuk PDF. Selain itu, bila anda belum selesai mengerjakan project tersebut, anda dapat menyimpannya di Canva tanpa memakan memori HP. Bila sudah selesai membuat, template akan tersimpan dan sewaktu-waktu bila dibutuhkan bisa anda gunakan kembali.

Setelah selesai dengan keperluan membuat infografis, anda bisa membuat berbagai macam poster, gambar, banner dan lain-lain. Aplikasi ini memang cukup terkenal di antara para Contect Creator. Canva dapat diunduh secara gratis di smartphone android anda. [Download Canva]

Desygner

Desygner adalah aplikasi multifungsi yang juga bisa digunakan untuk membuat infografis. Meski begitu, aplikasi ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk membuat infografis. Berbagai skema, bagan, mind map bisa anda buat hanya dengan beberapa kali pencet dengan menggunakan Desygner. Anda juga bisa menggabungkannya menjadi satu.

Kelebihan lain dari Desygner yaitu anda bisa mengajak rekan anda untuk berkolaborasi melakukan edit infografid bersama walau berbeda tempat. Cukup praktis, bukan? Karena pada awalnya Desygner dibuat untuk para pemula yang non-profesional, aplikasi ini menjadi sangat mudah untuk digunakan serta memiliki tampilan sederhana yang mudah dipahami.

Apabila anda telah selesai menggunakan Desygner untuk membuat infografis, aplikasi ini juga bisa anda gunakan untuk berbagai keperluan lain seperti membuat desain poster, konten instagram, undangan, kartu pos dan lain-lain. Aplikasi ini dapat diunduh dengan gratis dan dapatkan segala kelebihan yang ditawarkannya. [Download Desygner]

Simple Graph Maker

Simple Graph Maker, seperti namanya aplikasi ini dapat membuat grafik dengan mudah. Cara terbaik untuk menyajikan data statistic yaitu menggunakan grafik. Dan dengan aplikasi ini, bisa memudahkan pekerjaan anda. Anda dapat menyoroti berbagai hal penting yang ingin anda sampaikan dengan menggunakan aplikasi ini.

Berbagai fungsi bisa anda lakukan dengan aplikasi ini. Di antaranya seperti menyesuaikan bentuk tampilan, memilih warna dan lain-lain. Satu-satunya kelemahan yang dimiliki aplikasi ini yaitu tidak banyak fitur yang tersedia. Hanya beberapa fitur sederhana saja, namun itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pembuatan grafik anda. [Download Simple Graph Maker]

Mindly

Mindly adalah aplikasi yang sangat baik untuk menuangkan ide-ide dan berbagai pemikiran kreatif anda dalam bentuk sebuah skema yang mudah dipahami oleh orang lain. Apabila selama ini anda cukup kesulitan menyampaikan konsep dari suatu hal yang sedang anda pikirkan kepada orang lain, cobalah aplikasi yang satu ini. Dengan desain interaktif, anda bisa mulai menjelaskan peta konsep dalam pikiran anda dalam bentuk tulisan dan skema yang mudah dipahami orang lain.

Anda dapat menambah berbagai elemen dalam skema yang anda buat. Baik gambar, catatan, grafik dan berbagai hal lain bisa anda masukkan di sini. Mindly tidak akan memutuskan kreatifitas anda dalam setiap konten yang ingin anda tuangkan.

Setelah anda puas dengan hasil kerja yang telah anda buat, anda dapat menyimpannya dalam bentuk PDF ataupun dalam bentuk JPG. Selain itu, anda juga bisa menyimpan hasil kerja anda di Dropbox ataupun penyimpanan internal smartphone anda. Aplikasi Mindly dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. [Download Mindly]

KIWA Infographic

KiWA Infographic adalah aplikasi membuat infografis selanjutnya yang bisa anda gunakan. Aplikasi ini telah tersedia dalam berbagai bahasa termasuk Bahasa Inggris dan Mandarin. Namun, memang disayangkan untuk versi saat ini belum tersedia dalam Bahasa Indonesia.

KIWA Infographic menyediakan berbagai macam fitur untuk menyampaikan infografis yang atraktif dan menarik. Aplikasi ini sangat cocok bila ingin digunakan dalam bidang bisnis, terutama untuk marketing. Sudah banyak template yang tersedia mengenai ekonomi, bisnis dan keuangan. Telah terdapat narasi dalam Bahasa Inggris apabila dirasa perlu untuk memperoleh petunjuk dalam penggunaan aplikasi KIWA Infographic ini.

KIWA Infographics dapat anda unduh secara gratis melalui PlayStore. Bila anda mengalami kesulitan dalam penggunaan aplikasi ini juga terdapat berbagai platform diskusi yang tersedia agar menemukan solusi lebih lanjut. Dalam forum tersebut, KIWA berkolaborasi dengan para konten creator yang siap menjawab segala pertanyaan tentang desain anda. [Download KIWA Infograph]

miMind

Dan yang terakhir aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat infografis yaitu miMind. Dalam aplikasi miMind terdapat sejumlah besar fitur yang ampuh untuk menyajikan berbagai jenis informasi. Salah satunya adalah membuat mind map. Aplikasi ini dibuat khusus untuk tujuan ini.

Dalam aplikasi ini Anda dapat membuat mind map sebanyak yang Anda inginkan. Ukurannya juga bisa berbeda, dari yang hanya memiliki beberapa komponen kecil hingga yang paling canggih dan kompleks. Cabang-cabang mind map dapat diwarnai jika perlu. Ini membantu Anda untuk menyoroti fokus bahasan anda. Kerangka kerja aplikasi juga sangat logis memungkinkan Anda untuk menyajikan semua data dengan cara yang jelas.

Setelah selesai membuat mind map, Anda dapat mengunduhnya di perangkat Anda atau bahkan mencetaknya. Tampilan antarmuka aplikasi ini cukup sederhana dan mudah dipahami. Sehingga pengguna yang tidak memiliki keahlian pun dapat menikmati semua fungsi miMind. Anda dapat mengunduhnya secara gratis. [Download miMind]