Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Bagaimana Melakukan Presentasi Berbahasa Inggris dengan Efektif

General, Writing,

Ketika teman-teman duduk di bangku sekolah, perguruan tinggi, ketika teman-teman bekerja, teman-teman barangkali pernah diminta untuk melakukan suatu presentasi dimana teman-teman harus bertatapan langsung dengan para audiens.

Presentasi atau “presentation” dalam bahasa Inggris sendiri merupakan kegiatan dimana seseorang memaparkan suatu materi atau produk yang sebelumnya telah ditentukan di hadapan banyak orang. Tujuan lain dari presentasi yaitu agar audiens atau orang-orang yang menyimak dan termotivasi oleh apa yang kita paparkan.

Karena berhadapan dengan banyak orang untuk menyampaikan sebuah informasi, presentasi bisa dibilang merupakan salah satu bentuk dari komunikasi.

Karena merupakan salah satu bentuk komunikasi, presentasi dilakukan secara oral dan dapat dilakukan dalam berbagai macam bahasa, termasuk presentasi menggunakan bahasa Inggris.

Kiat-Kiat dan Trik Melakukan Presentasi dalam Bahasa Inggris (Tips and Tricks on How to Do a Presentation in English)

Presentasi dalam bahasa Inggris termasuk yang paling banyak digunakan, karena bahasa Inggris merupakan bahasa internasional dan dapat menjangkau orang-orang dari seluruh dunia.

Oleh karena itu, penting bagi kita mengetahui bagaimana melakukan presentasi dengan baik dan lancar ketika kita berbicara menggunakan bahasa Inggris.

Tentunya cenderung tidak mudah bagi kita mempersiapkan diri untuk melakukan presentasi, terlebih lagi menggunakan bahasa Inggris. Rasa cemas dan gugup juga pasti muncul, terutama apabila hari kita melakukan presentasi semakin dekat.

Tapi, kita bisa mengatasi tantangan-tantangan yang ada apabila kita mengetahui kiat-kiat berpresentasi mengunakan bahasa Inggris. Mari kita simak beberapa kiat dan trik melakukan presentasi dalam bahasa Inggris di bawah ini.

Gambar oleh Teemu Paananen di Unsplash

A. Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Presentasi (Preparation That Needs to be Done Before Presentation)

Langkah pertama sebelum kita melakukan presentasi dalam bahasa Inggris adalah melakukan beberapa persiapan yang termasuk kategori esensial. Apa yang harus kita lakukan di sini?

Di bagian ini yang perlu kita lakukan antara lain:

  1. Merumuskan pembahasan topik. Ketika kita akan pergi berperang, tentunya kita tidak lupa membawa senjata beserta pelurunya. Nah, dalam hal ini, peluru yang dimaksud adalah pembahasan topik yang telah dirumuskan dengan baik sebelumnya. Dengan begitu, topik yang akan kita presentasikan tidak akan melenceng (off topic).
  2. Berlatih melakukan presentasi. Dalam melakukan presentasi berbahasa Inggris, tentunya latihan harus diperlukan. Dengan latihan, kita akan semakin lancar dalam melakukan presentasi dan juga menguasai kata-kata serta tata bahasa Inggris yang baik di kala melakukan presentasi. Trik untuk ini adalah kita bisa berlatih membacakan presentasi teman-teman di depan cermin. Jadi, anggaplah pantulan diri di cermin adalah audiens yang akan menyimak presentasi kita.
  3. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Presentasi akan berantakan apabila kita, sang presentator, tidak menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh sebelum melakukan presentasi. Makan yang teratur serta tidur yang cukup akan membantu kita melakukan presentasi dengan lebih baik.

B. Kiat-Kiat dan Trik yang Perlu Dilakukan Saat Presentasi Berlangsung (Tips and Tricks That Needs to be Done When a Presentation is Taking Place)

Setelah melakukan persiapan yang diperlukan sebelum presentasi, berikutnya adalah kiat-kiat yang dilakukan ketika presentasi sedang berlangsung. Beberapa kiat dan trik yang bisa dilakukan untuk tahap ini adalah:

  1. Menyalami audiens dengan salam pembuka yang baik dan bersahabat. Trik pertama untuk presentasi berbahasa Inggris yang menarik minat audiens adalah dengan menyapa mereka menggunakan salam berbahasa Inggris yang baik dan memberi kesan ramah. Contoh salam pembuka yang dapat kita gunakan antara lain:
  • Good morning, dearest audience. Thank you very much for your consideration in coming to my presentation today.

(Selamat pagi, para hadirin sekalian. Terima kasih banyak atas kesediaan Anda sekalian untuk hadir dalam presentasi saya hari ini.)

  • Assalamualaikum Wr. Wb. and good morning to all the audience in this room. I am extremely glad to see that you all are healthy and well today.

(Assalamualaikum Wr. Wb. Dan selamat pagi kepada seluruh hadirin yang ada di ruangan ini. Saya benar-benar senang Anda sekalian sehat dan baik-baik saja hari ini.)

  1. Memperkenalkan diri kita sebagai presentator dan topik yang kita bawakan. Penting bagi para audiens untuk mengetahui siapa yang akan memaparkan presentasi dan apa yang akan dipresentasikan. Oleh karena itu, kita harus memperkenalkan diri kita sebagai presentator dengan baik. Contoh kalimat dalam bahasa Inggris untuk memperkenalkan diri sebagai presentator adalah:
  • Allow me to introduce us as the presentators for today. My name is…. and this is my partner, his/her name is… our presentation topic for today is about…

(Izinkan saya memperkenalkan diri kami sebagai presentator untuk hari ini. Nama saya adalah… dan ini rekan saya, namanya adalah… topik dari presentasi kami untuk hari ini adalah mengenai…)

  • First thing first, I will introduce myself to the audience. My name is…. and I am the representative of….

(Pertama-tama, saya akan memperkenalkan diri saya kepada audiens sekalian. Nama saya adalah… dan saya merupakan perwakilan dari…)

  1. Jaga kontak mata dengan audiens selama presentasi berlangsung. Ketika kita membawakan materi presentasi, adalah penting untuk selalu menjaga kontak mata dengan audiens agar presentasi kita semakin meyakinkan. Trik untuk poin ini adalah kita bisa pertama-tama memfokuskan titik pandang ke salah satu audiens, lalu pelan-pelan kita perlebar jangkauan kontak mata kita hingga kita bisa saling melakukan kontak mata dengan audiens lainnya.
  2. Janganlah lupa untuk tersenyum kepada audiens. Jangan salah, tersenyum kepada audiens selama kita melakukan presentasi akan menjadi nilai tambah yang baik. Audiens akan semakin percaya dengan kita dan presentasi yang kita paparkan akan semakin terlihat meyakinkan di mata mereka, terutama jika kita mempresentasikan materi kita menggunakan bahasa Inggris.
  3. Percaya diri saat melakukan presentasi. Yang terakhir yang perlu diketahui saat memaparkan presentasi adalah kita harus percaya diri dan yakin bahwa apa yang kita paparkan akan menarik minat audiens dan topik yang kita bawakan benar adanya.
  4. Akhiri presentasi dengan penutup yang baik dan kuat. Sama seperti ketika kita memulai presentasi, akhiri presentasi dengan ucapan penutup yang baik. Ucapan penutup yang baik akan meninggalkan impresi yang kuat di hati dan ingatan audiens.

Itulah beberapa kiat dan trik dalam melakukan presentasi menggunakan bahasa Inggris.