Contoh Kata Kerja Sehari-Hari dalam Bahasa Inggris dan Penggunaannya

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, kata kerja atau verbs merujuk pada kata-kata yang digunakan untuk menyatakan atau menegaskan tindakan, pengalaman, dan keberadaan. Kata kerja digunakan untuk membantu agar kalimat yang kita gunakan menjadi runtut dan mudah dipahami.

Ada beberapa jenis kata kerja Bahasa Inggris yang baik untuk kita ketahui, yaitu:

  • Kata kerja utama (main verbs).
  • Kata kerja bantu (auxiliary verbs).
  • Kata kerja yang memiliki subyek (finite verbs).
  • Kata kerja penghubung (linking or connecting verbs).
  • Kata kerja yang memerlukan satu atau lebih obyek (transitive verbs).
  • Kata kerja yang tidak membutuhkan obyek (intransitive verbs).
  • Kata kerja yang beraturan (regular verbs).
  • Kata kerja yang tidak beraturan (irregular verbs).

Saat menggunakan suatu kata kerja, aturan utama yang harus kita ingat adalah kata kerja terikat erat dengan subyek yang biasanya ada pada awal kalimat.

  • Subyek tunggal: tambahkan akhiran –s atau –es pada akhir kata kerja. Contoh: Ty walks from his dorm to the university building every morning (Ty berjalan dari asrama ke gedung universitasnya setiap pagi).
  • Subyek jamak: tidak perlu menambahkan akhiran apapun (-s/-es). Contoh: they laugh so hard because the comedy show is too funny for them (mereka tertawa sangat keras karena acara komedi itu terlalu lucu untuk mereka).
Picture by Scott Graham on Unsplash

Contoh Kata Kerja dan Penggunaannya dalam Kalimat-Kalimat Bahasa Inggris (Verbs Examples and How to Use Them in English Sentences)

Dalam artikel kita kali ini, secara khusus kita akan membahas dan mempelajari ragam kata kerja dan bagaimana kata-kata kerja itu digunakan dalam kalimat berbahasa Inggris.

  1. Accept: menerima, menyambut

Jason tries to accept the fact that the capital needed to open a hot dog shop is still insufficient.

 (Jason mencoba menerima fakta bahwa modal yang dibutuhkan untuk membuka kedai roti sosis masih belum mencukupi).

  1. Announce: mengumumkan, memberitahukan

After delaying it for a while, Patricia decides to announce her pregnancy at Dave’s birthday party tomorrow, as well as giving her husband a special surprise.

(Setelah menunda selama beberapa lama, Patricia memutuskan untuk mengumumkan kehamilan pada pesta ulang tahun Dave besok, sekaligus memberi suaminya itu kejutan istimewa.)

  1. Beg: memohon, mengemis, meminta

Christina knows that Erin knows her dark secret. Therefore, she begs Erin to keep her mouth shut and not say anything at the trial in the next two days.

(Christina tahu Erin mengetahui rahasia gelapnya. Karena itu, dia memohon agar Erin menutup mulutnya dan tidak mengatakan apa-apa dalam persidangan dua hari lagi.)

  1. Bring: membawa, mengantar

Ethan and his mother bring a plate of apple pie to their nearest neighbor, Dr. Bustamante, as a sign of their introduction as the man’s new neighbor and so that in the future they can have a good relationship between neighbors.

(Ethan dan ibunya membawa sepiring kue pai apel kepada tetangga terdekat mereka, Dr. Bustamante, sebagai tanda perkenalan mereka sebagai tetangga baru dari lelaki itu dan agar supaya di masa depan mereka bisa memiliki hubungan antar tetangga yang baik.)

  1. Catch: menangkap, menyergap, mengatur (napas)

Due to the seemingly imperfect position of the microphone, the listeners cannot catch what the radio announcer is saying.

(Karena posisi mikrofon yang sepertinya kurang sempurna, para pendengar tidak dapat menangkap apa yang penyiar radio itu katakan.)

  1. Cook: memasak

The hardest thing about living alone is sometimes you are lazy to cook for yourself and you want to eat the food cooked by your mother instead.

(Hal tersulit dari hidup sendiri adalah terkadang kau malas memasak untuk dirimu sendiri dan kau malah ingin memakan masakan yang dimasak oleh ibumu.)

  1. Deliver: mengantarkan

The job of a package delivery is to deliver various kinds of packages and ensure all those packages are received by the right recipient.

(Pekerjaan seorang pengantar paket adalah mengantarkan berbagai macam paket dan memastikan semua paket tersebut diterima oleh penerima yang benar.)

  1. Drop: menjatuhkan, menurunkan

Before they drive to Solo, they first stop in Salatiga to drop some cargo at one of the supermarkets there.

(Sebelum mereka berkendara ke Solo, mereka terlebih dahulu berhenti di Salatiga untuk menurunkan beberapa muatan di salah satu swalayan di sana.)

  1. Explain: menjelaskan, menerangkan, memaparkan

In the end, Katie gives up and does not try to explain to all the elders there about the differences between their generation and her generation.

(Pada akhirnya, Katie menyerah dan tidak lagi mencoba menjelaskan kepada para orang tua itu tentang perbedaan antara generasi mereka dan generasinya.)

  1. Fly: terbang atau menerbangkan, melayang

Instead of having to fly by plane, Liz and Jim decide to drive their own car from Amarillo to Philadelphia with their dog, because the dog is so afraid of height.

(Daripada harus terbang dengan pesawat, Liz dan Jim memutuskan untuk mengendarai mobil mereka sendiri dari Amarillo ke Philadelphia bersama anjing mereka, karena anjing itu sangat takut akan ketinggian.)

  1. Give: memberi, menyerahkan

The first rule I learn as a receptionist in this office is that I cannot give any of my colleagues’ and my personal information, including our personal cell phone numbers, to clients.

(Aturan pertama yang kupelajari sebagai seorang resepsionis di kantor ini adalah aku tidak boleh memberikan informasi pribadiku dan teman-teman sekantorku, termasuk nomor ponsel pribadi kami, kepada para klien.)

  1. Hide: bersembunyi, menyembunyikan

If I have to speak the truth, the problems you have will never be resolved if you hide and shut your doors tightly from the world. My grandfather always said to face our problems like a brave knight.

(Kalau aku harus bicara jujur, semua masalah yang kau punya takkan pernah selesai kalau kau bersembunyi dan menutup semua pintumu rapat-rapat dari dunia. Kakekku selalu bilang untuk menghadapi masalah-masalah kita seperti seorang ksatria yang berani.)

  1. Ignore: mengabaikan, mengesampingkan

Despite being warned not to open the display cabinet in the corner of the living room, Weni simply ignores the warning. As a result, when she opens the cabinet, books start to fall and one of them hit Weni’s head.

(Walaupun sudah diperingatkan agar tidak membuka lemari buku yang ada di pojok ruang tamu, Weni hanya mengabaikan peringatan itu. Sebagai hasilnya, ketika dia membuka lemari itu, buku-buku mulai berjatuhan dan salah satunya menimpa kepala Weni.)

  1. Jump: melompat

Do not rush and immediately jump into conclusions, Vian! You must listen carefully to the case before you state your opinion.

(Jangan terburu-buru dan langsung melompat pada kesimpulan, Vian! Kau harus mendengarkan baik-baik duduk perkaranya sebelum kau menyatakan pendapatmu.)

  1. Kick: menendang, menyepak

One of the happiest feelings that a pregnant woman feels is when the baby inside her womb kicks for the first time.

(Salah satu perasaan paling membahagiakan yang dirasakan seorang wanita yang tengah mengandung adalah ketika bayi di dalam rahimnya menendang untuk pertama kali.)

  1. Laugh: tertawa, tergelak

One of the things that makes Evelyn looks cute in Adam’s eyes is when she laughs, her eyes will look like two curved lines that make them look like they are smiling.

(Salah satu hal yang membuat Evelyn terlihat manis di mata Adam adalah ketika dia tertawa, kedua matanya akan terlihat seperti dua garis melekuk yang membuat sepasang mata itu terlihat seperti sedang tersenyum.)

  1. Mix: mencampur, membaurkan

To make a delicious cake, we have to mix all the ingredients properly and evenly. Do not forget to measure the exact ingredients of the cake that we will use.

(Untuk membuat kue yang lezat, kita harus mencampur semua bahan dengan benar dan merata. Jangan lupa untuk mengukur dengan tepat bahan-bahan kue yang akan kita gunakan.)

  1. Need: memerlukan, membutuhkan

Sometimes, the lecturers cannot work alone. Therefore, they need assistants who are ready to assist them and, if necessary, replace them teaching in various classes.

(Terkadang, para dosen tidak dapat bekerja sendirian. Oleh sebab itu, mereka membutuhkan asisten yang siap membantu mereka dan, jika diperlukan, menggantikan mereka mengajar di kelas-kelas.)

  1. Offer: menawarkan, memberikan

Tabitha offers something that surprised Yara: Tabitha wants to work together with her and start a shop that sells various beauty products.

(Tabitha menawarkan sesuatu yang membuat Yara terkejut: Tabitha ingin bekerja bersama dengannya dan memulai sebuah toko yang menjual beragam produk kecantikan.)

  1. Practice: berlatih

Kirana practices perfecting her speech almost every day as she is her school’s representative for next month’s speech contest.

(Kirana berlatih menyempurnakan pidatonya hampir setiap hari karena dia merupakan perwakilan sekolahnya pada lomba pidato bulan depan.)

  1. Quit: keluar, berhenti

If you still want to deal with that greedy Mr. Harrison, from now on that is your business! I will no longer help you taking care of those dirty works for him. I quit this job and I will rebuild my life!

(Jika kau masih ingin berurusan dengan Tn. Harrison yang serakah itu, mulai sekarang itu jadi urusanmu! Aku tidak akan lagi membantumu mengerjakan semua pekerjaan kotor itu untuknya. Aku berhenti dari pekerjaan ini dan akan kubangun kembali hidupku!)

  1. Remember: mengingat, mengenang

Every time she saw an alley in the street, Raline would immediately scream. Alleys make Raline remember bad times when she was the victim of bullying by several of her seniors years ago.

(Setiap kali melihat lorong yang ada di jalanan, Raline akan langsung berteriak. Lorong-lorong membuat Raline mengingat saat-saat buruk ketika dia menjadi korban perundungan oleh beberapa orang kakak kelasnya bertahun-tahun yang lalu.)

  1. Speak: berbicara

Not many people know that apart from mastering English as a foreign language, Rahayu can speak Mandarin, Japanese, Dutch, and also German.

(Tidak banyak orang yang tahu bahwa selain menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa asing, Rahayu dapat berbicara menggunakan Bahasa Mandarin, Bahasa Jepang, Bahasa Belanda, dan juga Bahasa Jerman.)

  1. Taste: merasakan, mencicipi

Tamara is happy to be appointed as one of the judges for a cooking competition in her city. It means she can taste a wide variety of dishes made in the competition.

(Tamara merasa senang ditunjuk menjadi salah satu juri pada kompetisi memasak di kotanya. Ini artinya dia dapat mencicipi beragam masakan yang dibuat dalam kompetisi tersebut.)

  1. Use: menggunakan, memakai

Neil is known to many people for his skill to count very quickly. Because of that, he often uses that skill especially when he has to face math exams.

(Neil dikenal banyak orang di sekolah akan keahliannya berhitung dengan sangat cepat. Karena itu, dia sering menggunakan keahliannya terutama ketika dia harus menghadapi ujian matematika.)

  1. Violate: melanggar, menyalahi

Rhiannon tries very hard not to violate all the rules in her work contract, because she wants to be seen as a good, rule-abiding employee.

(Rhiannon berusaha sangat keras untuk tidak melanggar semua aturan dalam kontrak kerjanya, karena dia ingin dilihat sebagai karyawan yang baik dan taat pada peraturan.)

  1. Watch: menonton, mengamati, mengawasi, menyaksikan

Ro, my dog, is a good farm dog and she often helps my father watch the grazing sheep in the afternoons. My father loves Ro very much and he even says that Ro is his best friend.

(Ro, anjingku, adalah anjing peternakan yang baik dan dia sering membantu ayahku mengawasi para domba merumput di sore hari. Ayahku sangat menyayangi Ro dan beliau bahkan berkata bahwa Ro adalah sahabatnya.)

Picture by David Travis on Unsplash

Demikian penggunaan kata-kata kerja dalam Bahasa Inggris dalam berbagai macam contoh kalimat.