Contoh Surat Keterangan Kerja Menggunakan Bahasa Inggris

Ketika kita akan melamar suatu pekerjaan atau telah memiliki pekerjaan namun tidak disangka kita harus pindah karena satu dan lain hal, ataupun ada sesuatu yang lain, ada banyak dokumen yang harus kita persiapkan. Salah satu dokumen tersebut adalah surat keterangan kerja.

Surat keterangan kerja atau surat referensi kerja (work reference letter dalam Bahasa Inggris) adalah surat yang memuat keterangan atau informasi tentang seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan atau kantor. Surat keterangan kerja juga memuat informasi tentang seseorang yang terkait dengan sebuah perusahaan atau kantor atau ketika seseorang akan melamar kerja.

Pada umumnya, orang yang membutuhkan surat ini harus meminta kepada pihak kedua untuk membuatkannya, agar bisa diserahkan kepada pihak ketiga (atasan atau bagian sumber daya manusia sebuah tempat kerja).

Jadi, surat keterangan kerja ini tidak bisa kita buat sendiri, karena surat ini merupakan surat yang bersifat resmi serta legal.

Contoh-Contoh Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris (Examples of Reference Letters in English)

Picture by Cytonn Photography on Pexels

Setelah kita mengetahui apa pengertian dari surat keterangan kerja, kita akan mempelajari contoh-contoh surat keterangan kerja dalam Bahasa Inggris melalui beberapa contoh surat keterangan kerja di bawah ini.

Contoh Surat Keterangan Kerja 1

Daphne Wellington

78 Sunstory St.

New Haven, Connecticut 06510

203-946-8765

daphnewellington@hallmarkmagazine.co.net

August 20, 2021

James Miller

Head Editor

Savannah Photography Magazine

657 Yule Avenue

New Haven, Connecticut 06510

Dear Mr. Miller,

Through this letter, I am happy to recommend to you someone who has the potential to occupy the position of junior editor at your magazine.

The name of the person I recommend is Paul Kendall. He is one of the interns at my office. Since his internship program is about to end, Paul is planning to apply for a job at your magazine. When he found out that you were actually looking for a junior editor, he asked me for help and that is why I am writing this reference letter.

Paul is an intern who is dedicated to his job. As an editor, he has a broad knowledge regarding editing, which makes me personally very impressed, as the editor-in-chief. Paul can be very reliable because he works fast and can meet deadlines.

During his time as an intern at my magazine, Paul was friendly, courteous, and easy to get along with everyone, including his superiors. The combination of his ability to work as expected and being able to work well with his colleagues gave my magazine a tremendous improvement in editing.

Therefore, I firmly believe in my recommendation that Paul will be a valuable employee for your magazine. If you want to talk more about my experience working with Paul, you can contact me at 203-946-8765 or my email address daphnewellington@hallmarkmagazine.co.net.

Best regards, Daphne Wellington

Editor-in-chief, Hallmark Magazine

(Daphne Wellington

Jl. Sunstory No. 78

New Haven, Connecticut 06510

203-946-8765

daphnewellington@hallmarkmagazine.co.net

20 Agustus, 2021

James Miller

Editor Kepala

Majalah Fotografi Savannah

Jalan Raya Yule No. 756

New Haven, Connecticut 06510

Yang terhormat Tn. Miller,

Melalui surat ini, saya dengan senang hati merekomendasikan kepada Anda seseorang yang memiliki potensi untuk menempati posisi editor junior di majalah Anda.

Nama dari orang yang saya rekomendasikan adalah Paul Kendall. Paul merupakan salah satu karyawan magang yang ada di kantor saya. Karena program magangnya sebentar lagi akan selesai, dia berencana melamar pekerjaan di majalah Anda. Ketika dia mengetahui bahwa Anda kebetulan sedang mencari editor junior, dia meminta bantuan saya dan itulah mengapa saya menulis surat referensi ini.

Paul adalah karyawan magang yang berdedikasi terhadap pekerjaanya. Sebagai seorang editor, banyak sekali pengetahuan yang dimilikinya tentang penyuntingan, yang membuat saya pribadi sebagai kepala editor sangat kagum. Paul sangat bisa diandalkan karena dia bekerja dengan cepat dan dapat memenuhi tenggat waktu.

Selama menjadi karyawan magang di majalah saya, Paul adalah karyawan yang ramah, sopan, dan mudah bergaul dengan siapa saja, termasuk dengan para atasan. Kombinasi dari kemampuannya bekerja sesuai ekspektasi dan dapat bekerja sama dengan baik dengan para koleganya membuat majalah saya mengalami peningkatan yang luar biasa dari segi penyuntingan.

Oleh karena itu, saya sangat yakin dengan rekomendasi saya bahwa Paul akan menjadi karyawan yang berharga bagi majalah Anda. Apabila Anda ingin berbicara lebih lanjut tentang pengalaman saya bekerja bersama Paul, Anda dapat menghubungi nomor telepon saya 203-946-8765 atau Anda juga dapat menghubungi alamat surel saya berikut ini : daphnewellington@hallmarkmagazine.co.net.

Salam, Daphne Wellington

Editor Kepala, Majalah Hallmark)

Contoh Surat Keterangan Kerja 2

Camilla Pereira

Headmistress of Renegade All-Girls School

189 Ashwood Road

Kingston upon Thames, Surrey, England KT1

020 8547 6320

Dear Headmistress Pereira,

It is an honor for me write you this letter of reference regarding Ms. Alisha Cooper, who is a Physics teacher and has worked directly with me.

Miss Cooper has recently moved from London to Surrey and is looking for work as a Physics teacher at a school, primarily in the Kingston upon Thames area. Because we happen to know each other, I try to recommend Miss Cooper to you.

Allow me to describe Miss Cooper a little bit as a teacher and as an individual. As a teacher, Miss Cooper has a broad knowledge not only about Physics, but also about other things. She has a quite unique but effective way of teaching that works well.

As an individual, Miss Cooper’s personality is very pleasant. She is able to quickly get along with the students as well as with her colleagues. I am personally amazed by this ability of hers, because not many teacher can quickly adapt to their new teaching environment.

Finally, Miss Cooper managed to prove that she is a Physics teacher with good abilities and a pleasant personality. And, I strongly believe that Miss Cooper will be a valuable asset to your school and be able to work well with you and your school, just as she worked with mine. You can contact me at 020 786 5133 or sarahpaxton@londoncitymail.net if you have further questions regarding Miss Cooper. Thank you so much for taking your time to read my reference letter.

Best regards, Sarah Paxton

Headmistress of Queen Anne All-Girls School

607 Pinewood Road

London, England WC1

020 786 5133

(Camilla Pereira

Kepala Sekolah Khusus Anak-Anak Perempuan Renegade

Jalan Raya Ashwood No. 189

Kingston upon Thames, Surrey, Inggris KT1

020 8547 6320

Kepala Sekolah Pereira yang terhormat,

Adalah suatu kehormatan bagi saya menuliskan surat referensi ini kepada Anda tentang Nona Alisha Cooper, yang merupakan seorang guru Fisika dan pernah bekerja sama secara langsung dengan saya.

Nona Cooper baru saja pindah dari London ke Surrey dan sedang mencari pekerjaan sebagai guru Fisika di sebuah sekolah, terutama di kawasan Kingston upon Thames. Karena kebetulan kita saling mengenal satu sama lain, saya mencoba merekomendasikan Nona Cooper kepada Anda.

Izinkan saya sedikit mendeskripsikan Nona Cooper sebagai seorang guru dan seorang individu. Sebagai seorang guru, Nona Cooper memiliki wawasan yang luas tidak hanya tentang Fisika namun juga tentang hal-hal lainnya. Dia memiliki cara mengajar yang cukup unik namun efektif dan bekerja dengan baik.

Sebagai seorang individu, kepribadian Nona Cooper sangatlah menyenangkan. Dia bisa dengan cepat bergaul dengan para murid dan juga dengan para kolega. Saya pribadi kagum dengan kemampuannya ini, karena tidak banyak guru yang bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan mengajarnya yang baru.

Akhirnya, Nona Cooper berhasil membuktikan bahwa dirinya adalah seorang guru Fisika dengan kemampuan yang baik dan kepribadian yang menyenangkan. Dan, saya sangat percaya bahwa Nona Cooper akan menjadi aset yang berharga bagi Anda dan sekolah Anda, sama seperti ketika dia bekerja dengan sekolah saya. Anda dapat menghubungi saya di nomor 020 786 5133 atau sarahpaxton@londoncitymail.net apabila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai Nona Cooper. Terima kasih banyak atas waktu yang Anda luangkan untuk membaca surat referensi ini.

Hormat saya, Sarah Paxton

Kepala Sekolah Khusus Anak-Anak Perempuan Ratu Anne

Jalan Raya Pinewood No. 607

London, Inggris WC1

020 786 5133)

Contoh Surat Keterangan Kerja 3

Work Reference Letter

Number: 010/ABC-DE/SKK/2021

The undersigned is the principal of SMPN 3 Surakarta stating that:

Name: Ajeng Kartika Dewi

Date and place of birth: Surakarta, June 18, 1993

Address: Jl. Ahmad Yani No. 17A RT. 002 RW.004, Surakarta

Is TRUE is a teacher at SMPN 3 Surakarta who has been working since January 1, 2016 as an English teacher.

This reference letter is made as a companion letter for the person concerned to get a PCR test before leaving for Surabaya to attend a national seminar for teachers throughout Indonesia and it is expected that this letter will be used as well as possible.

Surakarta, August 20, 2021

Hardi Saputra, S.Pd., M.Pd

Principal of SMPN 3 Surakata

(Surat Keterangan Kerja

Nomor: 010/ABC-DE/SKK/2021

Yang bertanda tangan di bawah ini adalah kepala sekolah SMPN 3 Surakarta menyatakan bahwa:

Nama: Ajeng Kartika Dewi

Tanggal dan tempat lahir: Surakarta, 18 Juni 1993

Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 17A RT. 002 RW. 004, Surakarta

Adalah BENAR merupakan guru di SMPN 3 Surakarta yang telah bekerja sejak tanggal 01 Januari, 2016 sebagai guru Bahasa Inggris.

Surat keterangan ini dibuat sebagai surat pendamping untuk yang bersangkutan mendapatkan tes PCR sebelum berangkat ke Surabaya untuk menghadiri seminar nasional guru se-Indonesia dan diharapkan agar surat ini digunakan dengan sebaik-baiknya.

Surakarta, 20 Agustus 2021

Hardi Saputra, S.Pd., M.Pd

Kepala Sekolah SMPN 3 Surakarta)

Contoh Surat Keterangan Kerja 4

DEFR Bank Main Office

Jl. Ahmad Dahlan No. 89, Solo

(0271) 687113

Subject: work reference letter

To. DEFR Bank Branch Manager Solo City

Dear Branch Manager,

I, the undersigned below:

Name: Rubiyah Gunawan

Position: President Director of DEFR Bank

Stated that the person concerned below:

Name: Jaka Supriadi

Position: Finance Staff

ID Card Number: 7711 0876 8651 0001

Address: Jl. Sriwiyaya No. 22E, Solo

Is true is an employee who works at DEFR Bank on Jl. Ahmad Dahlan No. 89, Solo and has been working at this bank since February 2, 2017 and has also been counted as a permanent employee.

This work reference letter is made as one of the requirements for opening an international bank account of the person concerned and it is hoped that this letter can become a valid evidence.

Solo, August 20, 2021

Rubiyah Gunawan

President Director of DEFR Bank

(Kantor Pusat Bank DEFR

Jl. Ahmad Dahlan No. 89, Solo

(0271) 687113

Kepada Kepala Cabang Bank DEFR Kota Solo

Bapak Kepala Cabang yang terhormat,

Saya, yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Rubiyah Gunawan

Jabatan: Presiden Direktur Bank DEFR

Menyatakan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama: Jaka Supriadi

Jabatan: Staf Keuangan

No. KTP: 7711 0876 8651 0001

Alamat: Jl. Sriwijaya No. 22E, Solo

Adalah benar merupakan karyawan yang bekerja di Bank DEFR di Jl. Ahmad Dahlan No. 89, Solo dan telah bekerja di bank ini sejak tanggal 02 Februari, 2017 serta telah terhitung sebagai karyawan tetap.

Surat keterangan kerja ini dibuat sebagai salah satu persyaratan pembukaan rekening bank internasional dari orang yang bersangkutan dan diharapkan agar surat ini dapat menjadi bukti yang sah.

Solo, 20 Agustus 2021

Rubiyah Gunawan

Direktur Utama Bank DEFR)

Picture by Andrea Piacquadio on Pexels

Itulah beberapa contoh surat keterangan kerja menggunakan Bahasa Inggris. Semoga contoh-contoh surat keterangan kerja di atas dapat membantu teman-teman dalam proses mempelajari pembuatan surat keterangan kerja dalam Bahasa Inggris.