Daftar Kata Benda Bahasa Inggris

Dalam Bahasa Inggris tentu saja kita mengenal yang namanya kata benda atau yang sering disebut juga sebagai noun dalam Bahasa Inggris. Kata benda bisa berarti nama orang, nama tempat, atau lainnya. Ketika sedang belajar Bahasa Inggris maka kita wajib tahu apa saja kata benda. Manfaat belajar dan menghapal kata benda ini adalah bisa memperbanyak kosakata kita sehingga lebih mudah membuat kita berbicara menggunakan Bahasa Inggris sehari-hari. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi penting kepada anda mengenai daftar keta benda bahasa Inggris terlengkap. Pastikan anda menyimaknya hingga akhir!

 

Kata Benda dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Sebelum mengajak anda untuk mengetahui apa saja datar kata benda dalam Bahasa Inggris, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu terlebih dulu bagaimana pembagian dari kata benda atau noun di dalam Bahasa Inggris. Simak penjelasannya di bawah ini ya:

Kata benda berwujud (Concrete noun)

Kata benda atau noun di dalam Bahasa Inggris sendiri terbagi menjadi dua, pembagian kata benda yang pertama adalah kata benda berwujud atau yang di dalam Bahasa Inggris disebut sebagai concrete noun. Kata benda yang satu ini menggambarkan kata benda yang mempunyai wujud yang bisa dilihat dan bisa diraba. Kata benda jenis ini sendiri terbagi menjadi 4 kelompok yang bisa anda pahami dengan membaca penjelasan di bawah ini:

  • Kata benda umum (common noun)

Kata benda yang pertama adalah kata benda umum atau yang sering dikenal sebagai common noun. Kata benda umum ini menjelaskan benda secara umum. Jadi yang dimaksud disini adalah kata benda ini merupakan kata benda yang tidak tertentu atau tidak spesifik. Sebagai contohnya saja adalah smartphone atau ponsel pintar, driver atau sopir, book atau buku, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Kata benda material (material noun)

Jenis kata benda berwujud yang kedua disebut juga sebagai kata benda material atau material noun. Material Noun ini merupakan kata benda yang menjelaskan benda yang terbentuk tanpa adanya campur tangan manusia atau lebih tepatnya bisa disebut sebagai bentukan alam. Contohnya adalah air (udara), water (air), diamond (berlian), dan masih banyak lagi jenis material yang lainnya.

  • Kata benda nama diri (proper noun)

Lalu jenis kata benda yang ketiga adalah kata benda nama diri atau yang dikenal sebagai proper noun dalam Bahasa Inggris. Proper noun ini menjelaskan mengenai nama dari seseorang atau tempat secara spesifik. Sebagai contohnya adalah Ani sebagai nama orang, atau Japan sebagai nama tempat atau negara.

  • Kata benda kolektif (collective noun)

Jenis kata benda (noun) berwujud yang keempat adalah kata benda kolektif atau yang di dalam Bahasa Inggris sendiri disebut sebagai collective noun Collective noun ini merupakan kata benda yang menjelaskan gabungan dari beberapa orang, hewan, maupun benda lainnya. Misalnya saja team (tim), choir (paduan suara), dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kata benda tidak berwujud (Abstract noun)

Jika yang sebelumnya merupakan kata benda yang berwujud, maka yang selanjutnya adalah kata benda yang selanjutnya merupakan kata benda yang tidak berwujud (Abstract noun). Abstract noun merupakan salah satu kata benda dalam Bahasa Inggris yang menjelaskan mengenai benda yang tidak memiliki wujud, tidak terlihat, dan tidak bisa diraba. Contoh kata benda yang tidak berwujud adalah misalnya friendship atau hubungan pertemanan yang tidak terlihat.

Daftar kata benda dan contoh kalimatnya dalam Bahasa Inggris

Jika tadi kita sudah tahu apa itu pengertian kata benda, bahkan tahu jika kata benda (noun) dalam Bahasa Inggris terbagi menjadi dua yaitu kata benda berwujud (Concrete noun) dan Kata benda tidak berwujud (Abstract noun)¸ maka pada kesempatan kali ini kami akan mengajak anda untuk tahu daftar kata benda dan juga contoh kalimatnya di dalam Bahasa Inggris. Tak usah berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa daftar kata benda (noun) dan juga contoh kalimatnya untuk anda:

  • Advice (nasihat)

Contoh kalimat: Father and mother were giving Anita advice before she continued her college to America (Ayah dan ibu sedang memberi Anita nasihat sebelum ia melanjutkan kuliahnya di Amerika)

  • Action (laga)

Contoh kalimat: Me and nando, my older brother. Love to see action films in theaters (Aku dan Nando, kakak laki-lakiku. Suka melihat film laga di bioskop)

  • Airplane (pesawat terbang)

Contoh kalimat: Nanto loves to draw airplanes in his drawing book, in the future he want to be airplanes designer (Nanto suka sekali menggambar pesawat terbang di buku gambarnya, di masa depan ia ingin menjadi desiner pesawat terbang)

  • Apple (apel)

Contoh kalimat: Yesterday afternoon my grandmother invited me to take a walk and pick some apples in the back garden. That is very fun! (Kemarin sore nenek mengajakku untuk jalan-jalan dan memetika beberapa buah apel di kebun belakang. Itu sangat menyenangkan!)

  • Answer (jawaban)

Contoh kalimat: It was already late, but I haven’t gotten an answer from Jeno (Hari sudah malam, namun aku belum mendapatkan jawaban dari Jeno)

 

  • Banana (pisang)

Contoh kalimat: If asked what fruit is my favorite, then I will answer bananas are my favorite since childhood! (Jika ditanya buah apa yang menjadi favorit, maka aku akan menjawab buah pisang adalah kesukaanku sejak kecil!)

  • Bed (tempat tidur)

Contoh kalimat: Today I got a punishment for forgetting to bring an assignment book, my assignment book was left in my bed because I was in a hurry (Hari ini aku mendapatkan hukuman karena lupa membawa buku tugas, buku tugasku tertinggal di tempat tidurku karena aku terburu-buru)

  • Brother (saudara laki-laki)

Contoh kalimat: My brother and I like to cycle in the morning, sometimes we do races (Aku dan kakak laki-lakiku suka bersepeda di pagi hari, terkadang kami melakukan balapan)

  • Bird (burung)

Contoh kalimat: Last night because I forgot to close my window, a bird came into the room (Kemarin malam karena aku lupa menutup jendela kamarku, seekor burung masuk ke dalam kamar)

  • Ball (bola)

Contoh kalimat: My brother cried all day because his ball was deflated (Adik menangis seharian karena bola miliknya kempes)

 

  • Cat (kucing)

Contoh kalimat: Today my brother took me to the pet shop to buy some cats. I can’t wait! (Hari ini kakak mengajakku pergi ke pet shop untuk membeli beberapa ekor kucing. Aku sangat tidak sabar!)

  • Cow (sapi)

Contoh kalimat: Grandfather had several cows in his backyard, every day he milked the cows to get fresh milk. (Kakek memiliki beberapa ekor sapi di kebun belakangnya, tiap hari kakek memerah sapi untuk mendapatkan susu segar.)

  • Coach (pelatih)

Contoh kalimat: Yesterday I met my running coach, I’m really happy to see him again. (Kemarin aku bertemu dengan pelatih lariku, aku sangat senang karena bisa bertemu lagi dengannya.)

  • Cigarette (rokok)

Contoh kalimat: The fire allegedly occurred because someone was throwing cigarettes carelessly (Kebakaran itu diduga terjadi karena seseorang membuang rokok sembarangan)

  • Child (anak)

Contoh kalimat: Doggie accidentally bumped into a child until the child was crying, fortunately the child was not injured (Doggie tidak sengaja menabrak anak kecil hingga anak itu menangis, untung anak itu tidak terluka)

 

  • Doll (boneka)

Contoh kalimat: It’s Michelle’s birthday today and I want to gift her a cute doll (Hari ini Michelle berulang tahun dan aku ingin memberinya hadiah berupa boneka yang lucu)

  • Driver (sopir)

Contoh kalimat: To get a salary, I finally decided to work as a driver (Untuk mendapatkan gaji, akhirnya aku memutuskan untuk bekerja menjadi sopir)

  • Desk (meja)

Contoh kalimat: Because he was not careful, my father hit his leg on the desk and bled (Karena tidak berhati-hati, kaki ayah terantuk meja hingga mengeluarkan darah)

  • Day (hari)

Contoh kalimat: One of my favorite songs from the Korean drama Start-Up is called Day and Night (Salah satu lagu kesukaanku dari drama Korea Start-Up berjudul Day and Night)

  • Direction (arah)

Contoh kalimat: If we read the directions, we can know the way to the city (Jika kita membaca papan petunjuk arah, maka kita bisa tahu jalan ke kota itu)

 

  • Engine (mesin)

Contoh kalimat: Father’s car could not start, because one of the engines died (Mobil ayah tidak bisa nyala, karena salah satu mesinnya mati)

  • Entertainment (hiburan)

Contoh kalimat: After graduating from college, my brother decided to switch to the entertainment (Setelah lulus kuliah, kakak memutuskan untuk beralih ke dunia hiburan)

  • Education (pendidikan)

Contoh kalimat: The president was chosen because he was very concerned about education for poor children (Presiden itu dipilih karena ia sangat memperhatikan pendidikan untuk anak-anak miskin)

  • Eagle (burung elang)

Contoh kalimat: He is known to have sharp eyes like an eagle (Ia dikenal memiliki mata yang tajam seperti elang)

  • Earthquake (gempa bumi)

Contoh kalimat: Last night there was an earthquake which scared everyone (Kemarin malam terjadi gempa bumi yang membuat semua orang takut)

 

  • Father (ayah)

Contoh kalimat: Father, time for your breakfast! (Ayah, waktu untuk sarapan!)

  • Flower (bunga)

Contoh kalimat: I didn’t know that you were allergic to flowers (Aku tidak tahu bahwa kamu alergi terhadap bunga)

  • Flag (bendera)

Contoh kalimat: Yesterday I was chosen as the flag raiser (Kemarin aku dipilih sebagai pengibar bendera)

  • Farmer (petani)

Contoh kalimat: My mom and dad are farmers, but I’m proud of them (ayah dan ibuku adalah seorang petani, tapi aku bangga kepada mereka)

  • Field (lapangan)

Contoh kalimat: I practiced bicycle in the field with my father aku berlatih sepeda di lapangan bersama ayah)

 

  • Knowledge (pengetahuan)

Contoh kalimat: Don’t you have basic knowledge about your city? (Tidakkah kamu memiliki pengetahuan dasar tentang kotamu?)

  • Kite (layang-layang)

Contoh kalimat: Let’s play with me, I have a new kite (Ayo bermain bersamaku, aku memiliki layang-layang baru)

  • Milk (susu)

Contoh kalimat: To make a birthday cake of that size, you need 3 boxes of fresh milk. I have to buy it at the supermarket immediately (Untuk membuat kue ulang tahun sebesar itu, ibu membutuhkan 3 box susu segar. Aku harus segera membelinya di supermarket)

Itu tadi beberapa contoh kalimat menggunakan noun atau kata benda dalam Bahasa Inggris. Semoga artikel yang kami sampaikan kali ini bisa berguna dan juga bermanfaat bagi anda semuanya yang sedang belajar mengenai noun atau kata benda. Supaya menambah kosakata, maka anda harus sering-sering belajar menggunakan kata benda!