Daftar Kata Kerja Aktivitas atau Tindakan dalam Bahasa Inggris

Bagi para pemula, mempelajari suatu bahasa baru, termasuk Bahasa Inggris, bukanlah hal yang mudah. Kita semua pernah berada dalam situasi ini, namun bukan berarti kita lantas menyerah mempelajarinya. Yang bisa dilakukan adalah terlebih dahulu mengenal dan mempelajari kosakata atau perbendaharaan kata dalam Bahasa Inggris.

Salah satu perbendaharaan kata Bahasa Inggris yang harus kita kenali adalah kata-kata kerja yang menunjukkan aktivitas atau tindakan (action verbs). Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai daftar kosakata yang berhubungan dengan kata kerja tindakan.

Picture by cottonbro on Pexels

Contoh Kosakata yang Berhubungan dengan Tindakan atau Aktivitas (Action Verbs) dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

  1. Act : bertindak. Kata kerja yang menunjukkan kita melakukan sesuatu di saat-saat tertentu.
  2. Agree : setuju. Kata kerja tindakan yang menunjukkan kita memiliki pendapat yang sama dengan seseorang.
  3. Arrive : tiba. Kata kerja yang menunjukkan kita telah mencapai suatu tempat yang menjadi tujuan kita.
  4. Answer : menjawab. Kata kerja tindakan yang menunjukkan sesuatu yang dikatakan atau dilakukan untuk menjawab pertanyaan atau pernyataan.
  5. Ask : bertanya. Kata kerja tindakan yang menunjukkan aktivitas mengatakan sesuatu untuk memperoleh jawaban atau informasi.
  6. Bake : memanggang. Kata kerja aktivitas di mana kita memasak roti di dalam pemanggang hingga matang atau menjemur sesuatu di bawah matahari hingga mengeras.
  7. Bring : membawa. Kata kerja untuk menunjukkan aktivitas membawa seseorang atau sesuatu menuju tempat tertentu.
  8. Build : membangun. Kata kerja untuk menunjukkan aktivitas menciptakan sesuatu dengan menyatukan beberapa material atau membuat sesuatu menjadi lebih kuat.
  9. Buy : membeli. Kata kerja untuk menunjukkan aktivitas membeli suatu benda dengan uang sebagai alat pembayaran.
  10. Call : memanggil. Kata kerja aktivitas dimana kita menyebutkan nama seseorang atau melakukan panggilan kepada seseorang lewat sambungan telepon.
  11. Climb : memanjat. Kata kerja aktivitas dimana kita menaiki suatu bidang yang tinggi (contoh: gunung) dengan menumpu pada kaki dan tangan.
  12. Close : menutup. Kata kerja aktivitas dimana kita menutup sesuatu (contoh: tutup toples atau mulut) agar tidak terbuka.
  13. Come : datang. Kata kerja aktivitas dimana kita mendatangi suatu tempat yang biasanya sudah kita kenal baik.
  14. Cry : menangis. Kata kerja aktivitas dimana kita mengeluarkan air mata sebagai bentuk pelampiasan emosi (perasaan senang, sedih, atau marah).
  15. Dance : berdansa. Aktivitas menggerakkan tubuh mengikuti alunan musik. Terkadang ada dansa yang harus mengikuti langkah atau gerakan tertentu agar terlihat apik.
  16. Dream : bermimpi. Suatu aktivitas yang terjadi di malam hari, dimana ada pikiran-pikiran atau gambar-gambar yang muncul dalam tidur kita. Dikaitkan dengan pengalaman alam bawah sadar seseorang.
  17. Drink : minum. Aktivitas menelan atau menenggak cairan yang dapat dikonsumsi (air) ke dalam tubuh.
  18. Eat : makan. Aktivitas memasukkan makanan ke dalam tubuh dimana makanan tersebut dikunyah dan ditelan sebelum masuk ke sistem pencernaan.
  19. Enter : masuk. Aktivitas memasuki suatu bangunan atau tempat lainnya.
  20. Exit : keluar. Aktivitas keluar dari suatu tempat atau bangunan. Lawan kata dari enter (masuk).
  21. Fall : jatuh. Sebuah tindakan dimana tubuh kita kehilangan keseimbangan dan turun ke bawah dengan cepat yang disebabkan gravitasi bumi.
  22. Fix : memperbaiki. Aktivitas membetulkan suatu kesalahan atau kekeliruan yang kita perbuat.
  23. Give : memberi. Aktivitas menyerahkan, membagikan, menyampaikan sesuatu kepada seseorang.
  24. Go : pergi. Aktivitas bergerak atau berjalan maju meninggalkan tempat kita semula.
  25. Grab : merebut. Aktivitas mengambil sesuatu secara kasar dan ada unsur pemaksaan.
  26. Help : menolong. Aktivitas membantu satu sama lain yang bertujuan meringankan beban orang yang ditolong.
  27. Hop : meloncat. Aktivitas berpindahnya tubuh seseorang dengan melontarkan tubuhnya dari bawah ke atas dengan satu kaki.
  28. Insult : menghina. Tindakan merendahkan atau memandang remeh orang lain melalui perkataan atau perlakuan atau kombinasi keduanya.
  29. Joke : bercanda. Tindakan dimana kita berkelakar dengan membuat lelucon untuk bergembira tanpa ada niatan untuk merendahkan seseorang atau sesuatu.
  30. Jump : melompat. Mirip seperti kata hop (meloncat), bedanya dalam tindakan ini kita melambungkan tubuh kita menggunakan kedua kaki kita sebagai tumpuan.
  31. Kick : menendang. Aktivitas mendorong atau mendepak sesuatu (contoh: bola) dengan menggunakan kaki.
  32. Laugh : tertawa. Aktivitas mengekspresikan kebahagiaan atau geli dengan suara berderai yang cenderung nyaring.
  33. Lift : mengangkat. Aktivitas menaikkan barang dari tempat yang rendah ke tempat yang lebih tinggi.
  34. Listen : mendengarkan. Aktivitas memperhatikan sesuatu dengan saksama dengan telinga sebagai indra utama yang digunakan.
  35. Make : membuat. Aktivitas menciptakan sesuatu dengan tangan sebagai indra utama dalam melakukan aktivitas ini.
  36. Nod : mengangguk. Tindakan menggerakkan kepala ke bawah sebagai bentuk persetujuan atau memberi hormat.
  37. Open : membuka. Tindakan menyingkap sesuatu agar tidak tertutup lagi.
  38. Push : mendorong. Aktivitas dimana kita menolak bagian depan atau bagian belakang suatu permukaaan atau mendesak seseorang agar segera melakukan sesuatu dalam keadaan genting.
  39. Read : membaca. Aktivitas dimana kita melihat tulisan dari suatu media bacaan (contoh: buku, surat kabar) dengan tujuan memahami apa yang tertulis dalam media tersebut dan menyerap informasi di dalamnya.
  40. Ride : mengendarai. Suatu aktivitas menaiki dan mengendalikan suatu tunggangan, seperti sepeda motor, dan mengarahkannya ke tempat tujuan kita.
  41. Send : mengirim. Suatu aktivitas menyampaikan atau mengantar sesuatu (contoh: paket) kepada orang yang kita tuju sebagai penerima.
  42. Shout : berteriak. Tindakan dimana kita berkata atau memanggil seseorang dengan suara keras. Sinonim (persamaan kata) dari berteriak adalah berseru.
  43. Talk : berbicara. Aktivitas dimana kita mengeluarkan suara untuk berkata-kata (contoh: bercerita dengan orang lain atau menyampaikan pendapat kita).
  44. Think : berpikir. Aktivitas dimana otak kita mengolah dan menerjemahkan informasi serta gagasan dalam kepala kita.
  45. Touch : menyentuh. Tindakan memegang suatu obyek secara cepat atau hal-hal yang membuat hati kita terenyuh, baik karena iba atau bahagia.

Itulah contoh-contoh kosakata yang berhubungan dengan aktivitas atau tindakan dalam Bahasa Inggris. Teruslah mencari kosakata lain untuk proses belajar yang lebih lancar!