Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Daftar Kosa Kata Tentang Lingkungan Rumah dalam Bahasa Inggris

Vocabulary, Writing,

Sejak awal peradaban, umat manusia telah memikirkan di mana mereka harus tinggal dan berlindung dari panas dan dingin, serta dari serangan hewan-hewan buas. Manusia mulai tinggal di dalam gua, dan dalam perkembangannya, manusia mulai membangun sebuah bangunan yang hingga sekarang dikenal dengan istilah rumah.

Rumah adalah bangunan yang oleh manusia dijadikan tempat tinggal selama rentang waktu tertentu. Rumah dibangun dengan struktur dan pondasi yang kuat, serta dibatasi oleh atap dan juga dinding.

Rumah juga merupakan bangunan yang di mana sebuah keluarga atau orang-orang beraktivitas dan memperoleh kenyamanan serta istirahat.

Pada prinsipnya, rumah yang dibangun dapat mengikuti selera dari sang pemilik rumah. Oleh karena itu, rumah pun memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran. Mulai dari rumah sederhana hingga yang bertingkat. Mulai dari rumah yang sempit hingga rumah yang luas.

Sebagai sebuah bangunan yang difungsikan sebagai tempat tinggal, sebuah rumah tidaklah lengkap tanpa ruangan-ruangan untuk mengakomodasi para penghuninya. Karenanya, dalam sebuah rumah dibuatlah sekat-sekat yang berfungsi sebagai sebuah ruangan. Di Indonesia, tentunya, kita mengenal ruangan seperti ruang tamu, dapur, kamar tidur, dan sebagainya.

Picture by Sharath G. on Pexels

Lalu, apakah Bahasa Inggris memiliki penyebutan yang sama tentang bagian-bagian di lingkungan rumah?

Bahasa Inggris pun memiliki penyebutan yang sama untuk ruangan seperti kamar tidur atau dapur. Tetapi, ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang, meskipun memiliki makna yang sama, namun kata yang digunakan berbeda.

Daftar Kosa Kata Tentang Hal-Hal di Sekitar Rumah dalam Bahasa Inggris (Vocabulary List about Things Around The House in English)

Dalam artikel kali ini, kita akan belajar tentang nama-nama dari hal-hal yang ada di lingkungan rumah dalam Bahasa Inggris melalui daftar yang disajikan di bawah ini.

  1. Antenna : antena. Alat yang berfungsi sebagai pemancar atau penangkap aliran elektromagnetik. Umumnya dipasang di atap rumah.
  2. Attic : loteng. Bagian tertinggi dari sebuah rumah yang letaknya ada di bawah atap. Loteng biasanya digunakan sebagai alternatif gudang.
  3. Backyard : halaman belakang. Bagian belakang rumah yang biasanya kosong atau dijadikan taman oleh pemiliknya. Memiliki luas dan lebar yang beragam sesuai besarnya rumah.
  4. Balcony : balkon atau serambi atas. Sebuah area kecil di lantai atas pada bagian depan rumah. Biasanya dibatasi oleh sebuah tembok yang rendah.
  5. Balcony door : pintu balkon. Pintu yang menghubungkan balkon dengan ruangan lain, misalnya kamar tidur yang ada di lantai dua.
  6. Basement : lantai dasar atau terkadang disebut juga ruang bawah tanah. Biasanya, sebagian atau keseluruhan ruangan ini berada di bawah permukaan tanah dan umumnya ditemukan di rumah-rumah orang Amerika.
  7. Bathroom : kamar mandi. Ruangan di dalam rumah yang digunakan untuk membersihkan diri. Kamar mandi sendiri ada yang dilengkapi dengan toilet, pancuran, bak untuk berendam, dan wastafel, dan ada pula yang tidak.
  8. Bedroom : kamar tidur. Sesuai namanya, kamar atau ruangan ini digunakan sebagai tempat untuk tidur/beristirahat. Kamar tidur biasanya terletak di lantai dua atau lantai tiga, apabila rumah memiliki lebih dari satu lantai.
  9. Box room : ruang atau kamar boks. Sebuah ruangan kecil untuk menyimpan barang. Umumnya ditemukan di rumah-rumah orang Inggris dan sekitarnya.
  10. Burglar/thief alarm : alarm pencuri. Alat yang dipasang di sebuah rumah untuk mendeteksi adanya pencuri yang masuk ke dalam rumah.
  11. Cellar/wine cellar : gudang di bawah tanah/gudang anggur. Walaupun namanya adalah gudang, ruangan ini lebih populer di negara-negara Barat (selain Inggris, Australia, dan Selandia Baru) sebagai tempat penyimpanan anggur beralkohol (wine).
  12. Chapel : kapel. Ruangan kecil yang digunakan untuk beribadah di rumah.
  13. Chimney : cerobong asap. Bagian dari rumah yang fungsinya mengeluarkan asap dari kompor, perapian, atau tungku ke luar rumah. Biasanya, cerobong asap ditempatkan di atas atap rumah.
  14. Cloakroom : ruang mantel. Ruangan yang digunakan untuk menyimpan mantel dan jaket ketika masuk ke dalam rumah.
  15. Closet : ruang atau kamar pakaian. Ruangan yang digunakan untuk menyimpan pakaian dan juga, kadang-kadang, berganti pakaian.
  16. Coffee table : meja ruang tamu. Meja yang diletakkan di dekat sofa dan berfungsi menaruh dan menyajikan sesuatu, seperti kue dan minuman.
  17. Couch : sofa. Kursi berukuran besar dan empuk yang biasanya ada di berbagai ruangan di dalam rumah (contoh: ruang tamu dan ruang keluarga). Sofa, biasanya, juga hadir dalam bentuk memanjang.
  18. Den : ruang keluarga berukuran kecil. Walaupun sama-sama disebut ruang keluarga dan digunakan untuk bersantai, “den” lebih bernuansa privat.
  19. Dining room : ruang makan. Ruangan yang digunakan untuk kita menyantap makanan, lengkap dengan meja dan kursi makan.
  20. Door : pintu. Bukaan yang terpasang pada permukaan dinding yang berfungsi sebagai tempat udara masuk dan keluar, dan juga sebagai media untuk masuk ke dan keluar dari rumah.
  21. Driveway : jalan parkiran. Jalan kecil yang biasanya ada di sisi rumah dan berhadapan dengan garasi. Dapat difungsikan untuk memarkir kendaraan dan sebagai jalan masuk kendaraan menuju garasi.
  22. Extra room : ruangan tambahan. Ruangan ini terkadang ada di dalam sebuah rumah dan berfungsi sebagai ruang tambahan bagi tamu yang datang.
  23. Fence : pagar. Struktur yang berbentuk tegak yang berfungsi sebagai batas antara rumah dan jalanan. Pagar juga berfungsi melindungi rumah dan sekitarnya.
  24. Fireplace : Bagian dalam rumah yang berfungsi untuk menyalakan api. Sering ditemukan dalam rumah-rumah yang memiliki 4 musim.
  25. Foyer : ruang tunggu atau jalan masuk. Ruangan semi publik di dalam rumah yang fungsinya sebagai jalan masuk ke ruangan lain, misalnya ruang tamu atau ruang makan.
  26. Front yard : halaman atau taman depan. Tanah yang berada di bagian depan rumah. Di negara-negara Barat seperti Inggris dan Amerika, khususnya, halaman depan ini biasanya sama sekali tidak dipagari.
  27. Game room/playroom : ruang bermain. Ruangan yang ada di dalam rumah yang difungsikan sebagai ruangan untuk bermain dan dilengkapi dengan macam-macam permainan yang bisa dimainkan di dalam rumah.
  28. Garage : garasi. Ruangan berukuran lumayan besar yang biasanya berada di sisi luar rumah dan memiliki atap. Fungsinya adalah untuk memarkirkan kendaraan.
  29. Gym room : ruang olahraga. Ruangan di dalam rumah yang difungsikan khusus agar kita bisa berolahraga di dalam rumah dan dilengkapi dengan macam-macam alat olahraga.
  30. Guest bedroom : kamar tidur tamu. Kamar tidur yang ditempati oleh tamu (biasanya teman atau keluarga) yang datang berkunjung dan ingin menginap.
  31. Hall : aula rumah. Ruangan di dalam rumah yang biasanya sempit dan panjang. Fungsinya adalah menghubungkan ruangan-ruangan.
  32. Home office : ruang atau kamar kerja. Sebuah ruangan, biasanya seukuran kamar tidur, yang difungsikan khusus sebagai kamar untuk bekerja.
  33. Kitchen : dapur. Ruangan yang difungsikan sebagai ruangan untuk memasak. Dilengkapi dengan berbagai perlengkapan dan peralatan memasak, seperti kompor, tungku, wajan, dan sejenisnya. Terkadang, ada dapur yang terhubung dengan ruang makan dan ada juga yang tidak.
  34. Laundry room/utility room/washing room : kamar cuci. Di ruangan ini, sesuai namanya, kita mencuci pakaian. Ruangan ini juga dilengkapi dengan mesin cuci, baskom, ember, sabun cuci untuk pakaian, dan keperluan mencuci lainnya.
  35. Letterbox/mailbox : kotak surat. Kotak yang ditempatkan di depan pagar dan berfungsi sebagai tempat menaruh atau mengambil surat atau paket dari dan untuk sang pemilik rumah.
  36. Library : perpustakaan. Biasanya, perpustakaan yang ada di dalam rumah berukuran kecil.
  37. Living room/sitting room : ruang tamu. Ruangan yang digunakan untuk menerima tamu yang datang berkunjung. Terkadang, ruang tamu adalah ruangan paling besar yang ada di dalam rumah.
  38. Lounge room : nama lain untuk ruang keluarga. Nama ini umum digunakan di Australia.
  39. Master bedroom : kamar tidur utama. Kamar tidur yang ditempati oleh sang pemilik rumah.
  40. Nook : sudut pada sebuah tembok. Sudut kecil di tembok rumah pada beberapa bagian ruangan. Sudut ini sering digunakan sebagai tempat bersantai.
  41. Nursery room : kamar tidur bayi. Kamar tidur yang difungsikan sebagai kamar tidur bayi.
  42. Pantry : dapur kecil. Digunakan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan dan minuman. Dapur ini juga menyimpan berbagai peralatan memasak.
  43. Patio : teras luar. Area yang terkadang ada di luar rumah dan diaspal atau dilapisi material keras lainnya. Berfungsi sebagai tempat bersantai.
  44. Porch : beranda. Area di luar rumah, namun masih beratap. Beranda dapat berada di bagian depan, sisi kanan atau kiri, dan bagian belakang rumah.
  45. Praying room : kamar atau ruang ibadah. Ruangan yang difungsikan khusus sebagai ruangan untuk ibadah (misalnya kamar untuk shalat bagi umat Muslim).
  46. Roof : atap. Penutup suatu bangunan yang dipasang pada bagian paling atas sebuah rumah. Atap inilah yang melindungi rumah dari hujan, panas, atau salju di negara-negara yang memiliki 4 musim.
  47. Stairs/staircase/stairway : tangga. Sebuah konstruksi bertingkat yang ditambahkan di dalam rumah untuk menghubungkan lantai yang berada di atas dengan lantai yang berada di bawahnya. Umum ditemukan dalam rumah yang memiliki 2 tingkat atau lebih.
  48. Study room : ruang belajar. Sebuah ruangan di dalam rumah yang digunakan untuk belajar atau membaca. Biasanya, di dalamnya juga terdapat seperangkat komputer dan rak buku.
  49. Sun room : ruang berjemur atau solarium. Ruangan yang digunakan untuk berjemur dan pada umumnya, didesain sedemikian rupa agar sinar matahari bisa masuk sebanyak mungkin. Biasanya memiliki banyak jendela transparan.
  50. Swimming pool : kolam renang. Biasanya berada di halaman rumah bagian belakang.
  51. Terrace : teras. Bagian luar rumah dinaungi atap yang berhadapan dengan pintu masuk.
  52. Toilet/WC : kloset. Ruangan sanitasi yang digunakan untuk buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK).
  53. Window : jendela. Lubang berpenutup yang dipasang pada banyak bagian rumah dan berfungsi sebagai tempat masuk dan keluarnya udara. Jendela sendiri memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran.

Setelah mengetahui kosa kata tentang hal-hal yang ada di lingkungan rumah, mari kita lihat penggunaan dari beberapa kosa kata di atas dalam beberapa contoh kalimat Bahasa Inggris di bawah ini:

  1. Julius’s house has a high, black fence.

(Rumah Julius memiliki pagar yang tinggi dan berwarna hitam.)

  1. To welcome the birth of her first child, Aunt Angela decorates the nursery room she and her husband had prepared before.

(Untuk menyambut kelahiran anak pertamanya, Bibi Angela mendekorasi kamar tidur bayi yang telah dia dan suaminya siapkan sebelumnya.)

  1. It is very easy to find my Father. You will find him working or reading in his home office until lunch or dinner time.

(Sangatlah mudah menemukan Ayahku. Kau akan menemukan beliau sedang bekerja atau membaca di dalam ruang kerjanya hingga waktu makan siang atau makan malam tiba.)

  1. Since this pandemic started, my parents spend a lot of their time in the sun room, letting as much of the sun as possible into their bodies.

(Sejak pandemi ini dimulai, orang tuaku menghabiskan banyak waktu mereka di ruang berjemur, membiarkan sebanyak mungkin sinar matahari masuk ke dalam tubuh mereka.)

  1. Grandma’s kitchen suddenly becomes the busiest room in the house when all of Grandma’s children, daughters-in law, sons-in-law, and grandchildren gather together under the same

(Dapur Nenek seketika saja menjadi ruangan yang paling sibuk di rumah ketika semua anak, menantu, dan cucu-cucu Nenek berkumpul di bawah satu atap yang sama.)

  1. Don’t worry, Kenny! My garage can still accommodate that big motorcycle of yours.

(Jangan khawatir, Kenny! Garasi rumahku masih bisa, kok, menampung motormu yang besar itu.)

  1. Ramona and Keith’s new house has 3 bathrooms and 4 bedrooms.

(Rumah baru Ramona dan Keith memiliki 3 kamar mandi dan 4 kamar tidur.)

  1. When winter comes, my family and I love to warm ourselves up in front of the fireplace.

(Ketika musim dingin tiba, keluargaku dan aku senang menghangatkan diri kami di depan perapian.)

Picture by Terry Magallanes on Pexels

Itulah daftar kosa kata dalam Bahasa Inggris tentang lingkungan rumah dan contoh pengunaannya dalam kalimat-kalimat sederhana.