Daftar Kosakata Pakaian Pria dalam Bahasa Inggris

Pakaian ada banyak jenisnya, termasuk pakaian yang dikenakan para pria. Dalam perjalanannya, gaya pakaian (fashion) pria mengalami banyak perkembangan, sama seperti gaya pakaian wanita. Masuk dan keluarnya tren pakaian dari masa ke masa turut mewarnai perkembangan gaya pakaian pria.

Nah, kawan-kawan sekalian, dalam artikel ini kita akan melihat dan mempelajari aneka kosakata yang berhubungan dengan pakaian pria dalam Bahasa Inggris. Mari kita langsung saja masuk ke dalam topik artikel ini!

Picture by Prayoon Sajeev on Pexels

34 Kosakata yang Berhubungan dengan Pakaian dan Aksesoris Pria Beserta Pengertiannya

  1. Bathrobe : jubah mandi. Jubah mandi adalah pakaian pria yang digunakan ketika selesai mandi dan sebelum keluar dari kamar mandi untuk berganti pakaian.
  2. Belt : sabuk atau ikat pinggang. Sabuk/ikat pinggang adalah bagian aksesoris pria yang dikenakan di area pinggang untuk mengikat bahan pakaian, seperti celana. Terbuat dari pita yang fleksibel.
  3. Blazer : jaket jas. Umumnya digunakan sebagai pakaian santai, namun dapat dikenakan juga di kesempatan resmi, seperti dikenakan di tempat kerja.
  4. Boots or mens’ boots : sepatu bot pria. Salah satu jenis sepatu universal yang dapat digunakan oleh pria (dan juga wanita). Umumnya memiliki panjang semata kaki atau betis.
  5. Bow tie : dasi kupu-kupu. Aksesoris pria berbentuk pita yang menyerupai kupu-kupu. Dikenakan di sekitar kerah kemeja dan tuksedo. Tersedia dalam berbagai motif juga warna.
  6. Business shoes : sepatu bisnis. Jenis sepatu pria yang digunakan dalam kesempatan-kesempatan formal.
  7. Cap : topi. Topi merupakan aksesoris universal yang dapat dikenakan baik pria maupun wanita. Fungsi topi adalah melindungi pemakainya dari cuaca panas.
  8. Cargo pants : celana kargo. Jenis celana pria yang mempunyai banyak kantong yang posisinya menonjol ke luar. Awalnya dikenakan oleh kalangan militer di Inggris.
  9. Flip-flops : sandal jepit. Jenis alas kaki pria yang terbuat dari karet yang memiliki tali berbentuk seperti huruf V di ujungnya.
  10. Glasses : kacamata. Memiliki fungsi untuk membantu mengoptimalkan penglihatan pemakainya.
  11. Gloves : sarung tangan. Bagian dari pakaian pria yang terkadang terbuat dari wol atau material kain lainnya yang tebal. Berfungsi melindungi kedua tangan pemakainya dari udara dingin dan, terkadang, panas.
  12. Handbag for men : tas tangan untuk pria. Kebanyakan berbentuk seperti dompet, namun ada juga yang berbentuk seperti tas pada umumnya dengan tali panjang untuk diselempangkan di pundak.
  13. Hawaiian/Aloha shirt : kemeja Hawaii atau kemeja Aloha. Jenis pakaian pria yang memiliki lengan pendek dan kerah yang longgar. Mayoritas hadir dalam motif dan warna-warna cerah dan terbuat dari kain seperti rayon, poliester, sutra, dan katun.
  14. Jacket for men : jaket untuk pria. Baju luar untuk pria yang memiliki panjang hingga pinggul atau pinggang dan memiliki resleting (bukaan jaket). Dikenakan sebagai pakaian pelindung dari udara dingin.
  15. Jeans pants : celana jins. Celana yang terbuat dari kain denim yang keras dan kuat. Celana jins dapat dikenakan dalam semua kesempatan.
  16. Jumper (pullover or sweater) : baju hangat. Atasan pria yang dikenakan untuk menghalau udara dingin dari tubuh. Biasanya terbuat dari kain yang materialnya tebal.
  17. Polo shirt : kaos Polo. Merupakan kaos kemeja berlengan pendek dengan kerah dan garis leher. Memiliki saku di bagian dada dan dua atau tiga kancing di bagian kerahnya. Material kainnya, pada umumnya, tebal.
  18. Scarf : syal. Syal dikenakan pria di bagian leher untuk menghangatkan tubuh pada umumnya. Terbuat dari kain linen, sutra, katun, atau wol.
  19. Shirt : kemeja. Umumnya, kemeja dapat memiliki lengan panjang atau lengan pendek. Dapat dikenakan bersama jas, celana pendek atau panjang, serta jaket.
  20. Shorts : celana pendek. Celana pendek untuk pria memiliki panjang hingga lutut dan terkadang memiliki kantong di kedua sisinya.
  21. Singlet : kaos dalam. Kaos dalam memiliki bolongan di daerah ketiak untuk melewatkan lengan saat dipakai. Kaos dalam dikenakan para pria sebelum memiliki baju luar, seperti kemeja.
  22. Sleeveless shirt/mens’ tank top : kaos tanpa lengan. Para pria menggunakan kaos ini ketika berolahraga.
  23. Socks : kaos kaki. Jenis garmen yang berfungsi membungkus kaki sebelum mengenakan sepatu dan agar gesekan antara kaki dan alas kaki dapat berkurang.
  24. Sport shoes : sepatu olahraga. Sesuai dengan namanya, sepatu ini digunakan ketika pria berolahraga.
  25. Suit : setelan. Setelan adalah satu set pakaian pria yang terdiri dari mantel, kemeja, celana panjang, dan dasi. Didesain dari bahan yang bagus dan otentik. Dikenakan di acara atau kesempatan resmi.
  26. Sunglasses : kacamata hitam. Jenis aksesori pria yang, seperti namanya, memiliki kaca berwarna hitam. Berfungsi menghalau sinar matahari terpapar secara langsung di mata kita.
  27. Tie : dasi. Dasi merupakan aksesoris pria yang dikenakan di leher, tepatnya di sekitar kerah baju atau kemeja.
  28. Trench coat : jas hujan (militer). Mengadopsi gaya berpakaian militer, jenis luaran ini memiliki panjang hingga paha dan berfungsi melindungi pemakainya dari panas, dingin, gigitan serangga, dan merupakan bagian dari perkembangan pakaian pria.
  29. T-shirt : kaos. Atasan pria yang bersifat kasual atau informal. Kebanyakan memiliki lengan pendek.
  30. Tuxedo : tuksedo. Tuksedo merupakan jenis pakaian pria yang paling klasik karena tetap eksis dari masa ke masa. Tuksedo biasanya merupakan kombinasi antara jaket jas dan celana kain berwarna gelap, dasi yang juga berwarna gelap, serta kemeja lengan panjang berwarna putih.
  31. Underpants : celana dalam. Dalaman pakaian pria yang berfungsi menutup bagian tubuh pria. Memiliki berbagai macam bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
  32. Vest or waistcoat : rompi. Merupakan pakaian atasan yang tidak memiliki lengan dan dipakai di atas kemeja dan dasi, dan sebelum jas.
  33. Wallet : dompet. Dompet digunakan oleh para pria sebagai aksesoris dan juga sebagai tempat menyimpan uang dan kartu-kartu penting.
  34. Watch : jam tangan. Aksesoris yang dikenakan pria di area pergelangan tangan, di samping gelang. Berfungsi untuk menunjukkan waktu ketika kita tidak dapat melihat jam dinding.

Demikian daftar kosakata Bahasa Inggris mengenai pakaian dan aksesoris pria. Apabila kawan-kawan menemukan kosakata baru tentang pakaian pria dalam Bahasa Inggris, janganlah lupa untuk dimasukkan ke dalam daftar yang kawan-kawan buat!