Daftar Kosakata Tentang Berbagai Pekerjaan dan Profesi dalam Bahasa Inggris

Pekerjaan (jobs) merupakan suatu profesi seseorang yang didasarkan pada keterampilan atau keahlian yang dimiliki seseorang pada satu bidang tertentu. Setiap orang dengan profesinya masing-masing bekerja demi mendapatkan penghasilan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Di dunia ini ada berbagai macam pekerjaan yang digeluti semua orang dan kesemua profesi itu memiliki nama-namanya sendiri. Begitu juga dengan nama-nama pekerjaan dalam Bahasa Inggris. Kali ini kita akan mempelajari daftar kosakata mengenai berbagai nama pekerjaan dan profesi dalam Bahasa Inggris.

Picture by Karolina Grabowska on Pexels

40 Kosakata Berbagai Profesi Pekerjaan dalam Bahasa Inggris dan Tugasnya

  1. Accountant (akuntan). Akuntan adalah ahli dalam bidang akuntansi yang bertugas menyusun, memeriksa, membimbing, serta memperbaiki tata buku administrasi dalam suatu perusahaan.
  2. Actor or actress (pemeran/pemain pria atau wanita). Seseorang yang memainkan suatu peran tertentu dalam pementasan di atas panggung, film layar lebar, maupun acara televisi.
  3. Architect (arsitek). Arsitek adalah seseorang yang memiliki keahlian merancang suatu bangunan dan memiliki pengetahuan di bidang arsitektur.
  4. Artist (seniman). Seniman adalah seseorang yang memiliki ketertarikan dan keahlian dalam bidang seni. Seni yang diciptakan dapat berupa lagu, lukisan, tari, patung, atau sinema layar lebar.
  5. Author (penulis). Penulis memiliki tugas menciptakan suatu karya seni dalam bentuk tulisan untuk mengungkapkan ide dan perasaan.
  6. Baker (pembuat atau tukang roti). Tugas dari seorang pembuat roti adalah membuat dan menciptakan ragam resep roti.
  7. Ballerina (penari balet). Seorang penari balet bertugas menampilkan berbagai tarian balet, yang terkadang diadaptasi dari karya-karya tertentu.
  8. Banker (bankir). Tugas dari seorang bankir adalah menjalankan kegiatan operasional dan non-operasional dalam suatu bank.
  9. Butcher (tukang daging). Tukang daging bertugas melakukan penyembelihan, pengulitan, dan penjualan berbagai macam daging hewan.
  10. Cab driver (supir taksi). Tugas dari seorang supir taksi adalah mengantarkan pelanggan yang menggunakan jasanya hingga ke tempat tujuan dengan bayaran tertentu.
  11. Cardiologist (dokter ahli kandungan). Dokter kandungan adalah dokter yang mempelajari tentang sistem reproduksi wanita serta berperan membantu ibu hamil sejak mengandung hingga bersalin.
  12. Chef (koki). Koki bertugas menciptakan dan membuat aneka makanan dan minuman yang lezat serta indah dipandang mata.
  13. Cop or policeman/policewoman (polisi atau polwan). Polisi atau polwan adalah lelaki dan wanita yang telah menjalani pelatihan untuk menjaga keamanan dan ketertiban, serta mengayomi dan melindungi masyarakat.
  14. Dentist (dokter gigi). Dokter atau ahli gigi bertugas melakukan diagnosis, mengobati, mencegah, serta mengedukasi pasien mengenai masalah gigi serta mulut.
  15. Dermatologist (dokter atau ahli kulit). Tugas dari dokter kulit adalah menangani dan juga mengobati berbagai masalah kulit. Terkadang dokter kulit juga menangani masalah kecantikan.
  16. Doctor (dokter). Dokter memiliki tugas mengobati, menegakkan diagnosa sebuah penyakit, dan memberi edukasi kepada pasien terkait penyakit yang diderita.
  17. Editor (penyunting). Tugas seorang penyunting adalah menyunting atau memperbaiki suatu naskah dalam bidang penerbitan.
  18. Farmer (petani). Petani adalah seseorang yang bertugas mengolah tanah dengan tujuan memelihara dan menumbuhkan tanaman-tanaman tertentu dengan harapan agar memperoleh hasil dari tanaman-tanamannya.
  19. Firefighter (petugas pemadam kebakaran). Petugas pemadam kebakaran adalah orang yang bertugas memadamkan kebakaran, melakukan tugas penyelamatan, dan membantu penanggulangan bencana. Biasanya bergerak dalam suatu kelompok.
  20. Flight attendant (pramugara atau pramugari). Pramugara atau pramugari adalah bagian dari kru pesawat yang bertugas melayani dan menjaga kenyamanan penumpang selama penerbangan.
  21. Garbage man (tukang sampah). Tugas dari seorang tukang sampah adalah membersihkan jalan, termasuk menyapu dan membuang sampah.
  22. Hairdresser (penata rambut). Penata rambut adalah seseorang yang pekerjaannya menata atau mengubah tatanan rambut seseorang.
  23. Interpreter (penafsir atau juru bahasa). Tugas dari juru bahasa adalah menerjemahkan bahasa sumber ke dalam bahasa sasaran/target langsung secara lisan.
  24. Journalist (jurnalis). Tugas dari seorang jurnalis adalah mencari berita dan melaporkannya kepada masyarakat melalui tulisan yang dicetak (contoh: surat kabar).
  25. Lawyer (pengacara). Pengacara adalah orang yang bertugas memberi konsultasi hukum, membela, mewakili klien pada saat persidangan, serta menyusun serangkaian kontrak perjanjian.
  26. Musician (musisi atau musikus). Tugas seorang musikus atau musisi adalah orang yang bernyanyi dan memainkan berbagai macam instrumen musik. Terkadang, musisi menciptakan sendiri lagu-lagunya.
  27. Nurse (suster atau perawat). Tugas dari seorang suster adalah merawat dan menjaga pasien, memberikan obat sesuai waktu dan takaran kepada pasien, membantu tugas dokter, dan serangkaian tugas medis lainnya.
  28. Optician (ahli kacamata atau optisi). Optisi memiliki tugas mengukur, mendesain, mencocokkan, dan meresepkan kacamata khusus untuk pasien yang memerlukan.
  29. Paleontologist (ahli fosil dan kepurbakalaan). Pekerjaan ini bertugas mempelajari fosil dan juga hal-hal mengenai zaman purbakala.
  30. Pediatrician (dokter anak). Tugas dokter anak adalah mengobati penyakit-penyakit yang diderita anak serta memberi edukasi terkait penyakit anak kepada orang tuanya.
  31. Pharmacist (apoteker). Tugas apoteker adalah meracik dan memberikan obat kepada pasien berdasarkan resep dokter, serta memastikan keamanan dari obat-obatan.
  32. Real estate agent (agen perumahan atau makelar). Agen perumahan bertugas sebagai perantara antara pembeli dan penjual suatu rumah.
  33. Smith (tukang/pandai besi). Tugas dari seorang pandai besi adalah membuat berbagai peralatan yang berbahan dasar besi.
  34. Tailor (penjahit). Penjahit memiliki tugas membuat atau menjahit suatu pakaian dari potongan-potongan kain.
  35. Teacher (guru). Guru atau pendidik bertugas mendidik, mengajar, membimbing, dan mengarahkan peserta didik dalam jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  36. Tour guide (pemandu wisata). Bertugas memandu wisata ke tempat-tempat wisata di daerah tertentu.
  37. Translator (penerjemah). Tugas dari penerjemah adalah menerjemahkan suatu dokumen dari bahasa asli ke bahasa sasaran. Kebanyakan dilakukan melalui tulisan.
  38. Waiter and waitress (pelayan pria dan pelayan wanita). Pelayan pria dan pelayan wanita yang bekerja di kedai, rumah makan, atau restoran untuk melayani para pelanggan yang datang untuk makan.
  39. Veterinarian or vet (dokter hewan). Tugas dokter hewan adalah memeriksa, mengobati, dan merawat hewan yang sedang sakit.
  40. Zookeper (penjaga kebun binatang). Penjaga kebun binatang bertugas merawat hewan-hewan dalam kebun binatang.

Demikian 40 contoh kosakata nama-nama pekerjaan dalam Bahasa Inggris. Sembari berlatih, jangan lupa untuk mencatat ketika teman-teman menemukan kosakata Bahasa Inggris yang baru mengenai nama-nama pekerjaan.