Daftar Nama-Nama Hewan (Animals’ Names) dalam Bahasa Inggris

Kosa kata dalam Bahasa Inggris ada banyak jenisnya, tergantung dari apa yang hendak kita pelajari. Semakin banyak kosa kata yang kita kumpulkan dari topik-topik yang hendak kita pelajari, maka semakin luas juga perbendaharaan kata dalam Bahasa Inggris yang kita miliki.

Daftar Nama Hewan-Hewan dalam Bahasa Inggris (List of The Names of Animals in English)

Foto oleh Aenic Visuals di Pexels

Nah, teman-teman, melalui artikel ini kita akan membahas tentang nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris. Nama-nama hewan tersebut telah dirangkum dalam daftar di bawah ini.

  1. Ant : semut. Hewan dengan ukuran tubuh yang kecil dan hidup dalam sebuah koloni besar. Semut ada yang berwarna merah dan ada pula yang berwarna hitam.
  2. Armadillo : armadilo. Memiliki karakteristik khusus berupa tempurung yang sangat keras. Armadilo banyak ditemukan di kawasan Amerika Tengah dan Amerika Selatan.
  3. Bat : kelelawar. Kelelawar memiliki sayap dan dikenal juga sebagai hewan nokturnal (aktif pada malam hari.)
  4. Bear : beruang. Merupakan hewan yang termasuk ke dalam keluarga mamalia yang bertubuh besar dan berbulu tebal. Beruang sendiri memiliki banyak jenisnya dan ditemukan hampir di seluruh dunia.
  5. Bird : burung. Ciri utama dari seekor burung adalah memiliki sayap dan bulu. Ada berbagai macam variasi burung di seluruh dunia.
  6. Camel : unta. Dapat ditemukan di wilayah kering dan bergurun di Afrika dan Asia. Unta memiliki punuk di tubuhnya untuk menyimpan makanan.
  7. Crab : kepiting. Karakteristik khusus kepiting adalah sepasang capit besar yang ada di tubuhnya.
  8. Crocodile : buaya. Tubuh buaya diselimuti sisik yang keras dan termasuk hewan predator yang buas.
  9. Deer : rusa/menjangan. Ciri khusus dari rusa yang terkenal adalah tanduk rusa (antler) yang dimiliki oleh rusa jantan.
  10. Dog : anjing. Salah satu hewan mamalia yang terkenal dengan julukan sahabat terbaik manusia (man’s best friend). Anjing memiliki berbagai variasi jenis.
  11. Dolphin : lumba-lumba. Hewan laut yang masuk kategori mamalia dan sangat cerdas.
  12. Eagle : elang. Burung elang merupakan salah satu burung pemangsa dan dapat ditemukan di hampir seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia.
  13. Elephant : gajah. Gajah memiliki ciri khusus berupa belalai dan dua taring panjang di wajahnya. Dikenal sebagai hewan dengan ingatan yang kuat.
  14. Fish : ikan. Hewan yang bernafas dengan insang dan hidup di dalam air. Ikan sendiri terbagi lagi ke dalam berbagai macam jenis.
  15. Fox : rubah. Salah satu hewan omnivora (pemakan daging) bertubuh kecil. Diketahui ada 27 jenis rubah di seluruh dunia.
  16. Frog : katak. Katak adalah hewan amfibi (hidup di dua tempat), yang artinya katak bisa hidup di darat dan di air.
  17. Giraffe : jerapah. Jerapah berasal dari Afrika dan ciri khasnya adalah lehernya yang panjang.
  18. Goat : kambing. Salah satu hewan yang banyak dipelihara dan untuk diambil daging serta susunya.
  19. Gorilla : gorila. Merupakan primata terbesar yang diketahui. Gorila juga diketahui memiliki kepandaian yang termasuk tinggi.
  20. Heron : bangau. Ciri utama dari burung bangau adalah kaki dan leher yang panjang.
  21. Hippopotamus/hippo : kuda nil/badak air. Adalah hewan terbesar setelah gajah dan badak putih.
  22. Hyena : hiena. Salah satu hewan predator yang buas dan gemar memakan bangkai bekas buruan hewan predator lain.
  23. Iguana : iguana. Iguana adalah hewan herbivora (pemakan tumbuhan) dan mampu bertahan hidup di iklim panas.
  24. Jaguar : jaguar. Salah satu spesies kucing besar di dunia ini. Jaguar dikenal karena mampu memangsa bahkan seekor anakonda.
  25. Jellyfish : ubur-ubur. Ubur-ubur adalah hewan yang hidup di lautan dan terkenal karena tidak mempunyai tulang belakang.
  26. Kangaroo : kangguru. Mamalia yang dikenal karena lompatannya dan kantung di tubuhnya. Kangguru berasal dari Australia.
  27. Koala : koala. Koala berasal dari Australia dan namanya diambil dari bahasa asli Suku Aborigin yang artinya ‘tidak/tanpa minum’.
  28. Komodo dragon : komodo. Salah satu spesies biawak terbesar di dunia. Komodo bisa kita temukan di Indonesia, terutama di Provinsi Nusa Tenggara Timur.
  29. Lemur : lemur atau warik Madagaskar. Sekilas hewan ini tampak seperti tupai karena corak bulunya. Lemur bisa ditemukan di seluruh penjuru Madagaskar.
  30. Leopard : macan tutul. Macan tutul adalah salah satu spesies kucing besar, seperti macan dan jaguar. Macan tutul lebih aktif saat malam hari.
  31. Lion : singa. Dikenal dengan julukan ‘sang raja hutan’ dan hidup dalam suatu kelompok. Singa sangat menjaga kelompok dan daerahnya.
  32. Monkey : monyet. Monyet adalah hewan pemakan tumbuhan dan bisa ditemukan hampir di semua bagian di dunia.
  33. Moth : ngengat. Jenis serangga dengan ciri khusus sayap yang serupa seperti kupu-kupu, namun warnanya cenderung gelap.
  34. Nightingale : burung bulbul. Ukuran tubuh burung ini kecil dan terkenal karena kicauannya yang merdu.
  35. Octopus : gurita. Gurita memiliki tubuh lunak dan 8 lengan untuk berburu makanan dan bergerak.
  36. Panda : panda. Sejenis beruang dengan tubuh besar. Panda dengan bulu berwarna hitam-putih berasal dari Cina.
  37. Peacock : burung merak. Burung merak berjambul panjang dan memiliki ekor yang sangat indah dan dimiliki oleh merak jantan.
  38. Quail : burung puyuh. Burung puyuh selain dikenal karena telurnya yang berukuran kecil, juga dikenal sangat menjaga kebersihan bulunya.
  39. Rabbit : kelinci. Kelinci memiliki berbagai macam warna, pemakan wortel, bertelinga panjang dan gigi depan yang lebih panjang.
  40. Rhinoceros/rhino : badak. Dikenal dengan culanya dan kulit tubuhnya yang cenderung berwarna abu-abu.
  41. Scorpion : kalajengking. Kalajengking termasuk hewan berbahaya karena bisanya yang beracun, yang terletak di ekornya.
  42. Sloth : kungkang. Kungkang dikenal sebagai hewan yang malas dan dapat bergelantung di pohon selama berjam-jam.
  43. Snake : ular. Hewan melata dan bersisik. Beberapa ular memiliki bisa yang mematikan.
  44. Tiger : macan atau harimau. Salah satu kucing besar dan predator. Raungan seekor harimau sangatlah keras.
  45. Vulture : burung nasar. Burung nasar dikenal sebagai hewan yang memakan bangkai.

Itulah, teman-teman, daftar nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris.