English Grammar: Sentence Examples Using Verb 2

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, kata kerja (verbs dalam istilah Bahasa Inggris) adalah salah satu materi yang akan selalu kita temui dan akan selalu diajarkan. Salah satu jenis kata kerja yang harus kita kenali dan ketahui adalah kata kerja bentuk kedua.

Kata kerja bentuk kedua (verb 2) dikenal juga dengan “past verb” dalam Bahasa Inggris. Ini karena kata-kata kerja bentuk kedua biasanya digunakan ketika membuat kalimat lampau atau masa lalu sederhana (simple past tense).

Khusus untuk kata kerja bentuk kedua, banyak dari kata kerja (beraturan dan tidak beraturan) yang mengalami perubahan dari kata kerja aslinya.

Picture by Annie Spratt on Unsplash

Daftar Contoh Kalimat yang Menggunakan Kata Kerja Kedua (Sentences List Using Verb 2 (V2)) dalam Bahasa Inggris

Kali ini kita akan secara khusus mempelajari kalimat-kalimat dalam Bahasa Inggris yang di dalamnya menggunakan kata kerja bentuk kedua, seperti yang telah dirangkum dalam daftar di bawah ini.

  1. Nessie was very surprised when Martin obeyed her wish to have a very luxurious wedding party.

(Nessie sangat terkejut ketika Martin menuruti keinginannya yang ingin mengadakan pesta pernikahan yang sangat mewah.)

  1. From what she observed, Brenda found out that the house, although it looks small from the outside, was very spacious on the inside.

(Dari apa yang diamatinya, Brenda menemukan bahwa rumah itu, walaupun terlihat kecil dari luar, namun sangat luas di dalam.)

  1. Larry objected to the fact that his room was now occupied by his two cousins who had come from Atlanta.

(Larry sangat keberatan ketika mengetahui kamarnya kini ditempati oleh dua orang sepupunya yang datang dari Atlanta.)

  1. As soon as they parted ways, Jim quickly fell in love with another girl, which shocked his former lover, Sarah.

(Segera setelah mereka berpisah, Jim dengan cepat jatuh cinta pada gadis lain, yang membuat kaget mantan kekasihnya, Sarah.)

  1. At first Tika did not want to continue the flower arrangement course she was building. However, after being persuaded by her mother, Tika decided to continue the flower arrangement course by using the power of internet.

(Pada awalnya Tika tidak ingin melanjutkan kursus merangkai bunga yang dia bangun. Namun, setelah dibujuk oleh ibunya, Tika memutuskan untuk melanjutkan kursus merangkai bunga dengan menggunakan kekuatan internet.)

  1. They had planned to take a vacation to Hawaii since late 2019, but all plans had to be canceled after they learned about a pandemic that was attacking the world.

(Mereka telah berencana untuk berlibur ke Hawaii sejak akhir 2019, namun semua rencana terpaksa harus dibatalkan setelah mereka mengetahui adanya pandemi yang menyerang dunia.)

  1. Although Irwan has worked at the company for a long time and qualified to be the general manager, his superiors still have not agreed to give the position to him.

(Walaupun Irwan telah bekerja di perusahaan itu sudah cukup lama dan telah memenuhi syarat sebagai manajer umum, para atasannya masih belum setuju untuk memberikan posisi itu padanya.)

  1. Eren did not like it when his parents questioned his abilities and what he could provide for his family.

(Eren tidak menyukai saat orang tuanya mempertanyakan kemampuannya dan apa yang bisa dia berikan untuk keluarganya.)

  1. Ricky quit his job as an accountant three months ago and started a new job in another city.

(Ricky keluar dari pekerjaannya sebagai seorang akuntan tiga bulan yang lalu dan memulai pekerjaan barunya di kota lain.)

  1. When Reni looked at the clock on the wall, she realized that she had been working in front of the computer for 4 and a half hours.

(Ketika Reni melihat ke arah jam di dinding, dia baru menyadari bahwa dia telah bekerja di depan komputer selama 4 setengah jam.)

  1. Thierry rose from his chair and walked towards Richard, his younger brother, and suddenly hit him. All the family members in the room tried to separate the two of them.

(Thierry bangkit dari kursinya dan berjalan ke arah Richard, adiknya, dan mendadak saja memukul adiknya itu. Semua anggota keluarga yang berada dalam ruangan itu berusaha untuk memisahkan mereka berdua.)

  1. Last night, I dreamed that our earth was ruled by aliens and we humans were destroyed and replaced by other human-like creatures.

(Semalam, aku bermimpi bahwa bumi kita dikuasai oleh alien dan kita manusia dihancurkan lalu digantikan dengan makhluk lain yang menyerupai manusia.)

  1. I have sacrificed for my best friend by taking time off from college and focusing on my internship program, according to her advice. Then, I found out that it was her tactic to graduate college ahead of me.

(Aku telah berkorban demi sahabatku dengan mengambil cuti kuliah dan fokus pada program magangku, sesuai sarannya. Kemudian, aku mengetahui bahwa itu adalah taktiknya untuk lulus kuliah lebih cepat daripada aku.)

  1. These days, we have to be extra careful if we want to buy goods online on the internet. If we take the wrong step, we will be scammed by people who claim to be the sellers of those goods.

(Di zaman sekarang ini, kita harus sangat berhati-hati jika kita ingin membeli barang secara daring di internet. Jika kita salah langkah, kita akan ditipu oleh orang-orang yang mengaku sebagai penjual dari barang-barang itu.)

  1. Tria has selected two very beautiful dresses for her and her sister to wear to their cousin’s wedding party.

(Tria telah memilih dua gaun yang sangat indah untuknya dan adik perempuannya untuk dikenakan ke pesta pernikahan sepupu mereka.)

  1. My father was the one who taught me how to cook, how to distinguish the spices I can use in various types of cooking, and other household chores. I love my father and no one should speak ill of him.

(Ayahku adalah orang yang mengajari aku bagaimana caranya memasak, bagaimana membedakan bumbu-bumbu yang dapat kugunakan untuk memasak, dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Aku sayang ayahku dan tidak boleh ada yang menjelek-jelekkan beliau.)

  1. A few days ago, I accidentally threw away one of my sister’s important stuff. When she found out about it, she was furious and asked me to replace it using my savings.

(Beberapa hari yang lalu, secara tidak sengaja aku membuang salah satu barang penting milik kakakku. Ketika kakakku mengetahuinya, dia marah besar dan memintaku mengganti barang itu dengan uang tabunganku.)

  1. One of the books in my city library is quite old and has been translated into more than 100 languages in the world.

(Salah satu buku yang ada di perpustakaan kotaku telah berusia lumayan tua dan sudah diterjemahkan ke lebih dari 100 bahasa yang ada di dunia.)

  1. I understood why my grandparents asked my parents to take care of me: because my parents did not want me at all to live in this world and they almost killed me because of that reason.

(Aku paham mengapa kakek dan nenekku meminta kepada orang tuaku untuk merawatku: karena orang tuaku sama sekali tidak ingin aku hidup di dunia ini dan mereka hampir membunuhku karena alasan itu.)

  1. Rose was very upset when she found out that her best friend was the one who spread bad rumors about her at school.

(Rose sangat kecewa ketika dia mengetahui sahabatnya adalah orang yang menyebarkan rumor tidak baik tentang dirinya di sekolah.)

  1. Tania urged me to forgive my mother, even though she almost did something very fatal and could potentially cost me my life. Tania must be crazy if she thinks I will forgive that woman!

(Tania mendesakku agar aku memaafkan ibuku, walaupun dia hampir saja melakukan sesuatu yang amat fatal dan hampir menghilangkan nyawaku. Tania pasti sudah gila kalau dia berpikir aku akan memaafkan wanita itu!)

  1. All the vigorous glints that used to be in her eyes now vanished as if they had been swept away by something.

(Semua kilauan penuh semangat yang dulu ada di matanya kini menghilang seolah-olah kilauan itu disapu oleh entah apa.)

  1. There was no point making all those rules, because they would only be violated by people.

(Tidak ada gunanya membuat semua peraturan itu, karena peraturan-peraturan itu hanya akan dilanggar oleh orang-orang.)

  1. Because she could not stand the winding road and her head started to feel dizzy, Cynthia vomited her stomach’s contents inside the car.

(Karena tidak tahan dengan jalanan yang berliku dan kepalanya mulai terasa pusing, Cynthia memuntahkan isi perutnya di dalam mobil.)

  1. Seeing the intimacy between her boyfriend and her best friend, Luna was speechless and she walked away from the two of them.

(Melihat kemesraan antara kekasih dan sahabatnya, Luna tidak dapat berkata apa-apa dan dia berjalan menjauh dari kedua orang itu.)

  1. Last night after my father scolded me really hard, I locked myself inside my room and wept softly while covering my face with a pillow.

(Semalam setelah ayahku memarahiku dengan sangat keras, aku mengunci diriku di dalam kamarku dan menangis pelan-pelan sambil menutup wajahku dengan bantal.)

  1. Before getting to know certain religions, the ancient Greeks worshiped many gods and goddesses.

(Sebelum mengenal agama-agama tertentu, orang-orang Yunani zaman dahulu menyembah banyak dewa dan dewi.)

  1. Quinn yawned because she felt sleepy and tired of waiting for calculus class to finish.

(Quinn menguap karena dia merasa mengantuk dan lelah menunggu kelas kalkulus selesai.)

  1. That old woman yelled at me very loudly, saying that I tried to steal her handbag just because I was walking near her. What a haphazard woman! I have absolutely no intention of stealing her handbag!

(Wanita tua itu meneriakiku dengan sangat lantang, berkata bahwa aku mencoba merampok tas tangannya hanya karena aku berjalan di dekatnya. Sembarangan sekali wanita itu! Aku benar-benar tak ada niatan untuk merampok tas tangan miliknya!)

  1. Rushed work yielded nothing. Try to work more slowly and thoroughly so that you get maximum results.

(Pekerjaan yang dilakukan dengan terburu-buru tidak menghasilkan apa-apa. Cobalah untuk bekerja lebih pelan dan teliti agar kau mendapatkan hasil yang maksimal.)

  1. Two days ago was the first time for my youngest sister went shopping to our regular grocery store. Even though she was accompanied by my youngest brother, she was the one who tried to shop according to list of items written by my mother.

(Dua hari yang lalu adalah kali pertama bagi adik bungsuku pergi berbelanja di toko kelontong langganan kami. Walaupun dia ditemani oleh kakak tertuaku, dialah yang harus mencoba berbelanja sesuai daftar belanjaan yang ditulis ibuku.)

  1. I am sure all the paintings in the Louvre Museum in Paris have been admired by millions of people over the years.

(Aku yakin semua lukisan yang ada di Museum Louvre di Paris telah dikagumi oleh jutaan orang selama bertahun-tahun.)

  1. Isyana was very happy when she found out that her thesis title had been approved by her supervisor.

(Isyana sangat senang ketika dia mengetahui judul skripsinya telah disetujui oleh dosen pembimbingnya.)

  1. It was hard for Nadia to accept the fact that she had been betrayed by a friend she trusted so much.

(Sulit rasanya bagi Nadia untuk menerima fakta bahwa dia telah dikhianati oleh teman yang sangat dipercayainya.)

  1. With the presence of her newborn baby a month ago, Harriet felt even more blessed with a happy and harmonious family.

(Dengan kehadiran bayi yang dilahirkannya sebulan lalu, Harriet merasa semakin diberkati dengan keluarga yang bahagia dan rukun.)

  1. I felt that the houses built from big logs were stronger and looked more beautiful.

(Aku merasa bahwa rumah-rumah yang dibangun dari kayu-kayu yang besar lebih kuat dan terlihat lebih indah.)

Picture by Jessica Lewis on Unsplash

Demikian 36 contoh kalimat-kalimat berbahasa Inggris yang menggunakan kata kerja bentuk kedua.