Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | English Learning Tutorial: How to Introduce Ourselves in an Interview

General, Writing,

Kita semua pasti pernah mendengar kata wawancara, atau pernah mengikuti suatu wawancara. Wawancara merupakan suatu aktivitas bertanya dan memberi jawaban untuk memperoleh data dan juga informasi terkait suatu topik atau masalah melalui proses tanya jawab secara lisan dan langsung (saling bertatap muka).

Dalam suatu wawancara, ada 2 peran atau pihak yang menjalankan wawancara: pewawancara dan narasumber. Pewawancara bertugas memberi pertanyaan dan narasumber atau orang yang diwawancarai bertugas memberi jawaban sesuai permasalahan. Narasumber dalam suatu wawancara haruslah orang yang ahli atau yang menjalani bidang yang sejalan dengan topik wawancara.

Wawancara sering dipraktikkan ketika seseorang melamar untuk suatu jabatan atau posisi di kantor atau perusahaan, ketika akan menerima beasiswa, mengikuti program pendidikan seperti pertukaran pelajar, wawancara di radio atau stasiun televisi, dan lain-lain.

Picture by Austin Distel on Unsplash

Banyak aspek yang harus diperhatikan ketika akan melakukan wawancara, salah satunya adalah perkenalan diri.

Perkenalan diri pada sebuah wawancara memiliki tujuan agar para penonton, pendengar, atau penyimak bisa mengetahui siapa diri kita. Memperkenalkan diri dalam wawancara dapat dilakukan dengan memperhatikan beberapa etika, yaitu:

  • Menyebutkan nama lengkap kita (menyebutkan nama panggilan adalah opsional).
  • Menjabarkan sedikit mengenai diri kita, seperti dari mana kita berasal, pekerjaan apa yang kita miliki, dan keahlian yang kita punyai.
  • Menggunakan bahasa komunikatif yang baik agar apa yang disampaikan dapat ditangkap oleh pewawancara dan hadirin yang melihat wawancara.
  • Bersikap sopan serta santun.

Memperkenalkan diri dalam wawancara menggunakan Bahasa Indonesia pastilah sudah sering kita lakukan. Namun demikian, bagaimana jika kita harus melakukan wawancara dan memperkenalkan diri dengan menggunakan Bahasa Inggris?

Inilah yang akan menjadi pembahasan kita dalam artikel kita kali ini.

Contoh Perkenalan Diri dalam Suatu Wawancara (Examples of Self Introduction in an Interview) dalam Bahasa Inggris

Pada artikel kali ini, kita akan mempelajari bagaimana memperkenalkan diri dalam sebuah wawancara Bahasa Inggris. Di bawah ini adalah beberapa contoh perkenalan diri dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Contoh 1:

My name is Monika Julian and I was born in Riau, but grew up in Surabaya. I graduated from Economics Faculty at my university 3 months ago. I always have been the top of my class and during my internship days in ABV Finance Office. I believe that it would be a  great opportunity for me to learn many useful things if you give me the chance to work in this office.

(Nama saya Monika Julian dan saya lahir di Riau, namun tumbuh besar di Surabaya. Saya lulus dari Fakultas Ekonomi di universitas saya 3 bulan yang lalu. Saya selalu menduduki peringkat atas di kelas saya dan semasa menjalani magang di Kantor Finansial ABV. Saya percaya bahwa akan jadi kesempatan yang bagus sekali untuk saya mempelajari banyak hal yang berguna apabila Anda memberi saya peluang untuk bekerja di kantor ini.)

Contoh 2:

My name is Leah Sullivan and I am a surgeon specialist. I have worked as a surgeon for 12 years and I work in Cedar Elm Public Hospital. As a surgeon specialist, I have met many patients with various ailments that require them to undergo a surgery.

(Nama saya Leah Sullivan dan saya adalah seorang dokter spesialis bedah. Saya telah bekerja sebagai seorang spesialis bedah selama 12 tahun dan saya bekerja di Rumah Sakit Umum Cedar Elm. Sebagai seorang dokter spesialis bedah, saya telah banyak bertemu pasien dengan berbagai macam penyakit yang mengharuskan mereka menjalani pembedahan.)

Contoh 3:

First of all, I would like to thank you for inviting me to be your informant in your interview about illegal cosmetics today. My name is Lunara Begum and I am the head of Regulatory Affairs Division at The Association Office for Drugs and Food Control here in Istanbul. My job is to supervise and ensure that food and medicine, including cosmetic products, which will be marketed to the public have legal documents and permits so that people who consume and use all these products will be protected from harm and health problems. That is a short profile about myself, thank you.

(Pertama-tama, saya ingin mengucapkan terima kasih karena Anda telah mengundang saya sebagai narasumber untuk wawancara Anda tentang kosmetik ilegal pada hari ini. Nama saya Lunara Begum dan saya adalah kepala Divisi Urusan Peraturan di Kantor Asosiasi Pengawas Obat-Obatan dan Makanan di Istanbul. Tugas saya adalah mengawasi dan memastikan bahwa makanan dan obat-obatan, termasuk produk kosmetik, yang akan dipasarkan kepada masyarakat memiliki dokumen-dokumen dan izin yang resmi agar masyarakat yang mengonsumsi dan menggunakan semua produk itu dapat terlindungi dari kerugian dan masalah-masalah kesehatan. Demikian profil singkat mengenai diri saya, terima kasih.)

Contoh 4:

Thank you for giving me the opportunity to join this student exchange program, Sir. My name is Kanaya Tantri Gunawan and my nickname is Naya. I am 19 years old and I am a second semester student majoring in arts. My hobbies are photography and making caricatures. For foreign languages, I can speak English fluently and I also am currently studying German, which I think will be useful because the country destination for this program is Germany.

(Terima kasih karena telah memberikan saya kesempatan bergabung dalam program pertukaran pelajar ini, Pak. Nama saya Kanaya Tantri Gunawan dan nama panggilan saya adalah Naya. Saya berusia 19 tahun dan saya merupakan mahasiswa semester kedua di jurusan seni. Hobi saya adalah fotografi dan membuat karikatur. Untuk bahasa asing, saya bisa berbicara Bahasa Inggris dengan lancar dan sekarang saya sedang mempelajari Bahasa Jerman, yang mana saya pikir berguna karena negara tujuan pada program ini adalah Jerman.)

Contoh 5:

Good morning and allow me to introduce myself in front of the board of interviewers. My name is Sandriana Effendi and I am 28 years old. I apply for the secretary position in this office and I have 3 years of experience of being a secretary in my former office. I resigned from my former office because I have to accompany my husband who was transferred from Jakarta to this city 3 weeks ago. I am capable of running a wide variety of computer software and I am also able of speaking in fluent English, Japanese, and Dutch.

(Selamat pagi dan izinkan saya memperkenalkan diri saya di hadapan dewan pewawancara. Nama saya Sandriana Effendi dan usia saya 28 tahun. Saya melamar kerja untuk posisi sekretaris di kantor ini dan saya memiliki pengalaman selama 3 tahun menjadi sekretaris di kantor lama saya. Saya mengundurkan diri dari kantor lama saya karena saya harus menemani suami saya yang dimutasi dari Jakarta ke kota ini 3 minggu yang lalu. Saya mampu menjalankan berbagai macam perangkat lunak komputer dan saya pun mampu berbicara dalam Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, dan Bahasa Belanda dengan fasih.)

Contoh 6:

Thank you for inviting me to your interview program this evening. My name is Gayatri Sasmita and I am the chairman of Srikandi Tunggadewi Foundation. Through this foundation, my two sisters and I work to train and guide women in our city so that they have skills and able to compete in various types of jobs.

(Terima kasih telah mengundang saya dalam program wawancara Anda malam hari ini. Nama saya Gayatri Sasmita dan saya adalah direktur dari Yayasan Srikandi Tunggadewi. Melalui yayasan ini, kedua kakak perempuan saya dan saya bekerja untuk melatih dan membimbing para perempuan di kota kami agar mereka memiliki keterampilan dan mampu bersaing dalam berbagai jenis pekerjaan.)

Contoh 7:

My name is Caio Pereira and I am a musician as well as the founder of CP Entertainment, which is the house for some of famous and talented Brazilian singers and actors, founded in 2009. As someone who works in the music industry for quite a long time, I have seen and experienced a lot of things, which I think will be a very useful information for this interview. Thank you for inviting me here and I hope I can help all of you with my answers.

(Nama saya Caio Pereira dan saya seorang musisi sekaligus pendiri dari CP Entertainment, yang merupakan rumah bagi beberapa penyanyi dan aktor Brazil terkenal dan berbakat, yang didirikan pada tahun 2009. Sebagai seseorang yang bekerja di industri musik dalam waktu yang cukup lama, saya telah menyaksikan dan mengalami banyak hal, yang saya rasa akan menjadi informasi yang berguna untuk wawancara ini. Terima kasih telah mengundang saya ke sini dan saya harap saya bisa membantu kalian semua dengan jawaban-jawaban saya.)

Contoh 8:

First things first, I would like to thank you and your foundation for allowing me to register myself as one of the recipients of this sport scholarship. My name is Agil Reksa Pratama and I am 15 years old. I am currently in the 10th grade at SMA Jaya Karsa, Bandar Lampung. Since I was a little boy, I love football and I have a dream to become a professional football player in the future. By registering myself in this sport scholarship, I hope to make my dream comes true, go to Jakarta, and be trained by professional and reliable coaches.

(Pertama, saya ingin menghaturkan terima kasih kepada Anda dan yayasan Anda yang membolehkan saya mendaftarkan diri sebagai salah satu penerima beasiswa olahraga ini. Nama saya Agil Reksa Pratama dan umur saya 15 tahun. Saya sekarang duduk di kelas 10 di SMA Jaya Karsa, Bandar Lampung. Sejak saya masih kecil, saya meyukai sepak bola dan saya memiliki mimpi menjadi seorang pemain sepak bola profesional di masa depan. Dengan mendaftarkan diri saya dalam beasiswa olahraga ini, saya harap saya dapat membuat impian saya jadi kenyataan, pergi ke Jakarta, dan dilatih oleh para pelatih yang profesional dan handal).

Contoh 9:

Good afternoon, Ma’am, and thank you for inviting me to this interview session to become a physics tutor for your son. My name is Ruri Elaina Bakrie and you may call me Ruri. I am a graduate of the Physics Education Study Program and I have been a tutor for junior high and senior high school students since 2017. My other hobbies are playing guitar and writing songs. I often use this hobby as a teaching method, where I make short songs about various physics topics and sing them with the students, to make them remember the topics easier. Physics is my favorite subject and by being a tutor, I can share my knowledge with all the students, including your son.

(Selamat sore, Bu, dan terima kasih karena sudah mengundang saya dalam sesi wawancara untuk menjadi tutor fisika bagi putra saya. Nama saya Ruri Elaina Bakrie dan Anda dapat memanggil saya Ruri. Saya adalah lulusan Program Studi Pendidikan Fisika dan saya telah menjadi tutor untuk para siswa SMP dan SMA sejak tahun 2017. Kegemaran saya yang lain adalah bermain gitar dan menciptakan lagu. Saya seringkali menggunakan hobi ini sebagai metode mengajar, dimana saya menciptakan lagu-lagu pendek tentang berbagai topik fisika dan menyanyikannya bersama para siswa, untuk membuat mereka mengingat topik-topik tersebut dengan lebih mudah. Fisika adalah pelajaran kesukaan saya dan dengan menjadi tutor, saya bisa membagi pengetahuan saya kepada para siswa, termasuk putra ibu.)

Picture by Soula Walid on Unsplash

Demikian 9 contoh perkenalan diri dalam sebuah wawancara dengan menggunakan Bahasa Inggris.