English Sentences Example Using “Since”

Membuat kalimat yang baku dan dapat dipahami adalah salah satu kemampuan dalam mempelajari Bahasa Inggris yang senantiasa harus selalu dilatih. Salah satunya adalah dengan membuat berbagai macam kalimat mengandung satu kata tertentu.

Kali ini yang akan teman-teman pelajari adalah contoh-contoh kalimat berbahasa Inggris yang mengandung kata “since”. Tetapi, sebelumnya tentu saja teman-teman harus mengetahui apa makna dari kata “since” itu sendiri.

“Since” dalam Bahasa Indonesia diartikan sebagai “sejak” atau “karena”. Kemudian, kata “since” juga termasuk ke dalam kata penghubung subordinat (subordinate conjunction) yang berfungsi menunjukkan kapan waktu terjadinya suatu kejadian, yang seringkali terhubung hingga ke masa sekarang.

Kata “since” juga bisa digunakan untuk menyatakan sebab dan akibat dalam suatu kalimat. Dalam penggunaannya, kata “since” harus selalu diikuti oleh kalimat yang runtut.

Contoh Penggunaan Kata “Since” dalam Kalimat-Kalimat Berbahasa Inggris (The Use of “Since” in English Sentences Examples)

Baiklah, sekarang waktunya bagi teman-teman mempelajari contoh-contoh kalimat dalam Bahasa Inggris dengan kata “since” terkandung di dalamnya.

Picture by Ann Nekr on Pexels
  1. Few days adapting to the dorm environment made Liam realize that since he lived there as a student, it is not easy to take care of everything alone.

(Beberapa hari beradaptasi dengan lingkungan asrama membuat Liam menyadari bahwa sejak dia tinggal di sana sebagai seorang siswa, tidak mudah mengurus semuanya sendirian).

  1. Ever since Kelly moved to Atlanta, none of her closest friends in Amarillo have heard of her anymore.

(Sejak Kelly pindah ke Atlanta, tidak ada satupun dari teman-teman terdekatnya di Amarillo yang mengetahui kabar tentangnya lagi.)

  1. “Since you are the only one who is overspending mom’s money, then you are the one who has to make up for it,” Nicky told Aaron as they walked out of the clothing store.

(“Karena kau satu-satunya yang berlebihan dalam membelanjakan uang ibu, maka kau-lah yang harus menggantinya,” kata Nicky kepada Aaron ketika mereka berdua keluar dari toko pakaian.)

  1. The rain that has been getting heavier since morning forced Naomi to cancel all her plans and stay inside her apartment.

(Hujan yang terus bertambah deras sejak pagi memaksa Naomi membatalkan semua rencananya dan tinggal di dalam apartemennya.)

  1. Since he has a name that has something to do with being a gentleman, William feels like there is a burden he has to bear in front of the crowd.

(Karena dia memiliki nama yang ada kaitannya dengan menjadi seorang pria yang beretiket baik, William merasa ada beban yang harus dia tanggung di depan orang banyak.)

  1. Since the fight that made the two of them not speak to each other despite living under the same roof, Armand treats Dessy with more respect.

(Sejak perkelahian yang membuat keduanya tidak saling bertegur sapa walaupun tinggal di bawah atap yang sama, Armand memperlakukan Dessy dengan lebih penuh rasa hormat.)

  1. Since Jack was too used to the comfortable life in the big city, when faced with all kinds of exhausting work at his father’s farm in the smaller town, Jack did not stop complaining all day long.

(Karena Jack sudah terlalu terbiasa hidup enak di kota besar, ketika dihadapkan pada berbagai macam pekerjaan yang melelahkan di peternakan milik ayahnya di kota yang lebih kecil, Jack tidak berhenti mengeluh sepanjang hari.)

  1. Since her mother left them both for no apparent reason, Amanda had to get used to doing housework and taking care of her sick father alone.

(Sejak ibunya meninggalkan mereka berdua tanpa alasan yang jelas, Amanda harus terbiasa mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan merawat ayahnya yang sedang sakit sendirian.)

  1. Anneliese and Rosie have been best friends since they were 5 years old until now, when they both were married and had their own families. Their friendship was very close and they never stop loving each other.

(Anneliese dan Rosie telah menjadi sahabat sejak mereka berumur 5 tahun hingga sekarang, ketika keduanya telah menikah dan memiliki keluarga masing-masing. Persahabatan mereka sangat erat dan mereka tidak pernah berhenti menyayangi satu sama lain.)

  1. The weather is starting to feel hotter since the signs of the arrival of summer are starting to appear.

(Cuaca terasa lebih panas sejak tanda-tanda akan kedatangan musim panas mulai muncul.)

  1. Since she just came back from Surabaya, Nike has to do self-quarantine and test to see if her body is safe from virus or not before she returns home.

(Karena dia baru saja pulang dari Surabaya, Nike harus menjalani karantina mandiri dan tes untuk melihat apakah tubuhnya aman dari virus atau tidak sebelum dia kembali ke rumahnya.)

  1. Many people say that their personalities are completely opposite. But, in reality Orlando and Dave have been the best of friends since they were elementary school students and even consider each other as brothers.

(Banyak orang yang berkata bahwa kepribadian mereka sangat berbanding terbalik. Tapi, nyatanya Orlando dan Dave telah bersahabat baik sejak mereka merupakan siswa SD dan bahkan menganggap satu sama lain sebagai saudara.)

  1. Since being established as an international language, English is still being studied and mastered by many people all around the world.

(Sejak ditetapkan sebagai bahasa internasional, hingga sekarang Bahasa Inggris masih dipelajari dan dikuasai oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia.)

  1. Since his childhood was so bitter, Robin is very afraid to trust others. For him, there is no one who really sincerely wants to be with him and in the end everyone will leave him, just like his parents did.

(Karena masa kecilnya yang begitu pahit, Robin sangat takut mempercayai orang lain. Baginya, tidak ada orang yang benar-benar tulus ingin bersamanya dan pada akhirnya semua orang akan meninggalkannya, seperti yang dilakukan kedua orang tuanya.)

  1. Since that fateful incident, Martin’s personality has really changed greatly.

(Sejak kejadian naas itu, kepribadian Martin benar-benar sangat berubah.)

Itulah 15 contoh kalimat berbahasa Inggris yang menggunakan kata “since”.