Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Frasa Mengucapkan Selamat Tinggal Menggunakan Bahasa Inggris

General, Vocabulary, Writing,

Ketika kita bertemu dengan orang lain, akan ada saatnya kita mengucapkan salam perpisahan sebelum kembali ke rumah masing-masing atau melanjutkan kegiatan kita yang berikutnya ketika kita melakukan panggilan telepon dan panggilan video, atau mengirimkan surat.

Ada banyak frasa dalam Bahasa Indonesia yang dapat kita gunakan ketika kita ingin mengucapkan selamat tinggal. Namun, bagaimana dengan Bahasa Inggris? Apakah Bahasa Inggris juga memiliki ragam frasa atau ekspresi ucapan selamat tinggal seperti bahasa kita?

Jawabannya, tentu saja, adalah ya.

Melalui artikel ini, kita akan mengetahui dan mempelajari beberapa frasa lain yang bisa kita kita gunakan untuk saling mengucapkan selamat tinggal dengan orang lain dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Picture by Min An on Pexels

A. Frasa Ucapan Selamat Tinggal dalam Bahasa Inggris Formal dan Informal (Formal and Informal Goodbye Phrases Using English)

Di bagian A ini, kita akan melihat beberapa contoh frasa mengucapkan selamat tinggal secara formal dan tidak formal menggunakan Bahasa Inggris.

  1. “Have a good morning/day/evening/weekend”

Frasa ini memiliki makna “semoga pagi/siang/malam/akhir pekanmu menyenangkan”. Selain digunakan ketika akan mengucapkan selamat tinggal, frasa ini juga baik diucapkan ketika kita mendoakan agar orang tersebut memiliki hari yang hebat.

  1. “Bye…/ bye bye…/ good bye…”

Frasa ini adalah frasa paling standar dan umum digunakan ketika akan mengucapkan selamat tinggal. Frasa ini adalah frasa sederhana dan dapat diucapkan kepada siapa saja.

  1. “Farewell…”

Frasa ini adalah frasa mengucapkan selamat tinggal dan terkadang ada sisi emosional yang terkandung di dalamnya. Walaupun termasuk frasa yang umum dan terdengar normal, terkadang frasa ini menimbulkan kesan bahwa kita takkan pernah bertemu lagi dengan orang yang kita kenal.

  1. “Take care…”

Frasa ini juga termasuk frasa yang formal dan sering sekali digunakan dalam mengucapkan selamat tinggal. Hanya saja, biasanya, frasa ini digunakan ketika kita tidak akan bertemu dengan orang yang kita temui dalam jangka waktu kurang lebih satu minggu.

  1. “Until tomorrow/until…”

Frasa ini memiliki arti “sampai bertemu besok/sampai bertemu…” yang dapat kita tambahkan dengan keterangan waktu, seperti “until next Friday (sampai bertemu hari Jum’at minggu depan)” atau “until next weekend (sampai bertemu di akhir pekan berikutnya)”.

  1. “I have to get going…/ I must be going…”

Frasa ini merupakan frasa yang baik digunakan seandainya kita ingin meninggalkan suatu acara kumpul-kumpul seperti reuni sekolah atau arisan dan enggan untuk mengucapkan “bye!” karena dinilai kurang sopan. Dengan mengucapkan frasa ini, orang-orang akan mengerti bahwa kita ingin mengucapkan selamat tinggal.

  1. “All right then…”

Frasa ini bukanlah frasa yang umum digunakan, namun frasa ini digunakan orang-orang yang tinggal di bagian barat Amerika Serikat untuk mengucapkan selamat tinggal. Frasa ini juga memiliki kesan santai dan sederhana.

  1. “Great to see you…”

Frasa ini biasanya kita dengar ketika kita bertemu dengan orang-orang yang jarang kita temui. Namun demikian, frasa ini juga dapat kita gunakan untuk mengucapkan selamat tinggal, dengan maksud bahwa kita betul-betul merasa senang bisa bertemu dengan mereka hingga di akhir perjumpaan.

  1. “See you next time…”

Merupakan frasa mengucapkan selamat tinggal yang umum kita dengarkan pada program televisi, radio, atau video yang artinya “sampai berjumpa lagi lain kali”.

B. Frasa-Frasa Ucapan Selamat Tinggal Gaul dalam Bahasa Inggris (Slang Goodbye Phrases in English)

Di bagian B ini, kita akan mempelajari beberapa contoh frasa-frasa ucapan selamat tinggal dalam Bahasa Inggris yang lebih gaul dan terkenal di kalangan anak-anak muda.

  1. “See ya…”

Frasa ini merupakan frasa mengucapkan selamat tinggal yang lebih sederhana dari “see you” dan lebih menimbulkan kesan gaul. Di sini, kita dapat melihat bahwa “you” diganti dengan “ya”, yang mana artinya tetap sama namun pengucapannya itulah yang membuat frasa ini terkesan gaul.

  1. “Check you later…/ catch you later…”

Ketiga frasa di atas merupakan versi jenaka dari “see you later” yang artinya sama-sama “sampai jumpa lagi”.

  1. “Peace out!” or “I am out!”

Keduanya merupakan frasa gaul yang digunakan untuk mengucapkan selamat tinggal dan diadopsi dari kultur musik hip-hop. Penggunaannya terutama sangat populer pada awal tahun 90-an.

  1. “I am outta here…”

Frasa ini secara harafiah berarti “aku keluar dari sini” dan dapat kita gunakan ketika kita akan kembali ke rumah dan mengucapkan selamat tinggal pada kawan-kawan kita. Perlu diperhatikan bahwa kata “outta” adalah kependekan dari kata “out of (keluar)”.

  1. “Later…”

Frasa ini biasanya akan diikuti dengan panggilan gaul seperti “bro” atau “sis” yang artinya “kawan”. Frasa ini sering digunakan di kalangan anak muda karena merupakan frasa yang lebih santai dan terdengar keren ketika saling mengucapkan selamat tinggal.

  1. “Cheerio…”

Frasa mengucapkan selamat tinggal yang umum digunakan di Inggris. Penggunaannya sendiri sudah kurang populer namun masih tetap dipergunakan.

C. Frasa atau Kata Selamat Tinggal yang Diadopsi dari Bahasa Lain (Goodbye Phrases Adopted from Other Languages)

Di bagian C, kita akan mempelajari beberapa bahasa yang diadopsi oleh Amerika, Inggris, dan negara-negara penutur Bahasa Inggris lain untuk mengucapkan selamat tinggal dan dikombinasikan ke dalam Bahasa Inggris, seperti beberapa contoh di bawah ini:

  1. “Adios…”

Frasa ini diadopsi dari Bahasa Spanyol yang juga memiliki arti “sampai jumpa”. Terkadang, frasa ini juga digabung dengan kata “amigo/amiga” dalam Bahasa Spanyol yang berarti “kawan”.

  1. “Ciao…”

Frasa yang umum diucapkan ketika mengucapkan selamat tinggal, namun kata ini bukanlah kata Bahasa Inggris. Kata ini diadopsi dari Bahasa Italia.

  1. “Au revoir… (or-e-vwar)”

Frasa ini diadopsi dari Bahasa Perancis yang juga memiliki arti “sampai bertemu” atau “sampai jumpa”. Karena Bahasa Perancis terkenal sebagai bahasa yang berkelas dan romantis, menggunakan frasa ini juga membuat kita terdengar berkelas saat mengucapkannya.

Demikian frasa-frasa dalam Bahasa Inggris dan juga bahasa lain yang diadopsi penutur Bahasa Inggris untuk mengucapkan selamat tinggal. Semoga dengan hadirnya artikel ini, kosa kata Bahasa Inggris yang teman-teman miliki dapat bertambah lagi dan membuat teman-teman semakin nyaman mempelajari Bahasa Inggris.