Istilah atau Kosa Kata dalam Bahasa Inggris Tentang Sayur Mayur

Ketika kita makan, perhatikan apa yang kita ambil di dalam piring kita. Ada nasi dan beragam lauk pauk yang siap untuk disantap. Salah satu lauk pauk yang sangat sering kita makan adalah sayuran.

Sayuran (vegetables dalam Bahasa Inggris) adalah sebutan bagi bahan pangan yang berasal dari beberapa jenis tumbuh-tumbuhan. Untuk menyebut beberapa jenis sayuran, kita menyebutnya dengan sayur-mayur atau sayur-sayuran.

Banyak sayuran memiliki warna hijau yang berasal dari klorofil (zat hijau daun), namun ada juga sayur-mayur yang memiliki warna lain karena kandungan yang dimilikinya.

Sebagai salah satu lauk pauk yang ada di meja makan dan di piring kita, sayuran memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Beberapa manfaat yang diberikan sayuran antara lain:

  • Membantu memperlancar proses metabolisme (proses kerja) tubuh.
  • Membantu memperlancar proses BAB (Buang Air Besar).
  • Salah satu sumber energi tubuh, yang dikenal sebagai protein nabati.
  • Sebagai pembersih racun dalam tubuh (detoksifikasi).
  • Membantu membuat tulang menjadi lebih kuat.
  • Membantu mempertahankan berat badan yang seimbang.
  • Membantu menjaga kesehatan mata.
  • Membantu membuat kulit lebih sehat.
  • Membantu mencegah beberapa penyakit mematikan, seperti sakit jantung dan kanker.

Sayuran dapat dimakan langsung, sebagai salad, dan dapat diolah menjadi panganan tertentu dengan cara direbus, dikukus, ditumis, dan berbagai cara memasak lainnya.

Selain tumbuhan yang dikenal luas sebagai sayur-mayur, ada beberapa jenis buah-buahan yang juga dikategorikan ke dalam keluarga sayur-mayur.

Picture by Yaroslav Shuraev on Pexels

59 Kosa Kata atau Istilah Bahasa Inggris yang Berhubungan dengan Sayuran (59 Vocabularies or Terms Related to Vegetables in English)

Kita sudah mengetahui apa itu sayuran dan beberapa manfaat yang diberikannya bagi tubuh. Sekarang, kita akan mempelajari beberapa istilah atau kosa kata dalam Bahasa Inggris yang berkaitan dengan sayur-mayur.

  1. Artichoke : articok. Jenis sayuran berwarna hijau yang bentuknya seperti kuncup bunga yang belum mekar. Selain sebagai sayuran, juga dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal. Berasal dari kawasan Mediterania/Laut Tengah.
  2. Asparagus : asparagus. tumbuhan berwarna hijau panjang yang bentuknya seperti tongkat. Rebung (ujung akar tunggal) asparagus dapat diolah menjadi panganan sayuran.
  3. Avocado : alpukat. Sebenarnya masih termasuk ke dalam keluarga buah-buahan, namun terkadang alpukat digunakan dalam olahan sayur-mayur, seperti salad.
  4. Bamboo shoots : rebung. Anakan atau tunas akar bambu yang dimanfaatkan mayoritas orang Asia sebagai lauk pauk. Ketika diolah, memiliki rasa manis dan renyah.
  5. Basil : kemangi. Tumbuhan dengan batang lunak yang banyak digunakan sebagai lalapan atau bumbu pelengkap pada suatu olahan makanan.
  6. Beans : kacang-kacangan. Tanaman yang berbentuk bulat yang sering digunakan sebagai bahan pelengkap sup atau salad.
  7. Bean sprout : tauge. Tanaman yang agak panjang berwarna putih yang berasal dari kacang hijau yang ditumbuhkan di tempat teduh.
  8. Beets : ubi bit. Tanaman yang termasuk umbi-umbian yang memiliki warna merah keunguan. Diolah dengan cara dikukus, direbus, dijadikan jus, dipanggang, atau bahkan dimakan mentah.
  9. Bell pepper/capsicum : paprika. Sayuran yang rasanya sedikit pedas dan manis. Memiliki beragam warna, antara lain hijau, merah, kuning, atau ungu.
  10. Broccoli : brokoli. Jenis sayuran hijau yang masih bersaudara dengan kangkung dan kembang kol. Berbentuk bulat di bagian daunnya.
  11. Brussel sprouts : kubis Brussel atau kol mini. Sayuran hijau kecil yang berbentuk bulat seperti miniatur dari kubis.
  12. Cabbage : kubis, kobis, atau kol. Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau atau ungu dan bentuknya bundar.
  13. Carrot : wortel. Jenis sayuran berbentuk panjang berwarna oranye. Memiliki akar berwarna putih dan daun di bagian atas berwarna hijau. Sangat bermanfaat menjaga kesehatan mata.
  14. Cauliflower : kembang atau bunga kol. Dikenal juga sebagai kubis bunga karena bentuknya yang bundar dan memiliki kuncup/ujung berwarna putih seperti bunga.
  15. Celery : seledri. Sayuran berwarna hijau yang memiliki aroma khas dan segar. Daun dan batangnya sering dimanfaatkan tidak hanya sebagai lauk pauk, namun juga sebagai bahan baku obat herbal.
  16. Chard/Swiss chard : bit Swiss. Sayuran berwarna hijau dengan batang berwarna ungu atau hijau muda. Masih termasuk keluarga bayam dan tanaman bit.
  17. Chilli : cabai, cabai merah, atau lombok. Tumbuhan berwarna hijau dan merah yang dimanfaatkan sebagai bumbu dan memiliki aroma serta rasa yang pedas.
  18. Chinese cabbage : sawi putih atau petsai. Jenis sayuran dengan daun berwarna hijau atau kuning pucat, dan batang berwarna putih besar.
  19. Coriander : daun ketumbar. Tumbuhan berwarna hijau yang berbunga dan mengeluarkan biji. Biji inilah yang banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.
  20. Corn/maize : jagung. Tanaman berbentuk panjang dengan buah kecil-kecil berderet berwarna kuning. Salah satu sayuran penghasil karbohidrat terbesar. Terkadang masuk ke dalam keluarga buah.
  21. Cucumber : ketimun atau mentimun. Tumbuhan berbentuk agak lonjong yang kulitnya berwarna hijau dan buahnya berwarna putih dengan biji di tengahnya. Memiliki kandungan air yang cukup tinggi.
  22. Edamame : kacang polong Jepang. Tumbuhan kacang polong yang berasal dari Jepang dan telah banyak dikonsumi dan dibudidayakan di banyak negara.
  23. Eggplant (Amerika)/aubergine (Inggris) : terung atau terong. Tumbuhan agak lonjong dan panjang berwarna ungu dengan ujung batang berwarna hijau.
  24. Endive : endif atau andewi. Salah satu jenis sayuran berdaun hijau dengan batang berwarna putih. Andewi menghasilkan rasa yang pahit.
  25. Fava beans : kacang fava, kara oncet, atau kacang babi. Tumbuhan kacang yang menyerupai kacang polong, namun bentuknya lebih gepeng.
  26. Garlic : bawang putih. Sayuran umbi berwarna putih yang merupakan salah satu bahan wajib ketika memasak.
  27. Ginger : jahe. Merupakan tanaman rimpang berbentuk seperti jemari yang kulitnya berwarna kecoklatan dan berwarna putih di dalamnya. Memiliki aroma dan rasa pedas. Merupakan salah satu bumbu masakan dan obat alami.
  28. Green beans/string beans : buncis. Sayuran dari jenis polong-polongan yang daun, biji, dan buahnya dimanfaatkan sebagai lauk pauk.
  29. Gourd : kundur atau beligo. Sejenis tumbuhan merambat yang buahnya dimanfaatkan sebagai sayuran. Buahnya memiliki kulit berwarna hijau pucat dan bagian dalam berwarna putih agak kekuningan.
  30. Kale : daun kale. Sayuran yang merupakan keluarga kubis. Memiliki daun berwarna hijau tua hingga ungu kebiruan.
  31. Kohlrabi : kubis kolrabi. Salah satu sayuran kubis yang buahnya memiliki warna putih, hijau, hingga ungu.
  32. Leek : bawang perai atau prei. Salah satu jenis keluarga bawang-bawangan yang berasal dari Wales. Memiliki rasa yang lebih manis.
  33. Lentil : kacang miju atau miju-miju. Tumbuhan kacang yang bentuknya seperti lensa. Memiliki warna putih kecokelatan, oranye, hijau, hingga gelap.
  34. Lettuce : selada atau daun sla. Sayuran yang biasanya ditanam di daerah beriklim sedang hingga tropis. Banyak digunakan sebagai salah satu bahan salad.
  35. Lima bean : kacang Lima, kacang kratok, kacang Jawa, atau kekara. Merupakan tumbuhan kacang-kacangan yang memiliki pucuk dan kecambah muda.
  36. Mint : daun min. Daun berukuran sedang berwarna hijau yang, ketika diolah, menghasilkan rasa dan aroma dingin.
  37. Mung bean : kacang hijau. Masih termasuk ke dalam keluarga kacang-kacangan yang, sesuai namanya, berwarna hijau. Ketika dibiarkan bertumbuh, dia akan menumbuhkan tunas yang dikenal dengan nama tauge.
  38. Mushroom : jamur atau cendawan. Tumbuhan yang tidak memiliki akar dengan batang dan ujung yang menyerupai helm serta tidak berklorofil. Banyak dijadikan sebagai olahan makanan.
  39. Mustard greens : sawi hijau atau sawi India. Sayur yang daunnya berwarna hijau dan memiliki batang berwarna hijau keputihan.
  40. Okra beans : kacang okra. Sayuran berbentuk panjang berwarna hijau yang bentuknya mirip seperti sayur oyong atau cabai hijau besar.
  41. Olive : zaitun. Buah berbentuk seperti kacang berwarna hijau kekuningan.
  42. Parsley : peterseli. Tumbuhan yang sekilas terlihat mirip seperti daun sop, namun daunnya sedikit lebih rimbun.
  43. Parsnip : ubi jalar atau wortel putih. Sayuran dari keluarga umbi-umbian yang warnanya putih agak kecokelatan.
  44. Pea pod : kacang polong. Salah satu jenis kacang yang memiliki warna hijau dan digunakan sebagai campuran aneka masakan.
  45. Pepper : merica atau lada. Tanaman yang memiliki aroma dan rasa pedas dan banyak digunakan sebagai salah satu penyedap rasa.
  46. Pickle : acar mentimun. Sayuran mentimun yang telah diasamkan bersama air asin, cuka, dan larutan lain.
  47. Potato : kentang. Merupakan salah satu keluarga umbi dengan kulit dan buah berwarna krem.
  48. Pumpkin : labu atau waluh. Sayuran berwarna oranye yang, ketika belum dipotong, berbentuk besar dan bundar.
  49. Radish : lobak putih. Sayuran berbentuk besar dengan buah berwarna putih. Batang serta daunnya berwarna hijau muda.
  50. Red onion/shallot : bawang merah. Sayuran dengan kulit dan buah berwarna merah keunguan dan merupakan salah satu bumbu masak.
  51. Scallion/spring onion : daun bawang. Salah satu jenis sayuran dari keluarga bawang-bawangan. Daunnya berwarna hijau tua dan batangnya berwarna putih.
  52. Soybean : kacang kedelai. Salah satu tanaman keluarga kacang yang banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan dan juga minuman.
  53. Spinach : bayam. Tumbuhan yang daunnya terkadang berwarna hijau atau merah keunguan. Dikenal sebagai salah satu sumber zat besi.
  54. Squash/butternut squash : labu madu. Sayuran yang masih termasuk keluarga labu. Labu madu memiliki rasa manis dan pedas.
  55. Sweet potato : ubi jalar. Salah satu jenis umbi dengan kulit berwarna ungu dan buah berwarna kuning.
  56. Taro : talas. Salah satu jenis umbi yang daunnya berbentuk besar berwarna hijau. Kulit dari buahnya berwarna cokelat dan bagian dalamnya berwarna putih.
  57. Tomato : tomat. Tumbuhan bulat berwarna merah dan bentuknya bulat. Sebenarnya merupakan keluarga buah, namun sering disangka sebagai sayuran. Tekstur tomat lembek dan mudah hancur.
  58. Turnip (Inggris)/rutabaga (Amerika) : lobak Cina. Salah satu sayuran akar yang berdaging putih hingga ungu.
  59. Zucchini : zukini. Labu kecil berbentuk panjang. Zukini memiliki warna kuning dan terkadang hijau, sehingga sering dikira mentimun.

Mari kita lihat penggunaan beberapa kosa kata tentang sayuran ke dalam beberapa contoh kalimat Bahasa Inggris sederhana.

  • We purposely buy a house with a big garden so we can use half of it as our tomato garden.

(Kami sengaja membeli rumah dengan taman yang besar agar kami bisa menggunakan setengahnya sebagai kebun tomat kami.)

  • My cousin Jeff is very well known in my big family as a kid who does not like vegetables. But, that changed when he ate the spinach my mother made.

(Sepupuku Jeff sudah sangat terkenal di dalam keluarga besarku sebagai anak yang tidak menyukai sayuran. Namun, hal itu berubah ketika dia mencicipi sayur bayam yang dibuat ibuku.)

  • My grandmother really likes mung beans. She especially likes it when mung beans are processed into a porridge.

(Nenekku sangat menyukai kacang hijau. Beliau terutama menyukai ketika kacang hijau diolah menjadi bubur.)

  • Dishes that do not use garlic will taste strange. That is why using garlic is always the best solution.

(Masakan yang tidak menggunakan bawang putih akan terasa aneh. Itulah mengapa menggunakan bawang putih selalu merupakan solusi terbaik.)

  • Elle really likes carrot. She believes that by regularly eating carrots, her eyes will always be healthy.

(Elle sangat menyukai wortel. Dia percaya bahwa dengan mengonsumsi wortel secara teratur, kedua matanya akan selalu sehat.)

Picture by Ella Olsson on Pexels

Demikian daftar kosa kata dalam Bahasa Inggris mengenai sayur-mayur dan penggunaan beberapa di antaranya dalam contoh-contoh kalimat Bahasa Inggris sederhana.