Kata-Kata yang Digunakan Ketika Mempromosikan Sebuah Produk

Bisnis adalah salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari hidup kita. Banyak dari kita yang menggantungkan hidup dari menjalankan bisnis lewat berdagang dan bergantung dari perekonomian yang ada.

Definisi bisnis sendiri adalah kegiatan dimana seseorang atau suatu kelompok memperjualbelikan atau memperdagangkan baik barang atau jasa kepada konsumen melalui transaksi jual-beli, dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin serta membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Di zaman sekarang ini, berbisnis atau membuka usaha sendiri telah banyak dilirik orang-orang. Merintis dan membangun usaha dari 0 hingga sukses dinilai adalah sesuatu yang banyak diinginkan orang-orang, sehingga mereka mulai berbisnis atau berusaha satu demi satu.

A. Hal-Hal Mengenai Bisnis yang Baik dan Perlu untuk Kita Ketahui

Dalam perkembangannya, bisnis memiliki banyak tujuan yang tentunya ingin dicapai oleh mereka yang terlibat di dalamnya. Tujuan-tujuan bsinis antara lain:

  • Memenuhi kebutuhan serta keinginan masyarakat di bidang perdagangan dan pengadaan barang atau jasa.
  • Untuk menumbuhkan dan mengembangkan usaha mereka secara berkelanjutan.
  • Memberikan kesejahteraan yang ditujukan kepada masyarakat dan pelaku usaha.
  • Membuka lapangan pekerjaan bagi mereka yang sangat membutuhkan pekerjaan untuk bertahan hidup memenuhi kebutuhannya.
  • Mendukung serta membantu proses peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Bisnis juga memiliki fungsi yang didasarkan pada utilitas (utility) atau kemampuan suatu produk atau jasa dalam memberikan kegunaan, manfaat, serta kepuasan kepada konsumen yang menggunakan. Berdasarkan utilitasnya, fungsi bisnis terdiri dari:

  • Kegunaan dari bentuk produk dalam usaha. yaitu sebuah produk dihasilkan dari menggabungkan beberapa bahan atau komponen dan menciptakan suatu produk baru dengan nilai yang besar.
  • Kegunaan waktu yang digunakan ketika kita berbisnis atau membangun usaha, yaitu fungsi bisnis yang dilihat dari nilai suatu usaha yang menyediakan barang atau jasa dengan waktu tertentu yang jadi patokannya.
  • Kegunaan tempat untuk kita berbisnis atau mendirikan usaha, yaitu fungsi bisnis yang dilihat dari tempat yang disediakan oleh pelaku usaha untuk menjual produk atau jasa yang dia miliki kepada para konsumen.
  • Kegunaan kepemilikan dari tempat dimana kita membangun usaha atau bisnis kita, yaitu fungsi bisnis yang dilihat dari nilai produk atau jasa yang tercipta dari bagaimana pemilik usaha mengendalikan usahanya secara penuh.

Dalam memperjualikan barang atau jasa, terutama barang atau produk, pastinya seorang pelaku usaha membutuhkan yang namanya promosi agar barang yang dijualnya laku dan mendapatkan untung. Lalu, kata-kata seperti apa, sih, yang baik digunakan untuk mempromosikan barang?

B. Kata-Kata yang Pas Digunakan Ketika Kita Mempromosikan Sebuah Produk

Gambar oleh Jopwell di Pexels

Dalam memperjualbelikan barang, promosi atau penawaran barang tidak bisa dilepaskan dalam usaha atau bisnis. Agar produk atau barang yang ditawarkan cepat terjual dan pelaku usaha bisa mendapatkan untung, promosi yang menarik harus terus dilakukan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan kata-kata yang pas untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk atau barang yang dipromosikan.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, promosi lewat laman-laman daring (online) yang dibuat khusus untuk berjualan semakin menjamur dan, pastinya, kata-kata promosi yang pas harus digunakan agar produk yang kita tawarkan menarik minat konsumen.

Kali ini kita akan melihat daftar kata-kata yang bisa digunakan ketika kita hendak menawarkan produk atau barang yang kita jual.

  1. Gunakan Kata-Kata yang Memberikan Penekanan Keamanan dan Kualitas Produk yang Terbaik

Kiat pertama untuk mempromosikan produk atau barang adalah dengan menggunakan kata-kata yang memberikan penekanan tentang kualitas dan keamanan produk kita.

Untuk menekankan bahwa produk atau barang yang kita tawarkan berkualitas baik dengan keamanan yang baik pula, kita bisa menggunakan beberapa kata antara lain “jangan takut, jangan khawatir, karena semua produk kami aman dan terstandardisasi dengan baik!”

  1. Gunakan Kata-Kata yang Memberikan Bonus Pada Setiap Pembelian Produk yang Dipromosikan

Yang kedua yang perlu kita lakukan ketika akan mempromosikan produk atau barang adalah menggunakan kata-kata yang mengandung unsur pemberian bonus pada setiap pembelian produk yang kita promosikan. Pada umumnya, kata-kata yang mengandung unsur pemberian bonus yang umum didengar adalah “beli 1… gratis 1…” atau “beli 2… gratis 1…”.

Ada pula yang memberikan bonus sebesar mungkin agar semakin banyak konsumen yang datang untuk membeli produk yang ditawarkan. Semakin menarik bonus yang diberikan, maka kemungkinan konsumen akan datang juga semakin besar.

  1. Memasukkan Unsur Pemotongan Harga Tertentu untuk Menarik Perhatian Konsumen Terhadap Promosi yang Ada

Kata-kata ketiga yang dapat kita gunakan untuk mempromosikan produk atau barang yang kita jual adalah dengan menggunakan kata-kata dengan unsur pemberian potongan harga.

Selain diskon dan bonus, pemberian potongan harga merupakan salah satu strategi promosi yang paling jitu agar barang atau produk yang kita jual cepat laku.

Untuk cara ini, kita dapat memanfaatkan kekuatan jejaring sosial dengan membuat laman untuk kita menawarkan produk kepada para konsumen. Kita bisa mempromosikan potongan harga yang kita tetapkn untuk produk-produk yang kita tawarkan dan mengunggahnya di laman tempat kita menawarkan produk.

Agar terkesan lebih kekinian, kita juga bisa mengunggah promo potongan harga ke cerita (story) dari laman tempat kita berjualan. Biasanya, cara ini adalah cara promosi termudah, mengingat betapa orang-orang senang melihat cerita (story) dari berbagai macam laman, termasuk laman berjualan.

  1. Menggunakan Kata-Kata dengan Unsur Pemberian Gratis atau Diskon Ongkos Kirim

Cara keempat untuk mempromosikan produk yang kita jual adalah dengan menggunakan kata-kata yang mengandung unsur pemberian diskon atau gratis ongkos kirim (ongkir), yang terutama lebih menarik perhatian apabila kita menggunakan jejaring sosial untuk mempromosikan produk kita.

Bekerja samalah dengan kurir atau perusahaan pengantaran barang untuk memberikan diskon atau gratis ongkos kirim hingga harga tertentu kepada konsumen kita.

Kemudian, lewat media massa atau jejaring sosial, kabarkanlah bahwa toko kita akan memberikan potongan atau bahkan gratis ongkos kirim dengan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para konsumen.

 

Demikian contoh kata-kata yang digunakan apabila kita ingin mempromosikan produk atau barang yang kita jual.