Kata Kunci – Pengertian dan Hal-Hal yang Perlu Kita Ketahui

Ketika mendengar seseorang menyebutkan “kata kunci”, apakah yang ada di dalam benak teman-teman sekalian? Apakah teman-teman memikirkan serangkaian kata yang membantu kita menemukan sesuatu yang kita cari?

Apabila ya, maka apa yang teman-teman pikirkan tersebut tidaklah salah.

Kata-kata kunci (keywords) merupakan berbagai macam kata-kata, frasa-frasa yang ada pada berbagai macam tulisan, subyek, tajuk, dan lain sebagainya.

Makna lain dari kata kunci adalah serangkaian kalimat yang memiliki tujuan untuk mencari suatu hal sesuai dengan tajuk atau topik yang kita ingin ketahui dan yang ingin kita pelajari.

Kata kunci juga bisa diartikan sebagai kata-kata tertentu yang membantu kita menemukan informasi tentang sesuatu yang spesifik sesuai dengan apa yang hendak kita cari.

A. Hal-Hal yang Perlu dan Sebaiknya Kita Ketahui Mengenai Kata Kunci

Seperti yang telah disebutkan pada bagian pendahuluan di atas, kata kunci adalah serangkaian kalimat, kata-kata, atau frasa-frasa yang bertujuan membantu kita mencari bahan bacaan atau jawaban atas topik yang kita ingin ketahui.

Sebuah kata kunci memiliki beberapa ciri-ciri yang ada baiknya perlu kita ketahui. Beberapa ciri-ciri dari sebuah kata kunci untuk topik yang kita ingin cari antara lain:

  • Kata kunci yang efektif adalah kata kunci yang terdiri dari satu hingga tiga kata. Diketahui pencarian dengan kata kunci yang panjang justru mengurangi potensi topik yang kita dapat akan lebih mudah ditemukan. Sehingga kata kunci yang memiliki satu hingga tiga kata lebih diminati dan membuat pencarian lebih spesifik.
  • Kata kunci yang mengandung atau memiliki unsur spesifik dan unik di dalamnya, yang membuat pencarian juga menjadi lebih spesifik. Contoh kata kunci untuk ini antara lain “kayu hitam”, “makanan Kaili” atau “motor matic”.
  • Kata kunci yang efektif adalah kata kunci yang memiliki sifat menyeluruh atau mencakup semuanya, yang digunakan untuk memperjelas apa yang ingin kita cari. Contohnya, kata kunci “makanan khas Palu” digunakan untuk mencari apa saja makanan yang menjadi ciri khas kota Palu.
  • Dalam bacaan, ciri-ciri kata kunci adalah kata-kata yang beberapa kali disebutkan dalam paragraf tersebut. Contohnya, kita membaca paragraf tentang kincir angin, kata “kincir angin” biasanya akan banyak muncul dalam paragraf.

B. Cara-Cara Membuat dan Menentukan Kata Kunci dalam Berbagai Macam Tulisan

Setelah kita mengetahui apa-apa saja hal esensial yang perlu diketahui tentang kata kunci, sekarang kita akan melihat bagaimana caranya membuat dan menentukan kata kunci untuk berbagai macam tulisan, yang telah dirangkum di bawah ini.

Gambar oleh Judit Peter di Pexels
  1. Memikirkan dan Membuat Daftar Kata Kunci Sesuai Tulisan yang Hendak Kita Buat atau Baca

Cara pertama untuk membuat dan menentukan kata kunci untuk berbagai macam tulisan adalah dengan memikirkan serta membuat daftar kata kunci sesuai tulisan yang hendak kita buat atau baca.

Kita ingin membuat sebuah tulisan tentang tempat-tempat wisata yang ada di Semarang, misalnya. Nah, kita terlebih dahulu harus memikirkan dan mengumpulkan kata-kata kunci yang sekiranya memiliki hubungan dengan tempat-tempat wisata di kota Semarang.

Setelah kita memikirkan dan menemukan kata-kata kunci yang cocok, yang kemudian harus kita lakukan adalah membuat daftarnya untuk kemudian nanti dimasukkan ke dalam tulisan kita.

  1. Mencari Tahu Kata Kunci Apa Saja yang Tren di Situs Mesin Pencari

Cara kedua untuk membuat serta menentukan kata kunci yang akan kita gunakan ke dalam berbagai macam tulisan adalah dengan mencari tahu kata-kata kunci apa saja yang sedang tren di situs mesin pencari.

Misalnya, kita ingin menulis tentang fakta-fakta harimau Sumatera. Yang bisa kita lakukan adalah memasukkan kata kunci “harimau Sumatera” di mesin pencari.

Dari situ, kita bisa melihat tulisan beserta kata kunci yang sedang tren. Kemudian, kita bisa menentukan kata kunci kita sendiri yang memberi kesan unik agar tulisan kita lebih gampang ditemukan di mesin pencari.

  1. Menggunakan Situs atau Aplikasi yang Memberi Saran Tentang Kata Kunci

Apabila kita bingung menentukan dan membuat sendiri kata-kata kunci yang ingin kita masukkan ke dalam tulisan kita, menggunakan situs atau aplikasi pemberi saran kata kunci bisa dijadikan solusi alternatif.

Sekarang ini ada banyak situs atau aplikasi yang bisa memberikan kita saran atau sugesti tentang kata-kata kunci yang kita ingin gunakan ke dalam tulisan kita.

Yang menarik adalah, biasanya situs atau aplikasi ini menawarkan kata-kata kunci yang terbilang unik, yang tentunya akan menjadi poin plus untuk tulisan kita.

Yang perlu kita lakukan adalah mencari tahu daftar aplikasi atau situs penyedia saran atau sugesti kata kunci di mesin pencari.

C. Cara-Cara yang Bisa Ditempuh untuk Menemukan Kata Kunci dalam Suatu Bacaan

Setelah kita mengetahui bagaimana cara membuat serta menyusun kata kunci untuk tulisan kita, kita juga sebaiknya mengetahui cara-cara yang bisa kita tempuh apabila kita ingin menemukan kata kunci dalam suatu bacaan.

Cara-cara yang bisa kita tempuh ketika kita ingin menemukan kata kunci dalam suatu bacaan antara lain:

  1. Mencari Kata yang Penulisannya Diulang-Ulang dalam Bacaan

Cara pertama untuk menemukan kata kunci pada suatu bacaan tertentu adalah dengan mencari kata-kata yang penulisannya hampir selalu diulang-ulang dalam bacaan yang kita baca.

Sebagai contoh, kita sedang membaca tulisan tentang sejarah pesawat terbang. Nah, kata kunci seperti “sejarah pesawat terbang” akan sering sekali kita temukan di dalam tulisan tersebut.

Kalau kita sudah menemukannya, maka itulah kata kunci utama dari bacaan yang kita baca.

  1. Mencari Tahu Ide-Ide Pokok dari Bacaan yang Kita Baca dan Teliti

Cara kedua untuk menemukan kata kunci dalam bacaan yang kita baca adalah dengan mencari tahu ide-ide pokok dari bacaan yang sedang kita baca dan teliti.

Ide pokok biasanya dapat kita temukan di awal, pertengahan, atau bahkan di akhir paragraf dari tulisan yang kit baca. Ide pokok sendiri memuat informasi yang penting dari tulisan yang kita baca dan teliti.

  1. Mencari Tahu Kata Kunci Melalui Sinonim dari Kata Kunci Tersebut

Cara ketiga yang bisa kita lakukan untuk menemukan kata kunci adalah dengan mencari tahu sinonim atau persamaan kata dari kata kunci yang hendak kita ingin temukan.

Untuk menemukan sinonim dari kata kunci yang ingin kita cari, kita bisa menggunakan kamus atau mesin pencari dan mengetikkan “sinonim dari kata…”.

 

Demikianlah topik kita kali ini mengenai kata-kata kunci dan apa saja yang harus kita ketahui tentang kata-kata kunci.