Kamus Inggris Indonesia - Indonesian English Dictionary
     

Home | Kosakata Berbagai Macam Alat Pertukangan dalam Bahasa Inggris

Vocabulary,

Di rumah, mungkin kita sering melihat ayah atau saudara lelaki kita memperbaiki suatu benda yang rusak dengan alat tertentu, yang dikenal dengan istilah peralatan pertukangan atau household tools and equipments dalam Bahasa Inggris. Dalam pengertiannya, ‘tools’ dan ‘equipments’ memiliki makna yang beda tipis. ‘Tools’ merujuk pada alat-alat yang dapat digunakan untuk memperbaiki lebih dari satu benda (multifungsi), sementara ‘equipments’ merujuk pada alat-alat yang memiliki fungsi memperbaiki satu benda tertentu saja.

Dalam Bahasa Inggris, mayoritas alat-alat pertukangan merupakan kata benda (nouns) dan terkadang dapat dihitung jumlahnya (countable nouns).

Kali ini, kita akan mempelajari berbagai macam kosakata yang berhubungan dengan alat-alat pertukangan dalam Bahasa Inggris. Mengetahui apa saja nama-nama alat pertukangan dalam Bahasa Inggris dapat memperkaya kosakata Bahasa Inggris kita dan, mungkin, akan bermanfaat dalam hal-hal lainnya.

Picture by Ono Kosuki on Pexels

32 Nama Alat-Alat Pertukangan (Tools and Equipments) Beserta Fungsinya

Di bawah ini adalah 32 kosa kata mengenai alat-alat pertukangan menggunakan Bahasa Inggris.

  1. Adjustable wrench or adjustable spanner (kunci Inggris). Fungsi alat ini adalah untuk melepas dan memasang baut yang ukurannya dapat diatur. Dapat membuka berbagai macam penutup serta sambungan.
  2. Axe or ax (kapak). Kapak berfungsi untuk membentuk dan membelah kayu, sebagai senjata, dan kadang sebagai simbol sebuah upacara.
  3. Bolt or nut (baut). Fungsi baut adalah untuk menyambungkan atau memposisikan dua atau lebih bahan dalam sebuah sambungan terkunci. Umumnya terbuat dari logam.
  4. Brick (batu bata atau terkadang disebut batu merah). Batu bata dibuat dari tanah liat yang, biasanya, dibakar. Salah satu bahan baku utama ketika membangun rumah.
  5. Boots (sepatu bot). Sepatu bot digunakan untuk melindungi kaki dari hujan, panas, serta material bangunan yang berpotensi melukai kaki. Umumnya memiliki panjang selutut.
  6. Chisel (pahat). Alat ini digunakan untuk memahat atau membuat ukiran pada suatu bahan yang tergolong keras.
  7. Cables (kabel). Fungsi kabel adalah untuk menghantarkan jaringan elektronik dalam sebuah rumah atau gedung.
  8. Cutting machine (mesin atau alat pemotong). Sesuai namanya, fungsi alat ini adalah untuk memotong berbagai macam bahan.
  9. Crowbar (linggis). Fungsi linggis adalah sebagai tuas atau pengungkit untuk menggeser berbagai benda yang berukuran besar.
  10. Drill (bor). Fungsi bor adalah untuk melubangi permukaan benda yang keras, seperti kayu, dinding, dan besi. Jenis bor yang paling umum adalah bor tangan dan bor listrik.
  11. Drill bits (mata bor). Fungsi mata bor adalah melubangi kayu, besi, logam, serta kaca. Umumnya, mata bor memiliki beragam jenis dan ukuran yang disesuaikan dengan mesin bor.
  12. Hoe (cangkul). Cangkul dipergunakan untuk menggali permukaan hingga kedalaman tanah yang ringan.
  13. Hammer (palu atau martil). Fungsi dari martil adalah memberi tumbukan pada suatu benda. Umum dipergunakan untuk memperbaiki berbagai benda, memaku, menempa logam, dan menghancurkan suatu benda.
  14. Handsaw (gergaji tangan). Fungsi gergaji tangan adalah untuk membelah dan memotong kayu dengan jalur satu arah. Mata gergaji sendiri umumnya dikikir secara khusus agar tetap tajam.
  15. Jack (dongkrak). Dongkrak memiliki fungsi mengangkat atau mengangkut barang-barang yang berat. Biasanya dioperasikan manual menggunakan tangan.
  16. Ladder (tangga). Tangga digunakan sebagai alat bantu untuk memanjat bidang yang tinggi.
  17. Mallet (palu atau martil kayu). Martil kayu berfungsi untuk menumbuk bidang-bidang yang juga terbuat dari kayu.
  18. Nails (paku). Fungsi dari paku adalah menyambungkan atau melekatkan dua atau bahan dengan cara menembus kedua bahan tersebut. Paku umumnya terbuat dari baja. Paku sendiri banyak jenisnya (contoh: paku payung, paku kayu, dan paku beton).
  19. Padlock (gembok). Gembok adalah alat pengunci dengan salah satu bagiannya melengkung yang dapat dikaitkan di benda yang akan dikunci.
  20. Paintbrush (kuas cat). Alat dengan ujung berbulu atau berambut yang berfungsi memulas warna pada obyek yang akan diwarnai, misalnya dinding rumah.
  21. Paint (cat). Fungsi cat adalah untuk memberikan warna pada permukaan suatu obyek.
  22. Pliers (tang). Tang memiliki fungsi membengkokkan, menjepit, membuat lengkungan berbentuk bulat pada suatu benda, seperti kawat.
  23. Plunger (alat penyedot untuk toilet). Fungsi alat ini, seperti namanya, berfungsi menyedot toilet yang tersumbat (mampet).
  24. Safety googles (kacamata pengaman). Kacamata ini berfungsi melindungi mata dari material yang berfungsi merusak mata, seperti percikan ketika kita mengebor.
  25. Screwdriver (obeng). Obeng memiliki fungsi membuka dan mengencangkan sekrup atau baut yang terpasang di berbagai perabotan rumah.
  26. Scissors (gunting). Benda ini sangat umum digunakan untuk memotong benda. Gunting juga digunakan untuk tujuan ini dalam dunia pertukangan.
  27. Shovel (sekop). Sekop berguna untuk mengangkut pasir dan tanah ketika kita membangun sebuah bangunan.
  28. Tape measure (pita pengukur atau meteran). Meteran berfungsi mengukur panjang dari suatu obyek dalam pertukangan.
  29. Tool box (kotak perkakas). Seperti namanya, kotak ini memiliki fungsi menyimpan semua alat-alat pertukangan agar tidak berserakan.
  30. Varnish (pernis). Pernis berfungsi sebagai pelapis kayu untuk membuat permukaan kayu tampak lebih berkilau.
  31. Welding machine (mesin las). Kegunaan mesin las adalah menyambung material (biasanya besi) yang terpisah-pisah menjadi satu dan dapat dibentuk sesuai fungsinya.
  32. Wire (kawat). Kawat umumnya terbuat dari logam dan memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan jenisnya. Kawat ada yang terbungkus tali dan ada yang tidak, serta ada yang memiliki sisi-sisi yang tajam.

Ada banyak lagi kosakata Bahasa Inggris tentang alat-alat pertukangan yang bisa ditemukan, terutama apabila kita mengecek kamus. Catatlah kosakata alat pertukangan yang baru dalam daftar kalian apabila kalian menemukannya, ya!