Kumpulan Ungkapan Mengenai Kesehatan dalam Bahasa Inggris

Kesehatan adalah sesuatu yang paling berharga dan harus kita jaga. Apabila kita tidak menjaga kesehatan dengan baik dan sungguh-sungguh, dikhawatirkan kita akan jatuh sakit dan tidak dapat melakukan apapun, seperti bekerja dan menikmati hal-hal yang kita senangi.

Dalam artikel ini kita akan melihat rangkuman ungkapan mengenai kesehatan dalam Bahasa Inggris. Seperti yang kita ketahui, ungkapan atau idiom dalam Bahasa Inggris adalah sekumpulan kata-kata yang memiliki arti tertentu namun tak dapat diartikan dengan gamblang mengikuti arti dari setiap kata dalam kalimat tersebut.

Baiklah, mari kita pelajari bersama rangkuman kata-kata ungkapan tentang kesehatan menggunakan Bahasa Inggris di bawah ini!

Picture by Cliff Booth on Pexels

40 Kumpulan Ungkapan atau Perumpamaan Mengenai Kesehatan dalam Bahasa Inggris dan Maknanya

  1. A wake up call : perumpamaan tentang hal-hal yang membuat kita akhirnya sadar dan berfokus ke hal-hal yang penting buat kita, seperti mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.
  2. Alive and kicking : perumpamaan yang artinya walaupun memiliki masalah kesehatan, kita berada dalam kondisi yang tetap baik.
  3. An apple a day keeps the doctor away : merupakan salah satu perumpamaan terkenal yang artinya memakan makanan yang sehat akan menghindarkan kita dari jatuh sakit, yang berakhir harus menemui dokter.
  4. As fit as a fiddle : perumpamaan yang artinya kondisi fisik yang sangat sehat.
  5. As pale as a ghost : perumpamaan tentang wajah dan tubuh yang terlihat amat sangat pucat.
  6. At death’s door : perumpamaan tentang kondisi seseorang yang sekarat atau berada dekat dengan kematian.
  7. Back on one’s feet : perumpamaan yang berarti kembali sehat setelah sebelumnya jatuh sakit.
  8. Bag of bones : perumpamaan yang terkadang ditujukan kepada seseorang yang terlihat amat kurus.
  9. Be on the mend : perumpamaan yang artinya menuju kondisi tubuh yang benar-benar pulih pasca jatuh sakit.
  10. Bitter pill to swallow : perumpamaan tentang suatu kenyataan yang buruk atau pahit yang mau tidak mau harus kita terima.
  11. Black-and-blue : perumpamaan tentang memar di bagian-bagian tubuh, yang biasanya terjadi karena jatuh atau dipukuli seseorang.
  12. Break out in a cold sweat : berkeringat yang dapat disebabkan ketika kita demam, atau cemas dan gugup saat harus berhadapan dengan sesuatu.
  13. Cast iron stomach : perumpamaan tentang kondisi seseorang yang dapat mengonsumsi makanan dan minuman apapun tanpa adanya efek samping pada tubuh mereka.
  14. Catch one’s death of cold : perumpamaan tentang kondisi di mana kita merasa sangat sakit akibat menderita demam dan/atau influenza.
  15. Clean bill of health : perumpamaan yang artinya laporan kesehatan yang menunjukkan bahwa kita berada dalam kondisi kesehatan yang baik sekali.
  16. Dead as a doornail : perumpamaan tentang seseorang yang benar-benar telah meninggal dunia.
  17. Death warmed up : perumpamaan tentang seseorang yang penampilannya terlihat sangat sakit atau kelelahan yang teramat sangat.
  18. Die with one’s boot on : perumpamaan tentang seseorang yang meninggal saat masih dalam usia produktif dan tidak menunjukkan gejala terserang penyakit kronis apapun.
  19. Dogs are barking : perumpamaan tentang orang yang kakinya terasa sangat sakit.
  20. Drop like flies : perumpamaan tentang sekumpulan orang yang menderita sakit, bahkan hingga meninggal.
  21. Feel on the top of the world : perumpamaan tentang seseorang yang merasa sangat sehat dikarenakan berbagai faktor tertentu.
  22. Frog in one’s throat : perumpamaan tentang kesulitan untuk berbicara karena mengalami sakit pada tenggorokannya.
  23. Full of beans : perumpamaan tentang seseorang yang terlihat sangat sehat, bersemangat, serta aktif melakukan kegiatan.
  24. Get a charley horse : perumpamaan mengenai seseorang yang merasakan kram di lengan atau kakinya.
  25. Go under the knife : perumpamaan seseorang yang menjalani suatu operasi dengan tujuan medis tertentu.
  26. Growing pains : perumpamaan tentang sakit atau rasa tidak nyaman yang berhubungan dengan pertumbuhan otot-otot di dalam tubuh.
  27. In a bad shape : perumpamaan tentang tubuh yang sedang berada dalam kondisi kesehatan yang buruk sekali.
  28. Just what the doctor ordered : perumpamaan yang artinya kita harus melakukan hal-hal yang diminta agar kesehatan kita dapat terjaga dengan baik.
  29. Keep body and soul together : ungkapan tentang seseorang yang mampu bertahan hidup dari penyakit yang menyerangnya.
  30. Kink in one’s neck : ungkapan tentang rasa sakit pada leher yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti kram.
  31. Laughter is the best medicine : ungkapan yang artinya tertawa adalah salah satu hal di dunia ini yang baik untuk memulihkan sakit yang kita rasakan.
  32. Living on borrowed time : ungkapan yang menggambarkan seseorang yang berpotensi meninggal akibat kecelakaan atau sakit.
  33. Lose one’s marbles : ungkapan tentang seseorang yang tidak lagi dapat berpikir rasional (masuk akal) karena kebingungan.
  34. One’s number is up : ungkapan tentang seseorang yang berada dalam masa kritis dan hampir tidak dapat diselamatkan.
  35. Racked with rain : ungkapan tentang rasa sakit pada tubuh yang terlampau hebat dirasakan.
  36. Sick leave : ungkapan yang artinya meminta izin di tempat kerja dikarenakan sakit.
  37. Stir crazy : ungkapan tentang kondisi mental seseorang yang mengalami kecemasan karena dikurung dalam satu tempat untuk waktu yang lama.
  38. Take your own medicine or taste of your own medicine : ungkapan yang artinya kita merasakan kesakitan atau kepahitan yang sama dengan yang kita timpakan kepada orang lain.
  39. Touch and go : ungkapan tentang kondisi seseorang yang sakit parah dan kondisinya tak dapat dipastikan secara seratus persen.
  40. Under the weather : salah satu ungkapan terkenal tentang kondisi tubuh yang sedang kurang sehat.

Demikian ungkapan-ungkapan tentang kesehatan dalam Bahasa Inggris yang berhasil dirangkum. Selalu jaga kesehatan teman-teman, ya!