Mengenal Kosakata Alat Tulis Kantor dalam Bahasa Inggris

Menyelesaikan tugas sekolah atau kantor tidak akan lengkap rasanya apabila tidak menggunakan alat tulis dan perlengkapan lainnya. Barang-barang yang digunakan baik di sekolah atau di kantor dikenal secara luas dengan istilah alat tulis kantor atau ATK.

Kita kali ini akan mengenal kosakata dalam Bahasa Inggris yang berhubungan erat dengan ATK di sekitar kita. Di bawah ini telah dirangkum aneka kosakata yang ada kaitannya dengan alat tulis dan peralatan kantor. Mari kita simak dan pelajari!

Picture by Olia Danilevich on Pexels

28 Kosakata Alat Tulis dan Peralatan Kantor dalam Bahasa Inggris Beserta Kegunaannya

  1. Appointment book (buku janji temu). Buku tipe ini berfungsi mencatat waktu janji temu antara dua atau lebih orang yang memiliki urusan dalam suatu hal.
  2. Ballpoint pen (pena bolpoin). Alat untuk menulis yang memiliki bola kecil di ujungnya yang berfungsi mengontrol pengeluaran tinta (biasanya tintanya lebih tebal).
  3. Binder book (buku binder). Fungsi alat ini adalah untuk menyimpan tugas-tugas sekolah atau kantor. Buku binder memiliki banyak jenis yang dapat kita sesuaikan dengan keperluan dan kesukaan kita.
  4. Calculator (kalkulator). Berfungsi untuk menjalankan perintah yang berhubungan dengan matematika, seperti menghitung.
  5. Clip board (papan penjepit). Papan penjepit digunakan untuk menjepit satu atau lebih lembaran kertas agar rapi dan tidak tercecer.
  6. Computer unit (perangkat komputer). Komputer dan perangkatnya memiliki fungsi menerima, mengolah, dan menyimpan berbagai data dan menerima informasi dari mana saja.
  7. Correction fluid (cairan koreksi). Cairan koreksi berfungsi menghapus atau memudarkan bagian dari tulisan yang salah.
  8. Envelope (amplop). Amplop berfungsi sebagai wadah untuk membungkus surat sebelum dikirim ke alamat atau orang yang dituju.
  9. Eraser (penghapus). Umumnya terbuat dari karet dan memiliki fungsi yang sama dengan cairan koreksi, yaitu menghapus tulisan yang salah atau keliru.
  10. Filing box (kotak dokumen). Berfungsi menyimpan dokumen-dokumen penting. Umumnya digunakan di kantor-kantor dan dapat dilabeli berdasarkan kategori dokumennya.
  11. File folder (penyimpan dokumen). Alat kantor ini berguna untuk menyimpan dokumen dalam kategori lebih kecil sesuai jenis dokumennya. Penyimpan dokumen ini memiliki beragam model dan bentuk, serta ukuran sesuai kebutuhan kita.
  12. Glue stick (lem batang). Sesuai namanya, kemasan luar lem ini berbentuk seperti batang dan berfungsi merekatkan kertas atau obyek lainnya agar menjadi satu.
  13. Highlighter (spidol penanda). Berfungsi menandai bagian-bagian dalam tulisan yang dianggap penting. Umumnya hadir dalam berbagai macam warna.
  14. Label maker (pembuat label). Alat ini berfungsi membuat label untuk melabeli permukaan tertentu, seperti lemari berkas atau buku-buku kita sesuai untuk apa obyek tersebut digunakan.
  15. Letter opener (pembuka surat). Alat ini berfungsi membuka sampul surat dengan memotong pinggiran atau bagian belakang surat dengan cepat dan lebih rapi.
  16. Notebook (buku catatan). Sesuai dengan namanya, buku catatan memiliki fungsi mencatat semua materi atau penjelasan atau hal-hal lainnya yang perlu diingat atau dibaca lagi.
  17. Office desk (meja kantor). Fungsi meja kantor adalah sebagai permukaan untuk meletakkan berbagai macam alat tulis dan sebagai tempat kita bekerja, baik di kantor maupun di rumah.
  18. Paper (kertas). Kertas berguna untuk media atau sarana untuk menulis, melukis, dan mencetak.
  19. Paper or hole punch (pelubang atau pembolong kertas). Alat pelubang kertas berfungsi untuk melubangi pinggiran kertas agar dapat dimasukkan ke dalam penyimpan dokumen yang dapat dijepit.
  20. Pen (pulpen). Fungsi pulpen adalah sebagai media untuk menuliskan sesuatu di atas kertas atau dalam sebuah buku.
  21. Pencil (pensil). Fungsinya sama seperti pulpen biasa dan pena bolpoin, yaitu untuk menulis sesuatu. Terbuat dari kayu dan harus diraut apabila sudah mulai tumpul.
  22. Pencil sharpener (penajam atau serutan pensil). Berfungsi untuk menyerut atau menajamkan pensil yang sudah mulai tumpul.
  23. Post-it notes (catatan tempel). Perlengkapan kantor yang satu ini dapat ditempelkan di mana saja dan biasanya digunakan sebagai media untuk mencatat atau pengingat (reminder) akan suatu hal.
  24. Rubber stamp (stempel). Stempel berguna untuk mengesahkan dokumen setelah dokumen disahkan oleh pihak yang bersangkutan (contoh: pimpinan suatu perusahaan).
  25. Ruler (mistar atau penggaris). Fungsinya adalah untuk membantu kita membuat atau menggambar garis lurus.
  26. Stapler (jegrekan atau hekter). Alat ini memiliki fungsi menyatukan kertas yang berjumlah banyak dengan cara ditekan atau dijepit hingga isian hekter yang berbentuk huruf U keluar dan menjepit kertas-kertas tersebut.
  27. Staples (kokot atau isian hekter). Kokot ini adalah peluru atau isian dalam jegrekan/hekter yang berbentuk seperti huruf U untuk menyatukan sejumlah kertas dari dua arah. Terbuat dari metal.
  28. Whiteboard marker (spidol untuk papan tulis). Biasanya hadir dalam beragam warna, spidol papan ditulis difungsikan untuk menulis di atas papan tulis. Ujung spidol berbentuk runcing dan tebal.

Contoh Kalimat Menggunakan Kosakata Alat Tulis Kantor

  1. With the new computer unit, it will be easier for Alisha to work as a freelance writer .
    (Dengan perangkat komputer yang baru, akan lebih mudah bagi Alisha untuk bekerja sebagai penulis lepas).
  2. Dedi almost forgot his interview appointment today. Luckily, he wrote it on the post-it notes and put it in his mirror, so he could see it in the morning.
    (Dedi hampir melupakan janji wawancaranya hari ini. Beruntung, ia menuliskannya di kertas tempel dan ditempelkan di cermin, sehingga ia bisa melihatnya di pagi hari).
  3. Seems like we need to buy your younger brother a new filing box to store his homework papers.
    (Kelihatannya kita perlu membelikan adikmu kotak dokumen yang baru untuk menyimpan lembaran pekerjaan rumahnya).

Demikian pembahasan kita kali ini. Jika teman-teman menemukan kosakata ATK dalam Bahasa Inggris lainnya, jangan lupa untuk dicatat dalam buku catatan kalian sebagai pengingat!